11+ Contoh Daftar Riwayat Hidup Desain Menarik dan Kreatif

11+ Contoh Daftar Riwayat Hidup Desain Menarik dan Kreatif

Curriculum Vitae (CV) atau yang sering di kenal daftar riwayat hidup,  adalah sebuah dokumen yang berisi gambaran tentang pengalaman seseorang. Riwayat hidup ini biasa di gunakan untuk melamar pekerjaan dan keperluan instansi lainnya.

Curriculum vitae sering kali menjadi acuan utama untuk menentukan sementara posisi kerja berdasarkan keahlian dari pengalaman calon karyawan.

Meskipun sebuah riwayat hidup berisi catatan pribadi yang sangat singkat, namun memegang peranan penting diterima atau tidaknya si pelamar kerja.

Sebuah daftar riwayat hidup seseorang yang ditulis sebagai informasi kepribadian tentang pengalaman kerja, disertai dengan lampiran arsip pendukung seperti sertifikat magang atau paklaring dari perusahaan tempat ia kerja. Hal ini penting sebagai langkah awal membuat lamaran kerja.

Seperti yang pernah kita kenal bahwa surat adalah alat komunikasi tertulis dalam secarik kertas dengan bertujuan menyampaikan secara jelas maksud atau pesan yang akan di sampaikan kepada perusahaan.

Surat memiliki macam jenis, yaitu surat dinas, niaga, resmi, pribadi, dan surat lamaran pekerjaan. Meskipun berbeda jenis, tujuan membuat surat tetaplah sama.

Tujuan Sistematika penulisan surat juga tidak jauh berbeda dengan menulis surat seperti bagian kepala, badan/isi dan penutup.

Dalam kesempatan kali ini akan kita bahas tentang surat daftar riwayat hidup. Surat daftar riwayat hidup dikenal juga dengan CV (curriculum vitae). Namun, sebelum kita membahas lebih jauh, hal itu ada baiknya kita mengetahui tentang surat lamaran pekerjaan.

Karena surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor atau perusahaan, maupun instansi lainnya.

Daftar riwayat hidup juga termasuk dalam surat resmi seperti makalah, proposal, surat lamaran kerja.  Dan yang harus dicantumkan dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Bagian-bagian seperti berikut:

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Nomor surat
  3. Lampiran
  4. Hal atau perihal
  5. Alamat tujuan
  6. Salam pembuka
  7. Isi surat (paragraph pembuka, isi, paragraph penutup)
  8. Salam penutup
  9. Tanda tangan dan nama terang.

Bagian itulah yang sama dengan penulisan surat resmi. Dalam menulis surat lamaran pekerjaan juga disertai dengan surat daftar riwayat hidup.

Contoh CV Surat Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)

Definisi dan Contoh CV atau Curriculum Vitae
pixabay.com

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

CURICULLUM VITAE

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama                          : Burhanudin

Umur                           : 22 tahun

Alamat                         : Jalan Cigadung Raya Barat No. 2. Kecamatan Cibeunying Kaler Bandung

Universitas                  : Unisba

Telp. / Hp                    : 085292398777

Agama                        : Islam

Pendidikan                 : SMK Muhamadyah

Pengalaman Kerja

  • Karyawan Restaurant Huang Ting Jakarta
  • Karyawan PT. Yuju Indonesia-Cikarang
  • Karyawan PT Prima Resik Bandung
  • Karyawan PT Hayadenso Bekasi.
  • Karyawan CV. Wijaya Motor Indramayu
  • Karyawan RM Ampera Jakarta

Keahlian :

  • Menguasai misocrof office, Teknisi, Memasak
  • Dapat bekerja dengan dan tanpa tekanan.
  • Menguasi bahasa inggris

Demikianlah daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggung jawabkan. Semoga dapat di pertimbangkan oleh Bapak/ Ibu pimpinan. Terima kasih.

