Belajar Microsoft Excel dengan Mengenali Fungsi Tombol-tombolnya

Belajar Microsoft Excel dengan Mengenali Fungsi Tombol-tombolnya

Cara belajar Microsoft Excel, terlebih dahulu mungkin ada baiknya kamu mencoba mereview Pengertian dan sejarah singkat dari salah satu program Pengolah data ini.

Pengertian Microsoft Excel:

Microsoft Excel adalah program spreadsheet (lembar kerja hitung) dari Microsoft Office yang banyak dikenal di kalangan pemakai komputer saat ini. Program ini banyak dipakai terutama sekali untuk mengolah data berupa angka (kuantitatif).

Didalam Excel banyak sekali fitur-fitur yang bila dimanfaatkan secara optimal akan sangat membantu dalam mengelola suatu data.

Sejarah Singkat Microsoft Excel 2010 :

Seperti yang saya jelaskan diatas, Microsoft Excel 2010 adalah bagian dari paket Microsoft Office yang diluncurkan pada akhir tahun 2006. Dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, Microsoft Excel 2010 terdapat perubahan yang signifikan. Perubahan ini tampak sekali pada user interface yang lebih memudahkan para pemakainya dalam mengoperasikannya. Selain itu, Microsoft Office 2010 diperkaya dengan fitur baru dan tampilan visual yang lebih menarik.

belajar microsoft excel

Masing-masing nomor yang saya tandai diatas itu merupakan Tahapan dasar pembelajaran Microsoft Excel, Untuk penjelasannya silahkan perhatikan keterangan dibawah ini :’

1. Tombol Microsoft Office

Merupakan tombol menu yang berisi beberapa perintah PULL DOWN yaitu : New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, Close, dan sebagainya.

2. Quick Access Toolbar

Merupakan toolbar yang berisi tombol-tombol perintah dengan cepat. Dalam toolbar ini isi tombol-tombol perintah dapat ditambah dan dikurangi menurut kebutuhan kerja kamu.

3. Formula Bar

Berupa ruang papan (pad) yang berfungsi untuk menulis isi atau formula (fungsi) atau menampilkan isi dari suatu cell.

4. Tab Ribbon

Seperti toolbar dengan beberapa group, di mana masing-masing group terdiri atas beberapa perintah yang dijalankan dengan mengeksekusi tulisan yang ada (Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan Developer) untuk menjalankan perintah tertentu.

5. Tittle Bar

Menjelaskan nama file yang sedang dibuka dan diikuti oleh nama aplikasinya. Defaultnya (sebelum file diberi nama) akan menampilkan Book diikuti dengan nama aplikasinya yaitu Microsoft Excel.

6. Group

Berisi berbagai perintah yang telah dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Perintah-perintah tersebut dieksekusi dengan mengklik gambar (ikon).

7. Cell Name Box

Sebuah kotak yang berfungsi untuk menuliskan atau menampilkan nama dari suatu cell.

8. Navigation

Tombol untuk melakukan navigasi (perpindahan) dari sheet ke sheet lainnya.

9. Tab Spreadsheet

Merupakan sederetan nama-nama sheet yang dapat dipilih. Sheet yang aktif ditandai dengan latar belakang warna putih.

10. View Mode

Merupakan pilihan untuk menentukan model tampilan sheet yang aktif.

11. Zoom Slider

Berfungsi untuk memperbesar/memperkecil sheet yang sedang aktif.

12. Cell

Berupa cell yang berbentuk kotak yang luasnya bisa dimanipulasi, berfungsi untuk memasukkan/menuliskan data.

Saya selalu berdoa, agar apa yang saya hadirkan ini bisa menjadi Referensi dari bagian pembelajaran teman-teman sekalian, tidak ada maksud menggurui ataupun Sok Pintar, Semua yang saya hadirkan ini semata-mata demi kebaikan kamu bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.