10 Manfaat dan Keutaman Shalat Tahajud

10 Manfaat dan Keutaman Shalat Tahajud

Setiap muslim pasti ingin selalu beribadah lebih baik lagi dalam beramal shaleh di jalan allah, begitu banyak amalan yang diajarkan rasulullah SAW, diantaranya seperti berpuasa, sedekah, dan masih banyak lainya baik yang wajib maupun yang sunah maka diantara mereka ingin selalu mengerjakan dengan sempurna demi mendapatkan ganjaran dan ridho dari Allah SWT.

Dari beberapa ibadah sunah yang diajarkan oleh rasul salah satunya ialah shalat malam yakni shalat tahajud yang banyak umat muslim lakukan di seluruh dunia. Sholat Tahajud merupakan shalat sunnah yang di kerjakan setelah bangun tidur pada malam hari. Shalat tahajud paling sedikitnya dilakukan dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas, hukum shalat tahajud sendiri ialah sunnah mu’akad yang merupakan sunnah yang dikuatkan dengan syara’. Pada umumnya kaum muslimin melakukanya di kala tengah malam ketika terbangun dari tidur.

Pahala yang diberikan Allah kepada hambanya doa yang terkabul dan tidak hanya itu masih banyak manfaat yang terdapat dari shalat tahajud bagi kesehatan jasmani dan rohani kita, selain itu manfaat lainya akan mendapatkan ketenangan dan kedamaian jiwa setelah melakukan shalat tahajud. Shalat tahajud yang di lakukan pada 1/3 (sepertiga) malam ini dimana para malaikat turun ke bumi dan mendoakan serta mencatat dengan mudah. berikut 10 manfaat Shalat tahajud beserta keutamaanya :

1. Pencegahan dan Penghapus Dosa

Shalat Tahajud Menghapus Dosa
abumuhammadblog.wordpress.com

Rasulullah SAW bersabda sholat tahajud adalah ibadah yang dilakukan oleh orang-orang shaleh. Ibadah ini dapat mendekatkan seseorang kepada Sang Pencipta, jalan menghapuskan dosa serta mencegah muslimin untuk berbuat dosa. Shalat sunnah tahajud tidak hanya memberikan manfaat kesehatan dan ketenangan jiwa seperti yang dijelaskan diatas, shalat sunah ini mendekatkan diri kita kepada Allah SWT karena yang mampu shalat ini hanya orang-orang shaleh dan orang-orang yang ingin benar-benar meminta pertolongan Allah dan kembali ke jalanya yang lurus rahmatan lil alamin. Shalat tahajud juga adalah sebagai penghapus dosa-dosa baik dosa kecil maupun besar dengan keyakinan yang besar percaya kepada allah akan kuasanya.

2. Pancaran Sinar di Wajah

Keutamaan Shalat Tahajud
blog.shopious.com

Tidak perlu membuang banyak uang untuk perawatan wajah apalagi sampai merogoh kocek ratusan juta hanya untuk sebuah perawatan wajah saja. Hanya dengan melakukan shalat tahajud terus menerus maka wajah kita akan bersinar. mengapa wajah kita bisa bersinar ? inilah sebagai tanda bahwa ketakwaaannya tersebut kepada Allah SWT. Hal tersebut bisa menjadi sebuah motivasi untuk orang-orang disekitar lingkunganya untuk terus tetap istiqomah melaksanakan shalat tahajud karena pada dasarnya shalat tahajud memperteguh keimanan serta menjaga tetap pada jalan Allah SWT.

3. Melancarkan Aliran Darah dalam Tubuh

Manfaat Shalat Tahajud
teknologi.news.viva.co.id

Rata-rata setiap muslim Sholat tahajud pada umumnya dilakukan pada pukul 03.00 WIB. Bangun pada pukul tersebut untuk melakukan beribadah shalat tahajud kepada Allah swt. Shalat Tahajud ini tidak hanya memohon ampun dan munajat, namun juga mendapatkan udara sejuk dan segar bagi semua bagian tubuh. Pada saat itu udara sangat segar ketika di hirup oleh paru-paru lalu semua organ tubuh menggerakan otot-otot yang mengalirkan udara sehingga membuat tubuh menjadi segar ketika di hirup oleh paru-paru secara lancar. Hanya orang-orang yang bangun melaksanakan sholat tahajud saja yang merasakan nikmatnya udara sejuk di pagi hari, karena oksigen akan menghilang ketika matahari terbit dan kembali pada keesokan berikutnya.

