Cara Membersihkan Karang Gigi dan Kembali Putih

Cara Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi merupakan masalah yang tidak bisa di spelekan, mungkin pada awalnya hanya sedikit, tapi jika dibiarkan semakin hari semakin menumpuk pada gigi kita.Membersihkannya tidak cukup hanya dengan menggosok gigi.

Awal mula terjadinya karang gigi tidak pernah disadari, karena setiap hari dari sisa-sisa makanan menempel pada gigi, semakin lama semakin kuat kerak yang menempel. Ketika makan gigi semakin kotor, apabila tidak segera di bersihkan, maka kotoran yang menempel pada gigi akan menyebabkan gigi berkarang.

Banyak orang yang mengabaikan pentingnya gosok gigi sebelum atau setelah tidur karena dengan menggosok setiap hari setidaknya sisa makanan yang kita makan seharian sudah dibersihkan jika tidak bersihkan maka besoknya sisa-sisa makanan akan terus menumpuk. Oleh karena itu sangatlah penting untuk menggosok gigi setiap hari.

Menyikat gigi setiap hari juga kurang efektif, karena sebagian besar sikat gigi hanya dapat menjangkau bagian depan gigi saja. Pada dasarnya gigi mempunyai celah yang menjadi tempat bersembunyinya sisa makanan. Ketika mengunyah makanan sudah dipastikan akan ada sisa makanan yang menyisa di mulut.

 

PENYEBAB KARANG GIGI

Sebelum menghilangkan karang gigi, ada baiknya mengetahui apa yang menjadi penyebab terjadinya plan dan karang gigi tersebut diantaranya ialah :

  • Tidak rutinnnya menggosok gigi sebelum atau sesudah tidur.
  • Rajin menggosok gigi tapi tidak menggosok secara maksimal yang mengakibatkan sisa-sisa makan masih menyelip di sela-sela gigi.
  • Memakan makanan manis sangat beresiko menimbulkan karang gigi. Maka dari itu kurangilah memakan makanan manis.
  • Tidak berkumur setelah makan. Berkumur adalah hal yang mudah, namun karena kemudahannya jadi malas untuk melakukan berkumur.
  • Rokok faktor terberat terjadinya menyebabkan karang gigi. Tembakau yang dibakar menjadi asap rokok bisa menyebabkan karang dan menjadi kekuningan

Karang gigi akan memperburuk dan merusak gigi, tidak hanya itu namun dapat mengganggu penampilan. Jika semakin lama dibiarkan maka akan semakin parah dan sangat membahayakan bagi kesehatan gigi.

Efek buruk terjadinya karang gigi ialah menyebabkan bau mulut yang tidak sedap gigi menjadi kotor dan jelek, menyebabkan gusi infeksi dan beresiko gangguan pencernaan.

 

Cara membersihkan dan Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Walaupun plak dan kerak sulit untuk di bersihkan, tapi masih ada cara menghilangkan dan membersihkan karang gigi dengan menjalani tips dibawah ini :

 

Rutin Menggosok Gigi dengan Tepat

memutihkan gigi karang

health.liputan6.com

Pada saat menggosok gigi, gosoklah secara tepat dan merata pada seluruh bagian dan sela-sela gigi atas dan bawah. Jangan lupa pula menggosok gigi bagian dalam gigi, permukaan gigi. Permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah secara merata. Gosoklah gigi secara secara rutin dan teratur sebelum dan sesudah tidur.

 

Menggosok Gigi Menggunakan Kulit Jeruk

kulit jeruk menghilangkan karang gigi

obatalamisakitgigiampuh.blogspot.com

Kulit jeruk sangat bermanfaat untuk membersihkan karang gigi, tidak hanya membersihkan tapi juga menghilangkan karang gigi secara terus menerus. Vitamin C yang terdapat pada jeruk sangat bagus untuk kesehatan gigi. Baiknya untuk melakukan secara rutin dan terus menerus agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Mengkonsumsi Apel

Memakan buah apel

hotcopas.com

Manfaat yang terdapat pada apel sangat baik untuk kesehatan gigi. Tidak hanya membuat gigi menjadi putih tapi juga dapat menghilangkan karang gigi. Bila dapat mengkonsumsi buah-buahan bervitamin C secara terus-menerus, seperti strawberry, jeruk, jambu biji, jeruk apel dan lain-lain akan memiliki gig yang sehat dan kuat.

 

Berkumur Setelah Makan

Berkumur memutihkan gigi

majalah-holiday.com

Berkumu hal yang mudah namun sangat bermanfaat efektif, karena dengan berkumur dapat mengikis karang gigi dan menghindari makanan yang menyisakan penyebab terjadinya karang gigi.

Obat kumur sangat membantu sebagai penghilang zat aktif penghilang karang gigi karena, obat kumur mengandung zat aktif sehingga karang gigi akan mudah dihilangkan.

 

Mengunyah Buah dan Sayuran

memakan buah

wellnesstalk.com.au

Mengunyah buah dapat menghilangkan sisa makana, namun juga karang gigi dan membuat gusi lebih kuat. Dengan mengunyah buah dan sayuran setelah satu jam makan dapat membersihkan gigi dengan alami, salah satu buah dan sayuran yang dapat di kunyah ialah seledri, wortel, apel dan melon.

Baiknya menggunakan sayuran yang organik apalagi yang ditanam dengan proses hidroponik, maka akan sangat baik sekali untuk kesehatan. Nah untuk kamu yang bingung untuk memulai menanam tanaman hidroponik, baiknya coba deh ke toko jual nutrisi hidroponik disana lengkap sekali, mulai dari tips yang informatif banget hingga semua kebutuhan tentang hidroponik

 

Manfaat Tomat dan Strawberry

strawberry

lovethatimage.com

Tomat dan stawberry bisa dioleskan pada gigi, biarkan kurang lebih dari 5 menit. Lalu bilaslah mulut dengan air hangat dicampur baking soda. Lakukanlah secara rutin maka akan menghilangkan karang gigi dan dapat membunuh bakteri dalam mulut.

 

Mengunyah Biji Wijen

manfaat wijen

makanansehat56.blogspot.com

Mengunyah biji wijen dapat menghilangkan karang gigi secara alami. Kunyahlah segenggam biji wijen secara perlahan-lahan kurang lebih 5 menit, namun jangan ditelan apalagi sampai memakannya.

Kemudian menyikat gigi menggunakan biji wijen yang telah dikunyah tersebut. Biji Wijen berperan sebagai pengganti scrub yang alami untuk membersihkan karang gigi.

 

Perbanyak Minum Air Putih

manfaat air putih

pixabay.com

Meminum air putih setiap setelah sehabis makan sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi, yang mana berkumur dapat mencuci dan mengeluarkan makanan di mulut. Tidak hanya air putih, rokok alangkah baiknya untuk dihindari, karena tembakau yang dihasilkan oleh rokok dapat terjadinya pengmpulan plak pada gigi.

Demikianlah Cara menghilangkan karang gigi secara alami secara mudah dengan bahan yang ada di rumah. Tetap jaga kesehatan dan rawatlah gigi karena jika gigi sudah sakit sangat menyusahkan. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Leave a Reply