Pengertian dan Teknik Lompat Jauh

lompat jauh wanita

Lompat jauh adalah salah satu dari olahraga atletik. Olahraga atletik sendiri berasal dari bahasa yunani yang memiliki arti perlombaan, pergulatan, pertandingan dan perjuangan sedangkan untuk sebutan seorang atletnya adalah Athleta.

Olahraga Jenis atletik adalah olahraga yang dasar untuk melakukan gerakan-gerakan dasar yang beraada di dalam cabang olahraga lainnya. Olahraga atletik sangat bermanfaat bagi kegiatan kehidupan sehari-hari.

Melakukan olahraga atletik akan melatih kecepatan, kekuatan, kelincahan, kelenturan, daya tekan, ketepatan, keuletan, koordinasi gerak, percaya diri, dan disiplin serta memiliki tanggung jawab.

Dalam olahraga atletik memiliki empat jenis olahraga lompatan yakni, lompat jangkit, lompat tinggi, lompat tinggi galah dan lompat jauh. Lompat jauh sendiri merupakan olahraga atletik lompatan yang paling dasar, bahkan bisa di sebut olahraga paling umum dalam kompetisi kelas dunia dan olimpiade.

 

Pengertian Lompat Jauh

Gaya jongkok lompat jauh

aakhsare.com

Lompat jauh merupakan sebuah gerakan melompat ke depan atas untuk yang berupaya membawa titik berat badan selama mungkin melayang di udara dengan cepat sambil berjalan melakukan tolakan menggunakan satu kaki hingga mencapai jarak sejauh mungkin.

Menurut pengertian lompat jauh lainnya ialah melakukan aktivitas yang mengembangkan kemampuan daya gerak antara satu tempat ke tempat lainnya. Lompat jauh merupakan olahraga atletik yang berbeda dengan lompat tinggi, yang mana lompat jauh memiliki dua teknik utama menggunakan teknik menendang dan menggantung.

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, lompat jauh adalah gerakan melompat dengan tumpuan satu kaki hingga mencapai jarak sejauh mungkin mengenai sasaran. Tujuannya merupakan untuk mencapai jarak lompatan sejauh-jauhnya ke titik pendaratan bak lompat. Ukuran penghitungan jarak lompat dari papan tolakan hingga batas paling dekat antara pendaratan yang dicapai oleh bagian tubuh.

Kesimpulan dari pengertian lompat jauh diatas dapat di artikan bahwa lompat jauh mengandung unsur-unsur keadaan fisik yang dominan dengan kecepatan, tenaga gerak otot tungkai yang mengolah keterampilan.

 

Baca juga:

 

Sejarah Lompat Jauh di Indonesia

lompat jauh wanita

jabar.tribunnews.com

Olahraga lompat jauh memiilki sebuah Induk Organisasi di Indonesia ialah yang bernama Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). Tahun 1869 pertama kalinya olahrga lompat jauh diadakan perlombaan di Indonesia.

Lompat jauh baru masuk dari salah satu kejuaraan olimpiade modern pada tahun 1896, lalu kemudian dibentuklah peraturan-peraturan dasarnya. Selanjtunya sejarah mencatat seorang wanita pertama kalinya untuk diperbolehkan berpartisipasi di lapangan dalam lomba kejuaraan olimpiade di tahun 1928. Barulah pada tahun 1912 didirikan sebuah Badan Pengelola Internasioal yaitu IAAF.

 

Sistem Penilaian Olahraga Lompat Jauh

sistem penilaian Lompat Jauh

aak-share.com

Sistem penilaian olahraga permainan ini menggunakan mar. Apa itu mark? Pengertian dari mark merupakan jarak terdekat yang ditempuh oleh seorang pelompat diukur dari ujung palang kayu hingga atlit menginjakan kaki pertama kalinya di area pasir yang telah disediakan.

Penghitungan penilaian antara jarak ujung palang kayu hingga titik akhir atlit mendarat bukan pada awal lompatan. Pelanggaran atau fouls pada lompat jauh bisa dilihat ketika atlit melakukan lompatan jauh melebihi batas ujung palang kayu.

 

Teknik- Teknik Lompat Jauh

lompat jauh

pixabay.com

Lompat jauh memiliki empat tahap gerakan, diawali dari awalan, tolakan, lalu diikuti dengan melayang, dan mendarat. Pada saat melayang diudara memiliki tiga pendaratan yang berbeda antara gaya satu dengan gaya lainnya. Berikut adalah penjelasan dari keempat tahapan gerak dalam lompat jauh:

 

1. Teknik Awalan

Teknik Awalan pada lompat jauh langkah utama paling mendasar yang dilakukan oleh seorang pelompat agar mendapat kecepatan ketika akan melakukan lompatan. Awalan merupakan gerakan permulaan untuk mendapatkan kecepatan dengan berlari ketika akan melakukan lompatan tolakan. Para atlet lompat jauh menggunakan jarak awalan umum yang biasanya dilakukan dalam perlombaan lompat jarak jauh sebagai berikut :

  • Jarak lompat jauh putra antara 40 m sampai 50 m
  • Jarak lompat jauh putri antara 30 m sampai dengan 45 m

Jarak tersebut tidak menjadi aturan baku, karena jarak tersebut bisa berubah ketika menyesuaikan dengan kemampuan atlet. Kegiatan dalam belajar mengajar anak Sekolah Dasar belum tentu bisa menggunakan aturan tersebut, maka aturan tersebut harus menyesuaikan. Contohnya jarak antara 14 m sampai 20 m atau 15 m sampai 25 m.