4. Membesarkan rongga pada paru-paru

Shalat Tahajud sepertiga malam
pixabay.com

Gerakan-gerakan pada shalat memberikan efek yang positif dan baik untuk kesehatan kita, karena gerakan-gerakan takbiratul ihram yang lalu di ikuti dengan bersedekap yakni membuka rongga paru-paru lebih besar dan lebar. Maka dengan demikian gerakan-gerakan tersebut mempengaruhi aliran udara menjadi lancar menuju paru-paru. Mengapa kita setelah melakukan olahraga salah satu aliran nafas kita terasa lebih baik yang di karenakan gerakan-gerakan oleh tubuh dan otot-otot kita. Maka sama halnya dengan yang kita lakukan pada gerakan sholat.

5. Jaminan Masuk Surga

Shalat Tahajud Masuk surga
cintasunnah.com

Rasulullah SAW bersabda barang siapa yang melaksanakan shalat tahajud, maka padanya di jaminkan surga. Seperti yang di riwayatkan dalam salah satu hadits sebagaimana Nabi Muhammad SAW Bersabda :

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, salat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamatโ€. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

6. Pikiran jadi lebih Tenang dan Segar

Shalat Tahajud fikiran tenang
pixabay

Ketika bangun tidur fiikiran kita belum merasakan dan memikirkan apapun jadi berasa lebih tenang dan jernih. Jantung kita dalam sehari bekerja dalam 100.000 kali dan nafas sebanyak 20.000 kali. Tentu organ-organ tubuh kita sangat membutuhkan istirahat yang cukup dan tidur adalah istirahat terbaik untuk tubuh. Maka dengan beristirahatnya seluruh organ tubuh dari setiap tugas sehari-harinya akan membantu organ tubuh untuk mengembalikan keadaan sel yang kurang rusak dan terganggu untuk menambah kekuatan otak bekerja kembali dengan baik. Dengan demikian mengapa shalat tahajud bisa membuat pikiran jauh lebih tenang d7. an segar dan membuat kita lebih khusyu’ melakukan gerakan sholat serta memaknai doa-doa dalam ayat-ayat al-quran.

7. Keringanan nasab di akhirat.

Shalat Tahajud mendapat keringanan
pixabay

Siapa yang tidak ingin mendapatkan keringanan dari Allah SWT ? pasti setiap muslim ingin mendapatkanya ibarat sebuah hadiah yang diberikan kepada Allah kepada hambanya yang taat dan shalih, Karena setiap orang tidak ada yang sempurna dan tidak berdosa, bahkan nabi juga memiliki dosa. Maka dari itu Allah memberikan keringan bagi siapapun hambanya yang mau melakukan shalat tahajud bisa menjadi jalan untuk mendapatkan keringanan ketika di nasab di akhirat nanti serta akan memberikan keutamaan tersebut kepada umat muslim yang benar-benar meminta dan memohon ampun lalu berdoa di setiap sepertiga malamnya.

8. Mendapatkan cinta dari Allah

cinta kepada allah
gambarmania.com

Bicara tentang cinta, kita semua akan sangat merindukan sesuatu yang kita cintai ingin segera bertemu dan berkomunikasi, bercerita, berkeluh kesah kepadanya. Sama halnya seperti shalat tahajud kita ingin berkeluh kesah menceritakan masalah-masalah kita kepada sang pencipta dengan rasa cintanya kita kepada Allah SWT. Seperti yang telah disabdakan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW, bahwa orang yang selalu melaksanakan shalat tahajud akan memperoleh cinta dari Allah SWT. Sebagaimana Beliau bersabda pada Abu Dardaโ€™ r.a. tentang keutamaan shalat tahajud ini. Mereka yang memilih bangun di tengah malam dan meninggalkan kenyamanan tidur, niscaya akan mendapat cinta dari Allah SWT. Kaum mukmin tersebut memutuskan meninggalkan syahwat mereka dan bersujud di hadapan sajadah. Segala pengampunan doa diberikan Allah kepada orang-orang tersebut

