Tips Cepat Mendapat Jodoh Menurut Islam

jodoh sesuai syariat islam

Banyak orang bilang jodoh itu di tangan Tuhan, jadi kalau mau punya jodoh minta sama tuhan. Sama halnya seperti rejeki sudah ada yang atur, tinggal deketin aja yang ngaturnya. Pasti bawaanya pada baper (bawa perasaan) ya, kalau ngomongin jodoh. Apalagi kalau lagi kumpul keluarga, saudara-saudara pasti pada tanya, mana pacarnya? mana istrinya? kapan mau nikah? masa mau sendirian terus kaya uji nyali :D. Pertanyaan tersebut adalah kalimat paling horor yang buat kita speechless seketika.

Pada hakikatnya mencari jodoh itu mudah tapi susah, karena kembali lagi kepada kitanya masing-masing yang mau menjemput atau menunggu. Ingat ya, waktu itu terus berputar. Kadang-kadang kita lupa akan usia yang semakin hari, semakin bertambah. Mungkin karena sibuk dengan bekerja seakan membuat kita melupakan salah satu sunnah rasul, yakni sebagai penyempurna agama Islam. Bahkan menikah adalah pelengkap setengahnya dari agama.

Allah SWT memiliki 3 pilihan untuk memberikan jodoh kepada seluruh manusia satu dengan yang lainnya. Pertama cepat dan mudah dalam mendapatkan jodoh, kedua lambat mendapat jodoh, namun pasti mendapatkan jodoh di dunia, ketiga tidak mendapat jodoh di dunia, namun akan mendapatkan jodohnya diakhirat.

Yang mana jodoh kita? “wallahua’lam bisawwab” kita sebagai manusia wajib berikhtiar. Lalu bagaimana kita berikhtiar agar mendapat jodoh menurut islam? berikut adalah cara mendapat Jodoh menurut islam.

 


Memperbaiki Diri


Memperbaiki diri

pixabay.com

Di mulai dari diri kita sendiri, sudah sebaik apa kita? apakah sudah layak untuk memiliki pasangan yang kita idamkan, bahkan apakah sudah pantas menjadi imam dalam berumah tangga? Maka dari itu kita harus mulai memperbaiki diri kita sendiri.

Seperti pada firman Allah SWT : “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga)” (QS. An-Nur: 26).

 


Berdoa dan Yakin Akan Kuasa Allah


Doa

islam.ryan-isra.net

Tetap Berdoa dan jangan menyerah untuk terus meminta kepada Allah SWT. Kita harus punya keyakinan bahwa jodoh terbaik kita sedang dipersiapkan, nanti pada saat waktu yang tepat Allah SWT pasti akan tunjukan kepada kita.

Salah satu doa jodoh yang mustajab terdapat dalam QS : Al-Furqon : 74 “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa”.

Agar doa kita di terkabul ada baiknya kita memperhatikan bagaimana adab dalam berdoa menurut islam, karena doa yang telah di ajarkan oleh Allah dan Rasulnya niscaya doa kita akan terkabul, ketimbang doa yang menurut kita sendiri bukan yang di ajarkan dalam islam.

 

Baca juga : Kado Pernikahan Unik Buatan Sendiri, dijamin anti Mainstream


Amalkan Ibadah Sunnah


sunnah

idmuslim.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, rejeki sudah ada yang atur, tinggal dekati aja yang ngaturnya. Sama hal nya dalam meminta jodoh, kita harus ekstra memintanya kepada Allah. Agar doa kita di terkabul, ada baiknya kita untuk memperbanyak ibadah sunnah, hingga kita menjadi semakin dekat dengan Allah maka semakin mudah juga doa kita terkabul.

Ibadah sunnah seperti apakah yang harus dilakukan? Seperti Shalat Rawatib qobliyah – ba’diyah, sholat duha, tahajud, puasa senin-kamis, berinfaq serta bertilawah al-quran dan masih banyak lagi ibadah-ibadah sunah lainnya.

Semua ibadah sunnah tersebut dilakukan istiqomah secara terus menurus dan tertarget jangan sampai putus. Sesungguhnya Allah SWT lebih menyukai ibadah/amalan yang sedikit namun terus menerus berkelanjutan secara continue.

 


Menentukan Pilihan itu Harus, tapi Bukan Menjadi Pemilih


Jodoh menurut islam

pixabay.com

Mungkin sudah menjadi sifat manusia yang selalu tidak pernah puas apa yang dia miliki, selalu ingin memiliki sesuatu yang sempurna. Ini adalah faktor mengapa kita susah mendapatkan jodoh, karena kita terlalu banyak memilih dan menyeleksi, padahal yang kita pilih itu juga belum tentu menerima kita sebagai yang memilihnya.

Boleh memilih, namun jangan jadi pemilih. Hal tersebut boleh kita jadikan sebagai tolok ukur namun, itu yang akan menyulitkan kita untuk mendapatkan jodoh. Seperti yang telah di sabdakan oleh Rasulullah SAW : “jika kita tidak dapat memperoleh semuanya, maka pilihlah yang agamanya paling baik”.

Sabda Rasul tersebut merupakan sebuah pengingat kepada kita, bahwa jangan terlalu banyak memilih. Namun kita untuk lebih mementingkan agama dan akhlaq dalam mencari pendamping hidup. Seperti yang sudah di jelaskan pada point pertama, kita perlu membenahi diri untuk menjadi baik agar mendapatkan jodoh baik juga.

 

Baca juga : Solusi Menjalani Pacaran Beda Agama


Memperluas Pergaulan


Komunitas

pixabay.com

Memperluas Pergaulan juga penting, karena dengan kita memperluas pergaulan, secara tidak langsung kita menambah banyak teman, dengan semakin banyaknya teman semakin banyak pula bertemu dengan orang-orang baru yang mungkin saja disitulah dipertemukan dengan jodoh kita.

Jangan merasa malu apalagi merasa minder dengan lingkungan baru. Cari dan bergabunglah dengan komunitas-komunitas baru, seperti tempat pengajian baru, tempat-tempat dakwah, dan mungkin ikut bersosial di lembaga kemasyarakatan sekitar juga bagus.

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan jodoh menurut islam yang bisa di terapkan, semoga semua yang kamu harapkan bisa tercapai. Percayalah dengan Allah SWT, baginya tidak ada yang mustahil. Terus semangat dengan apa yang kita impikan, jangan pernah menyerah, terus bersabar dan tetap istiqomah.

One Response

  1. deni tri oktavian September 12, 2017

Leave a Reply