Melakukan awalan harus dengan secepat mungkinagar tidak merubah langkah ketika melompat. Untuk mendapat hasil daya tolakan yang besar, maka awalan langkah perlu melakukannya dengan menghentakan secara mantap dan langkah yang dinamis. Oleh karena itu ketika melakukan awalan lari, tidak hanya mengandalkan kebutuhan kecepatan berlari saja, namun sebelum melakukan toalakan perlu membutuhkan ketetapan dalam melangkah.

 

2. Teknik Tolakan dan Tumpuan

Tolakan dan tumpuan merupakan gerakan kaki yang kuat untuk menolak sekuat-kuatnya, yakni melanjutkan kecepatan horizantal lurus kedepan serta ke kekuatan vertical lurus keatas yang dilakukan secara cepat. Tolakan ialan menolak sekuat-kuatnya pada papan tolakan menggunakan kaki paling kuat ke atas tinggi lalu ke depan. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa melakukan tolakan berarti jarak mengubah kecepatan horizontal menjadi kecepatan vertical.

Pengertian lain tolakan ialah untuk membantu tolakan ke atas harus mengayunkan lengan serta melangkahkan kaki yang diayun setinggi-tingginya. Pada prinsipnya memindahkan bagian kepada keseluruhan. Mengayunkan kaki ke atas akan mengunci sendi panggul yang kerjanya linggamenta illofemoral.

Ketika sedang menumpu, badan harus lebih condong ke depan, posisi titik berat badan berada pada dimuka titik sumber tenaga, ialah tumpuan kaki ketika saat pelompat akan menumpu, letak titik pada berat badan ditentukan oleh panjangnya langkah terakhir sebelum melakukan lompatan.

Harus kuat ketika melakukan tumpuan pada balok tumpuan, lakukan tumpuan terlebih dulu lalu diteruskan dengan seluruh telapak kaki dengan mata memandang lurus kedepan agak melihat atas.

 

3. Teknik Melayang

Teknik Melayang dalam jauh merupakan gerakan melayang yang dilakukan setelah meninggalkan balok tumpuan. Dibutuhkan keseimbangan ketika melakukan gerakan melayang dengan menjaga posisi badan. Untuk menjaga keseimbangan tubuh atlet bisa mengayunkan kedua tangan.

Teknik melayang terbagi menjadi 2 cara ialah :

  • Sikap Jongkok

Sikap Jongkok ini ketika menumpu, kaki mengayun untuk mengangkat lutut setinggi mungkin, lalu diikuti dengan kaki tumpu. Setelah kaki menumpu, sebelum melakukan pendaratan, kedua kaki dibawa ke depan.

  • Sikap Menggantung

Sikap menggantung merupakan gerakan kaki yang di ayunkan lalu dibiarkan terbang menggantung lurus pada saat menunggu. Posisi tubuh diusahakan untuk tetap tegak, dan disusul oleh kaki tumpu dengan lutut ditekuk sambil mendorong pinggung ke depan. Kemudian merentangkan kedua lengan ke atas.

 

4. Teknik Mendarat

Teknik mendarat dalam lompat jauh, seorang atlet berupaya mendarat dengan sebaik mungkin. Jangan sampai terjadi badan dan lengan yang jatuh ke belakang. Pendaratan dimulai pada posisi kedua tumit kaki dan kedua kaki agak rapati sebelum mendarat pada bak lompat. Waktu pendaratan di lakukan dengan menggerakan kedua kaki.

Saat mendarat pada lompat jauh, posisi kedua kaki harus diperhatikan ketika mendarat secara bersamaan, kemudian mendorongkan pinggul ke depan. Oleh karena itu posisi badan tidak cenderung jatuh ke belakang yang akan mengakibatkan kecelakaan fatal bagi atlet.

Baca Juga:

 

 

Gambar dan Ukuran Lapangan Lompat Jauh

pengertian lompat jauh

pixabay.com

Ukuran lapangan bak lompat jauh ialah sebagai berikut:

  • Panjang bak lompat jauh berukuran 9 meter
  • Lebar bak lompat jauh berukuran 2,75 meter
  • Panjang iintasan digunakan untuk berlari memilih ukuran 45 meter
  • Lebar lintasan awalan lompat jauh mempunyai ukuran 1,22 meter
  • Lebar papan tumpu lompat jauh mempunyai ukuran 20 meter
  • Panjang papan tumpu lompat jauh mempunyai ukuran 1,22 meter
  • Bak lompat berisi pasir.

Demikian pengertian lompat jauh beserta teknik-tekniknya, semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin belajar olahraga atletik tolak peluru.

2 Comments

  1. anon October 22, 2016
  2. Thoriq April 6, 2017

Leave a Reply