9. Meningkatkan sistem imun kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh
tokoherbalacemaxs.com

Seperti yang dijelaskan pada No. 4 shalat tahajud memberikan kesehatan yakni memperlancar saluran pernafasan, maka sangat berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh kita. Menurut Penemuan Para Ilmuwan para penderita kanker akan merasakan manfaat, yakni menghilangkan rasa nyeri pada bagian-bagian tubuh. Tidak hanya itu shalat tahajud juga memberikan respon positif yang baik dan efektif dalam anastesi pra bedah. Dengan demikian shalat tahajud sangat baik dilaksanakan bagi para penderita penyakit ringan bahkan berat karena akan sangat banyak manfaat dan nikmat yang didapatkan dalam setiap gerakannya.

10. Sholat yang terbaik setelah shalat Fardhu 5 Waktu

Shalat Tahajud sepertiga malam
yusufmansur.com

Shalat fardhu 5 waktu merupakan shalat yang wajib kita laksanakan 5 kali setiap hari sebagai pengingat umat musllim akan tuhannya yang telah memberikan semua kenikmatan yang telah di berikan selama hidup di dunia, baik dalam keadaan suka maupun duka harus tetap ingat dan bersyukur. Mengapa shalat tahajud menjadi shalat terbaik setelah shalat fardhu 5 waktu ? Shalat pada tengah malam memberikan kita kesempatan untuk beribadah lebih khusyu’ dan waktu yang sangat tepat untuk berkeluh kesah dan memohon ampunan kepada sang pencipta agar mendapat keridhoaanya serta mengucap syukur dengan apa yang telah diberikan kepada kita.

Demikian manfaat Shalat malam atau yang kita ketahui sebaagai shalat tahajud. semoga kita selalu bisa selalu tetap istiqomah di jalan yang telah di rahmati oleh Allah dan terus bisa menjadi hamba yang selalu bersyukur mendapatkan nikmat yang telah diberikan.

5 Tips Menjalani Pacaran Beda Agama

5 Tips Menjalani Pacaran Beda Agama

Pacaran beda agama memang tidak bisa di hindari, karena cinta dan kasih sayang itu rahasia tuhan, kita tidak tahu siapa jodoh kita kelak nantinya. Pacar beda agama bukan menjadi batu sandungan bagi sepasang kekasih yang beda iman, bahkan bukan menjadi batasan untuk memberi kasih sayang.

Walaupun berbeda agama kamu tetap bisa berbagi kasih sayang terhadap pasangan dengan beberapa cara berikut di jamin kamu akan saling menghargai dan toleransi dan menjadikan hubungan lebih langgeng dan romantis dalam keterbatasan iman kalian.

1. Memotivasi dia untuk beribadah terus berikan semangat serta support dan yakinkan bahwa kamu memang menghormati dan menghargai keyakinannya.

Pacaran Beda Agama
pixabay.com

Kamu harus bisa jadi Alarm pengingat jika sudah waktunya ibadah, pasangan kita akan merasa sangat di hargai jika kita mengingatkanya ibadah. Jika kamu muslim dan pasangan kamu kristen, kamu coba bangun pagi lalu menghubunginya walau hanya sekedar mengingatkan dia untuk beribadah di gereja atau mungkin sebaliknya, jika kamu kristen dan pacar kamu muslim cobalah untuk ikut berpuasa di bulan ramadhan, walaupun kamu tidak ikut berpuasa setidaknya kamu menghargainya untuk tidak makan dan minum di waktu pacar sedang berpuasa.

