100+ Tempat Wisata di Bandung yang Instagramable

Gedung-Sate

Tempat Wisata di Bandung – Bandung sangat terkenal sekali sebagai sebagai kota wisata, bahkan setiap akhir pekan hampir 50% kendaraan yang berada di bandung di dominasi dari luar daerah.

Bandung hampir memiliki semua aspek wisata, dari kuliner, panorama alam, edukasi, hiburan anak, sampai tempat belanja semuanya hampir ada di kota yang memiliki julukan kota kembang.

Salah satu lokasi wisata paling favorit para pecinta traveler berada di kawasan bandung bagian barat yang sangat terkenal dengan kawasan Lembang dan Gunung Tangkuban Perahu, serta bandung bagian selatan dengan Pesona Kawah Putih Ciwidey. Bahkan banyak agen travel yang menyediakan paket wisata di bandung.

Selain itu Kota Bandung sangat mendukung faktro akomodasi seperti hotel dan transportasi, tidak hanya itu bandung sangat banyak sekali industri-industri kreatif yakni, banyak musik-musik kreatif, dari band, solo, serta musik tradisional yang dikemas secara modern.

Tidak hanya musik saja, banyak perajin-perajin kreatif yang sudah Go International, serta kulinernya yang enak dan unik karena mereka mengemasnya secara unik.

Dengan mengolah makanan tradisional menjadi sebuah sajian yang nikmat dan modern, sehingga sangat menarik untuk di coba oleh turis lokal maupun mancanegara.

Makin penasaran bukan dengan tempat wisata yang ada di Bandung? Langsung saja kita simak 100+ Tempat Wisata di Bandung dibawah ini :

Contents

#1. Dusun Bambu Lembang Bandung

Dusun Bambu bandung

wisatadibandung.info

Dusun Bambu Merupakan ikon wisata baru di Lembang Bandung, karena tempat tersebut merupakan sebuah lokasi yang memberikan gabungan segala keunggulan kawasan wisata di Lembang Bandung.

Fasilitasi dusun bambu dilengkapi dengan cafe Burangrang, merupakan tempat makan yang terkenal dengan lutung kasarung. Jika anda ingin nuansa romantis, cafe Purbasari menyajikan restoran yang akan membuat pengunjung semakin romantis.

Jangan puas dulu, dusun bambu juga memberikan wisata belanja ala pasar tradisional yang di desain khas dusun bambu. Setelah lelah menikmati wisata, kamu juga dapat beristirahat di Villa dusun bambu kampung layung.

Dusun bambu berada di kaki gunung tangkuban dan pegunungan burangrang yang masih sangat asri terkenal dengan sebutan wisata hutan kota Bandung. Udara sejuk di siangan hari dan dingin di malam hari.

Alamat : Jl. Kertawangi komplek Komando Cisarua Barat

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 21.00 WIB

Tiket : Rp.15.000/orang (anak dibawah 3 tahun gratis )

 

#2. Kawah Putih Bandung

Wisata Kawah Putih Bandung

pelitaborneo.com

Kawah Putih Bandung merupakan tempat wisata paling terkenal di kalangan wisatawan, hampir semua yang ke bandung pasti pernah berkunjung kesini. Kamu akan di manjakan oleh pesona pemandangan alam yang sangat indah.

Mata kamu takan sanggup berkedip karena sejauh mata memandang, kamu akan sangat sayang untuk melewatkannya walau hanya satu kedipan mata saja karena dataran putih yang terlihat berwarna putih seperti salju.

Danau yang berwarna putih kehijauan ini, sesekali berubah menyesuaikan faktor cuaca yang berpengaruh pada tinggi rendahnya suhu, serta kadar belerang yang terkadung di kawah putih tersebut. Sebagai catatan saja, baiknya membawa masker karena bau sulfur yang kadang-kadang menyengat akan menggangu wisata kamu

Karena memiliki pesona panorama yang indah, banyak wisatawan yang menggunakan kawasan wisata kawah putih ciwidey ini sebagai tempat untuk keperluan Pre-Wedding, shooting film, dan pembuatan video clip.

Tempat : Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat – Indonesia

Tiket : Rp. 18.000 / Orang (Lokal), Rp. 50.000 / Orang (Asing)

 

#3. Taman Begonia Bandung

Taman begonia

rismajulii.blogspot.com

Taman begonia merupakan taman bunga yang sangat terkenal keberadaan serta popularitasnya di dunia maya. Para Netizen tercuri hatinya setelah melihat beberapa gambar yang terdokumentasi di sosial media.

Taman ini memberikan sensai cara menikmati keindahan aneka bunga khas asli Indonesia dan Mancanegara, salah satu dari banyaknya bunga yang terkenal di taman begonia ialah bunga canti berasal dari pulau dewata yaitu ialah bunga Balinea.

Banyak hal yang menakjubkan jika kamu berkunjung ke taman begonia, tidak hanya menikmati indahnya konvervasi bunga, namun juga terdapat menikmati wisata alam bandung lembang yang berudara sejuk, tenang dan mata kamu akan dimanjakan dengan segala kehijauan bumi pasundan.

Jangan khawatir jika perut kamu kosong, disini terdapat sebuah Cafe Bandung yang memiliki view hamparan taman bunga balinea memancarkan merah menyala. Bayangkan ketika kamu menyantap lezatnya kuliner bandung berhiaskan taman bunga.

Alamat : Jalan maribaya N0 120 A Lembang

Tiket : Rp 10.000/orang

 

#4. Indo Wisata Permata Bandung

Indo Wisata Permata bandung

beritagar.id

Bandung memang tak pernah habis memberikan wisata baru dan unik yang menarik untuk dikunjungi. Diantara dari banyaknya wisata baru di bandung ialah Indo Wisata Permata yang konon kini sedang hot.

Kawasan Dago Atas menjadi pilihan lokasi dibangunya Indo Wisata Permata tersebut, atau lebih tepatnya berada di Komplek Citra Green Blok N No.1-10 Kawasan Dago Atas, Kota Bandung.

Indo Wisata Permata sendiri memberikan wisata edukasi untuk para pecinta batu permata, khususnya berlian. IWP sendiri dinyatakan sebagai tempat wisata berlian pertama se-Asia.

Wisatawan akan dimanjakan langsung dengan proses pembuatan batu mulia hingga menjadi sebuah berlian yang memiliki nilai tinggi. Tidak hanya pembentukan secara konvensional  atau tradisional saja.

IWP juga memperkenalkan mesin-mesin berteknologi modern untuk pembuatan berlian yang dikerjakan oleh para tenaga ahli terlatih.

Tidak hanya tempat wisata edukasi, IWP juga memberikan tempat belanja untuk para pecinta berlian. Harga yang dijual sangat variatif dimulai dari harga Rp. 1 Juta hingga termahal mencapai miliaran rupiah. IWP dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB

Harga tiket masuk cukup hanya membayar voucher senilai Rp. 50.000 perorang. Voucher dapat digunakan untuk potongan harga bagi pengunjung yang membeli berlian. Jika tidak berbelanja berlian, voucher tersebut juga dapat ditukarkan dengan makanan dan minuman. Tempat ini juga menyediakan kafe yang menyajikan banyak aneka makanan dan minuman.

Akses menuju IWP sangat mudah sekali, patokannya ialah Jalan Djuanda Dago yang mengarah TAHURA (Taman Hutan Raya). Lokasi wisata IWP berjarak hanya 1 kilometer dari terminal Dago.

 

#5. Sendang Geulis Kahuripan Bandung

Sendang Geulis Kahuripan bandung

ridwanderful.com

Sendang Geulis Kahuripan merupakan destinasi tempat wisata terbaru yang sedang hits di Bandung. Katanya sendang Geulis Kahuripan merupakan saingan dari umbul ponggok klaten, yang mana memilki mata air alami benar-benar bersih dan sejuk. Suasana pedesanaa yang segar dan sejuk membuat suasana liburan menjadi lebih sempurna.

Sendang Geulis Kahuripan masih jarang sekali pengunjung, karena lokasinya jauh tersembunyi terhindar dari hiruk pikuk keramaian kota. Hal tersebut yang menjadikan Sendang Geulis Kahuripan terjaga kebersihan dan keasriannya.

Apa saja yang disajikan Sendang Geulis Kahuripan? Kamu wajib basah-basahan berendam main air segar yang dapat menghilangkan penat dari kesibukan sehari-hari.

Nama lain dari Sendang Geulis Kahuripan ialah Talaga Cikahuripan Padalarang tersebut dikenal sebagai tempat yang instagramable di bandung. Jangan heran bila banyak traveler yang narsis memasang fotonya di jejaraing sosial media.

Kejernihan airnya membuat para wisatawan dapat ber-selfie ria dannarsis didalam air. Ditambahlagi dengan background bebatuan alami dan pepohonan, akan mendapatkan tangkapan gambar yang tiada duanya.

Terdapat fasilitas yang lumayan lengkap dengan tersedianya tempat bilas, tempat ganti pakaian, tempat parkir luas, saung untuk beristirahat, dan banyak warung yang menyediakan anek kuliner.

Kekurangan tempat Sendang Geulis Kahuripan terbatasnya akses menuju lokasi mata air masih sangat sempit jika dilalui mobil berpapasan. Diusahakan untuk menggunakan sepeda motor jika kamu ingin mengunjungi tempat ini.

 

#6. Farm House Lembang Bandung

Farm House Lembang Bandung

bandungoge.com

Farm House juga merupakan salah tempat wisata di Bandung yang sedang naik daun. Hampir disetiap akhir pekan dan libur panjang selalu penuh di kunjungi oleh wisatawan, sekalipun di hari-hari biasa wisata yang memberikan atraksi menarik ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Farm House memiliki konsep suasana peternakan bertajuk Eropa, area perkebunan, dan desa kurcaci seprti film The Hobbit yang menjadikannya sebagai tempat liburan yang cocok sekali untuk anak dan keluarga.

Kental dengan nuansa klasik eropa oleh karena itu Farm House menyediakan penyewaan kostum tradisional Eropa, jembatan gembok cinta seprti di negara-negara Eropa, hingga hampir semua properti yang ada bertajuk eropa sehingga tempat tersebut sangat kaya akan tempat untuk berfoto.

Farm house susu lembang berlokasi di Jalan Raya Lembang 108 Cihideung, Bandung Barat. Harga tiketnya terbilang murah, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp. 20.000/orang.

Tiket tersebut dapat ditukarkan dengan susu murni khas Farm House Lembang. Tempat tersebut dibuka setiap hari dari jam sembilan pagi hingga pukul sembilan malam, di akhir pekan buka hingga pukul sebelas malam.

Terdapat banyak sekali fasilitas yang diberikan, bahkan terbilang sangat lengkap. Mulai dari pusat penjualan oleh-oleh dan souvenir, alun-alun mini, rumah hobbit, penyewaan kostum, gedung serbaguna, cafe indoor dan outdoor, mushola, toilet, tempat parkir luas hingga sungai gembok cinta.

Lokasi dan aksesnya sangat mudah sekali, karena terletak di jalan utama lembang, tepatnya berada di Jl. Raya Lembang 108, Cihideung, Bandung Barat.

 

#7. Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Wisata Gunung Tangkuban Perahu

tempatwisataterbaik.com

Gunung Tangkuban Perahu merupakan terkenal dengan cerita legenda masyarakatnya yakni sebuah kisah tentang sangkuriang.Tempat wisata tangkuban perahu merupakan wisata yang paling populer di Bandung. Gunung yang memiliki kawah yang besar terletak diatas puncaknya. Kawah tersebutlah yang menjadi magnet untuk menikmati pesona yang diberikan Gunung Tangkuban Perahu.

Walaupun Gunung Tangkuban Perahu masih aktif, namun masih nyaman untuk di kunjungi. Bau gas sulfur cukup menyengat yang dikeluarkan oleh kawah, disebabkan oleh belerang. Baiknya kamu menggunakan masker untuk menghindari bau di yang merasuk di hidung.

Tempat : Jl. Tangkuban Perahu No.147 Lembang, Bandung Utara, Jawa Barat – Indonesia

Tiket : Rp. 20.000 / Orang (Lokal), Rp. 200.000 / Orang (Asing)

 

#8. Situ Patenggang

Wisata Situ Patenggang

anekatempatwisata.com

Situ Patenggang juga merupakan salah satu wisata yang tidak kalah menarik, dengan suguhan panorama alam eksotis dan mempesona. Tidak hanya mendapat udara yang sejuk, namun mata juga akan merasakannya dengan sajian kebun teh hijau bak karpet yang melebar di alam bebas.

Banyak sekali permainan yang bisa dinikmati di situ patenggang, dari mainan anak-anak hingga dewasa. Diantaranya ialah sepeda air, mengelilingi danau menggunakan perahu angsa, memancing, mengunjungi batu cinta, mengelilingi Pulau Asmara, berjalan menikmati kebun teh, mungkin bahkan berpiknik ria di tepi danau.

Tempat : Jl. Raya Ciwidey Desa Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat – Indonesia

Tiket : Rp. 18.000 / Orang (Week Day), Rp. 20.500 / Orang (Week End)

 

#9. Curug Maribaya Bandung

Curug Maribaya Bandung

sputnikers.blogspot.com

Wisata Curug Maribaya Bandung memberikan keindahan wisata alam yang segar dan tak terlupakan. Dengan ikon curug atau dalam bahasa indonesianya adalah air terjun dengan ketinggian 25 meter, kamu tidak hanya menikmati pemandangan alam saja, namun juga di suguhkan udara yang sangat sejuk dan menyehatkan.

Tidak hanya air terjun yang di suguhkan, namun masih banyak keindahan lainnya, yakni kamu dapat berendam air panas dengan kolam pemandian yang ada disekitar, serta dapat menikmati kuliner khas lokal sambil di baluti udara dan suasana alam yang segar.

