Cara Membuat Slime Tanpa Borax dan Bisa Dimakan

Cara Membuat Slime tanpa borax

Cara Membuat Slime atau biasa disebut dengan Gak atau Oobleck atau dalam bahasa indonesia yang memiliki arti lendir. Ialah sebuah gumpalan seperti gel atau agar-agar.

Pasti tahu bentuk dan tekstur gel itu seperti apa? berbentuk gumpalan lengket kenyal seperti lem dan agak sedikit menjijikan jika memegangnya.

Buat kamu mungkin menjijikan, namun buat anak kecil Slime itu sangat menyenangkan. Biasanya anak-anak Sekolah Dasar kelas 4-6 suka bermain dengan menggunakan mainan ini.

Apa sih fungsi sebenarnya dari slime? fungsi aslinya adalah untuk membersihkan debu-debu pada benda yang susah di jangkau.

Slime sekarang banyak tersedia di toko-toko. Namun untuk menghemat biaya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Pada umumnya bahan utama untuk membuat slime adalah boraks, namun tidak hanya boraks. Kini ada sebuah alternatif lain selain boraks untuk membuatnya, yakni susu kental manis.

Karena terbuat dari susu kental manis, maka sungguh sangat baik dan aman bahkan susu sudah dipastikan aman dari racun dan dapat langsung dimakan. Jadi tidak perlu khawatir akan keamanannya dari anak-anak kecil.

Daripada penasaran, berikut bahan-bahannya :

Cara Membuat Slime dengan Susu Tanpa Lem :

Bahan-bahan
1 Sendok makan tepung maizena
10 s/d 15 tetes pewarna makanan atau secukupnya
1 kaleng susu kental manis

Peralatan
Panci / wajan yang bergagang
Kompor
Mangkuk
Sendok

Karena proses pembuatan slime adalah kerajinan yang menyebabkan kekotoran, alangkah baiknya menggunakan pakaian yang agak usang. Tutup semua permukaan yang kemungkinan dapat terkena percikan selama proses pembuatan slime. Jika mengenai pakaian kamu untuk sesegera mungkin membersihkannya karena akan meninggalkan noda jika di abaikan.

Untuk alternatif yang lebih baik pada pewarnaan slime, kamu bisa menggunakan pewarna tempera pigmen untuk mencampurkanya sebagai pewarna pengganti yang terbuat dari kuning telur.

Pertama

Slime dapat dimakan

thecookinggeek.com

Tuangkan satu kaleng susu kental manis tersebut kedalam wajan atau panci yang memiliki gagang. Tidak harus menggunakan panci atau wajan, namun kamu juga bisa menggunakan benda yang berfungsi dan berbentuk sejeninsya.

Kedua

cara membuat slime dari susu

makeitorfixit.com

1 sendok teh tepung maizena di tambahkan kedalam susu kental manis yang sudah di dalam wajan tersebut. Kemudian panaskan perlahan dengan api yang kecil hingga adonan tersebut mendidih. Jika sudah mendidih lalu aduk adonan tesrsebut secara terus menerus hingga kental.

Ketiga

Sime yang dapat dimakan
Jika adonan sudah diaduk secara merata dan mengental, angkatlah wajan tersebut dari kompor, lalu tambahkan pewarna makanan secukupnya untuk mendapatkan warna yang sesuai kamu inginkan.

Keempat

Slime dengan susu

blog.recipes

Setelah mendapatkan warna yang sesuai kamu inginkan, kemudian tiriskan adonan tersebut hingga dingin. Setelah dingin kamu sudah bisa memainkan bahkan memakannya.

Selesai

Namun Untuk diperhatikan bahwa slime susu kental manis yang dapat dimakan tersebut memiliki kekurangan, yakni slime tersebut bisa menjadi noda jika terkena pakaian atau barang-barang yang berwaarna cerah.

 

Untuk lebih lengkapnya cara membuat slime lihat video berikut :

Slime tersebut baiknya agar berhati-hati jika ingin dimakan, karena teksturnya yang kental dan kenyal, maka akan tersedak jika memakannya dengan hati-hati. Namun jangan khawatir, karena berbahan yang aman dan bisa dimakan, slime tersebut dapat melewati tenggorakan dengan baik.

