10 Manfaat dan Keutaman Shalat Tahajud

Shalat Tahajud sepertiga malam

Setiap muslim pasti ingin selalu beribadah lebih baik lagi dalam beramal shaleh di jalan allah, begitu banyak amalan yang diajarkan rasulullah SAW, diantaranya seperti berpuasa, sedekah, dan masih banyak lainya baik yang wajib maupun yang sunah maka diantara mereka ingin selalu mengerjakan dengan sempurna demi mendapatkan ganjaran dan ridho dari Allah SWT.

Dari beberapa ibadah sunah yang diajarkan oleh rasul salah satunya ialah shalat malam yakni shalat tahajud yang banyak umat muslim lakukan di seluruh dunia. Sholat Tahajud merupakan shalat sunnah yang di kerjakan setelah bangun tidur pada malam hari. Shalat tahajud paling sedikitnya dilakukan dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas, hukum shalat tahajud sendiri ialah sunnah mu’akad yang merupakan sunnah yang dikuatkan dengan syara’. Pada umumnya kaum muslimin melakukanya di kala tengah malam ketika terbangun dari tidur.

Pahala yang diberikan Allah kepada hambanya doa yang terkabul dan tidak hanya itu masih banyak manfaat yang terdapat dari shalat tahajud bagi kesehatan jasmani dan rohani kita, selain itu manfaat lainya akan mendapatkan ketenangan dan kedamaian jiwa setelah melakukan shalat tahajud. Shalat tahajud yang di lakukan pada 1/3 (sepertiga) malam ini dimana para malaikat turun ke bumi dan mendoakan serta mencatat dengan mudah. berikut 10 manfaat Shalat tahajud beserta keutamaanya :

1. Pencegahan dan Penghapus Dosa

Shalat Tahajud Menghapus Dosa

abumuhammadblog.wordpress.com

Rasulullah SAW bersabda sholat tahajud adalah ibadah yang dilakukan oleh orang-orang shaleh. Ibadah ini dapat mendekatkan seseorang kepada Sang Pencipta, jalan menghapuskan dosa serta mencegah muslimin untuk berbuat dosa. Shalat sunnah tahajud tidak hanya memberikan manfaat kesehatan dan ketenangan jiwa seperti yang dijelaskan diatas, shalat sunah ini mendekatkan diri kita kepada Allah SWT karena yang mampu shalat ini hanya orang-orang shaleh dan orang-orang yang ingin benar-benar meminta pertolongan Allah dan kembali ke jalanya yang lurus rahmatan lil alamin. Shalat tahajud juga adalah sebagai penghapus dosa-dosa baik dosa kecil maupun besar dengan keyakinan yang besar percaya kepada allah akan kuasanya.

2. Pancaran Sinar di Wajah

Keutamaan Shalat Tahajud

blog.shopious.com

Tidak perlu membuang banyak uang untuk perawatan wajah apalagi sampai merogoh kocek ratusan juta hanya untuk sebuah perawatan wajah saja. Hanya dengan melakukan shalat tahajud terus menerus maka wajah kita akan bersinar. mengapa wajah kita bisa bersinar ? inilah sebagai tanda bahwa ketakwaaannya tersebut kepada Allah SWT. Hal tersebut bisa menjadi sebuah motivasi untuk orang-orang disekitar lingkunganya untuk terus tetap istiqomah melaksanakan shalat tahajud karena pada dasarnya shalat tahajud memperteguh keimanan serta menjaga tetap pada jalan Allah SWT.

3. Melancarkan Aliran Darah dalam Tubuh

Manfaat Shalat Tahajud

teknologi.news.viva.co.id

Rata-rata setiap muslim Sholat tahajud pada umumnya dilakukan pada pukul 03.00 WIB. Bangun pada pukul tersebut untuk melakukan beribadah shalat tahajud kepada Allah swt. Shalat Tahajud ini tidak hanya memohon ampun dan munajat, namun juga mendapatkan udara sejuk dan segar bagi semua bagian tubuh. Pada saat itu udara sangat segar ketika di hirup oleh paru-paru lalu semua organ tubuh menggerakan otot-otot yang mengalirkan udara sehingga membuat tubuh menjadi segar ketika di hirup oleh paru-paru secara lancar. Hanya orang-orang yang bangun melaksanakan sholat tahajud saja yang merasakan nikmatnya udara sejuk di pagi hari, karena oksigen akan menghilang ketika matahari terbit dan kembali pada keesokan berikutnya.

4. Membesarkan rongga pada paru-paru

Shalat Tahajud sepertiga malam

pixabay.com

Gerakan-gerakan pada shalat memberikan efek yang positif dan baik untuk kesehatan kita, karena gerakan-gerakan takbiratul ihram yang lalu di ikuti dengan bersedekap yakni membuka rongga paru-paru lebih besar dan lebar. Maka dengan demikian gerakan-gerakan tersebut mempengaruhi aliran udara menjadi lancar menuju paru-paru. Mengapa kita setelah melakukan olahraga salah satu aliran nafas kita terasa lebih baik yang di karenakan gerakan-gerakan oleh tubuh dan otot-otot kita. Maka sama halnya dengan yang kita lakukan pada gerakan sholat.