Tempat : Jl. Maribaya, Lemban, Bandung, Jawa Barat – Indonesia

Tiket : Rp. 8.000 / Orang

 

#10. Bukit Moko Bandung

Bukit Moko Bandung

janganlupabahagia.com

Bukit moko merupakan bagian dari banyak wisata alam yang ada di Bandung.Bukit Moko destinasi wisata yang menyajikan suasana eksotis dan mempesona kota Bandung. Setiap tahunnya menjadi incaran para wisatawan, kamu bisa menikmati keindahan gemerlap kota bandung pada malam hari dengan 180 derajat dari puncak ketinggian Bukit Moko.

Mengapa disebut Bukit Moko, karena memiliki ketinggian kurang lebih 1500 meter dari permukaan laut, oleh karena itula bukit tersebut memiliki nama tersebut. Ketika siang hari kamu akan menikmati lautan awan serta perkebunan yang sangat hijau. Namun ketika petang, kamu akan menikmati sunset, keindahan terbenamnya matahari. Semakin malam akan semakin terasa romantis menikmati jutaan lampu seperti lautan bintang yang sangat indah.

Tempat : Kampung Buntis, Desa.Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat – Indonesia

Tiket : Rp. 8.000 / Orang (Puncak Bintang), Rp. 10. 000 / Orang (Warung Daweung)

 

#11. Curug Malela Bandung

Curug Malela bandung

irhamfaridh.com

Curug malilea meruapa salah satu air terjun yang terkenal dengan sebutan Niagara Mini Indonesia, yang mana merupakan wisata alam air terjun yang memiliki ketinggian hampir 60 meter dan lebar air terjun 70 meter dan terdapat 5 jalur air terjun yang menciptakan sensasi keindahan percikan air jatuh dari ketinggian.

Jika dilihat dari celah lembah pegunungan curug malela akan terlihat seperti hamparan air terjun berkilauan seperti benang halus yang bersinar serta suara gemuruh air terjunnya terdengar berdendang kencang dari kejauahan.

Konon mitosnya, menurut masyarakat curug malela memiliki sebuah misteri yang hingga kini masyarakat sekitar belum berani mengungkapkannya secara langsung apa dibalik misteri tersebut.

Curug Malela berlokasi di Kecamatan Rongga Gununghalu Kabupaten Bandung Barat.

 

#12. Terminal Grafika Cikole Bandung

Terminal Grafika lembang

piknikasik.com

Kawasan wisata terminal grafika merupakan wisata terpadu terbaik di Bandung yang berada di tengah hutan belantara Pinus

Terminal Cikole Lembang merupakan wisata khas kota kembang yang terlengkap . Mengusung konsep modern namun berada didalam kawasan wisata hutan bandung yang masih asri, lebat dan suhunya pasti akan membuat kamu benar-benar kedinginan.

Di dalam kawasan terminal grafika cikole, terdapat sejumlah wisata kuliner high class namun dengan khas sunda, diantaranya ialah restoran sunda buana, restoran sangkuriang hingga saung lesehan.

Tak puas sampai disitu, terminal grafika juga dilengkapi dengan wahana wisata permainan yang super seru seperti outbound dan masih banyak lagi wahana lainnya yang seru dan mengedukasi.

Jika anda ingin menikmati suasana malam di dalam hutan ala Tarzan, jangan khawatir karena di Terminal Grafikan Cikole dilengkapi dengan fasilitas camping ground. Namun buat kamu yang tidak suka tahan akan dinginya dinginya tidur di camping ground, kamu bisa bermalam di Hotel Grafika Cikole.

Daripada penasaran, langsung aja yuk kesana, terminal grafika cikole berada di Jl. Raya Tangkuban Perahu KM 8 Cikole Kecamatan Lembang, Bandung Barat.

 

#13. Wisata Gunung Batu Bandung

gunung batu bandung

pegipegi.com

Wisata yang satu ini akan membuat kamu mengetahui sejarah kemunculan dan berakhirnya kota Bandung di masa lalu dan kemudian hari.

Kamu akan menyaksikan jelas secara langsung menemukan lokasi bentangan patahan lembang yang merupakan fakta yang didukung oleh seorang ahli Paleoseismolog Unite States Geological Survey (USGS) Brian Atwater.

Dalam pembicaraanya, Brian Atwater mengungkapkan bahwa patahan lembang tersebut membentang sepanjang 22 KM dengan sangat jelas terlihat oleh kedua bola mata. Gunung batu merupakan cikal bakal patahan tersebut bergerak atau gempa.

Sepanjang jalur patahan tersebut banyak sekali berdiri perumahan dan villa mewah akan hancur dengan mudah jika gempa bisa sampai hingga 6.7 skala richter.

Namun gunung batu merupakan obyek wisata yang seru sekali, terdapat banyak bebatuan diatas puncak seperti gunung-gunung di belahan negara Amerika.

Jika kamu penasaran ingin berkunjung kesana, langsung saja ke Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Bandung Barat.

 

#14. Kawasan Punclut Bandung

Kawasan Punclut Bandung

bandung.panduanwisata.id

Kawan Punclut merupakaan singakatan dari Puncak Ciumbuleuit yang juga memberikan pengalaman berwisata dari ketinggian, dengan sajian sebuah lanskap kota bandung. Ketinggianyang yang cukup tinggi kurang lebih sekitar 1.000 meter diatas permukaan laut dengan ketinggian tersebut sudah dipastikan akan merasakan udara dan suasana yang sangat sejuk.

Tidak hanya menikmati lanskap kota bandung, ketik malam hari panoramanya tidak kalah eksotis. Apalagi sambil menikmati kuliner lokal yang sangat lezat yang disajikan warung-warung lesehan sekitara kawasaan tersebut, dijamin liburan kamu akan sangat berkesan dan tak terlupkan.

 

#15. Bukit Bintang Bandung

Bukit Bintang Bandung

wisatanegeri.com

Masih ada lagi tempat wisata yang menyajikan keindahan kota bandung dari ketinggian, salah satunya Bukit Bintang. Bukit yang terletak di utara kota bandung ini atau lebih tepatnya di kawasan Dago, merupakan tempat romantis dan gratis yang berada di bandung.

Akan sangat berkesan ketika kamu mengunjungi Bukit Bintang dengan seseorang yang kamu sayangi. Bayangkan menikmati indahnya malam dan lautan bintang kota bandung dengan seseorang yang kamu sayangi akan sangat indah bukan, apalagi dijadikan sebuah bulan madu.

 

#16. Tebing Keraton Bandung

tebing keraton bandung

walterpinem.me

Wisata tebing keraton juga merupakan salah satu wisata dari ketinggian yang sangat menakjubkan. Tebing Keraton yang berada di Ciburial Bandung keindahannya yang tidak disangkal lagi. Mengapa memiliki nama Tebing Keraton? Karena dibawahnya terlihat hamparan hutan pinus yang terbentuk seperti sebuah susunan keraton.

Tebing keraton tidak seperti bukit-bukit lainnya yang menyuguhkan gemerlap hamparan cahaya malam lampu kota bandung. Diujung tebing tersebut terdapat sebuah batuan yang besar sebagai spot untuk menikmati keindahan alamnya. Tidak hanya untuk menikmati keindahanya namun juga akan sangat menarik untuk di jadikan objek pengambilan gambar untuk mengabadikannya.

 

#17. Dago Pakar

Wisata Hutan Dago Pakar

pulasinn.wordpress.com

Masih seputaran daerah Dago, Dago Pakar merupakan salah satu juga objek wisata yang terkenal di Bandung. Bagian Utara Kota Bandung ini atau lebih tepatnya di Jl. H. Djuanda memberikan pemandangan alam yang indah, karena satu-satunya hutan asri yang masih bertahan di Bandung. Bahkan disebut sebagai TAHURA (Taman Hutan Raya) yang merupakan taman Hutan Raya pertama yang Indonesia di resmikan oleh Presiden Kedua Soeharto.

Menikmati Taman Hutan Raya Dago tidak perlu merogoh kocek yang banyak, karena cara menikmatinya akan lebih nikmati dengan berjalan kaki, dengan rute yang kurang lebih memiliki 5 hingga 7 kilo meter. Bagi kamu wisatawan yang suka dengan petualangan dan olahraga akan sangat menikmatinya disini.

Tidak hanya hutan yang asri nan hijau saja yang disajikan. Dago Pakar juga memiliki banyak jejak peninggalan sejarah. Seperti Goa Belanda dan Goa Jepang yang mana menjadi saksi bisu bahwa dulu Dago Pakar pernah dijadikan sebagai pertahanan dan perlindungan musuh mereka.

 

#18. Curug Dago Bandung

Curug Dago Bandung

anekatempatwisata.com

Curug yang dalam bahasa indonesianya ialah tidak lain tidak bukan merupakan sebuah air terjun. Curug Dago yang terletak di Kecamatan Coblong, Dago ini memang tidak terlalu memiliki ketinggian yang hanya mencapai 10 Meter saja.

Namun curug tersebut memiliki keindahan tersembunyi, karena curug ini belum begitu terkenal di kalangan wisatawan jadi kamu bisa sangat menikmati alam yang sejati tanpa keramaian seperti tempat wisata pada umumnya.

Tidak hanya keindahan yang kamu dapatkan di Curug Dago Bandung, namun disini terdapat sebuah prasasti peninggalan kerajaan Thailand. Konon katanya curug tersebut pernah di kunjunig oleh seorang Raja dari Thailand, namun letak tersebut tidak terlihat secara mudah, kamu perlu mencari tahunya karena tempatnya yang tersembunyi.

 

#19. Curug Citambur Bandung

Curug Citambur

alwib.net

Kawasan Bandun Selatan juga mempunyai tempat wisata yang indah tidak kalah menawan dengan kawasan Bandung Barat dan Utara. Salah satunya ialah Curug Citambur yang terletak berada di perbatasan antara ciwidey dan cianjur.

Air terjun yang memiliki ketinggian 100 meter tersebut menjulang tinggi dengan aliran air yang deras, tak heran gemuruh air terjun tersebut dapat kamu dengan dari kejauhan. Kabut tipis yang dihasilkan dari percikan air membentuk cahaya pelangi yang akan membuat terpana.

Namun air terjun ini tidak ideal untuk pemandian karena debet air yang tinggi, deras dan lokasinya  terletak di tebing yang lumayan tinggi. Namun oleh karena itu, bukan halangan kamu untuk dapat bermain air disini.  Tepat dibawah air terjun terdapat aliran air yang berada dibawahnya.

Curug citambur adalah tempat yang sangat cocok untuk menghilangkan penat aktifitas sehari-hari. Merenung sekejap ditemani suasana alam yang akan membuat lupa akan permasalahan. Tidak luput juga tempat ini merupakan wisata yang instagramable.

Alamat : Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur

Tiket : Rp. 3.000

 

#20. Stone Garden Bandung

Stone Garden

yukpiknik.com

Beberapa bulan belakangan ini tempat wisata baru yang nge-hits adalah stone garden yang kini menjadi salah satu primadona dari banyaknya tempat wisata Gunung dan dataran tinggi yang ada di Bandung. Seperti Bukit Moko, Tebing Keraton, Gunung Lembu yang mana semuanya memberikan keindahan alam dari ketinggian.

Stone Garden berada di Kamung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat. Taman berbatu yang ada di puncak itu sendiri terletak di bukit Pasir Pawon, dengan ketinggian 900 MDPL dan luasnya sekitar 2 hektar.

Untuk dapat melancong kesana sangat muda, jika dimulai dari arah Kota Baru Parahyangan keluar tol Padalarang dan arahkan kendaraan menuju Cianjur.

Menurut cerita rakyat, dahulu kala kawasan perbukita ini berada di dasar laut, karena diakibatkan aktivitas bumi dan pergeseran lempeng, lalu terangkatlah ke permukaan dan menjadi susunan tebing bukit kapur hingga saat ini.

Jangan heran, bila bentuk-bentuk tebing yang menjulang tajam berbentuk seperti batu karang yang berongga di dasar laut.

Hanya dengan membayar Rp. 5.000/orang, kamu dapat menikmati taman batu diatas puncak Pasir Pawon. Kamu akan terasa kembali ke jaman batu dengan batu berserakan di hampir setiap sisi taman tersebut, seperti di film Lord of The Ring dan The Flinstone.

Banyak posisi batu yang terletak ekstrem, namun hal tersebut yang membuat pengunjung makin penasaran untuk dijadikan incaran mengabadikan momen.

Alamat : Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat

Tiket : Rp. 5.000

 

#21. Gunung Manglayang Bandung

Gunung Manglayang Bandung

sebandung.com

Gunung manglayang terletak diantara dua wilayah diantaranya kabupate Sumedang dan Bandung. Lokasi gunung tersebut dekat dengan sekali dengan Kampus IPDN dan Unpad Jatinangor.

Gunung Manglayang merupakan gunung dengan ketinggian terendah dari rangkaian gunung yang mengelilingi Kota Bandung. Gunung yang berketinggian 1818 MDPL tersebut memberikan panorama alam eksotis yang tidak dimiliki oleh gunung lain.

Trek serta ketinggian yang mudah, maka banyak orang-orang menggunakan gunung ini untuk dijadikan tempat pengenalan pendakian oleh para komunitas pecinta alam dari kampus. Gunung tersebut mempunyai deretan pohon pinus yang begitu hijau dan menyejukkan.

Panorama indahya dapat wisatawan nikmati dari Puncak bayangan, sedangkan puncak utama kamu tidak dapat melayangkan jauh-jauh pandangan karena puncak utama gunung ini hanya berupa tanah yang lapang dan terletak di rimbunnya hutan.

Biasanya para pendaki mendirikan tenda di puncak bayangan yang mana lokasinya sangat tepat untuk menikmati keindahan alam dari gunung Manglayang.

Pada saat malam hari, kamu dapat menikmati taburan bintang yang dapat menghiasi angkasa serta keindahan kerlap-kerlip lampu dari kota Sumedang.

Pagi harinya, dari tempat yang sama kamu dapat menikmati detik-detik terbitnya matahari secara perlahan yang muncul dari garis horizon disertai dengan rangkaian bukit dengan menyuguhkan keindahan dari kejauhan.

