10 Tips Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Pola hidup sehat adalah impian bagi banyak orang, karena kesehatan adalah suatu anugerah yang harganya tak ternilai, bahkan sehat adalah sebuah aset hidup anda yang kadang lupa untuk menyadarinya bahwa kesehatan itu penting.

Kebanyakan orang tidak memiliki waktu untuk bisa mendapatkan pola hidup sehat karena waktu mereka telah habis untuk bekerja. Pada dasarnya pola hidup sehat itu tak serumit yang dipikirkan. Coba anda mulailah dari hal-hal kecil, seperti makan teratur, tidur tepat waktu, memakan makanan yang sehat dan masih banyak lagi.

Hal terpenting untuk bisa menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan anda sehari-hari ialah, harus memiliki kesadaran terhadap diri anda sendiri, bahwa mahalnya memiliki kesehatan. Karena anda tidak selamanya muda, setiap detik umur anda bertambah, semakin hari semakin menua. Dengan bertambahnya umur anda, sudah dipastikan daya tahan tubuh anda juga semakin lemah, mudah merasa capek dan sangat rentan untuk terkena sakit.

Mempunyai pola hidup sehat tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Banyak orang yang mengeluarkan banyak uang dan waktunya untuk kesehatan. Pada kenyataanya sehat tidak harus dengan uang. Pola hidup sehat bisa anda lakukan dari kebiasaan anda sehari-hari. Ternyata sehat sesederhana itu, dan yang terpenting adalah niat dan komitmen, lalu action.

 

Tips Cara Pola Hidup Sehat dan Tetap Awet Muda

1. Mengatur Pola Makan Sehat

Makanan Sehat

pixabay.com

Berpenampilan awet muda adalah hal yang mudah, dengan memakan makanan berkalori sebagai sebagai asupan energi dan untuk menjaga suasana hati kemudian mencukupi makanan yang dapat meningkatkan metabolisme, mengelola setres bahkan kesehatan jantung.

Jangan jadikan jumlah kalori sebagai acuan, namun jadikanlah makanan yang berkualitas sebagai acuan. Perbanyaklah makanan berserat, seperti sayuran beserta akar-akarnya dan jangan anggap sepele dengan buah yang mengandung glikenik rendah diantaranya apel, pisang, jeruk, anggur, pear, kiwi serta makanan yang mengandung protein tanpa lemak, dan protein nabati.

 

Baca Juga : 

 

2. Gerakanlah Tubuh

olahraga hidup sehat

pixabay.com

Apa yang ada dipikiran anda jika mendengar kata olahraga? Pasti yang terlintas adalah keterbatasan waktu yang menjadikan anda tidak sempat melakukannya. Pada kenyataanya olahraga tidak perlu membuang waktu anda, apalagi harus merogoh kocek yang banyak. Tidak perlu olahraga berat bahkan pergi ke pusat kebugaran. Cukup melakukan olahraga ringan saja di rumah, seperti olahraga chalistenic sebelum berangkat kerja atau sore setelah pulang kerja.

Perlu di catat, bahwasanya bukan seberapa banyak atau seberapa berat anda berolahraga, namun seberapa anda konsisten dan berkomitmen ingin tetap terus hidup sehat. Dengan berolahraga akan membuat jantung menjadi tetap sehat, menjaga metabolisme agar terhindar dari setres.

 

3. Tertawa dan Berbahagialah

tertawa

pixabay.com

Percaya tidak percaya bahwa tertawa dapat membuat awet dan menyehatkan. Selain itu tertawa juga tanpa anda sadari dapat membakar kalori dan jantung menjadi sehat karena melatih otot diafragma. Sudah banyak sekali media masa dan elektronik yang telah menjelaskan manfaat dari tertawa.

 

4. Alami Selalu Jadi yang Utama

makanan sehat

pixabay.com

Sebaiknya anda menghindari penggunaan produk perawatan dan kecantikan anda. Memang merawat penampilan fisik hal yang penting dari wajah, rambut sampai bagian tubuh lainnnya. Namun apakah anda tahu produk yang anda gunakan tersebut aman untuk tubuh?

Coba gunakanlah bahan-bahan alami, seperti mentimun yang dapat dijadikan sebagai masker wajah. Madu juga bisa menghilangkan bekas noda hitam dari sisa-sisa jerawat, agar sedikit bervariatif cobalah aneka jenis jus, seperti jus worte untuk merawat ketajaman mata.

Baiknya makanlah sayuran yang ditanam secara hiroponik, selain organik tanaman hidroponik juga dijamin lebih sehat serta prosesnya juga mudah sekali. Cukup dengan menggunakan nutrisi pupuk yang  di jual nutrisi hidpornik sangatlah baik sekali untuk pertumbuhan tanaman hidpronik.