5. Jaminan Masuk Surga

Shalat Tahajud Masuk surga

cintasunnah.com

Rasulullah SAW bersabda barang siapa yang melaksanakan shalat tahajud, maka padanya di jaminkan surga. Seperti yang di riwayatkan dalam salah satu hadits sebagaimana Nabi Muhammad SAW Bersabda :

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, salat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat”. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

6. Pikiran jadi lebih Tenang dan Segar

Shalat Tahajud fikiran tenang

pixabay

Ketika bangun tidur fiikiran kita belum merasakan dan memikirkan apapun jadi berasa lebih tenang dan jernih. Jantung kita dalam sehari bekerja dalam 100.000 kali dan nafas sebanyak 20.000 kali. Tentu organ-organ tubuh kita sangat membutuhkan istirahat yang cukup dan tidur adalah istirahat terbaik untuk tubuh. Maka dengan beristirahatnya seluruh organ tubuh dari setiap tugas sehari-harinya akan membantu organ tubuh untuk mengembalikan keadaan sel yang kurang rusak dan terganggu untuk menambah kekuatan otak bekerja kembali dengan baik. Dengan demikian mengapa shalat tahajud bisa membuat pikiran jauh lebih tenang d7. an segar dan membuat kita lebih khusyu’ melakukan gerakan sholat serta memaknai doa-doa dalam ayat-ayat al-quran.

7. Keringanan nasab di akhirat.

Shalat Tahajud mendapat keringanan

pixabay

Siapa yang tidak ingin mendapatkan keringanan dari Allah SWT ? pasti setiap muslim ingin mendapatkanya ibarat sebuah hadiah yang diberikan kepada Allah kepada hambanya yang taat dan shalih, Karena setiap orang tidak ada yang sempurna dan tidak berdosa, bahkan nabi juga memiliki dosa. Maka dari itu Allah memberikan keringan bagi siapapun hambanya yang mau melakukan shalat tahajud bisa menjadi jalan untuk mendapatkan keringanan ketika di nasab di akhirat nanti serta akan memberikan keutamaan tersebut kepada umat muslim yang benar-benar meminta dan memohon ampun lalu berdoa di setiap sepertiga malamnya.

8. Mendapatkan cinta dari Allah

cinta kepada allah

gambarmania.com

Bicara tentang cinta, kita semua akan sangat merindukan sesuatu yang kita cintai ingin segera bertemu dan berkomunikasi, bercerita, berkeluh kesah kepadanya. Sama halnya seperti shalat tahajud kita ingin berkeluh kesah menceritakan masalah-masalah kita kepada sang pencipta dengan rasa cintanya kita kepada Allah SWT. Seperti yang telah disabdakan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW, bahwa orang yang selalu melaksanakan shalat tahajud akan memperoleh cinta dari Allah SWT. Sebagaimana Beliau bersabda pada Abu Darda’ r.a. tentang keutamaan shalat tahajud ini. Mereka yang memilih bangun di tengah malam dan meninggalkan kenyamanan tidur, niscaya akan mendapat cinta dari Allah SWT. Kaum mukmin tersebut memutuskan meninggalkan syahwat mereka dan bersujud di hadapan sajadah. Segala pengampunan doa diberikan Allah kepada orang-orang tersebut

9. Meningkatkan sistem imun kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh

tokoherbalacemaxs.com

Seperti yang dijelaskan pada No. 4 shalat tahajud memberikan kesehatan yakni memperlancar saluran pernafasan, maka sangat berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh kita. Menurut Penemuan Para Ilmuwan para penderita kanker akan merasakan manfaat, yakni menghilangkan rasa nyeri pada bagian-bagian tubuh. Tidak hanya itu shalat tahajud juga memberikan respon positif yang baik dan efektif dalam anastesi pra bedah. Dengan demikian shalat tahajud sangat baik dilaksanakan bagi para penderita penyakit ringan bahkan berat karena akan sangat banyak manfaat dan nikmat yang didapatkan dalam setiap gerakannya.

10. Sholat yang terbaik setelah shalat Fardhu 5 Waktu

Shalat Tahajud sepertiga malam

yusufmansur.com

Shalat fardhu 5 waktu merupakan shalat yang wajib kita laksanakan 5 kali setiap hari sebagai pengingat umat musllim akan tuhannya yang telah memberikan semua kenikmatan yang telah di berikan selama hidup di dunia, baik dalam keadaan suka maupun duka harus tetap ingat dan bersyukur. Mengapa shalat tahajud menjadi shalat terbaik setelah shalat fardhu 5 waktu ? Shalat pada tengah malam memberikan kita kesempatan untuk beribadah lebih khusyu’ dan waktu yang sangat tepat untuk berkeluh kesah dan memohon ampunan kepada sang pencipta agar mendapat keridhoaanya serta mengucap syukur dengan apa yang telah diberikan kepada kita.

Demikian manfaat Shalat malam atau yang kita ketahui sebaagai shalat tahajud. semoga kita selalu bisa selalu tetap istiqomah di jalan yang telah di rahmati oleh Allah dan terus bisa menjadi hamba yang selalu bersyukur mendapatkan nikmat yang telah diberikan.

Leave a Reply