Cara Menanam dan Budidaya Manggis

cara menanam manggis

Budidaya Manggis atau cara menanam buah manggis telah banyak dilakukan bagi para petani indoensia, di jaman sekarang kini sudah banyak para ahli yang telah melakukan penelitian tentang manfaat dan khasiat yang di hasilkan dari tanaman buah manggis bagi kesehatan tubuh manusia, dan tidak heran jika kebutuhan buah semakin bertambah dari waktu ke waktu.

Karena meningkatnya kebutuhan yang begitu tingggi maka dari itu permintaan akan semakin meningkat, kesempatan seperti ini membuat para petani menjadi peluang besar untuk membudidaya buah manggis. terutama para petani-petani buah untuk melakukan perluasan pengetahuan penanaman buah manggis.

Berikut akan membahas tahapan-tahapan cara budidaya manggis secara baik dengan hasil yang sempurna.

Syarat Tumbuh Buah Manggis

Budidaya manggis

garnesia.com

Tanah yang bisa ditanami tanamanan manggis ialah tanah gembur yang kaya mengandung bahan organik terdrainase baik. Sebaliknya juga tanaman manggis tidak suka tanah basa karena rendah dengan kesuburanya. Tanah lembab sangat disukai oleh tanaman manggis, namun tidak menggenang. Air sedalam 2 m dari permukaan tanah sangat cocok untuk tanaman manggis.

Musim hujan yang stabil antara sepuluh bulan basah di dalam satu tahun sangat di sukai tanaman manggis. Suhu Udara lembab antara 25-32 derajat celcius sangat baik untuk menunjang pertumbuhan tanaman manggis karena pada masa awal pertumbuhanya tanaman manggis membutuhkan naungan. Namun, ketika beranjak dewasa untuk pada masa awal mempercepat pertumbuhan membutuhkan sinar matahari yang cukup penuh. Menurut ketinggian tanah tanaman manggis yang produktif pada ketinggian 5-500 m diatas permukaan laut.

Pemilihan Bibit Buah Manggis

bibit manggis

jualbibitunggul.com

Proses menanam manggis perlu penggunaan bibit yang cukup hati-hati agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena bibit adalah sebagai penentu yang ditanamkan yang akan kita rasakan nanti setelah kita petik hasilnya ketika berbuah.

Pengunaan Bibit Manggis

Salah satu faktor penggunaan bibit manggis ialah bibit unggul yang menunjang keberhasilan penanaman manggis tersebut, karena bibit unggul yang akan membuahkan sebuah buah yang berkualitas. Buah manggis yang Bersifat berbeda dari buah lainya, seperti durian misalnya, kenapa durian ? karena durian yang memiliki sifat menyerbuk silang maka jika biji durian ditanam, maka dari itu maka akan menghasilkan kelainan dari induknya. Tapi kejadian seperti itu tidak terjadi pada buah manggis.

Pertumbuhan buah manggis memiliki sifat apokmisis yang merupakan bentuk biji manggis tanpa pembuahan. Jika kita teliti lebih dalam buah manggis memiliki tangkai tepung sari yang pendek dan kering kering oleh karena itu tidak bisa menajdi sebagai penyerbuk. Meskipun demikian, biji manggis akan terbentuk dengan sendirinya karena mengandung hormone endogen biji.

Jika petani memiliki pemahaman ketika menanam manggis hanya cukup menanamnya dengan bibit dari biji. Karena manggis bersifat aporniksis pendapat seperti itu memang benar, karena hasilnya akan sama seperti induknya.

Namun yang harus kita ingat, meskipun hasilnya akan sama seperti dengan induknya, pertama kali berbuah asal biji tanaman manggis pada umur sepuluh tahun atau lebih semenjak tanam. Namun sebaliknya, jika kita menanam bibit vegetative tanaman manggis baru akan berbuah pada umur lima tahun setelah penanaman. Jenis-jenis bibit manggis yang ada saat sekarang ini terdiri dari beberapa bibit asal biji, sambungan, dan susunan. Macam-macam untuk membedakan bibit yang ada ini untuk lebih jelasnya kita mengetahui ciri-cirinya :

1. Bibit asal biji

Bibit asal biji memlikik batang mulus yang tegak dan kekar. tidak memiliki bekas penyembuhan dari luka. Bibit asal biji baik untuk digunakan batang bawah dalam perbanyakan dengan cara sambun dan susun.

2.Bibit Sambungan

Bibit Sambungan Ciri-cirinya ialah memiliki bekas penyembuhan luka yang biasa yang berpola huruf V pada batas sambungan antara batang atas dan batang bawah.

3. Bibit Susunan

Bibit Susunan merupakan pertumbuhan batang atas seperti bergandengan dengan batang bawah. Pada setiap sisi kiri dan kanan pada batang bawah tempat terjadinya susunan batang atas nampak jelas adanya penyembuhan luka.

Penanganan Bibit Manggis sebelum ditanam

cara menanam manggis

tanamanbawangmerah.blogspot.com

Bibit yang baru saja dibeli lebih baik tidak langsung ditanam. Karena dengan suhu panas serta goncangan ketika pengangkutan adalah sebab bibit untuk menjadi setres. Sehingga pemulihan kondisi iklim di lokasi baru belum tentu memiliki iklim yang sama dengan iklim bibit sebelumnya di pindahkan. Maka bibit tersebut membutuhkan adaptasi untuk menyesuaikan dengan keadaan iklim lingkungan baru.

