Pengertian Jaringan Komputer beserta jenisnya

jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sebuah komunikasi antara perangkat satu dengan perangkat lainya menggunakan sebuah kabel maupun nirkabel yang bertujuan untuk menerima dan memberikan layanan satu perangkat ke perangkat lainya.

Jaringan komputer kumpulan dua atau lebih untuk bekerjasama untuk saling berbagi berkomunikasi baik data maupun informasi, mengakses informasi memberi dan menerimanya. Ada dua istilah dalam jaringan komputer yakni Server sebagai pemberi akses atau informasi dan client sebagai penerima akses dan informasi tersebut, keduanya saling berhubungan antara lain jika tidak ada salah satunya maka tidak akan terjadi sebuah komunikasi.

Manfaat Jaringan Komputer :

1. Berbagi informasi baik komunikasi maupun sumber daya
2. Komunikasi terjangkau lebih mudah
3. Memberikan Informasi yang lebih cepat

Jenis-jenis Jaring komputer terbagi menjadi empat berdasarkan jangkauanya :

1. PAN (Personal Area Network)

PAN ( Personal Area Network )

bbc.co.uk

Jaringan Komputer Personal Area Network ialah sebuah jaringan yang menghubungkan secara jarak dekat seperti Antara Laptop/Komputer dengan Handphone, atau dengan perangkat-perangkat seperti kamera digital, headseat dan mouse bisa disebut sebuah Personal Area Network.

2. LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network)

bbc.co.uk

Jaringan komputer LAN ialah jaringan secara lokal saja menggunakan kabel LAN, biasanya digunakan di kantor-kantor, universitas, warnet bahkan sekarang di rumah tinggal sudah banyak yang menggunakan jaringan LAN, yakni untuk mengkoneksikan antara router provider dengan Komputer/laptop dan mengkoneksikan layanan TV kabel menggunakan Jaringan Local Area Network ini.

3. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan area Network ( MAN )

computernetworkingtopics.weebly.com

Jaringan Komputer WAN ialah Jaringan yang mencakup lebih luas, digunakan sesuai dengan namanya yakni sebuah Jaringan metropolitan yang mencakup satu kota dalam satu jaringan atau berjarak kurang lebih 50 KM.

4. WAN (Wide Area Network)

WAN Wide Area Network

bbc.co.uk

Wide Area Network sebuah jaringan komputer yang terluas diantara jaringan diatas tersebut, jaringan ini bisa menghubungkan Suatu daerah dengan daerah lainya, bahkan dari negara ke negara lain dalam satu koneksi yang bisa di akses satu sama lainya.

Jaringan Komputer berdasarkan fungsinya terbagi menjadi 2

1. Server – Client
Jaringan komputer antara dua perangkat atau lebih yakni terjadi adanya sebuah server dengan cient.

2. Peer to peer
Jaringan komputer peer to peer terjadi hanya pada dua perangkat saja, yakni dari komputer satu dengan komputer lainya karena hanya terkoneksi dua perangkat saja maka jaringan peer to peer setiap hostnya bisa menjadi server dan client secara bersamaan.

Jenis-jenis Jaringan komputer berdasarkan media transmisi

1. Wired Network (Jaringan berkabel)
jaringan yang menghubungkan komputer satu ke komputer lainya menggunakan media kabel

2. Wireless Network (Jaringan Nirkabel)
Jaringan yang menghubungkan perangkat tidak menggunakan kabel, yakni menggunakan gelombang elektromagnetik untuk menghantarkan dan menerima informasi sinyal.

Demikianlah Pengertian Jaringan Komputer, jadi kesimpulanya adalah hubungan secara elektronik antara sekelompok komputer atau lebih yang memiliki bentuk atau pola yang mempunyai sebuah istilah dalam ilmu komputer ialah topologi jaringan komputer, yakni sebuah jaringan komputer yang terdiri dua atau lebih perangkat komputer serta perangkat lainya termasuk printer, Hardisk, Modem dan router yang terhubung berkaitan satu sama lainya untuk bisa berkomunikasi dalam satu jaringan mendapatkan perintah maupun pertukaran data, yang dimaksud Pertukaran data dan informasi disini ialah sebuah pertukaran perangkat lunak bukan perangkat keras. artinya setiap komputer di jaringan dapat mengirimkan dan menerima informasi ke satu komputer dan komputer yang lainya agar memudahkan dalam berkomunikasi. Sekian pengertian tentangĀ  jaringan komputer semoga bisa bermanfaat dan dapat mempermudah kita dalam melakukan sebuah pekerjaan. Terimakasih

Leave a Reply