2. Mengucapkan Selamat Hari Raya meskipun kamu tidak merayakanya, Jika tidak bisa mengucapkanya setidaknya kamu ikut membantu dan menghargai kegiatan di Hari Rayanya

pacar beda agama
anangsk.wordpress.com

Karena hari raya adalah hari kebahagiaan tentu akan sangat bangga apabila orang yang kita sayang mengucapkan selamat apalagi ucapan tersebut dari seorang pacar, kita akan amat sangat merasa di hargai, tapi jika agama kamu melarang untuk mengucapkan selamat hari raya kepada orang yang beda iman, tapi setidaknya kamu ikut berpartisipasi baik membantu dan mensupportnya itu sudah lebih dari cukup untuk sebuah ucapan selamat, karena rasa sayang juga tidak harus diucapkan tapi dengan tindakan positif kita, maka orang yang kita bantu juga bisa mengerti dan saling menghargainya.

3. Walaupun Pacar kita Beda Agama, Jangan pernah Memaksa pacar untuk pindah dan mengikuti agama kita

Berbeda agama
gmthiar.wordpress.com

Agama adalah sebuah keyakinan kuat yang kita percaya sejak kita lahir dan tumbuh dari keluarga serta lingkungan. Justru semakin kita menghargai keyakinananya, pacar pasti semakin tertarik akan agama kita. Jika pacar bertanya dan ingin mengetahui tentang agama kita ceritakan saja dan beritahu seperti apa agama kita tanpa memaksanya untuk berpindah agama.

4. Mendoakan adalah cara terbaik untuk kebaikan dan kebahagiaan hubungan, walaupun Pacar beda agama kewajiban kita untuk mendoakan dengan cara kita sendiri.

Tips Pacaran Beda Agama
countingwayward.wordpress.com

Berbeda keyakinan jangan jadikan alasan untuk tidak mendoakan, walaupun kalian memohon dan meminta kepada berbeda tuhan tapi yakinlah doa adalah cara terbaik untuk membahagiakan hubungan dengannya. Percayalah Tuhan tidak pernah tidur dan selalu mendengarkan hamba-hambanya bersungguh dan memohon kebaikan kepadanya.

5. Pacaran Beda Agama harus tetap mendukung setiap kegiatan-kegiatan organisasi sosial dan Agama di sekolah, kampus, dan tempat ibadahnya.

pacara berbeda agama
www.communicateschool.co.uk

Selalu dukung pacar untuk konsisten mengikuti kegiatan-kegiatan positif tersebut karena kalian hidup tidak hanya berdua saja dengan pasangan saja, manusia itu mahluk sosial yang saling membutuhkan, mungkin suatu saat hubungan kalian membutuhkan bantuan dan pertolongan orang lain ini akan sangat membantu.

Pacaran Beda Agama hal yang mudah jika kita saling mengerti dan menghargai satu sama lain, bahkan mengajakarkan kita lebih bertoleransi agarlebih menghargai terhadap agama lain dalam bermasyarakat di lingkungan sekitar kita.

Semoga Tips berikut dapat membantu dan bermanfaat buat teman-teman semua yang sedang menjalani hubungan pacaran beda agama dan tetap saling menghargai umat beragama lainya.

Rizki Allah itu Banyak Banget Tidak Terduga

Rizki Allah itu Banyak Banget Tidak Terduga

Memang benar orang bilang rejeki sudah ada yang atur, tinggal deketin aja yang ngaturnya ๐Ÿ™‚ . Kali ini saya mau curhat lagi biasa cobaan hidup yang gak bakal selesai sampai waktunya ajal pulang.

Sekitar awal bulan Desember tahun 2013 saya membeli sebuah Sepeda Motor teman yang kebetulan lagi butuh uang, karena harganya murah ya sekalian bantu temen juga memang saya dari dulu sudah mengidamkan punya kendaraan untuk wara-wiri sekitaran jakarta.

Transaksi terjadi dengan segala kesepakatan setelah saya mengecek semua keadaan motor baik dari ujung mesin sampai ke body. Hampir tiap hari kemana-kemana pakai motor, kegiatan sehari-hari lebih mudah.

Singkat cerita kurang dari satu bulan atau kira-kira tiga minggu seingat saya, motor kesayangan itu raib entah kemana, ya Allah cobaan apa ini? saya benar-benar sedih, ibaratnya baru jadian sama pacar baru tiga minggu di putusin kan nyesek…hehe.

