Kumpulan Gambar dan Wallpaper Ular Naga Asli Terbesar di Dunia Beserta Sejarahnya

gambar naga

Sudah tidak perlu diragukan lagi, naga merupakan mahluk mitologi paling populer sepanjang sejarah yang pernah ada. Eksistensi naga juga sering hadir pada film dan video game sejak dahulu, sepertinya akan terus hadir perannya hingga dimasa yang akan datang.

 

Apa Itu Naga ?

gambar naga

deligaris.deviantart.com

Naga merupakan sebutan umum bagi mahluk mitologi yang berbentuk reptil raksasa. Hampir disemua kebudayaan, naga muncul dan ikut berperan hampir disemua kebudayaan.

Pada umunya bentuk fisik naga berwujud seperti seekor ular, namun juga terdapat dibeberapa kebudayaan yang menggambarkan naga seperti seekor kadal yang memiliki sayap, berkepala padat dan mampu menghembuskan nafas api.

 

Sejarah dan Kebudayaan yang Mempercayai Naga

Naga dibeberapa peradaban dikenal dengan sebutan Dragon (Inggris), Draken (Skandinavia), Liong (Tiongkok) yang mana dikenal sebagai mahluk superior berwujud seperti ular dengan kemampuan dapat menyemburkan api.

Habitat ular naga hampir diseluruh elemen seperti air, darat, dan udara.  Walaupun penggambaran wujudnya berbeda-beda, tetapi secara umum mahluk mitologi tersebut disimbolkan sebagai mahluk maha sakti.

Sejarah Ular Naga di Negara-Negara Barat

ular naga asli

disse86.deviantart.com

Di negara barat sosok ular naga digambarkan sebagai monster yang cenderung sebagai perusak dan bersekutu dengan kekuatan gelap serta jahat.

Ular naga hampir disemua cerita selalu dicitrakan sebagai pemeran antagonis perusak dan harus dihancurkan. Seseorang yang dapat menghancurkannya akan menyandang gelar pahlawan. Jadi kesimpulannya naga adalah mahluk yang mengancang kelangsungan hidup manusia.

Sejarah Ular Naga di Negara-Negara Timur

gambar ular naga besar

www.deviantart.com

Beda tempat beda pula citra yang dimiliki ular naga. Pada peradaban timur khususnya di Tiongkok, naga merupakan sebagai sosok yang sangat bijaksana dan bersifat bijak layaknya dewa.

Naga adalah satu-satunya hewan mitos dan mitologi yang dijadikan sebagai simbol Shio kebudayaan orang China Tiongkok.

Di Indonesia juga terdapat beberapa daerah juga yang mempercayai keberadaan dan dongeng tentang naga. Salah satunya ialah Budaya di Minangkabau. Budaya minangkabau mengenal dongeng Ngarai Sianok yang mana dongeng tersebut diciptakan oleh Sang Naga.

Budaya Jawa sangat lekat dengan hiasan berbentuk naga, pada umunya hiasan tersebut terdapat di gamelan, pintu candi dan gapura dijadikan sebagai lambang penjaga.

Masyarakat Dayak juga mempercayai bahwa naga adalah penguasa dunia bawah dan burung enggang sebagai penguasa dunia atas.

Berbeda sekali dengan budaya barat, naga diperadaban budaya timur memiliki tempat terhormat yang memiliki kekuatan dahsyat untuk menghancurkan namun tidak semena-mena dan dapat mengayomi manusia.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak pandangan yang menganggap naga adalah sebagai lambang dunia bawah. Jauh sebelum Zaman Hindu-Budha Neolithicum banyak yang beranggapan bahwa dunia ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu dunia bawah dan dunia atas.

Dua bagian dunia tersebut memiliki sifat yang masing-masing bertentangan. Dunia bawah tersebut ialah antara lain bumi, bulan, gelap, air, ular, kura-kura dan buaya. Sedangkah dunia atas dilambangkan dengan kebalikannya seperti matahari, terang, atas, kuda dan rajawali.

Pemahaman tersebut hampir seluruhnya merata diseluruh negara-negara asia. Pada cerita Mahabarata dan kebanyakan orang Indonesia sendiri pada zaman sebelum Hindu-Budha, naga dan ular selalu berhubungan dengan air, sedangkan air tersebut multak dibutuhkan oleh masyarakat sebagai pendukung pertanian.

Berikut dibawah ini 10 gambaran naga dari berbagai belahan dunia, entah ini merupakan hal yang kebetulan atau memang keberadaanya benar-benar eksis.

 

1. Loong (China)

loong naga cina

en.ce.cn

Naga loong merupakan naga yang paling terkenal dari semua jenis naga yang pernah masyarakat ketahui. Naga tersebut adalah simbol dari kekuasaan, kekuatan dan keberuntungan bagi masyarakat di China.Naga loong bahkan diyakini sebagai suatu hal yang tabu bila dengan sengaja merusak gambar naga tersebut.

Naga paling legendaris ini mempunyai kekuatan supernatural yang sangat luar biasa, dia bisa terbang diatas awan, memperbesar ukuran tubuhnya hingga sebesar alam semesta, berubah warna dan berkuasa atas air dan cuaca.

 

2. Wyvern (Inggris)

naga wyven

www.deviantart.com

Wyvern adalah naga paling melegenda di negara-negara Eropa, terutama di Inggris. Menurut sejarah sastra mereka, Wyvern mempunyai kepala naga, sayap, badan reptil, sepasang kaki dan berekora panjang.

Karena kemiripannya dengan naga, masyarakat Inggris meyakini bahwa Wyvern merupakan saudara jauh dari keluarga naga. Hal tersebut banyak ditampilkan pada film-film dan game terkenal seperti Game of Throne dan Skyrim.

 

3. Cuelebre Asturias (Spanyol)

naga cuelebre

www.pinterest.com

Cuelebre merupakan sebuah sosok mahluk mitologi yang diangkat dari cerita rakyat Spanyol, tepatnya di daerah Asturias dan Cantabria. Cuelebre adalah mahluk mortalilty atau hidup abadi dan sangat terobsesi dengan segal hal yang berkilauan.

Berikut dibawah ini sedikit cuplikan cerita rakyat spanyol tentang naga Cuelebre yang sangat melegenda itu.

Ada seorang gadis muda cantik yang mengacuhkan peringatan keluarganya untuk tidak menyisir rambut dengan sambil memandang air. Hal tersebut dikarenakan ketika sehelai rambut gadis cantik jatuh kedalam air, maka peri air yang hidup di kolam tersebut akan mengutuknya.

Gadis muda dan cantik ini terus tumbuh besar, rambutnya berubah menjadi mahkota naga dan kulitnya menjadi bersisik. Dia baru akan kembali ke wujudnya semula jika ada pangeran berhati murni yang berani mendekati dan mengakui bahwa dia adalah gadis muda yang cantik.

 

4. Chuvash Chuvasia (Rusia)

chuvash dragon

www.deviantart.com

Mengapa naga ini disebut dengan Chuvash? Karena naga ini berasal dari sebuah daerah di Rusia yaitu Chuvasia. Naga Chuvasia berbentuk serupa dengan naga di negara-negara Eropa lainnya, namun kelebihan lainnya ialah Chuvasia dapat berubah wujud menyerupai manusia.

Nenek moyang rakyat Chuvasia menceritakan secara turun temurun bahwa bagaimana cara mereka berhadapan dengan sebuah ular naga besar ketika menemukan kota tersebut. Naga Chuvash hampir dibunuh oleh rakyat Chuvasia, namun dia memohon untuk berdamai, dimana lalu dewa memberikaanya sayap.

 

5. Hydra atau Zmaj (Slovenia)

gambar hydra

www.deviantart.com

Zmaj atau lebih dikenal dengan sebutan hydra memiliki sisik berwarna hijau dan berkemampuan menyemburkan api. Kepalanya yang berjumlah tiga dan dapat tumbuh lagi jika kepalanya dipotong.

