Fungsi dan Aspek Keamanan Jaringan Komputer

security Jaringan Komputer

Keamanan Jaringan Komputer merupakan sebuah kewajiban yang sangat penting mungkin bahkan sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk memonitor koneksi jaringan menjadi akses yang terkontrol dan menyaring penyalahgunaan dari penggunaan yang sudah dibatasi oleh administrator jaringan komputer tersebut.Ada beberapa uraian penjelasan dalam keamanan jaringan komputer baik dari aspek keamanan, menangani serangan atau virus, controling, dan tugas-tugas administrator. Berikut adalah beberapa uraianya secara mendetail :

5 Titik aspek keamanan Jaringan Komputer

Keamanan Jaringan Komputer

pixabay.com

1. Kerahasiaan (Confidentiality)
Kenapa harus menjadi rahasia ? karena hanya administrator dan client-client tertentu saja yang memiliki akses-akses tersebut bahwa data dan informasi hanya mereka yang memiliki otoritas sebuah rahasia keamanan.

2.Integritas (Integrity)
Integritas yang dimaksud adalah kebutuhan informasi hanya dapat diubah oleh pihak-pihak yang memiliki otoritas seperti penjelasan diatas.

3. Ketersediaan (Availability)
Ketersediaan merupakan akses informasi yang tersedia bagi user dan client yang memiliki wewenang pada saat di butuhkan untuk mengakses.

4. Otentikasi (Authentication)
Otentikasi juga diperlukan untuk sebuah keamanan karena untuk dapat sebuah akses perlu sebuah verifikasi kebenaran identitas user atau client ini benar-benar si pengguna atau bukan.

5. Nonrepudiation
Pengirim dan penerima informasi tidak dapat menyangkal pengiriman dan penerimaan pesan.

 

Attack atau serangan terbagi menjadi empat bagian kategori utama :

serangan keamanan jaringan komputer

pixabay.com

1. Gangguan (Interuption)

Pihak berwenang tidak dapat menggunakan akses tersebut yang di akibatkan oleh aset dari sistem. Perusakan tersebut bisa terjadi karena adanya modifikasi perangkat keras maupun saluran jaringan komputer.

2. Intersepi (Interception)

Aset yang bersangkutan telah di akses oleh orang, program maupun sistem pihak yang tidak dikenal seperti halnya sebuah penyedapan atau peretasan sistem jaringan komputer tersebut.

3. Modifikasi (Modification)

Modifikasi suatu serangan yang lebih buruk dari intersepsi yang dijelaskan diatas, jika intersepi hanya masuk kedalam jaringan dan menyedapnya, namun serangan modifikasi tidak hanya melakukan hal yang sama bahkan melakukan tindakan yang lebih buruk yakni merubah file dan data yang ditransmisikan dalam jaringan tersebut.

4. Fabrikasi (Fabrication)

Fabrikasi yang dimaksud merupakan sebuah penyusupann sebuah objek palsu oleh pengirim yang tidak dikenal kedalam sistem kepada orang lain.

Prinsip yang perlu dihindari untuk menangani masalah Keamanan :

prinsip Keamanan Jaringan komputer

pixabay.com

– Mendiamkan sistem maka semua akan baik-baik saja.
– Meyimpan ditempat rahasia dan siapapun tidak akan menemukan
– Gunakan teknologi Kompleks / UNIX maka akan aman.

Baca juga :

Administrator Jaringan Komputer

Administrator Keamanan Jaringan komputer

pixabay.com

Administrator merupakan jobdesk penting dalam sebuah keamanan jaringan komputer, jobdesk ini sangat banyak dibutuhkan saat ini di perusahaan / instansi yang menggunakan teknologi komputer serta internet sebagai kebutuhan pekerjaan.

Perlu pengaturan dalam penggunaan keamanan jaringan sistem komputer, baik skala kecil maupun sekala besar akan sangat diperlukan mulai dari skala fisik dan non-fisik. Ada beberapa pengaturan proses kontrol dalam definisi administrasi jaringan tersebut ialah :

  • Controlling corporate strategic (assets)
  • Mengendalikan strategis (aset)
  • Controlling complekxity (complekxity pengendali)
  • Improving service (layanan yang baik)
  • Balancing various needs (menyeimbangkan berbagai kebutuhan)
  • Reducing downtime (mengurangi downtime)
  • Controlling costs (biaya pengendalian)

Tugas sebenarnya seorang administrator sebuah jaringan adalah memelihara dan mengelola semua yang mencakup sumber daya pada kinerja jaringan sistem agar lebih efektif dan efisien dalam fungsi struktur dan keamanan jaringan komputer tersebut. Berikut hal umum yang wajib dikuasai seorang administrator jaringan komputer sebelum tugas dan tanggung jawabnya :

1. Administrator jaringan komputer harus paham dengan sistem komputer tersebut dan dapat memahami dengan baik pengetahuan teori dasar maupun prakteknya.

2. Mengetahui tentang hardware jaringan komputer dan cara penggunaanya diantaranya : Kabel, antena, repeater, router, hub, switch, dan hardware sejenisnya yang meliputi perangkat jaringan komputer

3. Menguasai teori dan konfigurasi routing dengan baik antara instalasi dan pemasangan hardware agar dapat membangun jaringan yang baik yang mana akan di aplikasikan dalam jaringan komputer perusahaan dan origanisasi yang cukup banyak.

4. Administrator harus menguasai sistem keamanan jaringan komputer karena akan sangat memudahkan dan membantu pekerjaanya.

Apakah Kemampuan teori dan praktek sudah cukup ? tidak hanya kemampuan teori dan praktek saja yang diperlukan seorang administrator tetapi juga harus  memiliki etika yang profesional, karena teori dan praktek tidak akan berarti banyak jika tidak memiliki etika profesi.

 

Tugas dan fungsi administrator jaringan komputer

tugas dan fungsi administrator keamanan jaringan komputer

pixabay.com

Tugas dan fungsi administrator terbagi menjadi beberapa namun secara garis besarnya dapat dinyatakan dari bagian jaringan, hardware, serta aplikasi. Tugas administrator jaringan yang berfokus pada Keamanan jaringan komputer befokus pada masalah network administrator keamanan jaringan ialah antara lain sebagai berikut :

1. Firewall
Firewall adalah yang memungkinkan untuk menyaring lalu lintas jaringan semacam sebuah perangkat atau sistem yang dianggap aman ketika melaluinya dan mencegah jaringan lalu lintas yang tidak aman.

2. Akses Login
Akses login terdiri dari dua form, yakni Username dan password, Username ialah nama pengguna yang digunakan untuk hak akses kedalam jaringan komputer. Password ialah semacam kunci atau yang lebih sering kita dengar adalah sandi yang berfungsi untuk mendukung validasi akses username administrator tersebut

3. Resource Access
Resource acces merupakan sebuah pembatasan penggunaan sumber daya sesuai dengan izin yang diberika administrator jaringan.

Sekian pengertian tentang Keamanan jaringan komputer beserta fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga  bermanfaat dalam pengaplikasian pekerjaan baik kebutuhan kehidupan sehari-hari dalam beraktifitas di sekitar dunia jaringan komputer.

Leave a Reply