Begini kronologis ceritanya tanggal 24 Desember 2013 pagi saya sedang kurang enak badan, alhasil seharian motor tidak saya bawa kemana-mana yang biasanya beli makan siang naik motor rasanya malas. Sekitar pukul 20.00 WIB ada salah seorang teman saya mengajak beli Handphone Second COD (Cash On Delivery) di daerah Jakarta Selatan dengan motor teman saya tetapi awalnyaย  pakai motor saya karena memang perasaan sudah tidak enak kepikiran motor, tapi saya cuek dan berfikir positif saja.

Sepulang dari membeli handphone saya berasa kangen banget seharian gak ketemu sama motor, langsung saja cek keparkiran ternyata motor sudah tidak ada sontak saya langsung panik tapi mencoba menarik nafas dalam-dalam sambil istighfar dengan harapan tidak terjadi apa-apa lalu saya menanyakan ke orang-orang terdekat mereka juga panik dan tidak percaya lanjut saja langsung kita mencari bersama-sama ternyata tidak ditemukan juga, mungkin ini yang dinamakan cobaan sedang di latih keikhlasan.

Keesokan harinya saya kantor polisi untuk melapor kejadian tersebut dengan harapan bisa ditemukan dengan segera, namun hari demi hari belum juga ada kabar. Setiap hari terasa ada yang hilang dari bagian hidup saya, biasanya pagi-pagi bersih-bersih motor walau cuma ngelap-ngelap biar keliatan kinclong ๐Ÿ˜€ . Alhamdulillah satu bulan kemudian ibu saya minta di antar ke dealer terdekat, tanpa pembicaraan sebelumnya dengan saya, ibu bilang “ibu mengajak ke dealer mau beliin kamu motor buat ganti motor kamu yang hilang”. Terima kasih ya Allah saya sudah di lahirkan dari rahim seorang malaikat yang kau turunkan dari langit untuk ku, tapi mamah bilang beli motornya yang bisa buat mamah pake juga kalo ke pasar ๐Ÿ˜› . its oke mom.

Motor Trial
gilamotor.com

Sudah delapan bulan kasus ini berlalu dan saya juga sudah bisa melupakan ikhlas ridho mungkin bukan rejeki lagian juga sudah di ganti sama mamah kok. Pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB saya ke parkiran ternyata motor yang hilang itu ada di depan parkir syukron katsiron ya allah, isi hati tidak tau rasanyaย  senang, bahagia, terharu, sedih dan campur aduk jadi satu. Saya langsung bawa kabar baik itu ke orang rumah dan mereka turut bahagia motor telah kembali.

Siang hari saya ke kantor polisi dengan membawa semua dokumen yang bersangkutan untuk memberikan laporanย  untuk tutup kasus bahwa motor saya sudah ditemukan karena pada saat membuat laporan kehilangan STNK (Surat Tanda Nomor kendaraan) saya di tahan sebagai bukti kehilangan. Setelah introgasi selesai STNK saya tidak bisa di keluarkan dengan alasan dokumen sudah masuk ke jaksa dan susah untuk mengurus itu dan beliau bilang nanti di hubungi lagi jika STNK sudah di kantor polisi.

Satu minggu kemudian saya dapat surat panggilan dari kantor polisi, alhamdulillah dengan penuh harapan semoga ini adalah kabar baik, sesampainya di kantor polisi saya beliau membicarakan sistem mengurus berkas antara polisi dengan jaksa itu susah bin ribet, lama kelamaan ujung-ujungnya minta duit Rp. 500.00 (lima ratus ribu rupiah) katanya buat pelicin karena beliau punya link dengan orang jaksa yang bisa cincai. Ini gimana katanya pelayan masyarakat kok malah begini meras rakyat, karena saya sudah capek dan gak mau pusing lagi akhirnya saya kasih uang tersebut insya allah ikhlas itung-itung saya sedekah. Alhamdulillah STNK sudah ditangan motor juga sudah bisa saya pakai kemana-kemana seperti dulu jadi nostalgia ๐Ÿ˜€ .