 

Hormat Kami

 

(Burhanudin)

[/su_note]

Demikian contoh CV daftar riwayat hidup beserta yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat bagi kalian. Terimakasih.

Ada 5 trik untuk membuat CV menarik dan lengkap yang perlu di perhatikan :

  1. Konsentrasi pada hal penting seperti pada penulisan, bahasa, tujuan dan penutup. Perlu kalian ketahui bahwa pengusaha biasanya tidak ada waktu untuk membaca CV lamaran kerja lebih dari satu menit.
  2. Jangan membuat daftar surat riwayat hidup hingga mencapai lebih dari 2 halaman A4. Karena sangat tidak mungkin untuk seorang pengusaha membaca lebih dari satu halaman. Jika pengalaman kerja terbatas, Bisa anda jelaskan pendidikan atau  pelatihan yang menyoroti kegiatan dan penempatan di saat kalian bekerja.
  3. Jelas dan Ringkas
    Gunakan kalimat pendek yang relevan dari pelatihan dan pengalaman kerja, Hindari kalimat klise, atau baku. Berikan contoh spesifik pada poin prestasi anda di perusahaan sebelumnya.
  4. Beradaptasi sesuai dengan perusahaan yang dilamar. Tonjolkan keahlian anda sesuai dengan kebutuhan majikan. Perhatikan presentasi CV dengan menunjukan keterampilan dan kompetensi dengan jelas. Berikan informasi yang paling relevan dan logis.
  5. Periksa CV sekali lagi. Setelah mengisi seluruh data-data pribadi anda, perhatikan lagi tiap-tiap ejaan. Pastikan tata letak yang jelas dan benar. Jika memungkinkan upayakan agar orang lain turut membaca ulang daftar riwayat hidup anda sehingga tidak ada yang tertinggal atau kesalahan dalam penulisan seperti nama perusahaan, alamat, tanggal, bulan dan tahun. Agar bisa meyakinkan anda untuk menyajikan lamaran dengan konten yang jelas dan mudah dimengerti. Usahakan memasang foto 4×6  anda di bagian atas CV.

Selain itu, perlu diperhatikan juga mengenai format untuk membuat CV lamaran kerja anda, agar menjadi sebuah lamaran kerja yang simpel dan menarik.

Sehingga anda bisa meniliki kesempatan atau peluang besar yang memungkinkan anda bisa bergabung di perusahaan tempat anda melamar.

Berikut cara-cara yang harus diperhatikan saat membuat CV:

  • Usahakan membuatnya serapi mungkin. Ketik menggunakan komputer maksimal satu halaman A4. Pilih jenis huruf formal, seperti Times New Roman dengan ukuran font 11 atau 12 dan jarak spasi 1 atau 1,5.
  • Cantumkan informasi yang penting saja, cukup berhubungan dengan bidang pekerjaan yang ingin dilamar. Pilihlah keahlian dan pengalaman yang menunjang posisi yang dilamar atau sesuai kebutuhan perusahaan.
  • Hampir sama seperti iklan tertulis, CV juga harus mampu menjual, menawarkan diri Anda dengan bentuk lamaran pekerjaan. Anda juga harus dapat meyakinkan pihak perusahaan agar bisa memberikan kesempatan untuk menerima Anda.

Dengan menawarkan diri anda ke beberapa perusahaan, anda harus menunjukan kemampuan yang di butuhkan perusahaan. Karena bahwasanya semua keterampilan dan

Keahlian yang anda miliki bisa menguntungkan pihak perusahaan. Dan mereka tahu bahwa andalah orang yang mereka cari dan butuhkan untuk mengisi lowongan tersebut.

Selanjutnya kita harus banyak tanya sebelum di kasih pertanyaan, yang pada intinya menanyakan tenaga ahli seperti apa, bagaimana dll.

