Rahasia Membuat Umpan Ikan Mas untuk Hasil Tangkapan yang Banyak

Membuat umpan ikan mas sangatlah mudah, cukup menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita saja. Kamu tidak perlu pusing-pusing mencari bahan-bahan yang aneh-aneh. Kebanyakan orang sudah kemakan mitos yang beredar. Sebenarnya tidak sesulit itu, cukup menggunakan bahan yang ada disekitar kita, kamu sudah bisa membuat umpan ikan mas yang sangat jitu.

Sebelum membuat umpan, baiknya kita mengetahui terlebih dahulu karakteristik ikan mas tersebut. Pertama yang harus diketahui adalah tentang tingkah laku dan karakteristik ikan mas, tempat dan peralatan apa saja yang tepat agar bisa mendapatkan hasil maksimal. Kedua tentang cara meracik umpan ikan mas sehingga kamu dapat hasil pancingan yang banyak dan maksimal.

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan tawar paling terkenal bagi para pemancing. Sangatlah mudah menemukan ikan mas, seperti di rawa-rawa, sungai, danau, dan pastinya di kolam pemancingan.

Ikan mas merupakan pilihan utama bagi para pemancing, karena ketika memancing di kolam pancingan berbayar dibandrol dengan harga yang relatif murah. Oleh karena itu ikan mas menjadi jenis ikan primadona dikalangan pemancing.Selain harganya yang murah, ikan mas juga merupakan salah satu macam bahan olahan yang enak dan lezat untuk dijadikan lauk pauk.

Untuk memperoleh hasil pancingan yang banyak sebenarnya sangat mudah dan simpel, yaitu kuncinya terdapat pada peracikan umpan yang disukai oleh ikan mas. Banyak sekali orang bingung memilih umpan untuk ikan mas. Faktor tersebut diakibatkan karena ketidaktahuannya para pemancing.

Oleh karena itu, disini akan dikupas tuntas bagaimana cara membuat umpan ikan mas. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sebenarnya sangatlah mudah membuat umpan ikan mas. Cukup dengan menggunakan bahan dan benda yang ada disekitar kita, maka akan menjadi sebuah olahan umpan ikan mas yang sangat jitu.

 

Umpan Ikan Mas yang Aman untuk Lingkungan

ikan-mas

alamtani.com

Perlu memperhatikan satu hal yang spele, namun sangatlah penting. Ketika akan membuat pakan atau umpan ikan mas, harus memperhatikan bahan-bahan yang digunakan tidak merusaka ekosistem ikan mas tersebut. Contohnya, seperti penggunaan bahan kimia atau bahan sejenisnya yang berdampak merusak alam dan ekosistem.

Bahan-bahan apakah yang aman dan tidak merusak ekosistem, untuk membuat umpan ikan mas? Jawabanya adalah, kroto, telur, bebek, daging, ikan dan udang. Dengan menggunakan bahan-bahan yang aman, maka kita juga turut memperhatikan kelestarian lingkungan, sehingga habitatnya di alam tetap ada dan terjaga.

Langsung saja, berikut dibawah ini merupakan tips dan tata cara membuat umpan ikan mas yang jitu serta aman bagi alam beserta ekosistemnya :

 

Umpan ikan Mas Jitu 1

Bahan-bahan :

1 bungkus susu dancow
3 lembar daun pandan
4 butir putih telur
1 ons kroto
1 santan kara 1 kecil
1 kaleng sarden

Cara Pembuatannya :

Campurkan semua bahan-bahan diatas, terkecuali sarden,
Kemudian aduklah sampai merata
Lalu kukus adonan tersebut hingga 15 menit
Setelah itu, barulah campurkan dengan sarden sampai merata

 

Umpan Mancing Ikan mas 2

Bahan-bahan :

1 ons kroto
1 sachet susu dancow
1 potong keju
2 sendok makan tepung beras
2 sendok makan tepung ketan

Cara Pembuatannya :

Campurkan semua bahan diatas, terkecuali santan
Beri sedikit santan sedikit demi sedikit agar tidak terlalu encer dan kental
Masukan adonan tersebut kedalam plastik, kemudian kukus hingga 20 menit
Tunggu hingga dingin.

 

Resep Umpan Ikan Mas 3

Bahan-bahan :

Setengah ons kroto
2-3 buah Biskuit Nissin Crackers rasa keju
2-3 Iris Pindang Tongkol
Pelet ikan 200-300 gram

Cara Pembuatannya :

Rendamlah pindang tongkol menggunakan air panas 10 menit
Tiriskan dan buanglah daging ikan yang telah berwana hitam
Campur bahan diatas menggunakan pelet dan remukkan biskuit
Aduk bahan diatas sampai merata
Umpan yang telah jadi tersebut, lalu di cocol dengan kroto

Demikianlah tips dan cara membuat umpan ikan, semoga mendapatkan hasil pancingan yang banyak, dan tetap menjaga alam beserta ekosistemnya agar tetap menjaga keberadaan habitat hingga anak cucu kita nanti.

Leave a Reply