Alamat : Kabupatenn Sumedan dan Kabupaten Bandung

Tiket : Rp. 1.000/orang (untuk sekali kunjungan) Rp. 3.000/orang (bila camping/menginap)

 

#22. Kebun Bunga Cihideung Bandung

Kebun Bunga Cihideung

info-wisatadibandung.blogspot.com

Wisata Kebun Bunga Bandung memiliki bermaca-macam dan ragam bunga yang di budidayaakan di tempat tersebut, dari bunga Aster, gladiol, krisan, hingga mawar juga ada. Bagi kamu pecinta tanaman dan bunga wisata Kebun Bunga Cihideung bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib di kunjungi.

Tidak hanya melihat dan menikmati keindahannya saja, kamu bisa membeli potongan bunga tersebut, bahkan dijual juga bunga bersama pot-nya dengan harga yang relatif enak di kantong. Serta dibalut dengan keramahan para petani yang sangat baik membuat kamu betah dan ingin pergi meninggalkanya.

 

#23. Perkebunan Teh Rancabali Bandung

Perkebunan Teh Rancabali

kllikhotel.com

Wisata Perkebunan Teh Rancabali Bandung, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam hijau bukit perkebunan teh berkelok-kelok yang tertata sangat rapih. kamu akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan dengan wisata unik bertemakan lanskap dedaunan teh hijau.

Udara segar pegunungan sangat bagus untuk dijadikan tempat pengambilan pengabadian gambar yang sangat terkenang nantinya akan membuat kamu ingin kembali untuk memanjakan mata.

 

#24. Pemandian Air Panas Ciater Bandung

Pemandian Air Panas Ciater

wisatamu.com

Wisata Pemandian Air Panas Ciater Bandung merupakan salah satu dari banyak tempat wisata lainnya yang banyak sekali pengunjungnya. Karena tidak hanya area rekreasi keluarga namun juga sebagai tempat bagi memperbaiki kesehatan yang diberikan oleh kehangatan ari panasnya.

Air Panas Ciater yang berasarl dari aliran Gunung Tangkuban tersebut, kamu bisa berendam di air belerang yang bisa dinikmati untuk menghilangi kepenatan hiruk pikuk aktifitas sehari-hari. Air panas yang mengandung banyak manfaat tersebut dapat mengobati penyakit kulit, rematik, gangguan syarag dan tulang. Jadi kamu tidak hanya berekreasi namun juga mendapatkan kesehatan.

 

#25. Air Panas Ciwalilni Bandung

Air Panas Ciwalini

tempatberwisatamurah.com

Wisata Alam Air Panas Ciwalilni Bandung hampir sama dengan Wisata Pemandian Air Panas Ciater Bandung, namun yang membedakan ialah memiliki sumber dari Gunung yang berbeda. Bedanya air panas yang dihasilkan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun juga disajikan dengan jernihnya air panas serta tidak ada kandungan aroma belerang.

Wisata Pemandian Air Panas Ciwalini Bandung memiliki dua kolam pemandian, yakni kolam untuk dewasa dan untuk anak. Tidak hanya dua kolam saja, namun juga menyediakan kolam kelas VIP bagi anda yang ingin menikmati pemandian secara privasi.

 

#26. Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung

Ranca upas bandung

nuseru.com

Wisata Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung yang memiliki ketinggan hingga 1700 meter diatas permukaan laut, sudah dipastikan akan menyajikan suasana yang sejuk dan sangat dingin ketika malam hari.

Wisata Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung akan sangat cocok bagi kamu pecinta kegiatan outdoor, karena akan sangat berkesan untuk melakukan aktifitas berkemah. Tidak hanya kegiatan outdoor saja yang disajikan, namun terdapat juga penangkaran Rusa Jawa. Kamu bisa langsung berinteraksi dan bermain-main dengan para rusa yang hidup bebas lepas di alam terbuka.

 

#27. Curug Cimahi Bandung

Curug Cimahi

nativeindonesia.com

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, curug adalah sebuah air terjun. Curug Cimahi Bandung ialah termasuk tempat wisata yang sangat ringan di kantong. Kelebihan air terjun ini mempunyai daya tarik lain dari curug pada umumnya, karena dengan ketinggiannya hingga mencapai 87 meter.

Sangat cocok buat kamu yang ingin berlibur tapi dengan budget minim, maka Wisata Curug Cimahi Bandung destinasi yang paling tepat. Curug yang mengalir dari sungai cimahi tersebut berhulu di Situ Lembang tidak hanya menyajikan air terjun, namun juga memiliki pemandangan alam yang benar-benar indah dan luar biasa.

 

#28. Arung Jeram Sungai Citarum Bandung

Arung Jeram Sungai Citarum

alidesta.wordpress.com

Buat kamu wisatawan pecinta adrenalin, Wisata Arung Jeram Sungai Citarum Bandung adalah pilihan tepat untuk dijadikan destinasi liburan kamu. Kamu akan melalui kurang lebih 1,5 jam arus yang cukup menantang. Namun kamu akan sangat menikmatinya, suasana tersebut sangat tidak berasa karena begitu seru.

Wisata Arung Jeram Sungai Citarum Bandung konon katanya adalah Arung Jeram legendaris buat para pecinta alam pemacu adrenalin, karena sungai tersebut merupakan sungai yang pertama kali diadakannya olahraga arum jeram di indonesia.

 

#29. Bandung Treetop

Bandung Treetop

outboundjavalembang.com

Wisata Bandung Treetop masih jarang sekali para wisatawan mengetahuinya. Wisata Bandung Treetop merupakan sebuah wisata yang menyajikan khusus wisata alam yang penuh memacu adrenalin. Wisata tersebut yang berada di lokasi alam terbuka, sangat cocok buat kamu yang suka berpetualang di alam bebas.

Wisata Bandung Treetop berada di Bumi Perkemahan Cikole lembang tersebut tidak hanya untuk sebuah petualang saja, namun juga baik bagi memberika edukasi bagi anak untuk mengetahui dan bagaimana mencintai alam sekitarnya.

 

#30 Kebun Strawberry Ciwidey Bandung

Kebun Strawberry Ciwidey

sebandung.com

Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung merupakan tempat yang akan memanjakan kamu berada di sebuah kebun yang penuh strawberry. Tidak hanya itu kamu juga dapat memetiknya langsung, lalu ditimbang untuk dihitung berapa harus membayar. Baiknya mengunjungi tempat tersebut ketika musim kemarau, karena pada saat itu kualitas strawberrynya sangat bagus.

Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung memang tidak memberikan keindahan alam seperti tempat wisata alam lainya, namun wisata ini sangat cocok bagi kaum hawa khususnya para ibu-ibu yang akan dipuaskan batinnya dengan memetik strawberry langsung dari pohonya.

 

#31. Rumah Stroberi Lembang Bandung

Rumah Strawberry Lembang Bandung

sebandung.com

Wisata Rumah Strawberry Lembang Bandung aslinya adalah sebuah cafe dan penginapan yang di lengkapi dengan area perkebunan strawberry, outbound dan playground. Jadi tempat wisata satu ini sangat cocok banget buat kamu yang ingin bersantai sambil mengajak anak bermain di alam.

Tidak hanya tempat bermain, Wisata Rumah Strawberry Lembang Bandung juga menyajikan makan enak dengan harga yang murah, juga menyediakan tempat ibadah seperti musholla. Wisata Rumah Strawberry Lembang Bandung kamu juga bisa memetik Strawberry tersebut cukup dengan membayar paket Rp. 135.000 dengan berat maksimal 4 ons untuk 4 orang. Jika mengambil lebih dari itu maka akan dikenakan biaya perkilo seharga Rp. 6.000.

 

#32. Pemandian Air Panas Cimanggu Bandung

pemandian air panas cimanggu

panoramio.com

Cimanggu adalah sebuah kawasan wisata y ang berlokasi kurang tepat berada di kaki pegunungan ciwidey. Oleh karena itu jika berkunjung kesana, kamu akan dimanjakan oleh suasana pemandian air panas mengandung belerang yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehata kuli, namun juga dengan pemandangan yang alam sekitar yang berkabut dan berhawa dingin.

Air panas cimanggu terbilang cukup lengkap karena terdapat sebuah penginapan dan pondokan yang telah siap ditinggali untuk para pelancong yang mampir. Jadi buat kamu jangan khawatir jika ingin menghabiskan waktu untuk bermalam sambil menikmati suasana air panas, karena telah tersedia tempat perisitirahatan.

Tempat wisata di bandung selatan ini adalah primadona bagi warga bandung dan juga wisatawan luar kota bahkan juga wisatawan mancanegara yang ingin menghabiskan waktu untuk berendam di air panas alami.

Alamat : Jl. Raya Ciwidey – Patenggang Km 13, Patengan, Rancabali, Kab Bandung, Jawa Barat

 

#33. Gunung Puntang Bandung

Gunung Puntang

achyar89.wordpress.com

Kesan pertama yang diberikan gunung puntang pertama kali yang akan didapatkan adalah sebuah kawasan yang masih sangat alami, kawasan tersebut banyak sekali ditumbuhi pepohonan besar, lebar dan sangat rindang. Terdapat juga banyak bangunan-bangunan bekas peninggalan rumah belanda pada zaman dahulu.

Lokasi tersebut dapat dikatakan sebagai tempat paling menyeramkan di Bandung, namun mitos dan kepercayaan demikian tidak pernah menyurutkan banyak wisatawan terutama para dan para pecinta alam untuk menaklukannya dengan berkemah. Disana juga terdapat beberapa tempat makan beberapa warung dan pondokan.

#34. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut

sebandung.com

Sanghyang heuleut merupakan tempat wisata yang belum terjaman oleh banyak orang. Objek wisata tersebut adalah sebuah danau kecil yang dikelilingi oleh kawasan bebatuan yang berbukit. Hal tersebut menyebabkan wisata alami ini seolah-olah tersembunyi dari masyarakat luar.

Letaknya berada di Kecamatan Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat. Ditempat wisata ini kamu dapat berenang, bersantai, foto-foto dan bahkan camping ceria. Buat kamu yang ingin ke sanghyang heuleut disarnkan untuk datang ketika musim hujan, karena rute jalannya sedikit licin dan air danau danau pasang.

Rute menuju lokasi Sanghyang Heueleut adalah berpatokan pada PLTA Saguling, kurang lebih dari gapura utama PLTA saguling menuju danau tersebut kurang lebih berjarak 5 kilometer. Jika melalui akses Kota Bandung, lokasi Sanghyang Heuleut dapat ditempuh dengan rute Kota Cimahi Padalarang, hingga melewati pusat oleh-oleh Roti unyil dan pusat oleh-oleh khas priangan di pinggiran jalan.

Fasilitas transportasi yang tersedia masih sangat minim, belum adanya warung penjual makanan dan toilet. Tetapi keindahan alamnya benar-benar mempesonan. Oleh karena itu tak heran banyak orang-orang yang datang untuk hunting foto disini demi menggugahnya di berbagai media sosial.

 

#35. Tebing Citatah Bandung

Tebing Citatah

yanghits.blogspot.com

Tebing Citatah merupakan tempat wisata di bandung yang wajib disinggahi oleh para pecinta wisata ekstrim yang memacu adrenalin. Lokasinya berada di Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Tebing yang berkarakter batuan tersebut dapat menjadi alternatif wisata baru untuk mengisi liburan panjang.

Tebin Citatah Padalarang tersebut mempunyai karakteristik batuan kapur yang aman untuk dipanjat. Terdapat 3 tebing utama yang dapat digunakan untuk pemanjatan, yaitu Citatah 48, Citatah 90, Citatah 125. Tebin tersebut diberi nama sesuai dengan ukuran ketinggiannya.

Tebing citatah 125 adalah tebing paling populer di kalangan pemanjat karena tebin tersebut mempunyai ketinggian ideal untuk dipanjat dengan jalur yang bervariasi.

Pada ketinggian 30 meter dari tebing goa alami yang biasa digunakan untuk melakukan kepentingan pemanjatan dan tempat beristirahat bagi para pemanjat.

Untuk dapat menggunakan Tebing Citatah 125, kamu perlu meminta izin kepada RT dan pengurus Karang Taruna Pabeasan. Tebing tersebut berada dalam pengawasan warga pabeasan yang mengurusu semua fasilitas umum seperti toilet dan beberapa saung disana.

Alamat : Citatah, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat – Jawa Barat

 

#36. Curug Bugbrug Bandung

Curug Bugbrug Bandung

sebandung.com

Curug Bugrug merupakan wisata air terjun terbaru yang hingga kini masi terjaga keasriannya. Sangat berbeda dengan curug-curug di Bandung lainnya. Curug bugbrug mempunyai berjuta pesona bagi para pengunjungnya.

Nama Curug bugbrug sendiri diambil dari bahasa sunda yang memiliki arti Curug adalah air terjun dan bugbrug artinya bertumpuk atau tumpan tindih, maka jika di sambungkan menjadi air terjun yang bertumpang tindih.

Mengapa dinamakan air terjun tumpang tindih? Karena air terjun ini akan terlihat seperti bertumpuk atau bertumpang tindih ketika jatuh.

Dibawah air terjun memiliki beberapa kolam yang dapat menampung air terjun yang jatuh dan membentuk kolam besar dengan kedalaman 3 sampai 4 meter. Bayangkan,  bagaimana cantiknya air terjun yang dingin tersebut jatuh bertumpuk-tumpuk lalu ditampung oleh kolam besar dibawahnya.

Namun sangat disayangkan di curug tersebut dilarang berenang, karena terdapat pusaran air yang dapat menarik kebawah, oleh karena itu diberi batasan untuk berkunjung.

Terdapat beberapa fasilitas disekitar curug, khususnya di bagian baratnya terdapat beberapa saung atau pendopo yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk bersantai dan menikmati panorama curug dari atas.

Tempat ibadah seperti Mushola dan WC juga disediakan,  setelah asik berfoto-foto kamu dapat besantai menikmati suasana curug sambil berwisata kuliner.