Disitu anda bisa langsung menawarkan dengan menyajikan lamaran sesuai keahlian dan kemampuan anda. Dan bisa kamu tunjukkan kepada mereka bahwa Anda-lah orang yang mereka cari.

Jika perusahaan menginginkan karyawan yang mempunyai kemampuan komunikasi yang baik atau memiliki keahlian dalam otomotif bahasa inggris yang bagus, bisa kalian tunjukan kepada mereka melalui surat lamaran dan CV Anda.

Pada saat membuat CV, cobalah kamu beranggapan bahwa anda bagian dari perusahaan tempat anda melamar. Yang pastinya anda berada di pihak perusahaan yang akan merekrut tenaga kerja baru yang ahli di bidangnya.

Pikirkan hal-hal apa saja yang menarik dan diinginkan perusahaan dan calon karyawan. Akan tetapi kita harus apa adanya menjadi diri sendiri.

Sekarang ini banyak diantara kita yang masih bingung untuk membuat sebuah curriculum vitae, khususnya untuk mahasiswa yang baru saja lulus, setiap kita ingin melamar pekerjaan, pasti dibutuhkan curriculum vitae.

Tapi bagaimana sih membuat curriculum vitae kita berbeda dari yang lain, tentunya itu menjadi nilai tambah untuk kita, dilihat dari perjalanan karir kita yang berbeda semsa duduk di bangku sd, smp, sma, kuliah.

Pasti setiap orang memiliki rekam jejak yang berbeda, kita lihat lagi dari bentuk curriculum vitae yang mereka punya, apakah sudah menarik di lihat?. Kami disini ingin memperkenalkan aplikasi membuat curriculum vitae lebih kreatif dan inofatif.

Baca Juga: 

Definisi dan Contoh CV atau Curriculum Vitae

Definisi dan Contoh CV atau Curriculum Vitae 12
pixabay.com

Advertisement Berbicara mengenai Curriculum Vitae adalah daftar riwayat hidup yang berisi ringkasan perjalanan pendidikan serta aktivitas professional  seseorang yang memiliki keahlian di bidangnya.

Akan tetapi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan jenis isi data pribadi seseorang pengertian atau definisi yakni uraian tentang segala sesuatu yang telah dialami (dijalankan) seseorang.

Fungsi Curriculum Vitae (CV)

FUNGSI CV
pixabay.com

Banyak fungsi dari CV ini misalnya yang paling sering digunakan adalah untuk melamar sebuah pekerjaan di beberapa perusahaan atau perkantoran. Dan juga untuk pengajuan pendidikan gratis jika kita termasuk siswa-siswi yang berprestasi.

Adapun pengertian lain dari Curriculum Vitae (CV) ialah sebagai surat kabar yang berbentuk opini dan cerpen atau dalam bentuk buku ke penerbit. Dan banyak juga, ketika kita menulis skripsi atau tesis, biasanya akan di lampirkan pula CV dari seorang penulisnya.

Informasi Ideal CV

INFORMASI CV
pixabay.com

Sebuah CV atau Curriculum Vitae standarnya memiliki pengetahuan yang memuat informasi seperti data pribadi dari penulis sebagai bahan pertimbangan bagi pimpinan perusahaan atau tempat anda melamar.

Berikut Contoh-contoh Aplikasi Membuat Curriculum Vitae Kreatif dan Inofatif.

CONTOH CV
pixabay.com

Resume atau yang lebih di kenal dengan sebutan CV , ialah merupakan elemen penting yang menentukan perkembangan karier dari banyak orang.

Lewat data CV, kamu bisa mengemas semua pengalamanmu (atau mungkin juga karya yang pernah kalian hasilkan) melalui lamaran kerjamu yang terlihat meyakinkan.

Dan jika kamu sedang berada dalam proses mencari kerja, maka lewat daftar berikut ini, kami telah memilihkan beberapa contoh CV (curriculum vitae), yang menarik dan dapat kamu gunakan untuk membuat resume kerjamu terlihat begitu meyakinkan.

