Cara Ternak Jangkrik Efektif untuk Pemula

Cara Ternak Jangkrik Efektif untuk Pemula

Cara ternak jangkrik – Jangkrik dalam bahasa latinnya Gryllus Sp yang menjadi bagian dari keluarga Gryllidae. Ada lebih dari seribu spesies jangkrik hidup di nusantara yang beriklim tropis ini. Di Negara Indonesia sedikitnya telah mengenal lebih dari 1000 spesies jangkrik. Tapi tidak semuanya tergolongkan dengan lengkap.

Kebanyakan spesies yang layak di budidayakan untuk kepentingan komersial adalah Gryllus mitratrus dan Gryllus testaclus.

Tidak hanya spesies itu saja, masih banyak spesies jangkrik ternak yang lain memiliki tujuan lain, yakni seperti jangkrik hobi dan jangkrik aduan. Makanan pokok di alam bebas hewan herbivora tersebut, ialah daun-daunan muda dan rerumputan.

Namun untuk pakan di lingkungan budidaya bisa diberi sayuran hijau yang mengandung banyak kandungan air, semacam bayam, mentimun, daun pepaya, sawi bayam, dan selada.

Pada umumnya ternak jangkrik adalah untuk di jadikan pakang burung, ikan bahkan reptil. Pasar jangkrik tergantung pada minat para pecinta burung, ikan dan reptil.

Cara ternak jangkrik sangatlah mudah dilakukan. Kamu bisa melakukanya di rumah baik berskala kecil maupun besar.

Persiapan Kandang Ternak Jangkrik

Kandang Jangkrik Tunggal
http://tutorialbudidaya.blogspot.co.id

Pertama-tama untuk mulai berternak jangkrik adalah mempersiapkan kandang untuk tempat budidaya jangkrik. Kandang jangkrik sangatlah mudah dibuat dari berbagai macam bahan, diantaranya seperti papan, triplek dan kardus.

  • Desain kandang ternak jangkrik berbentuk kotak seperti peti, terbuat baik dari papan atau triplek. Berikut ukuran dan gambaran untuk kandang ternak jangkrik kotak tunggal.
  • Papan atau triplek yang berbentuk kotak dengan tulang berbahan kayu reng atau kaso. Berukuran kurang lebih panjang 100 cm, lebar 60 cm dan tingginya 30-40 cm
  • Karena ukuran jangkrik yang baru menetas sangat kecil. Baiknya gunakan lem untuk setiap sambungan sudut-sudut petinya, agar jangkrik yang baru saja menetas tidak keluar melalui celah sambungan tersebut.
  • Gunakan Engsel pada permukaan bagian atas. Agar mudah dibuka dan ditutup.
  • Berikan lubang ventilasi pada sisi muka dan belakang yang berukuran 50 x 7 cm, posisinya 10 cm dari atas. Tutuplah ventilasi menggunakan kasa kawat berukuran halus. Gunanya agar jangkrik kecil tidak bisa keluar.
  • Berikan Pegangan pada sisi pinggir kanan kirinya. Fungsinya ialah untuk memudahkan untuk mengankat, memindah dan menggeser peti.
  • 10 cm dari atas di sekeliling bagian dalamnya berikan isolasi plastik. Agar jangkrik tidak dapat merayap ke atas.
  • Buatlah kaki-kaki di setiap keempat sudutnya berukuran 10 cm, yang mana keempat kaki tersebut akan diletakan mangkuk yang berisi air. Berfungsi agar mencegah hama dan semut untuk masuk kedalam kandang.

Untuk menghemat tempat, kandang jangkrik bisa dibuat tersusun keatas, seperti misalnya tiga susun untuk menghemat tempat dan efisiensi budidaya.

Alangkah baiknya kandang jangkrik di rawat dalam ruangan gelap, agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, ternak jangkrik juga butuh ketenangan. Jadi pilihlah ruangan yang memiliki angin cukup, ruangan gelap, serta jauh dari pergerakan manusia.

Persiapan Bibit Jangkrik

Telur Jangkrik
http://jualtelurjangkrikkualitassuper.blogspot.co.id/

Seperti yang telah di jelaskan diatas, bibit ternak jangkrik ialah jenis G. Miratus dan G. Testaclus. Bibit tersebut bisa didapatkan di toko pakan yang menyediakan pakan hidup.

Pada dasarnya jenis jangkrik lainya juga bisa untuk menjadi budidaya ternak, namun selain jenis diatas agak sulit atau bahkan lambat dalam proses Pertumbuhan perkembangbiakanya.

Jangkrik yang terdapat dari tangkapan alam lebih bagus untuk bibit dan indukan ternak jangkrik. Mungkin agak sulit untuk mendapat bibit hasil tangkapan alam, namun paling tidaknya bibit jangkrik jantan harus dari tangkapan alam, karena bibit jantan hasil yang terdapat dari alam lebih agresif.

Ciri Calon Indukan Jangkrik :

Ciri calon jangkrik betina
ombiofarm.wordpress.com
  • Anggota badan masih utuh dan berwarna mengkilap, memiliki antena yang panjang, dan dapat melompat jauh dan gesit.
  • Jangkrik yang tidak layak menjadi indukan ialah yang mengeluarkan cairan dari mulut atau duburnya.
  • Indukan jantan yang mengeluarkan suara derik yang keras dan permukaan sayapnya atau punggungnya seperti bergelombang dan kasar.
  • Terdapat ovipositor pada bagian ekor induk betina, ekornya terdapat tiga bagian tengah ialah ovipositor yang berukuran besar.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara membedakan antara jangkrik betina dan jantan, cara membedakan antara jangkrik jantan dan betina sangatlah mudah ialah cukup dengan melihat ekornya.

