Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Kantung mata atau mungkin lebih populer dengan sebutan mata panda merupakan sebuah lingkaran hitam gelap yang terdapat pada kulit sekililing mata. Mata panda disebabkan oleh karena kurang tidur atau terlalu banyak begadang yang berdampak pada wajah menjadi kusut serta lelah dan menyebabkan kulit wajah terlihat kusam.

Kantung mata sebenarnya merupakan masalah spele, namun bagi kamu yang peduli akan kesehatan serta penampilan, ini adalah masalah penting perlu di segera ditindak lanjuti agar dapat mengembalikan penampilan.

Mata panda akan sangat menggangu dan membuat kamu kurang percaya diri ketika akan bertemu dengan orang lain. Bahkan kabarnya, ada orang yang rela merogoh kocek ratusan untuk mengoperasi kantung matanya demi menghilangkan mata panda.

 

Penyebab dan Cara Mencegah Mata Panda

Penyebab dan Cara Mencegah Mata Panda

segiempat.com

Sebelum kamu mengobati untuk menghilangkan mata panda, alangkah baiknya untuk mengetahui apa saja yang menyebabkannya. Kenapa harus tahu penyebabnya? Karena agar kedepannya kamu bisa mencegah terjadinya mata panda. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Berikut dibawah adalah beberapa penyebab terjadi mata panda :

 

1. Kurang Tidur

Menurut ilmu kedokteran, manusia minimal perhari membutuhkan tidur kurang lebih 7-8 jam perhari. Jika kurang dari yang dibutuhkan akan berdampak buruk dan menyebabkan banyak masalah yang berhubungan dengan mata, terutama dengan kantung mata. Oleh karena itu, jaga baik-baiklah waktu tidur kamu, di mulai dari kesadaran diri akan pentingnya istirahat.

Jika kamu sedang terpaksa lembur, alangkah baiknya untuk mengupayakan tidur lebih awal di hari sebelumnya. Dengan demikian, mata sehat dan pekerjaan selesai. Sebagai tambahan, baiknya kamu memperbanyak makan buah serta minum air putih dan tidak lupa meminum vitamin sebagai suplemen tambahan supaya tubuh kamu tetap terjaga.

 

2. Make Up yang Berlebihan

Poin ini khusus untuk kaum hawa yang menggunakan make up yang berlebihan. Penggunaan make up yang terlalu tebal sangat berdampak buruk dan menyebabkan mata panda. Alangkah baiknya untuk lebih memperhatikan lagi ketika setelah menggunakan make up yang tebal untuk segera mencuci bersih muka.

 

3. Sinar UV Matahari

Sinar matahari sangat baik bagi kebutuhan kesehatan tulang dan kulit, namun penggunaan sinar matahari yang berlebih dan tidak tepat akan berdampak buruk. Sinar UV matahari yang baik adalah sekitar 4 jam, dimulai dari pukul 6 pagi hingga 10 siang. Lebih dari itu malah bukan membuat sehat tapi akan sangat berdampak negatif bagi kesehatan.

Jangan salahkan matahari jika tiba-tiba mata kamu terdapat lingkaran, karena semakin sering kamu beraktifitas di luar ruangan dan terkena langsung sinar matahari tanpa adanya perlindungan akan sangat mudah sekali mata panda terjadi pada kamu.

Panas matahari dapat menyebabkan memperbanyak produksi melanin yang bisa menghitamkan daerah kantung mata. Gunakanlah kacamata hitam sebagai pelindung mata jika memang kamu lebih sering beraktifitas diluar ruangan.

 

4. Radiasi Monitor Komputer / Laptop

Radiasi gelombang elektromagnetik yang di sebabkan oleh komputer dapat mengganggu kesehatan. Gejala yang dikeluhkan adalah ada pada kelelahan mata, pandangan menjadi kabur serta mata menjadi lebih kering.

