Bingung Jual Hasil Karya Seni Kamu? Berikut 5 Situs yang Siap Menguangkannya

Etsy

Membuat karya seni memang menyenangkan, melalui seni kita dapat mengekspresikan apa yang ada dalam imajinasi, terlebih jika itu adalah sebuah hobi. Menekuni hobi membuat kita bisa meningkatkan keterampilan yang pada akhirnya kita dikenal karena keahlian tertentu.

Banyak orang telah membuktikan dan mampu mendapatkan uang dari hobi, jelas hal ini banyak diinginkan oleh banyak orang karena bisa mendapatkan uang dari hobi adalah hal yang sangat menyenangkan.

Tetapi jika hobi kamu dibidang seni, apakah banyak yang tahu bagaimana dan dimana bisa menguangkan karya seni sedangkan kamu bukanlah orang yang memang punya spesialisasi dalam bidang seni seperti seniman atau desainer?

Sekarang sudah banyak situs yang menyediakan tempat untuk menjual karya seni tanpa harus memperhatikan apakah pembuatnya adalah seorang seniman, ataukah orang diluar dunia seni namun memiliki keterampilan dan mampu menghasilkan karya berkualitas.

Berikut inilah situs-situs yang bisa kamu coba untuk menguangkan hasil karya seni, tinggal sesuaikan saja mana yang sesuai dengan karya seni kamu.

1.   Zazzle

zazle
Zazzle adalah toko online berbagai aksesoris, mulai dari kaos, mug, kasing, tas dengan desain karya seni grafis yang begitu banyak pilihan. Zazzle terbuka bagi siapa saja yang ingin menjual karya desain. Selain terbuka, di sini juga memberikan kebebasan bagi para desainer untuk mematok harga desain.

Cara kerjanya pun cukup mudah, terlebih dahulu kamu harus memilih produk apa yang akan kamu desain, jika sudah disesuaikan maka tinggal upload saja desainmu. Selanjutnya kamu bisa menentukan sendiri berapa harga produk yang memakai desain hasil karyamu.

Jika desain yang kamu buat cukup banyak, kamu akan disediakan toko online khusus yang hanya menampilkan produk-produk hasil desainmu. Dan yang terpenting, untuk bisa bergabung di zazzle tidak dipungut biaya alias gratis.

Baca juga :

 

2.   Threadless

Threadless
Threadless juga hampir sama dengan zazzle dan tidak kalah populer. Bedanya sedikit lebih simpel, karena kamu tidak perlu menentukan produk, tetapi konsumenlah yang akan menentukan sendiri. Jadi kamu tinggal upload saja hasil karya kamu, jika konsumen suka mereka akan memilih sendiri karya desainmu untuk dipasang pada produk apa yang mereka pilih.

3.   Etsy
Etsy
Jika karya senimu berupa kerajinan tangan, Etsy adalah tempat yang tepat untuk menjual karya-karya handmade.

4.   Society6
society6
Jika kamu punya berbagai karya seni, di sinilah tempat yang tepat. Society6 cukup banyak menyediakan berbagai jenis produk mulai dari karya seni grafis, tas, bantal, kasing iPhone, dan juga berbagai aksesoris pria maupun wanita.

5. Envato Market
envato
Bagaimana dengan karya seni digital? Envato tempatnya. Envato siap menampung segala bentuk karya digital berupa desain website, audio untuk presentasi perusahaan, hingga desain 3 dimensi.
Envato menyediakan banyak bagian sesuai dengan keahlian.

– Themeforest – Web design
– Codecanyon – Scripts, plugins, apps
– Videohive – motion graphic, after effect
– Audiojungle – Music, sound effect
– GraphicRiver – Vector, character, logo design
– PhotoDune – Photography
– 3dOcean – 3d design
– ActiveDen – Flash template, action script, banner dan masih banyak lagi.

Tentunya jika ingin benar-benar bisa menjual karya dari salah satu tempat yang telah disebutkan di atas, buatlah karya yang benar-benar berkualitas dan unik agar mampu memenangkan persaingan. Terus asah keterampilan dan tingkatkan kualitas. Semakin baik kualitas, semakin tinggi pula pendapatan yang akan kamu dapat.

Leave a Reply