Jangkrik jantan memiliki dua helai ekor saja, namun jangkrik betina memiliki 3 helai ekor. Ekor yang berada di bagian tengah tersebut adalah yang disebut ovipositor.

Cara Ternak Jangkrik

cara ternak jangkrik
http://www.jitunews.com

Perlu diperhatikan, bahwa kondisi kandang ternak jangkrik harus dalam keadaan tetap lembab dan jauh akan gangguan binatang pengganggu. Karena Indonesia memiliki dua jenis musim, yakni musim hujan dan kemarau. Alangkah baiknya untuk memperhatikan kelembapan kandang ternak jangkrik.

Pada musim kemarau akan mengurangi kelembaban kandang ternak tersebut. Untuk menjaga kelembabannya bisa dilakukan pengontrolan dengan memberikan penyemprotan atau menutupinya dengan karung goni yang basah.

Cara Mengawinkan Jangkrik

jangkrik-menikah
http://erakini.com

Penting, Untuk mengawinkan jangkrik harus memisahkan antara tempat mengawinkan jangkrik dan tempat untuk pembesaran anakan. Untuk mengawinkan buatlah kandang semirip mungkin dengan habitat asli alam jangkrik.

Ialah dengan mengolesi tanah liat pada dinding kandang, serta berikan semen putih dan daun-daunan kering, sejenis daun pisang, daun jati bahkan serutan kayu juga bagus untuk membuat mirip habitat aslinya. Untuk mengawinkan jangkrik dalam satu kandang masukan indukan betina dan jantan dengan perbandingan 10:2.

Jangkrik yang akan dikawinkan harus berasal dai spesies yang sama. Apabila Indukan Betina dan jantan dari berbeda spesies, maka perkawinan tersebut tidak akan terjadi.

Siapkanlah tanah atau bak pasir untuk tempat selama masa perkawinan jangkrik jantan akan terus menerus mengeluarkan suara derik. Jangkrik betina yang sudah dibuahi akan bertelur biasanya diletakan dalam tanah atau pasir.

Pakan yang baik saja tidak cukup, namun juga diperlukan makanan yang tepat dalam masa perkawinan. Seperti Kangkung, kubis, sawi, daun pepaya, kubis dan jenis-jenis sayuran hijau lain.

Jangan lupa untuk membuang pakan yang tersisa setiap harinya, karena jika tidak di buang sisa-sisa tersebut akan membusuk dan tidak baik bagi perkawinan jangkrik.

Untuk mendapatkan hasil telur yang banyak dan berkualitas, di beberapa peternak biasanya menggunakan ramuan khusus, seperti tepung ikan, bekaturl, kuning telur bebek yang telah di rebus dan dihaluskan.

Namun penggunaan vitamin belum teruji secara ilmiah. Hanya saja hasil dari pengalaman-pengalaman peternak.

Menetaskan Telur

menetaskan telur
paterjangsumut.wordpress.com

Setelah perkawinan 7-10 hari telur jangkrik akan menetas. Pisahkan telur tersebut paling lama 5 hari setelah betina bertelur, namun masih belum menetas. Hal tersebut untuk menghindari agar induk tidak memakan telurnya sendiri.

Telur yang berwarna bening akan berubah menjadi keruh setelah dibuahi. Setelah 4-6 hari telur akan menetas, lalu pindahkan ke dalam kandang penetasan dan sekaligus untuk pembesaran anakan.

Pada masa ini, kontrol kelembaban kandang harus tetap diperhatikan dengan penyemportan air dan menutupnya dengan karug goni basah.

Pemberian Pakan

pakan jangkrik
http://www.lokerpns.web.id

Pemberian pakan adalah langkah awal pada telur yang baru menetas. Jangkrik yang baru menetas sekitar umur 1-10 hari diberikan sejenis voor untuk pakan ayam, yang terbuat dari beras merah, kedelai, dan jagung kering yang dihaluskan.

Setelah berumur lebih dari 10 hari, mengganti pakan anakan jangkrik yang tadinya voor menjadi sayur-sayuran dan jagung muda. Dilanjutkan kedepannya bisa ditambahkan pakan singkong, mentimun dan ubi.

Pemeliharaan Kandang

Perawatan kandang
http://www.caraternakjangkrik.com

Menjaga kandang tetap bersih dan higienis sangatlah penting agar terhindar dari gangguan hama. Selain itu juga perlu memperhatikan kandang tetap lembab dan gelap.

Tidak hanya itu, makan juga harus cukup dan tetap tersedia, karena jika makanan tidak ada, jangkrik akan mengkanibal, saling memangsa satu sama lainnya.

Satu lagi, mungkin suatu yang sepele, namun juga penting, yaitu mengecek air pada mangkuk pada kaki-kaki kandang. Ditambah atau diganti bila cairan memungkinkan hama lainnya untuk masuk kekandang melalui kaki-kaki kandang.

Cara Panen

Cara-Memanen-Jangkrik
http://www.jualtelurjangkrik.com

Ada dua hasil panen yang bisa di jual, yakni telur dan jangkrik dewasa. Harga telur jangkrik lebih mahal dibanding harga jangkriknya, karena telur biasanya di jual kepada para peternak jangkrik untuk budidaya.

Waktu panen jangkrik biasanya bisa dipanen setelah kurang lebih mencapai umur 30 hari, di hitung sejak telur menetas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.