 

5. Penyakit

Mata Panda juga disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu seperti, anemi dan ginjal. Maka jangan heran jika kamu tidak melakukan aktifitas poin di atas tapi masih terdapat mata panda, mungkin saja mengidap penyakit tersebut.

Alangkah baiknya untuk segera memeriksanya ke dokter, agar lebih meyakinkan apakah benar kamu mengidap penyakit tersebut atau hanya sekedar kelelahan saja. Namun dengan penuh keyakinan semoga saja kamu baik-baik saja tidak mengidap penyakit salah satunya.

 

6. Faktor Keturunan

Faktor genetik juga sangat mendominasi terjadinya mata panda. Jika kamu memiliki mata panda, cobalah untuk melihat ayah dan ibu kamu, apakah mereka berdua memiliki mata panda? Jika memang benar iya, kamu jangan merasa heran, karena memang sudah ada faktor keturunan yang di riwayatkan orang tua kamu.

 

Cara Efektif Menghilangkan Mata Panda dengan Alami

1. Mengompres dengan Es batu

kompres dengan batu es

tipskesehatandankecantikanku.blogspot.com

Es Batu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari, namun tidak hanya itu, dingin es batu dapat membuat mata kita menjadi lembab, dan menghilangkan lingkaran gelap pada mata.

  • Ambilah es batu besar, kemudian pecahkan dan potong-potong hingga menjadi kecil-kecil, kurang lebih seukuran bola mata.
  • Kemudian bungkuslah es yang telah dipotong kecil tersebut menggunakan kain lap bersih dan halus.
  • Agar kain menjadi basah, celupkan kain berisi es tersebut ke dalam air, diamkan sejenak kurang lebih satu menit agar kain lap itu menyatu dinginnya dengan es batu.
  • Usapkan secara perlahan kebagian area lingkara mata panda.
  • Lakukan terus menerus secara berulang-ulang hingga mata anda terasa segar dan rileks.
  • Terus terapkan terapi ini setiap hari hingga mata panda anda hilang.

 

2. Memanfaatkan Kantung Teh Celup Bekas

mengatasi mata panda dengan teh

sayangi.com

Jika biasanya kamu setelah membuat teh celup lalu membuang kantungnya, mulai sekarang cobalah untuk menyimpannya. Karen akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan mata panda buat kamu yang memiliki masalah pada kantung mata.

  • Berikut Cara Menggunakan Kantung Teh Celup untuk Menghilangkan Mata Panda
  • Ambilah teh celup bekas
  • Kompreskan sekitaran area mata anda dengan menggunakan kantung teh celup bekas tersebut
  • Lakukan secara terus menerus selama 10 hingga 15 menit sampai kantung mata anda terlihat samar
  • Terus lakukan setiap hari hingga mata panda hilang.

 

3. Kompres menggunakan Mentimun

cara mengatasi kantung mata

vemale.com

Mentimun memiliki manfaat yang banyak termasuk mengandung asam vitamin C, asam askorbat, dan caffeic acids. Dengan kandungan tersebut, mentimun bisa mengobati iritasi serta pembengkakan terhadap kulit, dan juga kulit bengkak yang menjadikan mata panda.

  • Ambilah sebuah mentimun, lalu iris dibagi menjadi beberapa bagian
  • Ambil dua iris mentimun tersebut, lalu tempelkan tepat pada kedua mata kamu
  • Biarkan menempel hingga 10-15 menit sambil relaks

Kesejukan mentimun akan membuat mata kamu lebih lembab dan secara langsung mengurangi lingkar hitam pada mata panda kamu.

Demikianlah cara menghilangkan mata panda dengan bahan-bahan alami selesai. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang mempunyai masalah mata panda, terus semangat dan yakin mata panda kamu akan hilang dan yang terpenting bila telah hilang mata panda kamu, tetap jaga makananan, dan kesehatan, serta pola tidur.

Leave a Reply