Alamat : Desa. Kertawangi, Kecamatan Parongpong, Kab.Bandung Barat

#37. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

www.dosenplesir.com

Wisata Trans Studio Bandung adalah pilihan wisata lain, selain wisata alam. Wisata Trans Studio Bandung cocok bagi liburan keluarga, karena memiliki akses dan transportasinya yang mudah. Ada 6 Pertunjukan Andalan yang dimiliki Wisata Trans Studio Bandung yang bertema teatrikal, ialah Kabayan Goes to Hollywod, Legenda Putra Mahkota, Petualangan si Bolang dan Zoo Crew, Special Effect Action Show, New Parade & Laser Show, dan yang terakhir adalah Trans Studio Big Band.

Tidak hanya 6 pertunjukan itu saja, namun masih ada 20 wahana permainan lain yang sangat menyenangkan. Mulai dari extreme rides hingga softplay untuk anak-anak, dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lainnya yang menghibur serta sangat cocok untuk mengajak keluarga berlibur di Trans Studio Bandung.

 

#38. Kampung Gajah Wonderland Bandung

Kampung Gajah Wonderland Bandung

lembangbandung.com

Wisata Kampung Gajah Wonderland Bandung tak kalah seru dan menyenangkan dibandingkan dengan Trans Studio Bandung untuk mengajak keluarga berlibur. Apa saja yang disajikan Kampung Gajah Wonderland Bandung? Diantaranya ialah mengkombinasikan kegiatan kuliner, wisata keluarga, dan berbelanja.

Arena permainannya yang lengkap merupakan sebuah destinasi liburan yang sangat cocok untuk bagi semua kalangan wisatawan baik tua, muda dan anak-anak. Selain itu menyajikan panorama alam yang sejuk karena berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut.

Kebayangkan bagaimana serunya bermainan bersama keluarga dengan permainan yang lengkap dibaluti suasana alam sejuk dan mempesona.

 

#39. Kebun Binatang Bandung

kebun binatang bandung

panduanwisata.net

Wisata Kebun Binatang Bandung berbeda dengan kebun binatang yang lainnya. Kebun binatang tersebut selain menyajikan edukasi tentang hewan-hewan sambil menikmat udara sejuk khas kota bandung. Kamu juga bisa menunggangi kuda hingga gajah yang akan menjadi sebuah pengalaman tak terlupakan.

Wisata Kebun Binatang Bandung sangat bagus untuk mengedukasi anak-anak untuk mengetahui tentang hewan-hewan, selain itu Wisata Kebun Binatang Bandung harganya sangat ekomis. Biasanya Kebun Binatang Bandung sangat ramai di kunjuni ketika musim libur tiba.

 

#40. De’Ranch Bandung

De’Ranch Bandung

dilut.com

Wisata De’Ranch Bandung merupakan destinasi alam yang tidak biasanya wisata alam berikan, kamu bisa menikmati suasana alam yang bertema cowboy. Tidak hanya menyediakan suasananya saja, kamu juga bisa melakukan kegiatan cowboy seperti menunggang kuda, naik delman, fun boat, panahan, gold hunter, dan masih banyak kegiatan cowboy lainnya.

Setelah capek bermain-main kamu bisa langsung beristirahat sambil menikmati kuliner. Tentunya kuliner yang disajikan juga merupakan kuliner khas cowboy Amerika, namun kuliner khas bandung juga ikut bersanding seperti, siomay, tempe mendoan, karedok, nasi goreng dan masih banyak lagi makanan khas bandung lainnya.

 

#41.Floating Market Bandung

Floating Market Bandung

bandunghotel-murah.com

Floating Market Bandung sebuah wisata yang tidak seperti tempat wisata pada umumnya. Dengan memadukan keindahan alam dengan sajian kuliner bercita rasa tinggi. Penjual kuliner menyajikanya dengan konsep seperti pasar terapung.

3 konsep wahana modern dan menarik yang disajikan oleh Wisata Floating Market Bandung, yakni bermain, belajar dan kuliner. Banyak sekali jenis kuliner yang disajikan, dari makanan khas Jawa Barat dan Nusantara, seperti Nasi Bakar Lembang, colenak, rujak, mie bakso, dan aneka jenis ikan.

Tidak hanya makanan lokal dan nusantara saja yang disajikan, namun juga sajian makanan luar negeri juga tersedia, seperti pizza pasta dan steak di area rockpool.

 

#42. Kolam Renang Karang Setra Bandung

wisata kolam renang setra bandung

initempatwisata.com

Kolam Renang Karang Setra Bandung merupakan tempat wisata paling legendari di kota kembang tersebut. Presiden Pertama Soekarno pernah meresmikan kolam pertama terluas se-Asia Tenggara pada tahun 1954.

Kolam Renang Karang Setra Bandung dengan konsep outdoor dan aneka wahana permainan air modern seperti, waterboom yang memiliki lintasan hingga 86 meter, kolam prestasi, kolam naga, aqua play, kolam pantai, water ball, spacae ball, bungge trampoline, banteng ngamuk, dan ruang gempa.

 

#43. Jendela Alam Lembang Bandung

Jendela Alam Lembang Bandung

wikiwisata.com

Jendela Alam yang berlokasi di Jalan Sersan Bajuri akan memberikan suasana sangat menyejukkan. Sesuai dengan namanya, wisata ini memberikan liburan alam yang baik untuk anak tentang edukasi mengenal binatang beserta tumbuhan.

Tidak hanya mengenal, namun juga mereka akan belajar tentang bagaimana cara merawat hewan, cara beternak, berinteraksi dengan hewan, mempelajari cara berkebun, memetik buah dan sayur, serta sambil bermain dan berpetualang. Pokoknya tempat ini sangat komplit sekali untuk membawa anak-anak berlibur.

Jendela Alam buka setiap hari senin sampai jumat dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore, untuk akhir pekan sabtu dan minggu buka dari jam 8 pagi hingga 4.30 sore

 

#44. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

anekatempatwisata.com

Museum Geologi Bandung berdiri sejak tahun 1928, merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang sangat ramai dikunjungi wisatawan, baik dari pelajar, mahasiswa, hingga turis mancanegara.

Museum tersebut memiliki dua lantai utama dengan masing-masing ruang yang dimilikinya terdapat Ruang Orinteasi Geografis Indonesia dengan bentuk relief. Ruang selanjutnya adalah Ruang Geologi yang menyajikan koleksi tentang bumi, tata surya, dan fosil sejarah.

Di ruang bagian sayap terdapat tentang pengetahuan mengenai sejarah pertumbuhan mahluk hidup. Dilantai 2 kamu akan menemukan sebuah maket tambang emas terbesar di dunia yaitu Papua.

 

#45. Museum Konfrensi Asia Afrika Bandung

Museum Konferensi Asia Afrika Bandung

seputaraceh.com

Museum Konfrensi Asia Afrika mencatat sebuah sejarah yang dikenang baik-baik oleh seluruh dunia, yakni KAA (Konfrensi Asia Afrika) yang diselenggarakan pada 18-24 April 1955 di Bandung. Menuai hasil yang luar biasa yakni sebuah pedoman pegangan bangsa-bangsa yang di jajah dunia untuk merebut kembali kemerdekaanya.

Wisata Museum Konfrensi Asia Afrika berdesain arsitektual Art Deco, yang lantai dasarnya dibangun menggunakan marmer didatangkan langsung dari Italia. Ruanganya yang terbuat dari kayu yang dikenal kuat yakni kayu Cikenhout, serta menggunakan penerangan lampu kristal. Museum ini merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari Gedung Merdeka yakni tempat terjadi persidangan konfrensi.

 

#46. Museum Sri Baduga Bandung

Museum Sri Baduga Bandung

tempatwisatadibandung.info

Jika Museum Konfrensi Asia Afrika bercerita tentang pencatatan sejarah politik dan kenegaran, namun kali ini Museum Sri Baduga Bandung akan memberikan sebuah perjalanan sejarah tentang alam dan budaya masyarakat Jawa Barat beserta tahap-tahap perubahannya.

Terdapat 5.367 koleksi yang di sajikan bentuk replika, miniatur, foto, dan maket tentang tempat wisata sejarah bandung. Tidak salah lagi jika kamu pecinta sejarah, museum ini wajib di agendakan untuk di datangi.

 

#47. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Bandung

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

komunitasaleut.com

Wisata Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani merupakan sebuah wisata yang terletak dipusat jantung kota Bandung dengan nilai manfaat yang sangat besar untuk anak-anak dijadikan pelatihan membaca rambu-rambu lalu lintas. Wisata tersebut sangat murah sekali, di jamin sanga ekonomis dan tidak buat kantong jebol.

Wisata ini memberikan pengalaman berkendera menggunakan sepeda atau kendaraan mini dengan jalur buatan yang telah di lengkapi rambu-rambu lalu lintas. Secara tidak langsung anak-anak jadi menikmati edukasi berkendara bermain.

 

#48.Tempat Wisata Gedung Sate Bandung

Gedung Sate Bandung

wisatadibandung.net

Wisata Gedung Sate Bandung merupakan tempat bersejarah selanjutnya yang paling menarik. Walaupun Gedung Sate merupakan peninggalan kolonial penjajah, namun tidak mematahkan semangat warga Bandung untuk melesatarikan bentuk bangunan bersejarah.

Gedung Sate merupakan ikon kota Bandung dengan ciri disetiap sore, gedung ini terlihat indah bersiluet ketika matahari terbenam. Banyak para Arsitek yang mengembalikan keindahan arsitekturnya yang terkesan kuni namun memiliki nilai seni tinggi dan sangat terawat.

 

#49. Musem Pos Indonesia Bandung

Museum Pos Indonesia Bandung

sebandung.com

Museum Pos Indonesia ini sangat bersejarah, yang telah berdiri sejak zaman Hindia-Belanda yakni pada tahun 1933 yang berada di Jalan Cilaki No. 73 Bandung Provinsi Jawa Barat. Bangunan ini di desain oleh dua orang arsitek Belanda yang bernama J. Berger dan Leutdgebouwdienst, yang mana dulu fungsinya sebagai Telegrap dan Telepon (PTT).

Bagi para peneliti filateli, Museum Pos dan Giro ini wajib menjadi destinasi wisata. Museum ini berubah nama menjadi Museum Pos Indonesia ini memiliki ribuan perangko seluruh dunia, tidak hanya itu yang di tampilkan disini, namun juga seperti benda-benda pendukung lainya seperti, timbangan dan sepeda pengirim pos masih terawat dengan rapih.

 

#50. Museum Mandala Wangsit Siliwangi Bandung

Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum ini merupakan museum sejarah yang telah menjadi saksi prajurit Siliwangi bersama rakyat Jawa Barat bertempur mempertahankan kedaulatan daerahnya. Dulu museum ini adalah berfungsi sebagai markas militer.

Museum ini berlokasi di Jalan Lembong 38 Bandung, menyimpan berbagai macam koleksi senjata tradisional seperti kujang, klewang, pedang bambu dan juga keris. Tidak hanya senjata namun juga terdapa koleksi uang pada masa penjajahan di awal kemerdekaan, uang ini di pajang rapih menempel di dinding beserta foto-foto para mantan Panglima Divisi Siliwangi.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi dibuka untuk umum dari senin hingga kamis pukul 08 pagi hingga 01 siang. Pada hari jumat tutup lebih awal yakni pada jam 10 pagi saja dan di hari sabtu buka hingga pukul 12 siang.

 

#51. NuArt Sculpture Park Bandung

NuArt Sculpture Park Bandung

sheratonbandung.com

NuArt Sculpture Park berlokasi di Bandung utara merupakan sebuah wisata taman sekaligus menyajikan galeri pameran karya-kary terbaik seniman Nyoman Nuarta. Kamu bisa menikmati segar dan sejuknya kota bandung sambil melihat keindahan setiap lekukan patung-patung yang memiliki cerita tersendiri.

Landmark NuArt Sculpture Park memiliki dua lantai, yakni pada lantai pertama merupakanp pameran dari Nyoman Nuarta, dan lantai kedua digunakan sebagai pameran seniman lain untuk memamerkan karyanya.

Didalamnya terdapat sebuah Craft Boutique yang menjual miniatur karya-karya nuarta beserta seniman lainnya. Tidak hanya itu NuArt Sclupture juga memiliki workshop yang mana pengunjung bisa menikmati sambil belajar membuat patung, lukisan dan batik. Kamu bisa mengunjunginya langsung di Jl. Sutra Duta Kencana II/11, Bandung 40151.

 

#52. Observatorium Bosscha Bandung

Observatorium Bosscha

mapio.net

Wisata Observatorium Bosscha merupakan tempat pengamatan bintang yang berada di daerah lembang. Kira 15 Km dari utara kota Bandung. Jika kamu lahir tahun 90-an pasti tahu film “Petualangan Sherina” yang mana salah satunya tempat mengambil gambar disini dan pasti sangat familiar dengan tempat tersebut.

Kamu tidak perlu mendaftar untuk dapat mengunjungi Observatorium Bosscha, berkunjung kesini akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan. Bagi kamu para pecinta Sains pasti akan sangat senang sekali, karena museum ini memiliki semua wawasan tentang hampir semua sistem tata surya kita, dari bintang, planet dan matahari hingga asteroid.

 

#53. Saung Angklung Udjo Bandung

villachocolates.com

Saung Angklung Udjo

Bagi kamu pecinta seni musik dan budaya Sunda, Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata yang tepat untuk di kunjungi. Kamu akan mengenal lebih dalam tentang alat musiknya yang terbuat dari bambu.
Acara yang di suguhkan di Saung Angklung Udjo ialah diantaranya Wayang Golek, Helaran, Tari Topeng, dan Orkestra Angklung yang diadakan rutin setiap sore. Tidak hanya menikmati tontonan seni itu saja, kamu juga bisa langsung belajar bagaiman cara memainkan alat-alat kesenian tersebut dari para ahlinya.