Satu catatan penting buat teman-teman semua jika motor anda hilang baiknya tidak perlu melapor ke polisi toh mereka juga tidak mengurus kasusnya, sebenarnya saya juga paham beliau bilang berkas jaksa segala macem cuma akal-akalan saja, wong waktu saya kasih duitnya STNK sudah ada kok di lacinya tapi saya tetap bersyukur kepada Allah telah memberi saya cobaan ini membuat saya lebih dewasa dalam menghadapi masalah.

TERUSLAH BEKERJA JANGAN BERHARAP PADA NEGARA !!!

Subhanallah! Pahala Mengajak Istri Belanja dan Jalan-jalan Lebih Baik Daripada Iโ€™Tikaf di Masjid Nabawi Sebulan

Subhanallah! Pahala Mengajak Istri Belanja dan Jalan-jalan Lebih Baik Daripada Iโ€™Tikaf di Masjid Nabawi Sebulan

โ€œAyah, yuk kita belanja, kebutuhan rumah sepertinya udah mulai habis nihโ€

“Pah kayanya seru ke daerah pegunungan, pengen deh refreshing menghirup udara segar, yuk jalan-jalan”

โ€œAbi, bentar lagi masa liburan loh, yuk ajak anak-anak liburan ke kebun binatang,โ€

Diantara kita pasti pernah diajak untuk menemani teman untuk sebuah urusan, baik itu pergi belanja sesuatu ke luar kota, ke seminar atau menemani hobinya.

Apabila kegiatan tersebut diatas kita lakukan dengan ikhlas, maka ketahuilah bahwa pahalanya lebih besar dari itikaf sebulan di Masjid Nabawi.

Nah, apalagi jika kita pergi menemani istri dan anak-anak kita, mereka lebih berhak diantara teman dan kaum muslimin lainnya.

Berikut sabda Nabi Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam,

ู„ุฃู† ุฃู…ุดูŠ ู…ุน ุฃุฎ ููŠ ุญุงุฌุฉ ุฃุญุจ ุฅู„ูŠ ู…ู† ุฃู† ุฃุนุชูƒู ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ู…ุณุฌุฏ

Sungguh aku berjalan bersama seorang saudara (sesama muslim) di dalam sebuah keperluan itu lebih aku cintai daripada aku beriktikaf di dalam masjid ku (Masjid An-Nabawi) ini selama sebulan.โ€

(Hadits Riwayat Ath-Thabrani dan dishahihkan Al-Albani dalam Silsilah Al-hadits Ash-Shahihah, no. 906.)

Berkata Syaikh Muhammad bin shalih Al-Ustaimin rahimahullah,

ู‚ุถุงุก ุญูˆุงุฆุฌ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ุฃู‡ู… ู…ู† ุงู„ุงุนุชูƒุงูุŒ ู„ุฃู† ู†ูุนู‡ุง ู…ุชุนุฏูุŒ ูˆุงู„ู†ูุน ุงู„ู…ุชุนุฏูŠ ุฃูุถู„ ู…ู† ุงู„ู†ูุน ุงู„ู‚ุงุตุฑุŒ ุฅู„ุง ุฅุฐุง ูƒุงู† ุงู„ู†ูุน ุงู„ู‚ุงุตุฑ ู…ู† ู…ู‡ู…ุงุช ุงู„ุฅุณู„ุงู… ูˆูˆุงุฌุจุงุชู‡

โ€œMenunaikan kebutuhan kaum muslimin itu lebih utama dibanding beriktikaf, karena manfaatnya lebih menyebar, manfaat ini lebih utama dibanding manfaat yang terbatas (bagi dirinya sendiri). Terkecuali manfaat yang terbatas tersebut adalah perkara penting dan wajib dalam Islam (misalnya shalat wajib atau lainnya).โ€

Pahala Menemani Istri Jalan-jalan dan Belanja

pasutri mall

Sudah jelas bukan penjelasan dalil-dalil diatas? Apalagi hal tersebut diterapkan kepada istri dan anak-anak kita, karena merekalah yang paling berhak didahulukan diantara kaum muslim yang lainnya.

Hadits diatas memang tidak secara khusus pahala tentang istri, namun istri dan keluarga kita juga adalah saudara sesama muslim juga.