Mudah bukan cara membuat slime ? dan ini bisa dilakukan dimana saja. Semoga slime susu kental manis dapat dimakan tersebut bisa menjadi sebuah alternatif pilihan kamu untuk membuat permainan yang lebih aman dan bermanfaat. Tetap bermain dan menjadi kreatif.

 

Cara Membuat Slime Tanpa Borax

Cara Membuat Slime tanpa borax

pharesjaunes.com

Sangat banyak cara membuat slime tanpa borax yang dapat kamu lakukan, baik menggunakan bahan-bahan seperti shampo, lem provinal, lem uhu dan juga tepung yang dapat langsung kamu lakukan dengan mudah.

Sebelum membuat slime, baiknya kita mengetahui apa itu slime. Sudah pada tahu apa itu slime? Slime dalam bahasa indonesia merupakan memiliki arti lendir berbentuk lengket dan kenyal seperti agar-agar yang mudah dibentuk dan di mainkan.

Warnanya bisa di buat sesuai keinginan yang kamu ingini. Tentunya membuat slime sendiri jauh lebih aman dan pastinya lebih baik, karena pada kenyataanya di pasaran para toko yang menjual slime tersebut belum teruji bebas dari borax.

Slime yang terbuat dari borax sangatlah berbahaya bagi anak-anak, oleh karena itu baiknya untuk membuat sendiri di rumah. Selain lebih aman, pastinya lebih ekonomis untuk menghemat biaya pengeluaran.

Banyak cara membuat slime dengan mudah dan aman untuk di coba, diantaranya menggunakan tepung maizena, deterjen, dan shampoo. Berikut akan menjelaskan bagaimana cara membuat slime dari ketiga bahan tersebut diatas.

Baiknya perhatikan dengan seksama agar mendapatkan hasil yang baik dan tidak gagal untuk memastikan bahwa kamu tetap memperhatikan setiap langkah demi langkahnya cara membuat slime dibawah ini :

 

Cara Membuat Slime dengan Tepung Maizena

cara membuat slime menggunakan tepung maizena

pinterest.com

Bahan-bahan :

  • 1 sendok teh krim tartar
  • 2 cangkir tepung maizena
  • 3 hingga 4 tetes pewarna makanan
  • 1 setengah cangkir air

Tata Cara Membuat Slime dengan Tepung Maizena (Tepung Jagung)

Masukan 1 setengah cangkir air kedalam panci yang memiliki gagang. Lalu panaskan hingga air menjadi hangat jangan sampai menjadi panas apalagi mendiidih. Karena pada dasarnya hanya sekedar membuat air menjadi masak saja.

Jika terlalu panas maka akan lama kamu menunggunya menjadi dingin untuk mengeksekusi membuat slime.

Tuangkan dan aduklah air tersebut kedalam mangkuk lalu teteskan tiga sampai empat tetes pewarna makanan hingga warna air meningkat lebih gelap dari warna slime yang diinginkan. Karena ketika telah menjadi slime warna tersebut akan sedikit memudar.

Ambilah 2 cangkir tepung maizena, lalu masukan ke dalam mangkuk yang besar terpisah.

Tuangkan air berwana yang tadi sudah dibuat ke dalam mangkuk yang berisi tepung. Lalu tuangkan air berwana hijau perlahan-lahan mengunakan tangan untuk mencampur bahan tersebut hingga semua bahan-bahan tersebut membentuk pasta kental.

Terus kombinasikan tepung maizena dengan air tersebut, tambahkan lebih banyak tepung maizena jika masih terlalu encer. Sebaliknya jika terlalu kental, terus tambahkan air kedalam adonan tersebut.

Terus lanjutkan proses tersebut hingga memenuhi adonan yang diinginkan sesuai kebutuhan kamu. Terus aduk menggunakan jari hingga terasa ketika menggerakanya di sepanjang permukaan slime, jari terasa kering.

Jika sudah selesai masukan kedalam kantong plastik, tutup rapat-rapat kantong tersebut agar slime tetap awet.