 

#54. Kuliner Rumah Makan Legoh Bandung

Rumah Makan Legoh Bandung

sebandung.com

Rumah Makan Legoh merupakan sebuah restoran yang berada di Dago, lebih tepatnya berada di Jalan Sultan Agung No.9 Bandung. Memiliki Slogan “Empat Sehat, Lima Kenyang” menyediakan menu makanan yang disajikan di Rumah Makan Legoh sangat variatif. RM Legoh sangat terkenal dengan hampir di setiap menunya mempunyai level pedas.

RM Legoh buka dari jam 11 pagi hingga jam 9 malam. Salah satu keunikannya pemilik Restoran tersebut sangatlah ramah kepada semua konsumennya baik yang datang langsung ataupun yang menyapanya di dunia maya. Itu baru satu keunikan, keunikan-keunikan lainnya adalah Restoran tersebut di dirikan oleh sebuah Band Metal bernama “KOIL” yang mana penabuh drumnya merangkap sebagai koki.

Ingin tahu lebih lanjut tentang Rumah Makan Legoh langsung saja kesini :

Website : rmlegoh.com

Telp : 022-4268108

Email : rmlegoh@gmail.com

Fb : facebook.com/RMLegoh

Twitter : @rmlegoh

 

#55. Cihampelas Walk Bandung

Cihampelas Walk

letsgobandung.wordpress.com

Cihampelas Walk atau lebih terkenal dengan sebutan CIWALK, merupakan kawasan wisata belanja yang mengusung sesuai suana kota bandung yakni, konsep alami.

Kamu akan mendapat pengalaman ng-mall yang berbeda dari mall-mall lain yang ada di indonesia. Selain berbelanja fashion CIWALK memiliki beragam jajakan kuliner yang disantap dengan suasan mall berudara sejuk di alam bebas.

 

#56. Jalan Setiabudi Bandung

kuliner Setiabudi Bandung

2bagsandapack.com

Sekarang berpindah ke bagian utara bandung, ada sebuah jalan lain yang tidak kalah terkenal yakni Jalan Setiabudi. Kawasan tersebtu merupakan salah satu destinasi wisata favorit wisatawan pecinta kuliner bandung ketika berlibur.

Banyak sekali menu kuliner yang disajikan disini mulai dari Rumah Sosis, Surabi Enhai, dan Maja House. Keunikanyalah yang menjadi tempat favorit wisatawan pecinta kuliner yang dapat menarik perhatian para turis. Selain itu kuliner disini harganya sangat ekonomis yang mana harganya sekitaran Rp.7.000 hingga 8.000.

 

#57. Paskal Food Market Bandung

Paskal Food Market bandung

thefreakyteppy.com

Paskal food market merupakan tempat wisata favorit di bandung, khususnya bagi para kaum muda untuk tempat nongkrong. Paskal menyediakan pusat wsata kuliner makanan dengan jumlah yang sangat banyak yakni hingga 1.000 seribu jenis menu. Hingga dinamakan menjadi “1001 Menu”.

Beragam macam kuliner yang dihidangakan, seperti hidangan tiongkok, empal gentong, bakso, masakan jepang hingga kedai kopi. Dengan menggunakan dekorasi banyak lampu bercaha kuning disetiap sisinya. Menjadikan suasana semkin romantis dengan iringan pertunjukan live music di sebuah panggung kecil tengah kolam.

Harap untuk lebih kritis jika memilih menu, karena semua makanan yang disediakan disini tidak semuanya ber label halal.

 

#58. Kampung Daun Bandung

Kampung Daun Bandung

indonesiana.co.id

Masih membahas seputar kuliner Kota Bandung, Kampung Daun bisa dijadikan destinasi wisata liburan kuliner bagi keluarga. Wisata yang bertemakan suasana khas pedesaan Sunda, serta gemricik air terjun yang disajikan. Maka akan sangat membuat suasana yang sangat romantis.

Menu makanannya sangat variatif dari makanan tradisional hingga makanan western yang bisa kamu dapatkan di Kampung Daun Bandung dengan harga cukup ekonomis dari Rp. 35.000 hingga Rp. 115.000.

 

#59. Sapu Lidi Bandung

Sapu Lidi Bandung

sebandung.com

Belum lengkap rasanya jika berwisata ke bandung tidak mampir ke Sapu Lidi Bandung. Sapu Lidi Bandung menyajikan tempat wisata kuliner yang sangat unik, dengan desain seperti di sebuah desa persawahan dan danau. Kamu berasa makan di tengah-tengan pematang sawah dan makan ditengah danau menggunakan sampai yang telah disediakan.

Jangan puas dulu, selain makan berasa di pematang sawah dan tengah daun. Sapu Lidi Bandung juga menyediakan saung-saung yang terbuat dari bambu-bambu beratap jerami seperti gubung panggung. Lalu pengunjung makan dengan cara lesehan. Dibagian bawahnya terdapat rerumputan yang hijau, lalu sampingnya dikelilingi petakan sawah-sawah.

 

#60. Wisata Kuliner Toko You Bandung

Toko You Bandung

kuliner.panduanwisata.id

Toko You merupakan tempat wisata kuliner legendaris yang tidak kalah enak dari tempat-tempat kuliner lainnya. Toko You sudah berdiri sejak tahun 1947, akan sangat rugi jika ke Bandung tidak mampir kesini walau hanya sekedar menikmati mie yamin yang membuat kamu ketagihan.

Toko You beradai di Jalan Hasanudin 12 Bandung dekat dengan RS Boromeus. Bagi anda yang belum pernah berkunjung kesini mungkin agak sulit menemukannya, karena rumah makan ini tertutup oleh pagar tanaman bambu dan pohon tua.

 

#61. Jalan Braga Bandung

Jalan Braga Bandung

nasional.news.viva.co.id

Jalan Braga sangat terkenal sebagai tempat wisata favorit para wisatawan, sejauh mata memandang akan di hiasi oleh jejeran bangunan-bangunan sisa penjajahan belanda yang mana bandung memiliki julukan sebagai Paris Van Java.

Kamu bisa mengambil foto untuk mengabadikan gambar-gambar ditempat yang memiliki spot foto sangat genic. Setelah puas berfoto-foto ria, kamu merasa lelah dan ingin berisitirahat, jangan pusing karena sepanjang jalan Braga banyak sekali kuliner, dari macam-macam kue hingg roti semuanya ada disini.

 

#62. Es Krim Rasa Bakery dan Cafe Bandung

Krim Rasa Bakery dan Cafe Bandung

serbabandung.com

Wisata ini bisa dibilang surganya para pecinta Es Krim di Bandung. Bagi kamu pecinta kuliner es krim, maka pilihan yang sangat tepat untuk mengunjungi Es Krim Rasa Bakery dan Cafe Bandung. Tidak sempurna sepertinya jika datang ke Bandung untuk mencari kuliner tidak datang ke Es Krim Rasa Bakery dan Cafe Bandung.

Restoran Es Krim Rasa Bakery dan Cafe Bandung sangatlah legendaris yang sudah memiliki usia 50 tahun yang terkenal dengan menu masakan Eropanya seperti Saueys brood, kue amandal dan anek es krim. Namun sekarang tidak hanya menyediakan itu, tapi juga menyediakan menu-menu lokal seperti, laksa, soto, dan es cincau. Coconut Royale ice cream adalah menu khas andalan yang ada di Es Krim Rasa Bakery dan Cafe Bandung. rasanya benar-benar lezat lembut terasa dilidah.

 

#63. Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung

blao-tukangkaos.blogspot.com

Pasar Baru Bandung merupakan destinasi tempat wisata bagi para pecinta belanja. Selain harganya yang murah meriah, Pasar Baru memiliki banyak sekali menyediak pakaian dan asesoris-aseoris. Tidak hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan asing yang berasal dari malaysia.

Keunikan Pasar Baru ialah kamu harus benar-benar bersabar untuk menawar agar bisa mendapatkan harga yang murah. Sebagian wisatawan mengatakan jangan bilang sudah ke Bandung bila belum belanja di Pasar Baru.

 

#64. Kawasan Dago Bandung

Dago Bandung

klikhotel.com

Kawasan Dago atau yang lebih tepatnya berada di Jl. Ir H. Juanda ini berjejer disetiap pinggir jalannya sebuah Factory Outlet yang mana telah menjadi sebuah identitas kawasan tersebut. Bahkan terkenal sebagai kawasan wisata belanja yang sudah menjadi prioritas utama para pecinta belanja.

Factory Outlet di kawasan Dago tersebut menawarkan banyak jenis dan kualitas barang. Sebuah catatan penting buat kamu ya, baiknya untuk tetap bisa mengontrol diri agar uang kamu tidak habis karena tergiur dengan barang-barang yang berkualitas diasana.

Tidak hanya Factory Outlet, Kawasan Dago juga terdapat banyak nongkrong anak muda Bandung, seperti Taman Ganesha, Kebun Binatang dan Kawasan Dago Pakar. Oleh karena itu hampir semua pelancong yang datang Bandung pasti mampir ke Kawasan Dago.

 

#65. Rumah Mode Bandung

Rumah Mode Bandung

travelliatours.com

Jika Kawasan Dago berjejer Factory Outlet, Rumah Mode Bandung merupakan pusat Factory Outlet yang paling terkenal. Khususnya para pecinta wisata belanja pasti menjadi destinasi wisata yang wajib di kunjungi.

Dengan desain seperti rumah sendiri, akan sangat nyaman bila kamu mengajak keluarga berwisata belanja, karena Rumah Mode Bandung memfasilitasi area bermain anak. Tidak hanya interior, eksterior juga di hiasi dengan taman yang luas lengkap beserta air mancur yang benar-benar terasa di rumah sendiri.

 

#66. Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut Bandung

sebandung.com

sebandung.com

Hampir semua orang yang pernah ke Bandung pasti mengetahui tempat ini, karena terkenal dengan kerajinan pembuata sepatu dan tas. Bisa kamu lihat sendiri, hampir di semua tepi jalan penuh dengan jejeran toko menjual dagangannya dengan tas dan sepatu.

Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut Bandung didirikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1989 yang mana, sebagai pusat penjualan sepatu terpanjang di dunia. Banyak sekali hasil dari kerajinan tersebut yang sudah di ekspor ke luar negeri.

 

#67. Masjid Raya Agung Bandung

masjid raya bandung

almasjidy.blogspot.com

Diatas banyak destinasi wisata yang menyuguhkan tentang alam, teknologi, kuliner, dan sejarah. Kurang lengkap rasanya jika berwisata di bandung tidak mengunjungi salah satu masjid terbesar dan fenomenal milik kota kembang.

Betul sekali, masjid tersebut adalah Masjid Raya Agung Bandung. Wisata rohani dan religi tersebut yang berada disekitar alun-alun kota bandung. Masjid tersebut merupakan bangunan megah yang memiliki fungsi sebagai tempat Ibadah dan pusat kajian agama islam termegah di Bandung.

Masjid megah tersebut lokasinya sangat strategis tepat berada di tengah-tengah kota Bandung berdekatan dengan beberapa lokasi wisata khas kota bandung, seperti alun-alun kota Bandung, jalan bersejarah Braga dan pastinya pusat belanja termurah dan tertua yakni Pasar Baru Trade Center.

Pengunjung yang datang ke Masjid Raya Agung Bandung selalu ramai baik siang dan malam hari. Aktifitas diluar dan dalam masjid agung juga selalu dipadati.

Hal tersebut didukung setelah beberapa waktu terakhir Walikota Bandung Ridwan Kamil atau lebih dikenal dengan sebutan “Kang Emil”. Merubah pelataran masjid dengan memasang rumput sintetis yang sangat indah diatasnya.

Perubahan tersebut membuat Masjid Agung Raya menjadi magnet para wisatawan untuk berkunjung ke tempat suci tersebut. Bisa dibayangkan setelah asik seharian keliling berwisata di Kota Bandung lalu ditutup dengan berkunjung ke tempat Ibadah.

Sambil beristirahat melepas lelah setelah berwisata kamu bisa bermain-main diatas rumput sintetis masjid yang empuk diteras masjid tersebut. Namun setelah tiba waktunya sholat kamu juga bisa langsung segera bergegas menuju masjid untuk sholat berjamaan tepat waktu.

Tidak hanya nikmat beribadah dan menikmati rumput sintetis saja, ada satu fasilitas lagi yang dimiliki Masjid Agung Raya Bandung. Kamu bisa melihat hamparan kota bandung secara luas dan indah, apalagi jika dilihat pada saat malam hari akan dihadiahi gemerlap lampu kota yang menyala.

Baiknya segeralah naik keatas menara mesjid agung tersebut dengan menggunakan lift yang akan membawa kamu keatas puncak menara yang setara dengan gedung 19 lantai. Sayangnya waktu yang diizinkan sangat terbatas hanya 15 menit saja. Tapi cukuplah waktu segitu untuk melihat indahnya pemandangan kota kembang tersebut.

Harga tiket masuk menara Masjid Raya Agung Bandung

Harga tiket masuk ke menara tersebut terbilang sangatlah murah sekali, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 3.000 dan untuk anak-anak Rp. 2.000. Sangat murah sekal bukan? Hanya dengan mengeluarkan uang recehan kamu sudah bisa menikmati indahnya kota bandung diatas menara.

Alamat dan Rute Masjid Raya Agung Bandung

Masjid megah tersebut beralamat di Jalan Asia Afrika Kota Bandung Jawa Barat Indonesia. Selain tempatnya yang strategis, banyak sekali akses menuju masjid agung tersebut .

Contoh misalkan dimulai dari terminal leuwipanjang terdapat 2 cara yang paling mudah yaitu pertama dengan menggunakan bis Damri rute Leuwi Panjang – Cicaheum dan kamu bisa berhenti tepat didepan masjid agung raya Bandung.

Cara kedua ialah dengan menggunakan angkot rute Leuwipanjang – Kebon Kalapa lalu turun di jalan Ijan, kemudian jalan kurang lebih sekitar 500 meter menyusuri jalan Otista atau Dewi sartika.