 

5. Hindari Minuman Bersoda

Soda

pixabay.com

Meminum minuman yang bersoda memang membuat kesegaran yang sangat luar biasa. Apalagi saat cuaca yang panas, langsung seketika hilang rasa haus bahkan terasa seperti mandi di air terjun pegunungan yang sangat sejuk.

Namun itu semua adalah kesegaran yang palsu atau bahkan mungkin anda sudah terhipnotis oleh iklan yang ada di media. Tahukan anda bahwa minuman bersoda itu memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, kandungan gula tersebut menimbun di dalam tubuh kita dan menyebabkan kegemukan. Sangat bahaya sekali bukan minuman bersoda? Mulai dari sekarang berhentilah meminumnya.

 

6. Perbanyaklah Minum Air Putih

minum air putih

pixabay.com

Seberapa pentingkah air putih yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari? Sangat-sangat penting sekali, karena di dalam tubuh kita terdapat 70% nya adalah air. Maka dari sebuah penelitian menjelaskan bahwa tubuh kita wajib meminum sedikitnya 8 gelas air putih.

Kebanyakan orang malas untuk meminum air putih, karena air yang tidak memiliki rasa jadi lebih memilih minuman lain yang memiiliki rasa, seperti soda misalnya. Padahal air putih sangat banyak manfaatnya.

Mulai dari sekarang coba biasakan untuk meminum air putih. Sediakan botol air minum di samping meja kerja anda, bawalah air putih kemanapun dan selalu utamakan memimum air putih dimanapun.

 

7. Minumlah Jus

juice buah sehat

pixabay.com

Jus merupakan sebuah minuman segar alternatif untuk pengganti soda. Namun jangan melulu minum jus tapi tetap utamakan minum air putih. Ini hanya sebagai pengganti bagi anda yang malas memakan buah atau sayuran. Anda bisa memvariasinya agar anda tetap bisa memakan makanan hijau dan berserat.

Meminum jus adalah salah satu dari pola hidup sehat yang mudah untuk dilakukan selain meminum air putih, dengan rasa yang nikmat dan tidak mengurangi mineral serta vitamin yang bermanfaat di dalamnya.

 

8. Tidur Teratur dan Tepat Waktu

Jam tidur

pixabay.com

Jangan spelekan tidur, karena tidur adalah faktor paling mendasar untuk menerapkan pola hidup sehat. Ketika tidur semua organ tubuh kita beristirihat dan otak sedang mengelola setres apa yang telah kita lalui seharian. Bagaimana rasanya ketika bangun dari tidur? Pasti merasakan ketenangan seperti fresh kembali bukan.

Namun tidur juga tidak sembarang tidur, hanya tidur yang berkualitaslah yang bisa memberikan kita ketenangan dan menghilangkan setres. Seperti apa tidur berkualitas itu? Tidur berkualitas ialah tidur yang cukup dan tidur tepat pada waktunya.

DHEA atau lebih dikenal dengan hormon anti-penuaan, hormon tersebut dapat diraih pada saat sedang tertidur. Seminimal mungkin tidur 8 jam, misalnya anda tidur pukul 21.00 lalu bangun pada pukul 05.00.

 

9. Berpikir Positif

think positive

pixabay.com

Mengapa harus berpikir positif, apa hubungannya dengan pola hidup sehat? Karena bagian terpenting dalam tubuh manusia adalah otak, maka dari itu kita harus berpikir posifif agar otak kita juga tetap sehat.

Dengan berpikir positif maka otak kita akan menjadi sehat karena bersih dari fikiran-fikiran negatif yang membuat kita menjadi setres. Berpikir posiftif juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, oleh karen itu dengan otak yang sehat kinerja tubuh kita juga jadi lebih optimal.

 

10. Meninggalkan Kebiasaan Buruk

selamat tinggal

pixabay.com

Apa saja kebiasaan buruk kita sehari-hari? Banyak sekali jika diuraikan, seperti merokok, meminum alkohol, makan-makanan gorengan dan cepat saji sampai kebiasaan begadang tidur pada larut malam.

Mulailah dari sekarang untuk berkomitmen meninggalkan hal-hal negatif tersebut, jika anda sudah terbiasa melakukannya, maka kedepannya akan lebih mudah lagi untuk menerapkan pola hidup sehat.

 

Berikut adalah 10 cara polah hidup sehat dan awet muda yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, mulailah dari hal-hal kecil, bila anda merasa berat melakukannya dan berjanji pada diri sendiri serta berkomitmen akan pentingnya pola hidup sehat untuk kebutuhan tubuh anda dan masa depan yang lebih baik.

Leave a Reply