Dengan beberapa contoh CV (curriculum vitae) ini, kami harap bisa membantu kalian semua dengan keberadaan beberapa contoh atau rekomendasi dari artikel ini. Dan semoga bisa bermanfaat bagi perkembangan karirmu di masa depan.

Canva | Screenshot

canva.com
canva.com

Visual CV mungkin bukanlah layanan website pembuat CV yang di utamakan pada desain atraktif dan tidak sebanyak seperti yang ditawarkan Canva.

Kustomisasi halaman yang begitu mendetail, kustomisasi sendiri ialah membolehkan penggunan untuk mengubah bagaimana halaman-halaman yang akan ditampilkan.

Walaupun ada juga berbagai beberapa pengaturan fungsional yang dapat membantu para penyunting seperti akan menyunting artikel.

Memiliki tatanan teks profesional berbahasa Inggris yang bisa kamu ubah sesuai pengalaman kerja kamu dan sesuai keahlian di bidangnya.

Di samping memberimu keleluasaan dalam membuat desain pada  konten ini, kamu juga bisa meminta feedback hasil resume dengan mengirimkannya melalui email kepada teman-temanmu.

Jika kamu ingin mencari  template yang lain. kamu bisa berlangganan layanan premium Visual CV dengan biaya tertentu dalam per bulan atau beberapa tahun yang di tentukan.

Kickresume | Screenshot

kick resume
kickresume.com

Kickresume adalah platform desain online yang tidak hanya memberimu kemudahan dalam menyusun resume saja, tetapi kick resume ini juga salah satu aplikasi untuk membuat Curriculum Vitae yang memiliki design layout unik dan  beraneka ragam.

Dalam aplikasi kick resume ini kita dapat menggunaknnya dengan free tanpa harus berbayar dan tanpa membuat akun di kick resume kita dapat menggunkannya. Untuk pemula kick resume ini cocok, karena memiliki fitur dan tools yang mudah di pahami.

Novoresume | Screenshot

novoresume.com
novoresume.com

Novoresume merupakan platform dari sebuah desain CV yang gratis dan membantumu menyusun resume yang lengkap.

Dengan asistensi dari fitur optimizer untuk merevisi kekurangan biodata yang di sertai fitur tips profesional cukup berguna bagi sebagian besar pengguna, terutama pemula untuk yang pemula. Di beberapa titik anda mengetahui informasi apa saja yang  terbaik dalam bagian tersebut.

Novoresume sendiri juga memiliki pengaturan kolom yang fleksibel dengan canva. Dan sering kali dianggap krusial oleh penilaian HRD perkantoran sewaktu akan melamar pekerjaan.

Kamu bebas mengatur layout dari lembar resume yang dibuat sesuai keinginan kalian dengan memilih template jenis profesional yang menarik. Kamu dapat menyimpan hasil CV buatan kamu ke dalam format PDF atau format lainnya.

Dari semua penjelasan di atas sudah sangat lengkap tentang cara-cara membuat daftar riwayat hidup yang di sertai pula dengan aplikasi pembuat daftar riwayat hidup atau CV, agar lebih mudah dan bisa mengedit sesuai keinginan kalian.

Fungsi dari CV ini biasa di gunakan sebagai data diri yang di kemas dalam bentuk daftar riwayat hidup untuk keperluan melamar kerja dan surat-surat resmi lainnya seperti di perkantoran, pemerintahan atau instansi lainnya.

Namun dari semua fungsi CV ini, ada satu surat resmi yang di anggap tidak resmi atau syarat penyerahan CV ini di anggap kurang tepat.

Ini terjadi saat pemilihan Gubernur DIY yang di anggap mengganggunya menurut pendapat dari seorang ahli yang mendukung penghapusan syarat penyerahan daftar riwayat hidup.

Berikut penjelasan dari ahli yang menyatakan mendukung untuk penghapusan syarat penyerahan daftar riwayat hidup ini ialah seorang pakar hukum.