Bibit yang terkirim dalam pengepakan harus di keluarkan dari kemasan sangat hati-hati lalu di tempatkan di tempat yang teduh, namun harus tetap menerima sinar matahari kira-kira 30% cahaya. Penyimpanan bibit diatur secara baik agar daun dan bibit satu dengan yang lainya tidak bersentuhan. Jika Media di dalam Polybag mengering, secepatnya melakukan penyiraman, lalu penyiraman selanjutnya setiap dua kali sehari.

Bibit yang kelihatan lebih segar bisa langsung ditanam dikebun, namun perlu memberikan penyiraman dan pemberi pupuk daun bila waktu penanamanya masih lama. Bibit daun yang layak dipergunakan ialah diantaranya forest, supermes, atau algafer dengan berbeda konsentrasi menyesuaikan petunjuk pada kemasannya. Semprotkan larutan pokok tersebut kebagian bawah dan atas permukaan daun secara merata dilakukan Setiap minggu agar pertumbuhannya terjaga dengan baik. Bila mendapati gejala serangan hama dan cendawan baiknya menyemprotkan dengan insektisida dan fungisida.

Persiapan Lahan

Menanam manggis

jitunews.com

Lahan pertanian yang sebelumnya pernah di tanami palawija pada umumnya akan ditumbuhi semak yang berdaun lebar, alang-alang, atau rerumputan lain. Sebelum lahan diolah lebih lanjut baiknya dibersihkan dulu dari tumbuhan pengganggu atau biasa di sebut gulma, lalu tanah dicangkuli dan akar tanaman dikumpulkan untuk dibakar. Proses pencangkulan harus dilakukan agar tanah menjadi gembur sehingga perakaran tanaman manggis bisa berkembang sangat baik. Kurang praktis jika lahan yang luas untuk di cangkul. Baiknya dianjurkan pengolahan terbatas pada titik-titik tertentu saja terlebih dahulu yang mana bibit akan ditanam.

Sistem Penanaman dan Pembuatan Lubang Tanam

Untuk selanjutnya ialah membuat peta kebun dengan memperhitungkan antara jarak tanam dan sistem. Peta ini untuk menjadi patokan kerja agar mempermudah pengajiran, yakni pemberian tanda untuk lokasi yang akan di tanami. Ajir yang terbuat dari bilah bambu yang di cat merah sehingga mudah untuk mengontrol dari jarak jauh.

Jarak tanam biasanya digunakan untuk tanaman manggis ialah 10×10 m, namun tanaman untuk pelindung pisang ditanam dengan jarak 2,5 M diantara tanaman manggis, Untuk lubang tanamnya dibuat dengan ukuran panjang, lebar dan dalam masing-masing 75 cm. Lakukan pemisahan tanah galian pada waktu penggalian lubang galian tanam.

Setengah dari bagian tanah lapisan atas di letakan di sebelah kiri lubang dan setengah lagi dari bagian tanah lapisan bawah di sebelah kanan lubang. Lubang lalu dibiarkan terkena angin dan sinar matahari kurang lebih dua minggu. Maka dengan cara seperti ini, gas beracun yang berada dibagian sela tanah bisa hilang terbawa angin dan dapat diganti dengan oksigen dari udara.

Penanaman Manggis

Bibit manggis dipindahkan dari persemaian ke lapangan membutuhkan perhatian khusus. Pada awalnya pada tempat yang di tancapi ajir yang dilubuang kecil berukuran sedikit lebih besar dari ukuran polibag bibit manggis yang ditanam. Bibit manggis yang telah tersiapkan segera keluarkan dari polibag dengan cara menyobek polibag bahkan mungkin disayat dari tepi hingga kedasar.

Bibit beserta tanahnya lalu dimasukan dengan hati-hati ke dalam lubang tanam dengan posisi lurus menghadap permukaan tanah. Yang perlu diperhatikan pada pokokknya iala perakaran tidak boleh terganggu sedikitpun. bila kat tunggang terputus atau bola tanah yang membungkus perakaran membelah dalam jangka waktu 3-4 hari tanaman akan menjadi layu, maka tanaman tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi. Lama kelamaan tanaman akan mengering dan mati.

Budidaya Manggis Hidroponik

Buat kamu yang ingin mencoba budidaya manggis dengan praktis dan berteknologi kekinian. Kamu bisa mencoba budidaya manggis secara hidroponik. Menurut testimonial dari para petani, hidroponik sangat mudah sekali dikerjakan dan mudah sekali untuk dibudidayakan ketimbang budidaya secara tradisional.

Namun proses tersebut tidaklah semudah yang dibayangkan, butuh kerja keras dan keseriusan. Para Petani biasanya menggunakan nutrisi untuk tanaman hidroponik. Kebetulan Ustadz saya menjual beraneka ragam nutrisi dan kebutuhan tanaman hidroponik.

Tanpa banyak basa-basi, untuk lebih lengkapnya langsung saja kunjungi halaman berikut : Jual Nutrisi Hidroponik

One Response

  1. Wadiyo October 7, 2016

Leave a Reply