Teknik Dasar Permainan Bola Voli yang Wajib dipelajari Pemain Voli

permainan bola voli

Teknnik Dasar Permainan Bola Voli – Salah satu faktor utama yang dapat meningkatkan kemahiran dalam bermain bola voli ialah salah satunya dengan mempelajari teknik dasar. Tidak hanya itu, faktor kondisi fisik, kondisi mental pemain dan juga penyusunan strategi.

Alangkah baiknya para pemain harus mengetahui dan mempelajari teknik-teknik dasar permainan bola voli karena akan sangat mempengaruhi permainan. Jika sebuah tim semua pemainnya memiliki teknik dasar yang baik maka dipastikan tim tersebut mempunyai kualitas dan kekuatan yang tak diragukan lagi.

FIVB (Federation Internationale De Volleybal) adalah sebuah organisasi yang menaungi olahraga bola voli yang mana menjadi induk organisasi internasional. Di Indonesia juga mempunyai organisasi serupa bertaraf nasional yaitu PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) yang kini telah menjadi induk organisasi.

 

Pengertian Bola Voli

permainan bola voli

bleacherreport.com

Olahraga bola voli merupakan sebuah permainan yang dilakukan oleh 2 tim saling berlawanan, masing-masing tim tersebut memiliki 6 orang pemain. Cara penilaian dalam olahraga bola voli dapat dilakukan dengan cara yakni setiap tim wajib mengolah bola di area lapangan permainan sendiri lalu kemudian diarahkan melewati net menuju area lapangan lawan.

Pada dasarnya untuk melakukan teknik dasar dalam permainan bola voli terdapat 4 macam jenis teknik.

1. Teknik Dasar Service

Teknik dasar service ialah sebuah pukulan bola yang dapat dilakukan di daerah belakang garis lapangan permainan dengan pukulan hingga melampaui net daerah lawan.

Teknik service tersebut dilakukan ketika pada awal permainan dan juga setiap kesalahan terjadi yang dilakukan pada saat permainan berlangsung.

Pukulan service juga tidak hanya sebagai awalan dimulainya sebuah permainan namun juga bisa sebagai serangan bila bola yang dipukul secara keras dan terarah dengan teknik smash.

2. Teknik Dasar Passing

Teknik dasar pasing merupakan sebuah usaha pemain bola voli dengan menggunakn teknik tertentu bertujuan untuk untuk mendapatkan bola, lalu kemudian diteruskan kepada teman mainnya dan diolah diarea lapangan sendiri.

3. Teknik Dasar Spike

Teknik dasar spike atau smash merupakan sebuah bentuk serangan yang paling populer digunakan dalam permainan bola voli agar sebuah tim menghasilkan point sebanyak-banyaknya.

4. Teknik Dasar Block

Teknik dasar blok merupakan sebuah pencegahan dari serangan lawan dengan cara membendung serangan lawan. Teknik tersebut ialah sebuah pertahanan yang bahkan bisa menjadi sebuah serangan balik untuk mendapatkan point.

Agar dapat bermain dengan efektif diperlukan sekali pengetahuan tentang teknik-teknik dasar dan lanjutan pada permainan bola voli. Berikut dibawah ini penjelasan secara lengkap tentang teknik-teknik dasar permainan bola voli yang sebelumnya diatas telah dijelaskan.

 

#1. Teknik Dasar Service Permainan Bola Voli

teknik service permainan bola voli

playingvolleyballtips.blogspot.com

Service merupakan sebuah teknik yang paling dasar dipelajari oleh pemain bola voli, bahkan teknik tersebut adalah teknik pertama kali yang wajib dilatih sebagai pemain bola voli pemula.

Teknik service dilakukan oleh pemain dengan posisi berdiri digaris belakang lapangan dengan melemparkan bola ke udara, lalu kemudian bola dipukul melewati net ke arah lapangan arena permainan lawan.

Tujuan dalam melakukan service ialah memukul bola melewati net dengan memilih area kosong atau juga mengarah ke pemain yang terlihat rentan diserang agar tidak dapat menerima bola oleh pemain lawan untuk mendapatkan poin.