Yang menyatakan syarat menyerahkan daftar riwayat hidup dalam pemilihan gubernur DIY dinilai tidak tepat, membingungkan, dan menimbulkan diskriminasi apalagi kususnya posisi perempuan.

Guru Besar ini menilai dalam batas penalaran yang wajar, ketentuan tersebut tidak hanya berpotensi diskriminasi, tetapi juga melanggar prinsip negara hukum.

Ini ditegaskan dalam putusan MK No. 008 Tahun 2004 menyatakan, “Negara hukum sebagaimana ditegaskan dalam Pasal 1 ayat (3) UUD Tahun 1945.

Dengan sendirinya melarang diskriminasi berdasarkan atas perbedaan agama, suku, ras, etnik, status sosial, status ekonomi, kelompok, golongan, jenis kelamin, bahasa, dan keyakinan politik.”

Karena itu, dia menegaskan kini saatnya melakukan koreksi dan mengembalikan persyaratan tersebut dengan semangat yang jauh lebih netral.

“Mengembalikan semangat politik hukum bahwa penentuan calon gubernur, wakil gubernur di DIY menjadi urusan internal di lingkungan Keraton dan Kadipaten Paku Alaman.”

Fungsi Daftar Riwayat Hidup

FUNGSI
pixabay.com

Mungkin masih banyak yang bingung dan bertanya-tanya, apa kegunaan dari daftar riwayat hidup? atau apa sih fungsi dari daftar riwayat hidup atau CV ini?

Daftar Riwayat hidup digunakan untuk menyertai surat keterangan mengenai data diri seperti contoh untuk masuk sekolah atau mengikuti kegiatan tertentu.

Dan juga daftar riwayat hidup sangat diperlukan kelak bila kalian mencari pekerjaan atau mengirim ke pemerintahan atau instansi lainnya.

Trik Dan Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Menarik

CV
www.thebalance.com

Berikut ini adalah contoh yang berbeda dengan daftar riwayat hidup lainnya, ada sedikit tips untuk membuat  daftar riwayat hidup yang menarik dan unik serta jelas :

  1. Buatlah dengan jelas, supaya mudah dibaca dan dipahami.
  2. Jujur dalam membuatnya, jangan memanipulasi CV Riwayat Hidup.
  3. Jangan menceritakan pekerjaanmu dulu kurang nyaman atau sistem manajemen yang kurang baik.
  4. Tulislah training yang pernah anda ikuti, cukup tulis dengan bidang pekerjaan yang anda lamar.
  5. Pada penulisan data pribadi harus lebih ringkas dan yang penting saja, seperti : nama, tempat tanggal lahir, agama, jenis kelamin, alamat, status (single atau sudah menikah), email, nomor handphone, dsb.
  6. Dalam mencatat pendidikan seharusnya di tulis lengkap mulai dari pendidikan di PT (Perguruan Tinggi), SLTA, SLTP, SD, sebutkan nama instansinya dan tahun kelulusannya. Apabila pernah mengikuti pendidikan nonformal disamping pendidikan formalnya, maka menulisnya pendidikan formal dahulu, kemudian diikuti pendidikan nonformal lainnya.
  7. Tulis riwayat pekerjaan secara lengkap, misal pernah bekerja di perusahaan mana, sebutkan dan menjabat sebagai apa, serta lama bekerja dari tahun berapa sampai tahun berapa dan menguasai di bidang apa.
  8. Lampirkan Pas foto 4×6 di samping atas sebelah kanan.

Kesalahan-kesalahan Dalam CV

KESALAHAN
pixabay.com

Harus cermat dalam menulis CV, karena nanti akan di pertimbangkan hasilnya mulai dari penulisan, pengalaman kerja dll.

Adapun contoh berikut ini supaya CV bisa diterima dengan baik oleh pihak HRD atau Manajemen di perusahaan yang kamu inginkan.