 

Cara Membuat Slime Menggunakan Lem Fox PVAC3

Cara Membuat Slime Menggunakan Lem Fox

amrinasp.wordpress.com

Slime yang terbuat dari lem fox dapat menghasilkan slime  kenyal dan stratchy. Hasilnya sangat memuaskan karena slime ini tidak menggunakan activator, maka dari itu slime yang aman untuk dibuat mainan anak-anak.

Bahan-bahan Cara Membuat Slime Menggunakan Lem Fox

  • 3 Sendok lem fox
  • 3 sendok teh air bersih
  • Obat tetes mata
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh baby oil
  • 1/4 sendok teh sabun cair
  • 1 sendok teh pewarna makanan

 Tahap-tahap Membuat Slime Menggunakan Lem Fox

  • Siapkan wadah kering dan bersih, baik itu mangkuk, toples maupun baskom, diusahakan wadah tersebut memiliki tutup. Agar nanti dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan slime yang sudah jadi.
  • Masukan lem fox putih PVAC dan air kedalam wadah tersebut secara bersaman, aduk secara merata hingga air menyatu dengan lem. Lalu kemudian masukan baking powder dan campur kembali hingga merata.
  • Teteskan obat tetes mata, sabun cair dan pewarna, kemudian aduk hingga rata semua menyatu dengan bahannya. Proses tersebut akan terlihat perubahan slime menjadi kenyal.
  • Cobalah untuk menekan-nekan, jika belum kenyal tambahkan lagi beberapa tetes obat dan sabun cair. Kemudian aduk kembali hingga merata
  • Jika sudah terasa kenyal dan stratchy, kemudian tambahkan baby oil kedalam adonan. Lalu aduk lagi hingga tercampu rata.
  • Selesai, jika ingin membuat slime dalam jumlah yang banyak, kamu tinggal mengkalikan saja takaran tersebut dari setiap bahannya.
  • Cobalah bereksperimen untuk mengetahui takaran dan jenis bahannya.
  • Setelah itu letakan slime didalam wadahnya kemudian tutup dan simpan adonan.

Cara Membuat Slime Menggunakan Lem Povinal

Cara Membuat Slime Menggunakan Lem Povinal

tokopedia.com

Bahan-bahan membuat slime dari lem fox atau lem povinal sangat mudah sekali ditemukan di toko bangunan, bahan pendukung lainnya ialah deterjen, air, pewarna makanan. Alat yang digunakan ialah mengunakan baskom atau mangkok, dan pengaduk.

Cara membuat slime dari lem povinal ialah :

  • Kumpulkan semua bahan dan alat yang telah disebutkan diatas
  • Masukan lem povinal sebanyak 3 sendok makan
  • Aduk lem povinal tersebut didalam mangkuk hingga kental
  • Tambahkan pewarna makana, sesuaikan dengan warna yang disukai
  • Aduk lagi hingga lem dan pewarna tercampur merata
  • Tambahkan deterjen sedikit demi sedikit lalu aduk hingga menggumpal.
  • Diamkan dulu selama kurang lebih 3 menit.
  • Kemudian masukan air biasa adonan tersebut, diamkan selama kurang lebih 3 menit
  • Selesai, kini slime dapat digunakan untuk bermain, pasti sangat menarik untuk mainan.
  • Jika sudah selasai bermain jangan lupa untuk dimasukan kedalam lemari es ya, agar tidak mudah mengeras.

Cara Membuat Slime Dengan Activator

Cara Membuat Slime Dengan Activator

youtube.com

Slime activator terbuat dari bahan yang dapat memberikan tekstur kenyal, kental dan padat serta tidak mengeras.

Fungsi dari slime activator sendiri, ialah sebagai campuran adonan membuat slime yang menjadikannya efek kenyal seperti karet.

Jangan khawatir, karen slime aktivator sangat mudah sekali mendapatkannya, karena sekarang sudah banyak tersedia di Pasaran yang menjualnya.