Jika kita dengan ikhlas menemani istri dan anak-anak jalan-jalan dan berbelanja sama juga halnya membahagiakan mereka dan pastinya akan mendapatkan pahala yang sama seperti beritikaf di masjid nabawai selama satu bulan.

Oleh karena itu para suami jika istri mengajak berbelanja atau jalan-jalan harus siap siaga melayani dan menuruti keinginannya. Bahkan lebih baik jika sang suami terlebih dahulu pengertian yang mengajak maka akan lebih banyak pahala yg di dapatkan.

Jangan malah jadi terbalik, kebanyakan pada umumnya yang terjadi dimasyarakat umum apabila suami diajak keluar dengan temanya lebih bersemangat ketimbang diajak istri dan anaknya.

Bahkan istri dan anaknya jarang diperhatikan kebahagiaanya, padahal istri dan anaklah yang lebih berhak mendapatkan kebahagiaan tersebut.

Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

ุฃูŽูƒู’ู…ูŽู„ู ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู’ู†ูŽ ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ู‹ุง ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูู‡ูู…ู’ ุฎูู„ูู‚ู‹ุง ูˆูŽุฎููŠูŽุงุฑููƒูู…ู’ ุฎููŠูŽุงุฑููƒูู…ู’ ู„ูู†ูุณูŽุงุฆูู‡ูู…ู’ ุฎูู„ูู‚ู‹ุง

โ€œOrang yang imannya paling sempurna diantara kaum mukminin ialah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian ialah yang terbaik akhlaknya terhadap para istrinyaโ€

(Hadits Riwayat At-Thirmidzi dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam As-Shahihah no 284)

Catatan Penting:

Untuk para suami, baiknya selalu berusaha meluangkan waktu (Quality Time) untuk mengajak istri dan anak untuk jalan-jalan dan berbelanja, paling minimalnya menyempatkan waktu untuk bercanda dan mendengarkan keluh kesah mereka.

Untuk para Istri, semoga dapat memahami suami yang terkadang sibuk dengan pekerjaanya. Karena suami bekerja juga untuk memenuhi kebutuhan kehidupan keluarga.

Jika tulisan ini bermanfaat, bantu share dan tandai kepada suami. Semoga menjadi berkah dan menambah keharmonisan berumah tangga. Terimakasih

Penjelasan Tentang Hukum Berdiri Pada Saat Mahallul Qiyam

Penjelasan Tentang Hukum Berdiri Pada Saat Mahallul Qiyam

Mahalul Qiyam โ€“ Apakah hukum berdiri pada saat membaca shalawat atau Maulid Nabi, yakni pada saat mahallul qiyam?

ูŠูŽุง ู†ูŽุจููŠ ุณูŽู„ูŽุงู…ู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู’ู„ู’ ุณูŽู„ูŽุงู…ู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ

Wahai Nabi salam kepadamu, Wahai Rasul salam kepadamu.

Berdiri pada saat memperingati Maulud Nabi SAW adalah โ€œurus syarโ€™i yang mana hukumnya adalah sunnah, sehingga pelaksanannya tidak berbeda-beda di semua tempat.

Misalkan berdiri pada saat membaca Maulud Nabi Muhammad SAW hukumnya membolehkan karena yang melakukan hal tersebut hanya sebagai bentuk rasa hormat terhadap Beliau Rasulullah SAW.

Tidak banyak ulama yang menerangkan tentang hukum tersebut, walaupun tidak ditemukan satupun yang mengatakan mahallul qiyam itu haram.

www.beritaislami.org

Berdiri untuk menghormati sesuatu sesungguhnya telah menjadi sebuah tradisi kita. Bahkan untuk menghormati benda mati juga berdiri.

Contohnya, pada upacara bendera setiap hari senin dan 17 Agustus serta di waktu-waktu tertentu ketika sangsaka merah putih dinaikkan lalu kemudian diiringi dengan kumandang lagu kebangsaan Indonesia Raya maka seluruh pesertanya diwajibkan untuk berdiri.

