Pengertian dan Macam-macam Gaya Teknik Lompat Tinggi

lompat tinggi

Pengertian Lompat Tinggi

Lompat tinggi adalah salah satu bagian dari cabang olahraga atletik yang mengandalkan pada kekuatan otot perut dan otot kaki. Kamui harus bersungguh-sungguh berlatih bila ingin dapat melakukan lompatan tinggi dengan capaian target ketinggian maksimal.

Dalam melakukan olahraga lompat tinggi dibutuhkan urutan teknik yang benar-benar harus dilakukan secarat bertahap agar mendapatkan lompatan yang sempurna.

lompat tinggi

thestar.com

Pada saat ingin melakukan awalan tompat tinggi terdapat beberapa teknik yang perlu diperhatikan teknik tersebut terbagi 4 tahapan posisi yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan teknik lompat jauh.

  1. Posisi Awalan, ialah salah satu gerakan berlari untuk menuju mistar
  2. Posisi Tolakan, ialah gerakan tumpuan kaki di lantai dasar yang mana berfungsi untuk menaikan badan ke arah mistar.
  3. Posisi Melayang, ialah merupakan gaya pada saat posisi bada berada tepat diatas mistar atau di udara.
  4. Posisi Mendarat, ialah posisi terjatuhnya badan pada saat diatas matras.

Baca Juga :

 

Macam-Macam Gaya Lompat Tinggi

macam-macam gaya lompat tinggi

www.pentaxforums.com

1. Teknik Straddle (Gaya Guling)

lompat tinggi teknik straddle

www.cbsnews.com

Teknik Straddle dapat dilakukan dengan mengambil jarak awalan dimulai dari samping antara 4, 6, 8, 10 langkah, tergantung dengan ketinggian target yang ingin dilewati. Jika menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan, maka ayunkanlah kaki kanan ke arah belakang dengan posisi badan menuju kedepan.

Setelah mengayunkan kaki, lalu kemudian posisi badan pada saat diudara atau diatas mistar dengan keadaan tengkurap. Baiknya posisi pinggang diusahakan untuk lebih tinggi dibandingkan dengan posisi kepala.

Pada saat posisi terjatuh, tumpuan tepat berada pada kedua tangan lalu kaki yang diayunkan pertama mendarat. Kemudian dilanjutkan dengan menggulingkan badan yang diawali dengan bagian punggung tangan dan berakhir pada bahu.

Teknik Awalan Straddle

  • Posisi mengambil ancang-ancang yang tidak terlalu jauh
  • Berlari dengan tidak terlalu cepat atau sedang
  • Awalan posisi dari samping kurang lebih 30 hingga 40 derajat jarak dengan tiang lompatan
  • Berlari agak menyerong dari arah mistar

Teknik Tolakan Straddle

  • Gunakan tumpuan kaki yang disekat oleh mistar
  • Pada saat akan melakukan tolakan, baiknya posisi badan agak sedikit condong kebelakang atau merebah
  • Posisi kaki bertumpuan menolak keatas, sehingga kedua lutut kaki lurus dan kedua tangan serta kaki juga diayunkan dengan tenaga secara maksimal.

Teknik Straddle Pada Saat diatas Mistar

  • Badan berposisi tengkurap
  • Badan agak sedikit turun pada saat posisi kaki akan segera diluruskan ke belakang

Teknik Mendarat Straddle

Padaa saat mengunakan kaki kiri sebagai tumpuan, maka posisi mendaratnya menggunakan kaki kanan terlebih dahulu, begitu juga sebaliknya jika menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan, maka gunakanlah kaki kiri sebagai terlebih dahulu pada saat pendaratan. Lalu barulah dilanjutkan dengan gerakan berguling.

 

2. Teknik Flop

lompat tinggi teknik flop

southbendtribune.com

Agar dapat melalui mistar dengan menggunakan teknik ini merupakan kebalikan dari teknik straddle. Jika lompatan ada teknik straddle berguling padaa saat diatas mistar dengan posisi perut menghadap ke bawah dari arah mistar.

Namun untuk teknik flop sendiri yaitu dengan posisi punggung yang menghadap pada bagian bawah mengarah agak sedikit menyerong ke kiri dan tidak lagi berposisi tegak lurus seperti mistar.

Teknik Awalan Flop

Pada teknik awalan flop diarahkan dari depan tegak lurus menghadap mistar. Jika menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan dari depan tiang menuju kearah tiang sandaran mistar sebelah kanan. Bila sudah pada langkah-langkah terakhir arah diubah agak sedikit serong ke kiri dan tidak lagi berposisi lurus ke mistar.

Teknik Tolakan Flop

  • Sebagai tumpuan baiknya gunakan salah satu kaki yang paling kuat
  • Jika menggunakan kaki kiri diangkat dengan posisi lutut kaki ditekuk secara bersamaan dengan badan diputar ke arah awalan
  • Posisi badan harus membelakangi mistar
  • Posisi punggun dilengkukan ketika melewati mistar

Teknik Flop Pada Saat diatas Mistar

  • Posisi kepala harus lebih mendahului pada saat melewati mistar
  • Posisi badan terlentang
  • Posisi punggung menghadap kebawah arah mistar
  • Ketika akan mencapai ketinggian penuh dan pinggang juga melewati mistar, baiknya posisi kedua kaki diayunkan atau digerakan ke atas supaya dapat melewati mistar secara sempurna.

Teknik Flop Mendarat

Punggung merupakan bagian tubuh yang mendarat jika melakukan teknik flop. Kenapa harus bagian punggung? Karena, hal tersebut disebabkan sikap tubuh pada saat terlentang, maka teknik ini hana dapat dilakukan untuk pendaratan yang berbahan busa.

Demikianlah pengertian dan macam-macam gaya teknik lompat tinggi, semoga dapat bermanfaat bagi kamu. Baiknya perbanyak berlatih untuk mendapatkan hasil lompatan yang maksimal.

One Response

  1. Public Speaking Semarang September 17, 2016

Leave a Reply