Bahan-Bahan Yang Dipersiapkan Untuk Membuat Slime Menggunakan Activator

  • Satu botol lem povinal berukuran sedang
  • Slime activator
  • Baby oil
  • Pewarna makanan
  • Mangkuk atau baskom
  • Sendok atau sumpit yang berfungsi untuk pengaduk

Cara membuat Slime menggunakan Activator

  • Tuang semua satu botol lem povinal kedalam mangkuk
  • Teteskan pewarna makanan (sesuaikan selera kamu)
  • Aduk hingga pewarna tercampur rata dengan lem
  • Setelah warna yang kamu inginkan sudah tercampur merata, lalu barulah masukan silme activator
  • Aduk lagi hingga campuran slime kenyal
  • Teteskan baby oil yang berfungsi agar slime tidak lengket
  • Selesai, slime yang sudah kamu buat tadi harap-hati agar tidak menempel di baju.

Cara Membuat Slime Dengan Lem UHU

Cara Membuat Slime Dengan Lem UHU

kliping.co

Membuat slime menggunakan lem uhu bisa dibilang sangat praktis dan ekonomis, karena membuat slime menggunakan lem uhu tidak membutuhkan banyak bahan. Cukup menggunakan dua atau tiga bahan saja, hasilnya tidak kalah bagus dengan slime yang lainnya.

Bahan-bahan Cara Membuat Slime Dengan Lem UHU

  • 1 buah lem UHU
  • 10 sendok teh Sabun cuci piring cair
  • Pewarna makanan 1/4 sendok teh

Tahap-tahap Membuat Slime Dengan Lem UHU

  • Siapkan wadah kering dan bersih, baik itu mangkuk, toples maupun baskom, diusahakan wadah tersebut memiliki tutup. Agar nanti dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan slime yang sudah jadi.
  • Masukan lem fox UHU, pewarna makanan dan sabun cuci piring ke dalam wadah tersebut. Kemudian aduk hingga lem mengental dan terpisah dari sabun cuci piring cair.
  • Kemudian ambil slime tersebut lalu peras menggunakan kain atau tisu kering. Maksud dari tujuannya ialah agar cairan lengket yang dari sabun tidak tercampur di luar slime bisa hilang, agar aman ketika nanti dimainkan oleh anak-anak.
  • Cobalah untuk menekan-nekan dan menarik-nariknya, jika terus kembali lagi berarti slime dengan lem UHU telah selesai dengan sempurna.
  • Kelebihan dari slime dengan lem UHU agak sedikit silly dan memiliki warna sangat bagus, bening dan glowy di sukai anak-anak.

Cara Membuat Slime dengan Gom

cara membuat slime menggunakan gom

bisakimia.com

Bahan-bahan :

  • Satu botol GOM
  • Lem cair, (baiknya menggunakan lem povinal agar slime tidak mudah mengering)
  • Pewarna, gunakan cat air atau pewarna lainnya (tidak menggunakan pewarna juga tidak apa-apa namun slime akan menjadi warna putih)

Tata Cara Membuat Slime dengan Gom :

Tuangkan lem cair kedalam sebuah wadah kosong, kemudian teteskan GOM ke lem cair tersebut. Aduklah secara merata menggunakan tangkai sendok agar mudah mengaduknya hingga membentuk adonan slime.

Setelah agak mulai membentuk seperti slime, lanjutkan tuangkan satu tetes pewarna, aduk terus menerus hingga warnanya merata. Jadilah slime yang bisa langsung dimainkan.

 

Cara Membuat Slime dengan Sabun

Cara membuat slime deterjen

youtube.com

Cara Membuatnya hampir sama saja dengan cara pembuatan slime menggunakan GOM, bedanya hanya bahan GOM di ganti dengan sabun, setelah adonan. Setelah menjadi adonan slime kamu bisa menuangkan setetes pewarnanya, kamu harus merendam adonan slime tersebut kedalam wadah yang penuh dengan air 2 hingga 3 menit.

Sangat mudah bukan cara membuat slime? Bisa dibuat dirumah atau disekolah bersama teman-teman. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan setelah bermain slime.

Selesai sudah slime yang terbuat dari  jenis bahan yang berbeda, semoga bisa bermanfaat bagi kamu  yang ingin mencoba membuat slime aman dan ekonomis.

Untuk lebih lengkapnya lihat video berikut :

3 Comments

  1. fanny fristhika nila April 16, 2016
  2. arrosa dini dienata August 23, 2016
    • Admin August 23, 2016

Leave a Reply