Subjek Pada Email Tidak Tepat

EMAIL
pixabay.com

HRD tidak suka membuang waktunya lebih lama, apalagi untuk membaca berkas lamaran kerja. Hal ini menjadikan seorang HRD menjadi kurang teliti.

Pada umumnya masih banyak orang yang kurang teliti dalam penulisan subjek di emailnya bahkan ada yang tidak mengisinya.

Ini merupakan suatu kesalahan yang fatal. HRD tidak akan membuka lamaran kerjamu, jika memang seperti. Apabila ingin melamar lewat email, tujuan dan isi harus jelas.

Tips: Rumusnya ketika mengirim cv lamaran kerja ialah Sebutkan lamaran pekerjaan dan posisi yang kamu inginkan.

Gunakan Email dengan Nama Sendiri

EMAIL
pixabay.com

Sangat di sayangkan ketika kita sudah menyusun rapih berkas CV dari lamaran tersebut, masih ada banyak orang yang melamar kerja memakai alamat email yang tidak jelas alias alay.

Perlu kamu tahu HRD tidak akan merasa nyaman ketika mengetahui hal tersebut dan bisa membuat anda tidak dapat panggilan ,Cuma karena emailnya tidak jelas.

Tips: Pakailah email dengan nama asli kamu. Boleh diutak atik, dibalik nama, atau pun disingkat. Jangan alay alias norak seperti @yeniieciintakkmoe. Alay!

Ukuran File Jangan Terlalu Besar

file
pixabay.com

Ketika kamu akan mengirim cv atau daftar riwayat hidup, usahakan agar ukuran berkasnya tidak terlalu besar atau sesuaikan dengan permintaan dari suatu perusahaan, kantor atau instansi lainnya.

Tips: Mengubah filenya menjadi file PDF di susun menjadi satu file dalam format rar atau zip, dengan menjadikan filenya rar atau zip, ukurannya akan lebih kecil.

Nama Attachment Sesuai Dengan File

file sesuia
pixabay.com

Coba kamu perhatikan nama berkas-berkas lamaran pekerjaanmu. Perlu pengecekan ulang sebelum anda mengirim berkas lamaran kerja anda. Dan harus memakai nama file-nya dengan nama sendiri.

Biasanya HRD tidak ada waktu untuk mengunduh file tersebut. Maka dari itu kita harus bisa bikin dia tertarik dengan memperbaiki kekurangan dan memberi nama yang sesuai.

Tips: Kamu cukup menulis di dalam nama file dan nama attachment, contohnya: CV_Diana, Ijazah_Diana, dan lainnya.

Tidak Mencantumkan Tanggal dan Surat

tanggaldan surat
pixabay.com

Pada umumnya orang menyepelekan identitas seperti tempat yang di tuju, nama perusahaan serta tanggal dan tahun pembuatan lamaran tersebut.

Dengan menyepelekan hal tersebut yang akhirnya lupa di cantumkan. Sering sekali membuat HRD semakin malas untuk membacanya.

Tips: Untuk membuat surat lamaran baiknya kamu mengetiknya langsung di email. Ini menunjukkan keseriuasan kamu. Jadi bagian Manajer atau HRD tidak akan mengganggap bahwa lamaran kerjamu tidak copy-paste dari lamaran lainnya.

Ukuran Font Harus Pas

font
pixabay.com

Semakin sederhana CV dan lengkap semakin bagus. Namun apabila CV-mu terlalu singkat dan ringkas, HRD akan menganggap anda tidak serius dalam menulis atau mencari pekerjaan.

Maka dari itu buatlah dengan memakai jenis dan juga ukuran huruf yang resmi atau formal pada umumnya.

Tips: Pakai font dengan jenis  yang umum dan resmi dengan ukurannya 12 dan halamannya 2 halaman saja sudah cukup dan usahakan tidak lebih dari 2 halaman.