Sangat menarik bukan wisata Masjid Raya Agung Bandung? Jadi jangan lupa yah, untuk mampir ke masjid ini, selain menyediakan wisata rohani namun juga menyediakan wisata jasmani.

 

#68. Taman Pasupati atau Taman Jomblo

wisata bandung taman jomblo pasupati

Penulispro.com

Pada sub-bab ini saya akan membahas tentang Taman Pasupati, yakni salah satu tempat wisata favorit di Bandung. Taman Pasupati ini sering pula disebut taman Jomblo.

Kenapa disebut taman jomblo dan kenapa saya merekomendasikan tempat ini sebagai tempat wisata favorit di Bandung? Yuk kita simak bareng.

Taman Pasupati atau Taman Jomblo adalah salah satu taman wisata yang ada di Bandung. Taman ini diresmikan oleh walikota Bandung, yakni Bapak Ridwan Kamil pada tanggal 4 Januari 2014.

Lokasi taman Pasupati atau taman Jomblo berada di daerah Pasupati, yakni tepat di bawah jembatan Pasupati.

Oke kita masuk ke pertanyaan pertama: kenapa taman Pasupati disebut sebagai taman Jomblo?

Well, jawabannya karena disain dari tempat ini memang dikhusukan untuk para jomblo.

Bapak Ridwan Kamil sendiri yang memberikan istilah ini.

Selain itu, taman Pasupati memiliki banyak tempat duduk berbentuk kubus, berukuran kecil, dan berwarna-warni. Tempat ini sangat cocok untuk orang-orang yang “sendiri”, single atau sering disebut jomblo. Hehe.

Pertanyaan kedua: kenapa taman Pasupati menjadi salah satu tempat wisata favorit di Bandung?

Untuk pertanyaan ini, seenggaknya saya punya dua jawaban.

Pertama: karena tempat ini punya banyak fasilitas untuk warga Bandung. Fasilitas-fasiltasnya gak main-main, yakni fasilitas berstandar Internasional.

kita ambil contoh arena Papan Luncur (skate board) yang ada di taman ini.

Arena papan luncur yang ada di taman ini memiliki standar Internasional, yakni memiliki lapangan arena yang luas dan fasilitas keamanan.

Kedua: karena lokasi taman Pasupati ini sangat strategis, yakni tepat di bawah jembatan layang Pasupati.

Btw, lokasi ini dulunya adalah tempat gersang yang tak terurus, gelap dan hanya ada bebatuan besar tak tertata.

Ketika bapak Ridwan Kamil merubahnya menjadi kawasan terbuka dan berfasilitas internasional, kamu bisa bayangkan sendiri bagaimana antusiasnya warga Bandung mendatangi tempat ini.

 

#69. Villa Isola

wisata bandung villa isola

youtube.com

Villa Isola. Apa yang pertama kamu pikirkan ketika pertama mendengar kata ini? Seram, unik atau justru membanggakan?

Untuk kamu yang belum mengenal Villa Isola, ataupun kamu yang penasaran dengan Villa Isola. Saya akan membahas tema Villa Isola pada sub-bab ini.

Oke, mari kita mulai.

Villa Isola adalah nama dari sebuah gedung peninggalan kolonial Belanda.

Gedung ini sangat terkenal. Tidak hanya di kawasan Bandung ataupun Indonesia, melainkan seantero dunia.

Ini serius loh. saya lagi gak bercanda.

Gedung Villa Isola ini dulunya adalah tempat penting dalam masa kolonial Belanda. Gimana gak penting, liat aja konstruksi dan desain arsitektur dari gedung ini, terlihat begitu mewah bukan?

Terlebih gedung ini dibangun pada masa kolonial Belanda, atau masa dimana gedung-gedung di Indonesia belum banyak yang bermodel arsitektur megah dan menarik.

Tapi, di samping kemegahan dan kemenarikan dari gedung ini. Villa Isola ternyata menyimpan banyak misteri, dan banyak rumor beredar kalau gedung ini memiliki banyak “penghuni”.

Ini semua gak terlepas dari sejarah ketika Villa Isola dibangun pertama kali.

Konon sang pemilik Villa Isola, yakni Dominique Willem Barrtey atau yang akrab disebut Baretty punya kisah yang “kelam” dalam tempat ini.

Buat kamu yang belum kenal Baretty. Ia adalah seorang pengusaha milyarder papan atas di Indonesia -pada masa kolonial Belanda- dan memiliki kekayaan lebih dari Rp. 250 Milyar.

Oke back to the topic tentang kehidupan kelam Baretty.

Konon walaupun ia kaya raya, tapi dia tidak memiliki kehidupan yang bahagia. Dia memiliki keadaan keluarga yang kacau balau, dan musuh dibanyak tempat.

Nah, di Villa Isola ini lah Baretty sering mengasingkan diri. Hingga pada akhirnya ia meninggal dunia di atas pesawat saat sedang perjalanan pulang ke Indonesia (saat itu ia dari Belanda).

Kabar yang beredar kalau pesawat Baretty jatuh setelah ditembak oleh salah satu musuh utamanya.

Ya, saya tidak bisa sebutkan siapa dia di dalam tulisan ini ya.

Last word buat kamu yang penasaran sama tempat ini. Kamu bisa pergi ke Jalan Setia Budi, Dan Mogot, Bandung untuk melihat Villa Isola secara langsung.

Btw, nama gedung ini kini telah berubah menjadi Bumi Siliwangi dan dijadikan sebagai  gedung rektorat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

 

#70. Stadion Siliwangi

wisata bandung stadion siliwangi

panduanwisata.id

Stadion Siliwangi merupakan salah satu stadion kebanggaan masyarakat Bandung. Bagi Anda yang belum tahu bangunan luas ini bisa segera mengunjungi kota Bandung Jawa Barat. Stadion ini berlokasi di Jalan Lombok Bandung.

Stadion Siliwangi di bangun pada 1 Januari 1954 dan diresmikan pada tanggal 1 Januari 1956. Seiring berjalannya waktu. Pada saat pembangunan hingga diresmikan lapangan siliwangi resmi untuk pembinaan jasmani anggota Kodam III Siliwangi.

Dengan hasil kerja keras para anggota siliwangi pembangunan stadion baru bisa terselesaikan setelah 2 tahun. Namun seperti yang kita ketahui bersama, bangunan masih terbuat dari kayu belum seutuhnya kokoh.

Pada tahun 1976  stadion direncanakan untuk direnovasi agar bangunan menjadi lebih kokoh. Perenovasian dilakukan oleh 300 karyawan milik PT Propelat. Dibutuhkan waktu 6 bulan untuk menyelesaikan stadion siliwangi milik masyarakat Bandung tersebut.

Rumput-rumputnya (green carpet) sengaja diimpor dari negara tetangga Australia.

Nah, pada bulan April 2011, hasil renovasi ini begitu signifikan karena mampu memuat kapasitas dari 25.000 menjadi 36.000 penonton, bahkan tidak hanya tembok dan rumput saja yang direnovasi, semua bangku juga sudah ditingkatkan demi kenyamanan penonton.

Kalau kamu belum pernah mengunjungi stadion siliwangi gak ada salahnya untuk segera untuk berkunjung.

Pertandingan demi pertandingan akan selalu ada di lapangan Siliwangi Bandung ini. Selain bisa melihat luasnya stadion siliwangi, kamu juga bisa berkunjung ke bangunan lainnya seperti lapangan squash, Golf driving range, kolam renang, lapangan tenis dan tempat fitnes.

Di sana kamu akan menikmati kegiatan para pecinta olahraga sejati. Itulah kelebihan yang terdapat di salah satu kota Bandung Jawa Barat. Selamat berkunjung dan selamat menikmati indahnya Kota Bandung

 

#71. Stadion Si Jalak Harupat

wisata bandung stadion si jalak harupat

cikalnews.com

Stadion si Jalak Harupat adalah bangunan termegah yang terletak di kabupaten Bandung Jawa Barat. Lokasi stadion si jalak harupat terletak di desa Kopo Cibodas Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung.

Jangan lewatkan stadion megah ini kalau kamu berkunjung ke kota Bandung. Kemegahan dan keluasan stadion akan membuat kamu terpesona jatuh cinta.

Nama si jalak harupat diambil dari gelar salah seorang pahlawan nasional asal Bojongsoang Bandung yaitu Otto Iskandardinata.

Hingga saat ini stadion si jalak harupat menjadi milik pemerintah kabupaten Bandung. Persikap bandung (wakil) kabupaten Bandung di Liga Indonesia menempatkan stadion si Jalak Harupat sebagai kandang dari Persikab Bandung. Sama halnya dengan tim sekota persikab atau yang biasa dikenal dengan PERSIB yang menempatkan stadion si jalak harupat sebagai arena latihan mereka.

Stadion si jalak harupat di dirikan pada Januari 2003 yang saat itu dipimpin oleh Bupati Obar Sobama dan diresmikan pada HUT Kabupaten Bandung yang ke 364 pada tanggal 26 April 2005 oleh Agum Gumelar yang kala itu menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat.

Anggaran yang telah dikeluarkan demi berdirinya bangunan tersebut sebesar 67,5 Miliar Rupiah. Jadi gak salah kalau fasilitas stadion si jalak harupat juga mengalahkan stadion di beberapa kota lainnya.

Nah, bagi kamu yang sedang liburan di kota Bandung akan sangat disayangkan jika tidak berkunjung ke tempat yang satu ini karena, setiap pengunjung yang datang akan selalu menyempatkan waktu demi melihat keistimewaan stadion si jalak harupat.

Luas bangunan yang dimiliki stadion si jalak harupat adalah 28.177 meter 2, ukuran lapangan 7.500 meter 2 dan lansekap 13.000 m 2. Bagaimana sangat luar bukan? Selamat berkunjung.

 

#72. Taman Cempaka

taman cempaka bandung

airfotonetwork.com

Destinasi wisata Bandung yang tidak kalah seru ialah Taman Cempaka. Bagi Anda warga bandung pastinya sudah tidak asing dengan Taman Cempaka ini. Taman yang juga dijuluki Taman Fotografi ini memang sudah terkenal di Bandung serta banyak dikunjungi khususnya bagi warga Bandung sendiri.

Disebut Taman Fotografi karena disini Anda dapat menemui berbagai macam titik-titik tempat yang bagus untuk Anda berfoto ria. Pastinya taman ini sangat memanjakan Anda-anda yang hobi dengan dunia fotografi.

Tidak mengherankan jika Anda berkunjung ke taman ini di beberapa sudut pasti Anda akan menjumpai banyak sekali fotografer-fotografer yang menjajal keahlian berfoto mereka. Atau beberapa orang yang sedang belajar mendalami dunia fotografi juga rajin berkunjung kemari.

Taman Cempaka diresmikan langsung oleh Walikota Bandung, yakni Bapak Ridwan Kamil pada tanggal 21 September 2013. Taman ini sekaligus menjadi satu diantara taman tematik serta jadi ruangan terbuka untuk umum yang terdapat di Kota Bandung.

Sarana yang tersedia di dalam Taman Cempaka cukup lengkap. Mulai dari beragam ikon ornamen seperti ornamen berbentuk huruf “C”, yang bisa diartikan Cempaka yakni nama taman ini. Atau juga bisa berarti Camera, karena tempat ini suka dijadikan tempat berfoto oleh para pengunjungnya.

Ada lagi semacam tembok yang bertuliskan “bdg” yang juga sering jadi tempat jepret-jepret. Selain itu, sarana lain yang melengkapi taman ini diantaranya bangku taman, ayunan, pusat bermain anak-anak. Tak lupa tersedia wifi untuk Anda yang senang berinternet sambil menikmati suasana taman.

Untuk Anda yang belum pernah ke Bandung atau baru pertama kali ke kota ini wajib mengunjungi Taman Cempaka. Taman ini berlokasi di Jalan Anggrek, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Cara yang paling mudah untuk sampai ke Taman Cempaka adalah dengan naik taksi atau kendaraan pribadi.

 

#73. Pesona Nirwana Waterpark

wisata bandung pesona nirwana waterpark

berbagifun.com

Tahukah Anda, di Bandung juga ada tempat wisata bernuansa tebing dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Jika Anda bertandang ke Soreang Kabupaten Bandung, Anda akan menemukan salah satu taman rekreasi air yaitu Pesona Nirwana Waterpark.

Salah satu waterpark di Bandung yang unik yakni tempat ini dikelilingi oleh bukit seperti tebing. Wahana wisata ini tempatnya pas bagi Anda yang berencana rekreasi renang dengan membawa serta keluarga, teman, atau anak-anak sekolah yang tengah berlibur.

Waterpark yang mempunyai luas sekitar 4000 meter persegi ini dibangun dan didesain dengan konsep resort yang ramah lingkungan. Dengan keamanan yang terjamin seperti area belt line untuk tebing-tebing juga tetap menjaga dan melindungi pepohonan di sekitar kolam renang.

Rekreasi Anda pasti mengasyikkan lantaran tempat ruang seputarnya tertutup, untuk keluar masuk pengunjung hanya terdapat satu pintu gerbang yang dijaga oleh petugas security. Tersedia ruang parkir cukup luas. Di dalamnya juga food court bagi pengunjung yang ingin untuk sekedar mengisi perut.

Obyek wisata air Pesona Nirwana Waterpark berada tepatnya di Kampung Legok Jeungjing di Desa Panyirapan. Desa ini masuk dalam wilayah Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Dengan suasana alam yang masih asri untuk pastinya akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Anda akan dimanjakan dengan wahana-wahana yang disediakan. Wahana yang di tawarkan tempat ini begitu bermacam-macam, diantaranya berikut ini:
Wahana Lazy River
Wahana ini adalah wahana kolam arus, khusus untuk Anda yang mengimpikan berpetualang di dunia air. Untuk dapat merasakan atmosfer wahana ini, Anda dapat menyewa pelampung yang telah disediakan pengelola dengan harga sewa 10 ribu untuk ukuran single dan 20 ribu untuk yang double.