#2. Teknik Dasar Passing Permainan Bola Voli

Teknik Passing permainan bola voli

geraktangan.wordpress.com

Teknik passing terkenal dengan nama reception merupakan sebuah gerakan yang dilakukan pemain pada sebuah tim untuk menerima, mengendalikan dan menahan servis yang diarahkan pemain lawan kepada kita sebagai bentuk serangan. Terdapat dua jenis teknik passing yang pertama ialah passing bawah dan passing atas.

#3. Teknik Dasar Smash atau Spike Bola Voli

teknik smash permainan bola voli

www.kajianpustaka.com

Smash dikenal juga dengan sebutan spike yang mana merupakan sebuah teknik dasar bola voli dilakukan dengan memukul bola menggunakan kekuatan sekuat tenaga dengan lompatan, lalu kemudian bola diarahkan ke area permainan musuh yang kosong. Teknik tersebut biasanya digunakan dalam permainan bola voli adalah sebagai pukulan pamungkas atau ketiga.

Urutan pada saat penerimaan bola ialah pertama dilakukan dengan menggunakan teknik passing bawah, lalu bola kedua disambut dengan teknik passing atas, kemudian yang ketiga atau yang terakhir ialah dilakukan dengan menggunakn teknik smash.

Seorang pemain penyerang atau spiker dalam sebuah tim biasanya mempunyai postur badan tinggi agar dapat melakukan lompatan yang tinggi. Sehingga pada saat melakukan smash pemain wajib melakukan lompatan dan memukul bola pada titik puncak tertinggi yang dapat ia lakukan.

#4. Teknik Dasar Block Bola Voli

teknik block permainan bola voli

www.kajianpustaka.com

Teknik block berfungsi untuk menahan dan mencegah serang yang dilakuan oleh tim musuh. Gerakan tersebut juga dapat disebut sebuah pertahanan. Pertahanan tersebut dilakukan dengan cara menggunakan kedua tangan dan dibarengi dengan lompatan yang tinggi sambil menahan bola agar tidak dapat masuk ke dalam area permainan sendiri.

Pada permainan bola voli teknik tersebut merupaka teknik yang sangat penting sekali diperlukan oleh sebuah tim, sehingga disetiap pemain harus wajib menguasai teknik block dengan baik. Langkah yang wajib dilakukan untuk melakukan teknik blok tersebut ialah berdiri dengan posisi kaki sejajar, pada saat bersamaan kedua tangan tepat berada didepan dada dengan posisi tangan menghadap arah net, lalu kemudian lakukan lompat dan mengikuti arah yang akan dipukul oleh pemain lawan.

 

Posisi Pemain Bola Voli

posisi pemain bola voli

epsmaroc.net

Pada permainan bola voli pelatih wajib menata susun strategi dengan cerdas agar dapat menguasai pertandingan dan bisa dikendalikan. Pengaturan tersebut juga berlaku pada posisi pemain satu dengan pemain lainnya, berikut dibawah ini posisi pemain yang memiliki peran penting pada setiap permainan bola voli.

#1. Posisi Pemain Bola Voli Tosser (Setter)

Tosser merupakan pemain yang bertugas untuk mengoper bola kepada teman dalam satu timmnya dan sebagai pengatur ritme jalannya permainan.

#2. Posisi Pemain Bola Voli Spikker (Smash)

Spikker merupakan pemain yang bertugas sebagai pemukul bola agar jatuh di area pertahanan permainan lawan dengan hantaman yang keras.

#3. Posisi Pemain Bola Voli Libero

Libero merupakan pemain yang bertugas untuk mempertahankan area dari serangan lawan dengan cara menahan bola dari pukulan musuh. Pemain tersebut mempunyai kelebihan dapat bebas keluar masuk permainan, tetapi salah satu kekurangannya ialah tidak bisa melakukan teknik smash. Pemain libero hanya dibolehkan melakukan teknik passing bawah dan passing atas jika ingin dapat melewati net musuh.

#4. Posisi Pemain Bola Voli Defender (Pemain bertahan)

Defender merupakan pemain yang bertugas untuk mempertahankan posisi area permainan dengan menerima bola serangan dari tim musuh.

Demikian teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli, sangat mudah bukan mempelarajarinya. Langsung saja praktekan teknik tersebut dilapangan. Semoga dapat bermanfaat dan menjadikan kamu semakin jago dalam bermain permainan bola voli.

Leave a Reply