Hal tersebut bertujuan untuk menghormati bendera merah putih dan secara tidak langsung juga menghormat jasa para pejuang yang telah memerdekakan Indonesia.

Demikian juga dengan berdirinya ketika membaca sholawat, hal tersebut merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada Nabiย  Muhammad SAW sebagai hamba Allah yang paling mulia. Rasulullah SAW bersabda.

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุณูŽุนููŠู’ุฏู ุงู„ู’ุฎูุฐู’ุฑููŠู‘ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู„ูู„ู’ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑู: ู‚ููˆู’ู…ููˆู’ุง ุฅู„ูŽู‰ ุณูŽูŠู‘ูุฏููƒูู…ู’ ุฃูˆู’ ุฎูŽูŠู’ุฑููƒูู…ู’. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…

Dari Abi Said Al-Khudri, beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda kepda para sahabat Ansor, “Berdirilah kalian untuk tuan kalian atau orang yang paling baik di antara kalian.โ€ (HR Muslim).

Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki menyatakan bahwa Imam Al-Barzanji di dalam kitab Maulid-nya yang berbentuk prosa menyatakan, โ€Sebagian para imam hadits yang mulia itu menganggap baik (istihsan) berdiri ketika disebutkan sejarah Nabi Muhammad SAW. Betapa beruntungnya orang yang mengagungkan Nabi dan menjadikan hal itu sebagai puncak tujuan hidupnya. (Al-Bayan wat Taโ€™rif fi Dzikral Maulid an-Nabawi, hal 29-30).

berdiri mahallul qiyam
gloobest.blogspot.com

Ketika membaca doa tahiyat akhir disetiap shalat, kita selalu mengucapkan:

ุงูŽู„ุณู‘ูŽู„ูŽุงู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู

โ€œassalamualika ayyuhan nabiyโ€, salam kepada Engkau wahai Nabi

Perhatikan benar-benar redaksinya, pada saat menyebut Nabi dalam shalat kita diharuskan menggunakan kata ganti ูƒูŽย  atau kata ganti orang kedua atau dlamir mukhatab yang memiliki arti kamu atau anda.

Hal tersebut menyatakan bahwa, kita tidak menyebut Nabi dengan sebutan engkau. Sehingga pada saat berdoa seakan-akan Nabi Muhammad SAW hadir dihadapan kita.

Dari keterangan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT pada tahiyat akhir tidak akan diterima tanpa menyebut Nama Muhammad SAW, tanpa menghadirkan beliau.

Oleh karena itu disetiap doa, setelah mengucapkan โ€Alhamdulillahโ€ segala puji bagi Allah, lalu kemudian diteruskan dengan membaca berbagai macam sholawat, barulah setelah lanjut pada inti dari doa kita yang akan dipanjatkan.

Makna pada saat berdoa menyembah Allah harus ada Mahluk Allah SWT yang paling mulia bernama Muhammad SAW. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan Rasulullah SAW pada saat kita memanjatkan doa kehadirat Allah SWT.

Begitu pentingnya kehadiran Nabi Muhammad SAW dalam setiap doa. Ambil contoh lagi pada tradisi warga pesantren pada saat mengadakan aqiqah atau acara syukuran untuk bayi yang baru dilahirkan.

Keluarga bayi yang menyelenggarakan aqiqah tidak akan mengeluarkan bayi sebelum pada momen mahalllul qiyam, pada saat-saat kita berdiri membaca:

ูŠูŽุง ู†ูŽุจููŠ ุณูŽู„ูŽุงู…ู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู’ู„ู’ ุณูŽู„ูŽุงู…ู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ

Perhatikan pada kalimat yang dibaca โ€Wahai Nabi salam kepadamu, Wahai Rasul salam kepadamuโ€ seakan Nabi Muhammad hadir pada saat itu, hal tersebut adalah urgensi dari ajaran tawashul kepada Nabi atau memanjatkan doa dengan perantara Rasulullah SAW.

Video Mahallul Qiyam Oleh Habib Syech bin Abdul Qadir Assyegaf:

Demikianlah penjelasan tentang berdiri pada saat mahallul qiyam yang telah diajarkan oleh para ulama pendahulu kita.