Wahana Kiddy Pool
Kalau wahana ini memang dikhususkan untuk anak-anak. Terdapat seluncuran berukuran kecil yang didesain untuk anak-anak. Ada juga mancur mini yang keluar dari besi penyangga yang terdapat dalam kolam ditambah dengan ember besar sewaktu-waktu dapat menumpahkan air ke bawah.

Water Slider dan Jacuzzi
Selain wahana-wahana diatas, masih ada beberapa wahana lain yang patut Anda coba. Seperti Wahana Water Slider yang mempunyai bermacam luncuran. Juga wahana bernama Jacuzzi untuk Anda yang ingin merasakan ketenangan serta ingin merelaksasi badan yakni dengan berendam di air hangat di wahana ini.

 

#74. Aneka Taman Tematik (Taman Vanda)

Taman Vanda Wisata Bandung

RajaTourBandung.com

Bila Anda berkunjung ke Kota Bandung, sayang untuk melewatkan tempat wisata yang satu ini. Di daerah Bandung sendiri, tempat-tempat seperti ini dikelompokkan ke dalam ragam tempat wisata taman tematik Bandung.

Salah satu taman temati di Bandung tersebut ialah Taman Vanda. Nama Vanda sendiri diambil dari salah satu jenis varian Bunga Anggrek yang memiliki spesies kurang lebih 26.000. Adapun yang ada di Indonesia saat ini berjumlah sekitar 5.000-6.000. Luar biasa bukan?

Lokasi Taman Vanda sendiri terletak di Jalan Jawa, Jalan Braga, dan Jalan Perintis Kemerdekaan. Ya, taman ini berada di antara jalan tersebut sebab taman ini juga berbentuk segitiga.

Struktur taman ini terdiri dari tembok yang mengelilingi, dan bagian tengah dihiasi taman cantik air mancur dan tanam-tanaman indah. Berbagai jenis tanaman bunga anggrek sebagian besar ada di sana.

Sejarahnya, konon tempat ini adalah tempat yang memiliki nama negatif. Di taman ini, dahulunya adalah bekas nongkrongnya para gelandangan, preman sampai kupu-kupu malam.

Namun, setelah taman Vanda ini direnovasi dan diubah sedemikian rupa, taman ini kini mnejadi salah satu pbjek wisata di Bandung yang paling banyak dikunjungi.

Bahkan, tempat ini menjadi tempat favorit bagi kaum muda untuk berdiskusi dan jalan-jalan.

Perlu masyarakat ketahui bahwa letak Taman Vanda memang berada di jantung kota Bandung, di dekatnya ada Bank BRI kemudian di sebelah utaranya ada Plaza Balai Kota Bandung dank e Barat terdapat jalan yang menagrah ke Jalan Braga.

Dengan demikian, selain tempat ini menyejukkan, tempat ini juga dapat menjadi destinasi pariwisata berganda yang memungkinkan sebagian besar pengunjungnya menikmati panorama Kota Bandung dan jalan-jalan untuk mencari oleh-oleh. Keren kan?

 

#75. Braga Culinary Night

wisata bandung braga culinary night

jabar.tribunews.com

Braga Culinary Night atau yang biasa disebut masyarakat Kota Bandung sebagai BCN adalah salah satu daya tarik Kota Bandung terbaru akhir-akhir ini.

Acara tersebut merupakan acara pesta kuliner yang menyajikan berbagai makanan mulai dari kelas bawah, menengah sampai kelas istimewa.

Saking lengkapnya berbagai makanan yang disajikan, tak heran berbondong-bondng masyarakat Kota Bandung beramai-beramai datang ke BCN. Ya, di sana semua bersatu padu, dari masyarakat ekonomi kelas bawah, menengah sampai atas.

Tidak hanya terkait kuliner saja lho, di sana Anda juga bisa mengajak sanak keluarga family Anda untuk duduk bareng menggelar tikar sembari menikmati keindahan Kota Bandung di Jalan Braga. Tentu saja, Anda juga bisa mencicipi berbagai makanan khas yang disajikan di saat acara tersebut berlangsung.

Adapun kegiatan tersebut dinamakan Braga karena acara tersebut bertempat di jalan Braga Bandung. Sebuah tempat yang konon merupakan tempat yang paling banyak menyimpan sejarah Kota Bandung.

Pertanyaannya, sampai jam berapa acara BCN digelar? Benar! Acara BCN sendiri biasa mulai pada pukul 17.00 dan berakhir sampai pukul 01.00 dini hari. Tentu saja dengan berlangsungnya acara tersebut ada beberapa ruas jalan yang direkayasi demi mengatasi kemacetan.

Adapun mengenai informasi terkait rekayasa jalan, bila acara BCN di mulai ruas jalan Braga panjang sementara akan ditutup. Kecuali di jalan Braga Pendek tepatnya di jalan Markoni dan Jalan Kejaksaan. So, jika Anda main ke sana Anda perlu paham rute tersebut.

Nah, lebih jelasnya cobalah Anda datang dan main ke Kota Bandung tepatnya di Jalan Braga. Kiranya dengan demikian, Anda lebih bisa menikmati sensasi BCN itu sendiri tinimbang membaca tulisa ini hehe. Selamat liburan ke Kota Bandung.

 

#76. Street Gourmet

wisata bandung street gourmet

cumilebay.com

Setiap dari kita pasti sudah sangat kenal dengan yang namanya kota Bandung.

Ya kota Bandung merupakan salah satu kota indah nan penuh dengan lokasi wisata yang sangat menarik hati.

Jika anda dan keluarga anda sedang berkunjung ke Bandung, maka jangan lupa untuk berkunjung ke Street Gourmet.

Ya tempat yang satu ini memang belum terkenal dan didengar banyak orang, namun jangan salah ditempat ini and adan keluarga anda bisa mengahabiskan masa week end anda dengan penuh kebahagiaan.

Penasaran seperti apa sih tempat ini? Yuk kita baca saja artikel berikut ini.

Setiap dari kita pasti sangat suka jika berkunjung ke suatu tempat yang indah nan eksotis, kemudian dilengkapi oleh berbagai macam menu hidangan yang lezat.

Ya, jika anda menginginkan itu semua maka anda bisa mendapatkannya di Street Gourmet. Warga Bandung seharusnya sudah berbangga diri dengan kehadiran tempat wisata ini.

Street Gourmet adalah sebuah ide konsep terbaru wisata Bandung. Yang mana konsep tempat wisata ini sangatlah jelas dan bagus, yaitu memadukan 2 potensi besar yang terdapat pada kota Bandung.

Yaitu potensi keindahan alamnya yang sangat eksotis, serta keanekaragaman kulinernya yang sangat lezat dan membuat semua pengunjung menjadi ketagihan.

Lalu sebenarnya seperti apakah Street Gourmet itu?

Jangan salah sangka, Street Gourmet adalah sebuah restoran berbentuk bus.

Di dalam bus ber-ac ini anda akan dihidangkan dengan berbagai macam paket menu gourmet, yang terdiri dari 4 jenis paket.

Kemudian anda akan diajak berkeliling dengan bus ber-ac ini untuk melewati rute-rute indah yang ada di kota Bandung.

Berikut rutenya secara singkat : Jln Citarum- Gedung Sate Bandung- Simpang Dago- Sepanjang Dago- Bandung Indah Plaza- Persimpangan Bank Indonesia- Jalan Braga- Jalan Suniaraja- Jalan Sudirman- Jalan Pasirkaliki-Jalan Padjajaran- Jalan Wastukencana-Jalan Cipaganti-Jalan Setiabudi- Jalan Cihampelas-Jalan Riau- dan kembali ke jalan Citarum.

Rute ini akan ditempuh selama kurang lebih 1,5 sampai 2 jam.

Menarik bukan ?, silahkan berkunjung.

 

#77. Goa Pawon

wisata bandung goa pawon

jalanterus.board.net

Gua Pawon merupakan tempat wisata Sunda yang cukup terkenal, di gua ini dahulu pernah ditemukan kerangka manusia purba kuno, yang mana berdasarkan cerita yang tersebar kerangka tersebut adalah nenek moyang dan leluhur orang Sunda.

Gua ini merupakan situs purbakala yang terletak di desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, atau lebih tepatnya sekitar 25 km dari arah barat kota Bandung.

Walau pun tempat ini memiliki sejarah dan peradaban yang tinggi, namun tempat ini masih kalah terkenal dengan tempat-tempat wisata lainnya, seperti Kawah Putih, Tangkuban Perahu, dan Situ Cibutur.

Untuk bisa pergi ke Gua Pawon cukuplah mudah, jika anda berada di Bandung, maka anda bisa pergi dengan menggunakan bis jurusan Jakarta, Cianjur, dan Bogor yang melewati Padalarang.

Setelah itu anda bisa turun di jalan raya Bandung- Cianjur, yaitu di daerah Citatah.

Setelah anda turun di jalan ini, maka dengan mudahnya anda bisa menemukan Gua Pawon, karena di pinggiran jalan anda akan menjumpai plang yang bertulisan “Situs Sejarah Gua Pawon”.

Saat anda akan menuju mulut gua, biasanya anda akan disambut oleh sekawanan kera yang berkeliaran di sepanjang jalan.

Hati-hati bagi anda yang melintasi jalan ini sebaiknya tidak terlalu dekat dengan mereka, terutama si induk kera yang sedang menggendong anaknya.

Saya sarankan juga bagi anda yang ingin berkunung ke gua ini,maka sebaiknya anda menggunakan sepatu atau sandal gunung, hindari menggunakan sandal swallow terlebih lagi high heels.

Ketika anda sampai di dalam gua, maka seketika anda akan disambut dengan sekumpulan kelelawar yang terbang berputar-putar seperti poros angin topan.

Semakin anda masuk ke dalamnya maka anda akan semakin merasa dekat dengan jaman purbakala.

Bagaiman tertarik bukan?

Silahkan berkunjung dan rasakan sendiri sensasinya.

 

#78. Natural Resto dan Strawberry Land

wisata bandung natural resto and strawberry land

Niagaplaza.com

Natural Resto and Strawberry Land adalah salah satu tempat wisata menarik di Bandung. Tempat ini terletak di Jalan Tangkuban Perahu 190 Lembang, Bandung. Kawasannya yang sejuk, membuat para pengunjung betah mengunjungi tempat ini.

Konsep dari Natural Resto and Strawberry Land ini adalah membuat para pengunjung betah dan terasa seperti di rumah sendiri. Lembang yang terkenal dengan tempat wisata alaminya membuatnya patut dijuluki Surga Wisata Bandung.

Di tempat wisata ini, pengunjung akan merasakan sensasi petik buah strawberry dan menikmati banyak olahan buah strawberry di restorannya. Buah strawberry yang di tanam di kawasan tempat wisata ini dijamin tanpa pemupukan kimia sama sekali.

Mengunjungi Natural Resto and Strawberry Land ketika musim liburan sangat cocok bersama keluarga. Karena kita bisa merasakan sensasi duduk santai di sekitar kebun strawberry, memetik strawberry dengan diselingi canda tawa, serta menikmati makan siang di restaurant hall.

Selain wisata strawberry dan menikmati kuliner strawberry, di lahan Natural Resto and Strawberry Land yang memiliki luas 1,5 hektar ini juga terdapat Green House, kebun bunga, serta Saung Lesehan.

Berbagai fasilitas pun sudah tersedia lengkap di Natural Resto and Strawberry Land ini. Sehingga dipastikan para pengunjung akan merasa puas dan bisa menikmati pemandangan indah tempat wisata ini dengan leluasa.

Wisata dan selfie menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Mengabadikan setiap momen dalam liburan membuat liburan kita menjadi lengkap. Di taman bunga dan kebun strawberry di Natural Resto and Strawberry Land menjadi tempat selfie yang sangat cocok.

 

#79. Situ Cileunca

wisata bandung situ cileunca

Bersosial.com

Bandung tidak akan pernah berhenti untuk mengembangkan potensi wisatanya. Terbukti dengan adanya salah satu tempat wisata di Pangalengan Bandung bernama Situ Cileunca.

Tempat ini adalah sebuah tempat wisata alam yang menyediakan pemandangan danau yang besar. Danau ini merupakan danau buatan yang memiliki luas 1.400 hektar. Danau ini dijadikan sebagai sumber air bersih bagi masyarakat Bandung. Pemandangan alam sekitar yang hijau menghasilkan sumber air bersih yang melimpah.

Air di danau ini juga dijadikan tempat PLTA yang dialirkan lewat Sungai Palayangan. Adapun danau atau situ ini dibuat pada tanggal 1918 dengan membendung sungai Ciluenca. Pembangunan terus berlangsung hingga kini sudah terbentuk sebuah situ yang luar biasa indahnya. Setelah sebelumnya tempat ini adalah hutan belantara. Danau ini kemudian diberi nama Situ Cileunca.

Kedalaman dari danau indah ini adalah 17 meter dengan penampakan air yang bening. Para pengunjung dijamin akan merasa senang mengunjungi danau ini. Selain menikmati keindahan danau, ada fasilitas liburan lain yang bisa dinikmati. Beberapa di antaranya adalah jenis-jenis outbond, rafting, wisata air, camping ground, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Situ Cileunca juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Sebuah danau yang indah di tengah-tengah pemandangan alam nan hijau membuat setiap pengunjung pasti merasakan sensasi kedamaian dan kenyamanan. Kita sekeluarga pun bisa mengelilingi situ dengan menggunakan perahu.

Suasana kota yang sibuk dengan aktivitas segunung akan sirna dalam sekejap saja setelah kita mengunjungi tempat wisata Situ Cileunca ini. Segarnya pemandangan di sekitar danau akan mengukir kesan sendiri bagi para pengunjung. Sehingga keinginan untuk datang lagi ke tempat wisata ini pun semakin kuat. Adanya kebun teh Malabar di sekitar danau semakin menambah pemandangan sekitar. Sungguh sangat memukau mata.

