Manfaat Sari Buah Merah Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

sari buah merah

Buah merah adalah jenis buah atau tanaman yang tumbuh disekitar Gunung Jayawijaya Papua. Buah merah tersebut memiliki nama latin Pandanus Conoideus, dengan bentuk yang tergolong panjang oleh karena disebut kedalam tanaman pandan-pandanan.

Tanaman buah merah mampu berukuran hingga setengah meter, diameternya 10 hingga15 cm dan memiliki berat 2-3 kg. Buah berwarna merah marun terang ketika matang ini merupakan makanan sajian penting pada saat pesta adat masyarakat Wamena.

Semua buah yang dikonsumsi pasti memiliki khasiat. Seperti halnya dengan buah merah memiliki kandungan manfaat dan khasiat yang tidak kalah dengan buah-buahan lain. Cara mengkonsumsi buah merah ialah dengan meminum sarinya yang berupa minyak, berikut dibawah ini merupakan beberapa manfaat sari buah merah ini.


Ampuh Membunuh Kanker

Kanker adalah penyakit yang sangat mematikan, namun masih bisa disembuhkan. Buah merah yang memilki kandungan tinggi tokferol dan betakroten menjadikan buah merah ini sangat ampuh untuk mengobati kanker.

Karena senyawa-senyawa yang disebutkan diatas tersebut memiliki antioksidan berfungsi sebagai pencegah tumbuhnya sel-sel kankerĀ  dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi kamu yang memilki penyakit darah tinggi, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi sari buah merah. Sari buah merah sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan memperlancar aliran darah dan mencegah penumpukan flek dialiran darah arteri.

buah merah papua

kinisehat.com

Meningkatkan Stamina Pria

Salah satu Dosen Universitas Cendrawasih pernah meneliti buah merah yaitu Drs. I Made Budi M.Sc beliau mengamati penduduk Wamena yang mengkomsumsi buah merah.

Hasil dari pengamatan yang dilakukan tersebut, banyak sekali masyarakat Wamena khususnya para laki-laki berbadan kekar, stamina tinggi dan bebas dari penyakit degenratif walaupun dalam keadaan terbuka saat berbusana pada kondisi alam yang selalu berubah secara ekstrim.

Dengan demikian telah menjadi bukti bahwa sari buah merah tersebut sangat berkhasiat demi meningkatkan stamina, khususnya untuk kaum laki-laki yang ingin memilki kekuatan, sehat dan bugar.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Pasti kamu sering memakan makanan berlemak dan pastinya mengandung kolesterol tinggi bukan? Jangan menganggap hal tersebut sepele.

Kadar kolesterol jahat atau lemak jenuh yang mempunyai level normal akan mengakibatkan penipisan pembuluh darah di jantung, otak, dan ginjal. Sari buah merah sangat ampuh menangkal kolesterol jahat (LDL) dan mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) didalam darah.

Menyembuhkan Penyakit Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh hati dengan memproduksi asam urat secara berlebihan. Pada akhirnya, asam urat tertutup batu ginjal dan terbawa ujung-ujung jari dan kaki tangan.

Hal tersebut biasanya dapat mengakibatkan rasa nyeri, linu, ngilu dan kesemutan bahkan bisa sampai membengkak di persendian.

Buah yang memiliki julukan Kuansa oleh Masyarakat Wamena tersebut mampu mengobati penyakit asam urat dengan cara mengencerkan darah dan memulihkan kembali sistem kerja hati hingga normal kembali.

Menyembuhkan Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah sehingga tubuh tidak lagi mampu menghasilkan insulin yang memilki fungsi untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan normal.

Mencegah Penyakit Mata

Buat kamu yang memiliki pandangan saat melihat, sari buah merah merupakan salah satu solusi untuk mengobatinya. Sari buah merah memiliki kandungan betakaroten yang lebih baik dibandingkan dengan wortel yang berkhasiat untuk mencegah dan mengobati penyakit mata.

Mencerdaskan Otak Anak

Kandungan omega 3 dan 6 yang terkandung pada sari buah merah ternyata dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak. Sari buah merah sangat tepat sekali bagi anak-anak yang sedang pada saat masa pertumbuhan.

One Response

  1. starleery January 7, 2017

Leave a Reply