Usahakan CV Hanya 1 Halaman

HALAMAN
pixabay.com

Membuat CV harus singkat jelas dan rapih. Karena berkas lamaran  kerja yang paling ideal satu halaman. Apabila lebih dari dua halaman, HRD akan malas membaca karena tidak punya banyak waktu yang ia luangkan.

Tetapi apabila kamu memiliki beberapa hal yang penting  seperti pengalaman-pengalaman yang perlu untuk di ketahui oleh HRD, boleh saja asal tetapi usahakan sepentingya saja.

Tips: Coba kamu periksa kembali dari berkas lamaran kamu, apa saja pengalaman yang paling menarik hati HRD. Buat maksimal dua halaman saja, dan tidak perlu menulis pengalaman lainnya yang sekiranya tidak penting.

CV yang Terlalu Colorful

WARNA
pixabay.com

Jangan pernah membuat CV dengan huruf warna-warni. Kamu tidak sedang mengikuti pelajaran kesenian! Menjadikan huruf pada CV penuh dengan warna tidak akan menjadikan HRD tertarik bahkan membuatnya pusing karena banyak warna.

Tips: Pilih warna huruf hitam dan jangan memasukan warna-warna yang mencolok.

Typo Dalam Penulisan CV

HRD
pixabay.com

HRD akan tertarik ketika melihat CV kamu dengan penulisan yang rapih dan tidak ada kesalahan dalam pengetikan atau typo. 

Kamu akan dinilai tidak memiliki kompetensi dalam menulis, harus memastikan bahwa CV yang kamu buat tidak ada kesalahan dalam hurufnya dan di sesuaikan menurut EYD.

Kesalahan pada penulisan bisa menjadi sebuah indikasi bahwasannya kamu terburu-buru ketika menulis atau terkesan tidak serius dalam menulis lamaran dan di anggap seorang yang ceroboh atau kurang teliti.

Gunakan Foto yang Bagus

FOTO
pixabay.com

Usahakan membuat pas foto lamaran kerja menggunakan kamera HP ala kadarnya. Jika kamu melakukan pengeditan pada foto itu, bagian HRD tidak akan melirik pada berkas kamu.

HRD membutuhkan pas foto anda yang jelas. Karena pas foto tersebut bisa menunjukkan keseriusan kamu dalam mencari kerja. Pakai foto yang dari studio supaya hasilnya memuaskan dan jelas.

Deskripsikan Keahlianmu Dengan Jelas

KEAHLIAN
pixabay.com

HRD memiliki penilaiannya masing-masing. Biasanya akan HRD malas bahkan tidak tertarik sama sekali dengan cara menulis.

Sang pelamar mendeskripsikan keahliannya terlalu berlebihan seperti pengalaman di perusahaan sebelumnya tetapi tidak semestinya di cantumkan semua dengan cara yang berlebihan.

Contoh:

  • Excel: Saya bisa menjalankan program Ms. Excel dan tau dasar-dasarnya.
  • Corel: Meskipun tidak terlalu ahli, tapi saya bisa sedikit mendesain.

Cantumkanlah Kenalan Orang Penting atau Rekomendasinya

PATNER
pixabay.com

Jika anda pernah bekerja di perusahaan ternama, itu tidak berarti anda akan dengan mudah bisa masuk ke perusahaan yang kamu lamar.

Maka di sarankan untuk rendah hati apabila di tanya soal pengalaman kerja dimana, berapa tahun dan apa prestasinya. Dan semua itu tidak menjamin apabila anda tidak mempunyai  kenalan atau koneksi yang bagus di suatu perusahaan tersebut.

Tips: Jika kamu mempunyai referensi dari orang dalam atau orang yang berpengaruh pada perusahaan tersebut, maka cantumkanlah kontaknya, supaya dia nantinya bisa memberikan rekomendasi kamu ke perusahaan yang hendak kamu lamar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.