 

#80. Bandros City Tour

wisata bandung bandros city tour

infobandung.co.id

Kalau kamu sering berkeliling di kota bandung, mungkin kamu sudah beberapa kali melihat kendaraan berwarna merah yang menyerupai bus tingkat ini.

Bandrous City Tour adalah alat transportasi darat yang memang digunakan untuk mengantarkan para wisatawan berkeliling bandung, menikmati tempat-tempat wisata yang ada. Bandros City Tour juga lebih dikenal dengan sebutan Bandung Tour on Bus City Tour.

Kendaraan darat ini diresmikan pada malam tahun baru 2014 oleh Ridawan Kamil yang merupakan walikota bandung.

Bandros adalah bis wisata dengan model bertingkat. Model tersebut didesain menyerupai seperti bis tingkat yang ada pada San Fransisco dan juga Negara London.

Tidak semua wisatawan yang ada bisa menikmati fasilitas bandros ini. Karena sejak tahun 2015 silam, bandros hanya bisa digunakan oleh wisatawan yang sudah memboking fasilitas ini sejak jauh-jauh hari, karena memang kendaraan ini jumlahnya tidak begitu banyak.

Ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan apabila kamu menggunakan fasilitas bandros ini. Beberapa kelebihannya seperti rombongan yang menggunakan fasilitas ini bisa berkeliling bebas di kota bandung dengan rute tertentu tanpa harus tersesat.

Karena memang salah satu tujuan dibuatnya fasilitas bandros ini adalah untuk menghindarkan para wisatawan yang ingin berkunjung ke berbagai tempat agar tidak terkena kemacetan yang ada pada lalulintas kota bandung.

Bagian atas bus ini memiliki atap terbuka, sehingga wisatawan yang memilih tempat duduk dilantai dua ini bisa merasakan sejuknya udara bandung. Dan juga wisata yang duduk di lantai atas bisa melihat suasana jalan raya kota Bandung dengan sangat leluasa.

Hal ini yang membuat wisata kamu akan terasa seperti berkeliling di negara Eropa dengan kendaraan exclusive.

 

#81. Kampung Kreatif Dago

wisata bandung kampung kreatif dago

infobdg.com

Pada dasarnya, kebanyakan kampung wisata yang ada di berbagai tempat umumpnya berisi dari beragam budaya yang ada di daerah tersebut. Namun jika kamu mengunjungi kampung kreatif dago, maka kamu akan menemukan sesuatu yang berbeda. Ya, bisa dibilang dago adalah salah satu tempat wisata yang paling berbeda.

Biasanya jika kita berwisata maka dalam pikiran kita akan membayangkan bahwa kita akan pergi ketempat yang masih asri, rumah rumah juga berkesan ‘alami’ atau jadul. Namun di desa wisata dago ini kamu akan menemukan berbagai mural tembok rumah yang seperti bercerita kepada anda.

Teknologi yang digunakan dalam menciptakan tembok tersebut adalah salah satu teknologi yang bisa di bilang baru, yaitu Augmented Reality. Yang kebanyakan cara tersebut digunakan oleh pada pengusaha besar untuk mempromosikan kepentingan mereka.

Sebenarnya, proyek kampung kreatif dago ini masih belum selesai sepenuhnya. Namun walaupun masih setengah rampung, anda masih bisa merasakan pengalaman yang sangat menarik ketika menelusuri lorong sempit kampung tersebut.

Konsep kampung ini juga diperlukan ruang sempit maka akan dinaikkan. Dan jika di perlukan perluasan maka rumah-rumah juga akan diperluas. Dan juga mural augmented reality merupakah salah satu icon yang melengkapi desa wisata ini yang menambah keunikannya tersendiri.

Bahkan mural ini juga menjadi perbincangan ibu-ibu di penghabisan gang. Mural berwarna warni ini juga merupakan seni hasil kolaborasi para seniman dan juga warga setempat.

Sehingga kamu bisa melihat beragam kesenian setempat yang mereka geluti tertoreh dalam lukisan dinding itu. Seperti contohnya kesenian tari jaipong, wayang, reog, gondang, tarawangsa, kacapi suling pancak silat dan juga sebagainya. Karena pusat kesenian beladiri bandung memang berasal dari tempat itu.

 

#82. Curug Cinulang

wisata bandung curug cinulang

siapiunggun.wordpress.com

Curung Cinulang merupakan salah satu curug nan indah di Bandung yang keberadaannya belum terlalu dikembangkan sebagai tempat wisata alam. Padahal tempat ini memiliki sejuta keindahan yang tak ada duanya.

Tempat wisata Curug Cinulang ini berlokasikan di perbatasan antara penghujung Kabupaten Bandung bagian Timur dengan Kabupaten Sumedang. Walaupun secara geografis letak tempat wisata ini berada di wilayah kabupaten Sumedang, namun mayoritas para traveller lebih mengenalnya sebagai salah satu tempat wisata di Bandung Timur.

Entah apa alasannya kenapa sekarang curug ini lebih dikenal sebagai Curug Cinulang. Padahal, dahulunya Curug Cinulang ini dinamakan sebagai Curug Sindulang. Bahkan sampai-sampai ada sebuah lagu pop sunda yang diberi judul “Curug Cinulang”.

Di tempat wisata alam Curug Cinulang ini terdapat dua buah air terjun dengan jarak sekitar 5 meter dan ketiggian yang tak jauh berbeda. Ketinggian kedua air terjun tersebut kurang lebih setinggi 50 meter dari tanah. Hanya saja, air terjun pertama memiliki debit air yang lebih banyak ketimbang air terjun yang kedua.

Suasana khas air terjun yang segar dapat Anda temukan di tempat wisata alam ini. Bagaimana tidak? Cipratan air yang dijatuhkan dari ketinggian 50 meter itu tentu akan menciprati segala hal yang ada di sekitarnya.Selain itu, semilir angin yang cukup kencang pun ikut mempersegar suasana Curug Cinulang.

Suasana kesegaran air terjun ini akan semakin maksimal di kala musim penghujan datang. Hal tersebut dikarenakan debit air yang semakin melimpah dari pada biasanya. Tentu saja keindahan air yang tumpah tersebut akan semakin menjadi-jadi.

Tak jarang, banyak orang yang berkunjung ke Curug Cinulang ini sembari mengenakan jas hujan akibat derasnya cipratan air terjun yang menerpa tubuh. Namun walau sekali pun tak mengenakan jas hujan, hal itu tetap bukan lah sebuah masalah.

 

#83. Curug Batu Templek

wisata bandung curug batu templek

Sebandung.com

Curug Batu templek merupakan salah satu destinasi wisata favorit di kawasan Bandung bagian Timur. Banyaknya para wisatawan yang jauh-jauh datang hanya untuk menikmati keindahan air terjun dan pemandangan di Curug Batu Templek semakin mengangkat nama baik tempat wisata yang satu ini.

Berbagai wisatawan dari seluruh penjuru negeri ini rela berkunjung ke sini. Mulai dari wisatawan asli Bandung, kemudian Jakarta, Sumedang, Cirebon, Tegal, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Pontianak, dan berbagai daerah lainnya, semuanya berdatangan ke tempat wisata di Bandung ini.

Lokasi Curug Batu Templek ialah yakni di Desa Cikadung, Kabupaten Bandung bagian Timur. Lokasi tersebut memang cukup strategis untuk memancing ketertarikan para wisatawan, sebab tak terlalu jauh dari pusat perkotaan dan dekat dengan kawasan penduduk.Akses yang dilalui pun terbilang mudah.

Curug yang saat ini dikenal sebagai Curug Batu Templek ini dulunya dikenal sebagai Curug Batu Cisanggarung. Air terjun setinggi 52 meter tersebut dilengkapi dengan pemandangan indah yang unik, sehingga orang-orang rela berdatangan kemari.

Aslinya, Curug Batu Templek merupakan salah satu pertambangan batu di Bandung. Pun di beberapa titik kawasan tersebut memang masih aktif dipergunakan untuk melakukan pertambangan. Hanya saja, biarpun merupakan sebuah tambang, pemandangan yang ditawarkan memang begitu indah dan tak mudah dilupakan.

Air terjun yang bersih, jernih, dan segar mengalir deras dari atas ke bawah dengan kencangnya. Kesegaran angin beserta cipratan air khas air terjun pun menempel erat di kawasan wisata alam yang satu ini. Namun sayangnya, air tersebut akan berubah menjadi kecokelatan ketika hujan mengguyur daerah sana.

#84. Kawasan Wisata Caringin Tilu

wisata bandung caringin tilu

tempatwisataunik.com

Caringin Tilu merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Bandung tepatnya di Kawasan Cimenyan.

Kawasan Cimenyan masih termasuk wilayah Bandung Bagian Utara, lokasinya tidak jauh dari wisata Saung Angklung Udjo – Padasuka atau berjarak sekitar 5 km.

Caringin Tilu merupakan salah satu kawasan wisata yang cukup banyak pengunjungnya baik itu wisatawan lokal maupun manca negara, meskipun jika dilihat dari persentasinya wisatawan lokal masih mendominasi.

Di lokasi ini kita bisa melihat pemandangan yang begitu anggun dan eksotis, baik itu di siang hari maupun ketika malam hari. Ketika malam hari tiba kita bisa melihat pemandangan sekitar kawasan Caringin Tilu yang begitu eksotis dengan pancaran lampu kelap-kelipnya.

Tidak jauh beda dengan kawasan wisata alam lain di Bandung, Caringin Tilu pun memiliki daya tarik yang menonjol berupa wisata alam dengan didominasi pemandangan pegunungan yang indah dan saling mengait satu sama lain begitu menyejukkan.

Secara geografis kawasan Caringin Tilu masih termasuk bagian dari Bandung Utara. Caringin Tilu menjadi satu diantara lokasi terbaik untuk menikmati indahnya wisata alam bernuangsa penggunungan di dataran tinggi Bandung.

Di lokasi setinggi ini kita pun bisa menikmati pemandangan cakrawala dari ujung timur hingga ke barat wilayah Bandung yang dikelilingi pegunungan dan sangat jelas terlihat.

Sebagaimana telah kami dikatakan di atas, bahwa secara administratif kawasan wisata Caringin Tilu masih merupakan bagian dari kawasan Bandung Utara.

Untuk mengunjungi lokasi wisata ini, kita hanya membutuhkan waktu kuran lebih 40 menitan dengan akses jalan terdekat dan bisa menjadi pilihan teman-teman adalah dari Kota Bandung.

Kita bisa melalui Jalan Padasuka (Cicaheum) ikuti jalan terus hingga menanjak ke arah utara. meskipun perjalanan terbilang singkat namun lokasi ini sangat berbeda jauh dengan hiruk pikuk Kota Bandung.

 

#85. Wisata Oray Tapa

wisata bandung oray tapa

blog.travtou.com

Oray Tapa merupakan kawasan yang berada di ketinggian kurang lebih 700 m diatas permukaan laut (dpl).

Curah hujan di kawasan ini cukup tinggi, yaitu mencapai 2.000 mm/tahun dengan suhu rata-rata berkisar antara 19-26˚C udara yang cukup dingin, bukan?

Dengan suasana sejuk ini, kita bisa melihat lebatnya hutan cemara dan pinus yang menyejukkan mata.

Selain itu juga di kawasan ini kita akan disajikan berupa pemandangan khas kota Bandung yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Adapun aktifitas yang umum dilakukan oleh para pelancong di daratan tinggi ini adalah berkemah (camping), motocross, bersepeda santai maupun offroad karena bisa bilang medannya cukup menantang.

Fasilitas

Adapun fasilitas yang akan kita dapatkan ketika berkunjung ke kawasan wisata diantaranya adalah

  1. Papan petunjuk arah yang memudahkan kita untuk menemukan spot-spot yang kita inginkan,
  2. Loket karcis seperti halnya wisata lainnnya wisata Oray Tapa pun memiliki pos karcis, tempat parkir untuk kamu yang berasal dari luar kota tenang saja karena kawasan ini telah menyediakan lahan parkir yang cukup terjangkau dan terawat,
  3. Jalan setapak bagi kamu yang suka dengan olah raga sepeda atau motorcross dan khawatir dengan kondisi jalanan licin tenang saja hal tersebut tidak berlaku di kawasan Oray Tapa meskipun ada beberapa spot yang perlu diperbaiki,
  4. Tempat duduk, untuk memuaskan hasyrat para pelancong para pengelolapun menyediakan tempat duduk untuk anda yang lelah berkeliling-keliling,
  5. Selain itu, di wisata Oray Tapa kita juga akan difasilitasi berupa mushola, MCK dan shelter yang cukup nyaman.

Lokasi

Wana wisata Oray Tapa merupakan kawasan yang cukup terkenal di kawasan Bandung dan sekitarnya. Lokasi wisata ini berada di Desa Mekar Manik, Kecamatan Cimenyan, Bandung. Oray Tapa sendiri memiliki area wisata seluas 5 Ha dibawah naungan KPH Bandung, BKPH Manglayang Barat, dan RPH Arca Manik.

 

#86. Laktasari Mini Farm

#87. The Lodge Earthbound Adventure Park

#88. Kampung Pago Ciwidey

#89. Gunung Malabar

#90. Kampung Batu Malakasari

#91.

#92.

#93.

#94.

#95.

#96.

#97.

#98.

#99.

#100.

Demikianlah 100+ Tempat Wisata Kota di Bandung yang sangat seru dan menarik, hampir semua destinasi wisata dimiliki oleh kota kembang tersebut. Tidak akan pernah habis rasanya jika berbicara tentang Kota Bandung.

Hampir semua orang yang pernah memijakan kaki disana merasa ketagihan, dan igin kembali lagi, bahkan karena saking terkesannya dengan kota Bandung, mereka rela berdomisili disana. Oleh karena itu ada sebuah pepatah mengatakan “Kota Bandung diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum”.

5 Comments

  1. satrio August 1, 2016
  2. AFhuk September 2, 2016
  3. Dika September 12, 2016
  4. Julius91 November 3, 2016
  5. Anonymous September 24, 2017

Leave a Reply