Gambar dan Ukuran Lapangan Futsal Nasional maupun Internasional

Gambar dan Ukuran Lapangan Futsal – Siapa yang tidak tahu dengan olahraga futsal? Futsal adalah olahraga yang keturunan dari sepak bola, namun terdapat perbedaan yang begitu mencolok ialah diantaranya ukuran lapangan yang lebih kecil dari ukuran lapangan sepak bola aslinya.

Ukuran lapangan futsal 3 kali lebih kecil dari lapangan lapangan sepak bola, jika dihitung ukuran lapangan futsal dikalikan menjadi 3 baru terdapat ukuran 1 lapangan sepak bola.

Berikut dibawah ini akan membahas secara rinci tentang ukuran lapangan futsal yang sesui dengan standar nasional dan internasional.

ukuran lapangan futsal

ghezwayz.files.wordpress.com

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

  • Panjang lapangan futsal standar nasional terdapat ukuran antara 25 hingga 42 meter.
  • Lebar lapangan futsal standar nasional terdapat ukuran antara 15 hingga 25 meter

Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

  • Panjang Lapangan futsal standar internasional terdapat ukuran antara 38 hingga 42 meter.
  • Lebar lapangan futsal standar internasional terdapat ukuran antara 18 hingga 25 meter.

 

Gambar Lapangan Futsal

gambar lapangan futsal

plus.google.com

Lapangan futsal terdapat garis yang memiliki fungsi sebagai tanda dan batasan lapangan permainan futsal. Semua garis yang terdapat di lapangan permainan futsal harus mempunyai ukuran lebar ialah 8 cm.

Touched line merupakan dua garis yang memiliki ukuran lebih panjang berfungsi untuk garis pembatas lapangan atau garis samping.  Sedangkan goal line garis yang lebih pendek dari garis gawang.

Lapangan futsal terbagi menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh garis tengah. Ada sebuah titik tepat di tengah garis lapangan. Lingkaran yang berada ditengah memiliki radius 3 meter.

 

Gawang Lapangan Futsal

Gawang berada tepat di tengah-tengah garis lebar lapangan futsal. Gawang terdapat 2 buah yang sejajar vertikal memiliki jarak sama dan batang horizontal terdapa pada sisi atas lalu kemudian dihubungkan.

  • Tiang yang terdapat pada lapangan permainan futsal mempunyai ukuran panjang 3 meter
  • Tiang yang terdapat pada lapangan permainan futsal mempunyai ukuran lebar 2 meter

 

Tanda Lapangan Futsal

Daerah Penalti

Area penalti merupakan daerah di depan gawang yang ditandai menggunakan garis setengah lingkaran. Berikut dibawah cara menentukan area penalti:

  • Dua buah garis seprempat lingkarang yang berjari-jari 6 meter di dalam lapangan dengan titik pusat disetiap gawang.
  • Satu buah garis seperempat lingkaran yang menempel di garis gawang. Ujung lainnya berada tepat di depan setiap gawang. Kedua ujung yang berada didepan kedua tiang gawang di sambungkan dengan garis lurus sepanjang 3,16 meter satu jajar dengan garis gawang.

Mengapa demikian? Karena 3,16 meter tersebut terdapat jumlah lebar gawang dan diameter ketebalan dua buah tiang gawang yang masing-masing diameternya 8 cm.

Titik Penalti Pertama

Pada Titik Penalti pertama terletak di tengah-tengah antara posisi vertikal tiang gawang dan mempunyai jarak sama dengan antara kedua tiang gawang.

Titik Penalti Kedua

Titik Penalti Kedua berjarak 10 meter dari titik tengah lapangan.

Tendangan Sudut

Tendangan sudut terbagi menjadi 4 titik untuk melakukan tendangan sepak pojok. Di masing-masing sudut terdapat seperempat lingkaran dengan radius 25 cm.

 

Penjelasan Daerah Bebas

Daerah bebas terletak di 5 meter sekeliling garis tengah lapangan. Daerah tersebut bebas pandangan ke lapangan karena di sisi luar daerah bebas tersebut terdapat meja wasit ketiga dan pencatat waktu. Jarak ke meja wasit ketiga tersebut kurang lebih 2 meter dari garis tepi lapangan.

 

Penjelasan Gawang

Penemapatan gawang tepat berada di bagian tengah masing-masing garis gawang. Lebar gawang 3 meter diukura mulai dari bagian dalam tiang.

Untuk ketinggian gawang adalah 2 meter diukura dari bagian dalam tiang palang atas gawang ke area lantai.

Penampang tiang boleh berbentuk kotak dan lingkaran, namun lebih dianjurkan menggunakan penampang berbentuk lingkaran.

Karena selain relatif lebih aman jika ada benturan dan pantulan bola terhadap tiang penampang. Sehingga penampang yang bundar lebih menghasilkan arah yang akurat.

Bahan nilon merupakan pilihan tepat untuk dijadikan jaring di gawang. Jaring yang diikatkan ke tiang dan palang dengan kedalaman gawang bagian atas kurang  lebih 80 cm dan 100 cm untuk bagian bawah.

 

Penjelasan Permukaan Lapangan

Permukaan diharuskan halus, rata dan tidak licin yang mana nantinya akan sangat berpengaruh bagi kenyamanan dan keselamatan pemain. Sangat tidak disarankan menggunakan bahan material seperti beton dan paving stone, sebaiknya menggunakan bahan kayu atau parkit.

Ketentuan Lapangan:

  • Garis gawang antara 15 hingga 16 meter beradius seperempat lingkaran yang jika diukur sebesar 4 meter. Hal tersebut titik penalti tidak lagi diletakan digaris yang telah dibatasi oleh daerah penalti, namun berada pada jarak 6 meter dari titik tengah antara posisi kedua tiang gawang.
  • Garis yang berukuran 8 cm ini bisa digambarkan diluar lapangan 5 meter dari sudut lapangan dan pada sudut kanan dan kiri dari garis gawang berfungsi untuk memastikan jarak tersebut dapat diamati jika tendangan sudut dilakukan.
  • Dua garis tambahan dengan masing-masing jarak 5 meter dikanan dan kiri titik penalti kedua berfungsi untuk menggambarkan jarak pengamatan pada saat tendangan bebas dilakukan dari titik penalti kedua.
  • Posisi tempat duduk pemain cadangan berada tepat di belakang garis pembatas lapangan, di samping daerah bebas di depan meja pencatatat waktu atau lebih dikenal dengan sebutan time keeper.

Demikianlah penjelasan tentang gambar dan ukuran lapangan futsal nasional dan internasional. Sangat mudah bukan mempelajari ukuran lapangan futsal? Semoga coretan ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply