Cara Memelihara Ikan Aligator Monster Ikan Hias Sisa Peradaban Dinosaurus

ikan aligator

Ikan aligator atau ikan buaya ini memiliki moncong seperti buaya, maka dari disebut ikan buaya. Ikan yang berbadan panjang dan dari beberapa jenis ikan unik, ikan tersebut salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari.

Keterangan Ikan aligator :

– Morphs of Gar the Gold gar

– Florida gar + Alligator gar

– Longnose gar + Alligator gar

– Shortnose gar + Alligator gar

– Cuban gar:Atractosteus tristoechus

– Tropical gar:Atractosteus tropicus

– Alligator gar:Atractosteus spatula

– Florida gar:Lepisosteus platyrhincus

– Spotted gar:Lepisosteus oculatus

– shortnose gar:Lepisosteus platostomus

– Longnose gar:Lepisosteus osseus

Ikan aligator yang berasal dari Amerika tengah ini agar tidak mudah setres di dalam aquarium baiknya dilengkapi kebutuhan alami habitatnya seperti ukuran suhu 20-250 derajat celcius dan berikan beberapa jenis tanaman-tanaman air  baik asli atau imitasi, bebatuan serta pasir.

Jika ingin memelihara ikan lain, selain ikan aligator dalam satu aquarium baiknya ikan yang akan di pelihara memiliki ukuran tubuh minimal sama atau lebih besar. Karena ikan jika lebih kecil dari ikan aligator, maka ikan buaya tersebut tidak akan segan-segan untuk menyerang dan memakannya.

 

Pakan Ikan Aligator

ikan aligator ini merupakan berjenis karnivora yang mana memakan makhluk hidup. Seperti ikan-ikan kecil, udang, dan beberapa jenis serangga. Namun untuk pakan yang baik untuk menjaga pertumbuhannya, baiknya menggunakan anakan lele daripada jenis-jenis ikan lainnya.

Tidak hanya ikan-ikan kecil atau anakan lele saja tapi juga memberikan variasi makanan agar ikan aligator tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

 

Pengembangbiakan Ikan Aligator

Pengembangbiakan ikan aligator dapat dilakukan di dalam aquarium dan kolam yang bersuhu sekitar 25 derajat celcius hingga maksimal 28 derajat celcius.

Ialah dengan menggabungkan 2 jantan dan 1 betina, setelah terjadi pembuahan, maka telur akan tersebar di permukaan air lalu akan tenggelam di dalam dasar air. Ikan aligator dapat bertelur hingga 1100 butir.

 

Cara membedakan Jenis Kelamin Ikan Aligator

Jantan : Tubuh lebih kecil, sirip anal tampak berjumbai

Betina : Tubuh lebih besar, sirip anal rata

Jika burayak sudah mulai muncul, berilah makanan kepada mereka dengan kutu air dan artemia serta ikan-ikan kecil sesuai dengan besar ukuran mulut burayak.

 

Harga ikan Aligator di Pasar Indonesia

Spotted Gar

10 cm – 20 cm Rp. 15.000 – Rp. 20.000

20 cm – 30 cm Rp. 20.000 – Rp. 45.000

 

Aligator Gar :

15 cm – 30 cm Rp. 50.000 – Rp. 80.000

30 cm – 40 cm Rp. 85.000 – Rp. 250.000

 

Beberapa Fakta Unik Tentang Ikan Aligator

ikan buaya

underwater-fish.blogspot.com

Aligator merupakan berasal dari kata bahasa Spanyol “el lagarto” yang memiliki arti kadal. Aligator dan semua jenisnya seperti buaya merupakan seekor binatang pemangsa yang ditakuti.

Hingga kini hanya terdapat dua spesies aligator yang bertahan yakni aligator Amerika dan Aligator Cina.

Berikut beberapa fakta unik yang menarik dari Ikan Aligator

  1. Rata-rata panjang Ikan Aligator 4-6 meter dan beratnya hingga mencapai 340-450 kg
  2. Rahang Aligator sangat kuat, sangat mudah untuk melumpuhkan musuh dan mangsa berat lebih 900 Kg cukup hanya dengan sakali gigitan menggunakan 75 giginya yang kuat.
  3. Aligator mempunyai nasfu makan besar. Aligator muda memakan ikan kecil, berudu, katak, cacing, krustasea, serangga, serta siput. Aligar besar dapat memakan kura-kura hingga berbagai mamalia, seperti burung, ular, rusa, serta jenis reptil lainnya. Bahkan binana yang sudah matipun akan menjadi santapannya
  4. Kulit Aligator berlapis bisa melindungi dari salinitas air laut. Aligator juga dapat memakan batu yang membantunya utnuk menyelam lebih dalam lagi.
  5. Kehidupa Aligator Amerik lebih banyak terdapat di perairan tawar. Banyak ditemuka di rawa-rawa, sungai, danau, lahan basah, rawa payau, dan laguna.
  6. Aligator dapat mencapai umur hingga 50 tahun di alam liar dalam, namun dalam kebun binatang dengan perawatan yang maksimal bisa mencapai sampai 75 tahun.
  7. Aligator membuat gundukan sarang yang dekat dengan perairan air tawar. Karena tidak mempunyai pita suara, aligator jantan melakukan cara yang unik untuk menarik perhatian si betina. Aligator menghisap udara ke dalam paru-paru lalu membuangnya keluar dengan sangat keras. Aligator pada umumnya melakukan kawin pada musim semi.
  8. Aligator Amerika betina dapat bertelur hingga 25 sampai 60 butir, lalu telur tersebut di tutup menggunakan bermacam-macam vegetasi yang berfungsi untuk menjaganya tetap hangat.
  9. Telur aligator yang menetas pada 90-93 derajat akan memiliki kelamin jantan, sedangkan jika suhu pada 82-86 derajat telur akan menetaas berkelamin betina.
  10. Ketika berada dalam air untuk mengintai, aligator dapat berdiam tak bergerak hingga berjam-jam. Hanya lubang hidung dan mata yang terlihat di permukaan saja.
  11. Kulit aligator memiliki sensor yang berfungsi untuk mendeteksi mangsa masuk kedalam air. Dengan sensornya aligator akan menyergap mangsanya dengan sangat cepat dan mengejutkan.
  12. Ekor yang kuat dapat membuat aligator melompat hingga 5 meter dari air. Kemampuan tersebut sangat membantu untuk menangkap mangsa yang bergantung rendah terhadap cabang diatas air. Setelah menangkap, aligator akan menariknya kedalam air dan tenggelam.
  13. Ketika menangkap mangsa berukuran besar, aligator akan memutar mangsa tersebut dengan rahang kuatnya sehingga tercabik-cabik menjadi ukuran kecil dan mudah untuk ditelan. Aksi tersebut sebagai “deat roll”
  14. Sebagai hewan berdarah dingin, aligator dapat tetap kenyang walaupun makan hanya sekali dalam seminggu. Ketika menangkap mangsa besar, sisa mangsa tersebut akan di sembunyikan untuk stok makanannya ketika lapar.
  15. Aligator Cina terancam punah karena hanya tersisa sedikit di alam liar, beda dengan aligator amerika yang masih banyak terdapat di alam liar.
  16. Pada dasarnya aligator merupakan hewan pemalu dan akan melarikan diri ketika bertemu manusia, namun jika mereka merasa terganggu maka tak segan-segan untuk menyerang.

Leave a Reply