Dalam ceritanya zmaj dapat dibunuh dengan cara mengelabu dengan memberinya hadiah makanan yang ternyata makanan tersebut adalah sulfur belerang.

 

6. Niohoggr (Scandinavia)

naga niohoggr

www.pinterest.com

Niohoggr merupakan satu-satunya naga yang diyakini dalam legenda Norse. Naga tersebut dijelaskan bahwa hidup dibawah pohon Ash raksasa yang dinamakan dengan Yggdrasil.

Secara kejam ia terus menggerogoti akar pohon hingga memperangkapnya diatas Hvergelmir atau kuali mendidih di neraka. Jika Niohoggr dapat berhasil keluar, makan hal tersebut merupakan awal kedatangan Ragnarok dan mulainya kehancuran dunia.

 

7. Korean Dragon (Korea)

naga korea

cqmsjt.com

Asal-usul lahirnya negara Korea sangat erat dan berkaitan dengan negara Cina, bahkan hampir semua fisiknya serupa. Namun yang membedakannya terdapat pada jumlah jari kakinya saja, yang mana naga Korea mempunyai empat kaki, namun naga Cina mempunyai lima jari kaki.

Naga korea juga mempunyai jenggot yang dan tidak bersayap, habitat mereka biasanya tinggal di daerah perairan seperti sungai, danau, telaga, dan laut.

Jauh sebelum naga Korea dapat menjadi Naga sejati, mereka telah memulai hidupnya sebagai Imoogi, yakni naga kecil yang harus hidup selama 1000 tahun dan akhirnya dapat menjadi naga sesungguhnya.

 

8. Yilbegan (Siberia)

naga yilbegan

sahabatamrullah.blogspot.com

Sebagai monster bersayap, Yilbegan digambarkan pada mitologi dua kelompok etnis yang tinggal di Siberia bangsa Turki dan Tatar. Seperti pada umumnya naga di negara-negara eropa, Yilbegian disebut sebagai perusak dan pemakan manusia.

 

9. Bakunawa (Filipina)

naga bakunawa

virtviuz.deviantart.com

Bakunawa menurut kepercayaan Filipina adalah seorang dewa yang berwujud naga memiliki dua buah pasang sayap, kumis, lidah berwarna merah dan mulut sebesar danau.

Rakya Filipian di zaman dahulu mempercayai bahwa bakunawa sangat tertarik dengan cahaya yang dihasilkan oleh bulan. Sehingga ia melompat menggapai langit dan melahap bulan yang menjadikan bumi menjadi gelap dan terjadi gerhana bulan total.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, masyarakat Filipina berlarian ke luar rumah sambil membawa peralatan dapur seperti panci dan wajan, kemudian berusaha membuat gaduh dengan tujuan untuk menakuti Bakunawa.

 

10. Naga (India)

naga india

fineartamerica.comar

Seperti pada umumnya negara-negara Asia, naga di India tidak memiliki sayap dan bisa ditemukan pada Budaya Hindu-Budha. Kita Mahabharata menjelaskan bahwa naga mempunyai ciri-ciri kombinasi dari ular dan manusia.

Budaya Hindu menggambarkan Naga adalah roh ular panjang tanpa saya mirip dengan naga dalam budaya cina. Naga tersebut berkaitan dengan sumber air dan mengemban tugas menjaga harta karun.

Namun menurut budaya Budha sangatlah berbeda, dikatakan bahwa naga dapat berubah secara ajaib menjadi seorang manusia.

Demikianlah beberapa penjelasan gambar ular naga asli terbesar di dunia, semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Namun sesungguhnya menurut saya semua ini hanyalah sebuah cerita dan dongeng rakyat biasa saja, karena sesungguhnya dalam agama Islam sosok naga itu tidak pernah ada disemua riwayat, baik menurut Al-Quran dan Hadist. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply