20+ Contoh dan Cara Penulisan Daftar Pustaka Sesuai EYD

20+ Contoh dan Cara Penulisan Daftar Pustaka Sesuai EYD

Contoh Daftar Pustaka – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh daftar Pustaka beserta pengertian, fungsi dan di sertai contoh penulisannya yang baik dan benar.

Pastinya daftar pustaka terdapat di setiap buku, yang biasanya berada di bagian belakang buku tersebut. Selain buku, daftar pustaka juga ada di semua jenis karya tulis, seperti  makalah, skripsi, artikel, dan lainnya.

Untuk cara penulisan daftar pustaka sendiri, ada beberapa hal yang harus anda cermati dan pahami saat menulis daftar pustaka, dari mulai susunan tulisan, langkah penulisan nama dan lain sebagainya. berikut penjelasan dibawah ini :

  1. Sistematis penulisan dalam daftar pustaka mesti dengan di awali nama penulis, tahun terbit, Judul, Kota penerbit serta yang paling akhir adalah nama penerbit.
  2. Setelah selesai penulisan nama, tahun judul serta penerbit mengakhiri dengan menggunakan titik (.) setelah sesudah nama kota penerbit di sudahi dengan titik dua (:).
  3. Apabila penulis meempunyai 2 suku kata atau lebih dari nama tersebut. Maka dalam penulisan harus di balik dari ujung ke depan, dengan prasyarat pada kata pertama serta ke-2 diberi sinyal koma (,). Contoh : nama pengarang adalah Akbar Hatma jadi di daftar pustaka ditulis : Hatma, Akbar.
  4. Jika nama penulis terbagi dalam 3 suku kata atau lebih seperti Akbar Aji Hatma. Penempatan namanya dari akhir diletakkan di depan dengan memberinya koma (,). Contoh : Hatma, Akbar Aji.
  5. seandainya terdapat ada 2 orang pengarang, maka hanya nama pengarang yang pertama yang di balik, pada nama pengarang yang pertama serta ke-2 diberi kata ‘dan’.
  6. Harus tersusun rapih sesuai dengan abjad dan sesuai aturan penulisan daftar pustaka pada umumnuya.
  7. Untuk penulisan nama, titel keagamaan, titel akademis tidak tercantum. Contoh : Akbar Hatma SEI., MH, cukup ditulis : Hatma, Akbar.
  8. Cara penulisan daftar pustaka dibedakan setiap sumbernya, contoh dari internet, buku, jurnal atau yang lainnya.

Pengertian Daftar Pustaka

pengertian daftar pustaka
hidupsimpel.com

Daftar merupakan hasil dari susunan yang di tulis di bagian akhir dengan isinya mulai dari nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, beserta tahun terbit yang mana di jadikan rujukan atau sumber dari seorang penulis karya tulis tersebut.

Maksud karya tulis diantaranya adalah karya tulis ilmiah seperti buku, makalah, skripsi, artikel dan masih banyak lainnya.

Daftar pustaka merupakan sebuah bentuk referensi dari  seorang penulis dalam karyanya yang di susun menjadi daftar pustaka. Daftar pustaka dapat kita temukan dimakalah, skripsi,tesis dan skripsi.

Daftar pustaka menjadi acuan pembaca untuk melihat daftar dari judul tersebut . Sehingga pembaca bisa lenih mudah untuk mencari halaman dari judul karya tulis tersebut.

Semua sumber di dapatkan dengan mudah. Dan hubungannya dekat  dengan karya ilmiah yang pada umunya. Pada suatu karya ilmiah, daftar pustaka diletakkan setelah isi karangan selesai, kemudian ditulis di dalam suatu halaman khusus dan tersendiri.

Istilah Daftar Pustaka menurut pengertian ahli bahasa ialah bersifat  sinonim yang di susun pada daftar pustaka tersebut. Dalam bahasa Indonesia, arti daftar adalah catatan sejumlah nama atau hal yang disusun berderet dari atas ke bawah, pustaka berarti kitab atau buku.

Maka dari itu para ahli bahasa menarik kesimpulan bahwa pengertian daftar pustaka adalah catatan daftar dari susunan judul buku, nama pengarang, penerbit, dan sebagainya yang disusun menurut abjad dan ditempatkan pada bagian akhir suatu karya tulis atau buku.

Akan tetapi seorang ahli berpendapat bahwa daftar pustaka ialah sebuah kumpulan dari suatu judul yang di susun menjadi daftar pustaka. Sehingga pembaca bisa mengkaji dari susunan tersebut lebih lengkap dan jelas. Dalam sebuah karya tulis terdapat sebuah daftar pustaka di bagian halaman depan.

Dalam pengertian The Australian Handbook (1996: 76), disebutkan bahwa susunan daftar pustaka (bibliografi) bisa di pisahkan dengan karya yang dikutip langsung (references) dengan daftar bacaan lanjutan (suggested further reading) dengan memberinya sub-sub atau bab khusus.

Dengan begitu, pengertian bibliografi memiliki arti tersendiri yaitu sebagai daftar yang memuat lengkap sumber bacaan maupun dari berbagai sumber referensi yang bersifat langsung.

Fungsi Daftar Pustaka

daftar pustaka
http://menulis-makalah.blogspot.co.id

Membuktikan kejujuran penulis kalau isi tulisan yang ada dalam karya ilmiah tersebut bukanlah hasil dari buah pemikirannya sendiri, akan tetapi ada separuh mengambil dari referensi yang lain atau dari berbagai sumber.

Sebagai tanda penghargaan serta pengakuan untuk sang penulis yang menghasilkan karya ilmiahnya dalam pemikirannya berupa tulisan diambil untuk sumber referensi bagi yang membutuhkan.

Bisa lebih mudah bagi pembaca dalam mengkaji karya tulis tersebut. Yaitu dengan mengulas buku-buku atau sumber referensi yang telah dibuat dan untuk memenuhi kelaziman penulisan karya tulisan yang di bentuk menjadi Daftar Pustaka.

Namun masih ada juga dengan teknik manual yang tidak mengikat pada suatu penulisan Daftar Pustaka, karena karya tulis yang dipakai memiliki banyak jenisnya, maka penulis harus memakai trik untuk membuat kerangka atau susunan daftar pustaka yang baik dan benar.

Berikut contoh dan cara susunan awal pada daftar pustaka tersebut ialah.

  1. Disusun sesuai dengan urutan abjad mulai dari awal sampai akhir.
  2. Formatnya tidak pakai urutan huruf maupun angka.
  3. Jarak penyusunan masing-masing sumber satu dengan sumber lain, lazimnya memakai jarak dan spasi yang sudah di tentukan sebagai.

Unsur Daftar Pustaka

daftar pustaka
pixabay.com

Di dalam daftar pustaka mempunyai beberapa unsur di dalamnya, agar bisa mengetahui apa saja unsur yang ada di dalam daftar pustaka mari kita lanjutkan pembahasan yang ada di dalam artikel ini.

  1. Nama penulis atau pun pengarang
  2. Judul buku serta judul artikelnya
  3. Data publikasi buku yang meliputi tahun terbit, penerbit, tempat diterbitkan dan juga edisinya jika ada

Tujuan Penulisan Daftar Pustaka

daftar pustaka
mseptianp.wordpress.com

Karakteristik khas suatu Karya Tulisan.

Memudahkan pembaca dalam mencari halaman atau bagian-bagian yang akan di cari. rujukan maupun Sumber Ilmu Pengetahuan yang berelasi.

  • Tahu akan tempat penerbit atau kota.
  • Menumbuhkan sikap dan keyakinan Pembaca.
  • Memberi informasi kepada Pembaca untuk pendalaman dari suatu karya tulis tersebut.
  • Daftar pustaka di buat agar pembaca mengetahui referensi atau sumber-sumber yang di ambil untuk membuat sebuah tulisan.
    Sehingga pembaca bisa meneruskan pengecekan judul buku atau karya tulis yang akan di kajiannya.
  • Daftar pustaka juga berfungsi sebagai  wujud dari apresiasi atau penghargaan terhadap penulis. Sumber-sember lain juga turut menyumbang peranan dalam penulisan karya tulis tersebut.
  • Dan masih banyak juga fungsi dari daftar pustaka tersebut ialah menjaga profesionalitas kita.
  • gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip.
  • Tentunya semua sumber itu di kutip dari kamus, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan masih banyak lagi lainnya.
    fungsi kutipan itu sendiri adalah sebagai penegas isi dari uraian.

Cara Menulis Daftar Pustaka

daftar pustaka
http://mahfudzirfan.blogspot.co.id

Berikut contoh atau cara dalam penulisan daftar pustaka tersebut ialah :

  • Nama penulis
  • Tahun Terbit
  • Judul Buku / Karya
  • Tempat Terbit
  • Nama Penerbit

Penulisan suatu daftar pustaka tidak bisa dikerjakan secara sembarangan, akan tetapi harus berdasarkan aturan yang sudah diterapkan. Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka yang benar ialah:

1. Jika nama pengarang yang mempunyai dua kata atau lebih, Maka cara penulisaanya dengan di balikan dari belakang menjadi nama paling depan. Adapun tata cara penulisannya yaitu dengan memberinya tanda koma (,).

Seperti contoh penulis bukunya adalah Harfi Sudarja, maka akan di tulis Sudarja, Harfi.

Catatan :

Apabila dalam penulisan tersebut ada dua orang, maka nama pengarang harus di ketik paling awal. Kemudian antara nama pengarang pertama dan yang kedua dituliskan kata ‘dan’.

Jika penulisnya ada tiga orang atau malahan lebih, berarti yang dituliskan cuma nama pengarang yang pertama (Tetapi tetap dibalik kalau namanya dua elemen atau lebih) dibarengi dengan kata ‘dkk’ (dan kawan-kawan).Contohnya suatu buku ditulis oleh 4orang, yaitu Badru, Ikbal, Doni dan Farhan. Maka pada penulisannya adalah  : Badru, Ikbal dkk.

2. Pada penulisan daftar pustaka tidak perlu mencantumkan gelar akademis, gelar kebangsawanan maupun gelar keagamaan. Misalnya Deni Wahyudi, S. Pd hanya ditulis: Wahyudi, Deni.

3. Dari pemasangan nama tersebut bisa kita tulis dengan arah samping kiri yakni: nama penulis (dibalik, dan diakhiri tanda titik),di tulis dengan tanpa Tahun dan diakhiri tanda titik), nama kota tempat terbit (diakhiri titik dua), dan terakhir nama penerbit (diakhiri titik).

Misalnya satu buah buku yang judulnya Manunggaling Kawula Gusti yang dikarang oleh K.H. Muhammad Sholikhin dan di terbitkan oleh PT Sarana Panca Karya Nusa, Bandung, di tahun 2011, maka pada daftar pustaka dicantumkan:

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Sholikhin, Muhammad. 2011. Manunggaling Kawula Gusti. Bandung: PT Sarana Panca Karya Nusa.

[/su_note]

4. Judul Karya Tulisan Ilmiah ditulis miring atau italic.

5. Format susunan Penulisan Daftar Pustaka berurutan mulai dari A sampai Z sesuai dengan huruf-huruf awal dari Nama pengarang buku tersebut.

Baca Juga: 

Teknik Penulisan Daftar Pustaka

penulisan daftar pustaka
www.slideserve.com

Untuk teknik penulisannya ialah dengan memperhatikan contoh-contoh sebagai berikut.

Susunan dari daftar pustaka sendiri menggunakan alfabet, yang mulai dari dari atas sampai  ke bawah. Dan tidak di haruskan memakai angka arab seperti (1,2,3, dan seterusnya).

Cara penulisan daftar pustaka ialah sebagai berikut:

  • Mencantumkan nama dari penulis di bagian belakang, Selanjutnya nama depan depan.
  • Tulislah tahun terbit buku. Setelah tahun terbit diberi tanda titik (.)
  • Selanjutnya menulis judul dari buku tersebut dan dicetak miring atau di garis bawahi dan diberi tanda titik seperti pada umumnya membuat daftar pustaka.
  • Tulislah kota terbit dan nama penerbitnya. Setelah itu diberi tanda titik dua (:). Setelah nama penerbit diberi tanda titik
  • Dan jika memakai sumber dari beberapa pustaka atau lebih dari pengarangnya, maka yang pentama di cantumkan adalah sumber yang paling pertama di terbitkan. Setelah itu baru buku selanjutnya di cantumkan.
  • Di antara kedua sumber pustaka itu dibutuhkan tanda garis panjang.

Contoh Daftar Pustaka

Syarat Penulis Daftar Pustaka

syarat daftar pustaka
www.bunehaba.com

Adapun beberapa ketentuan serta aturan dari cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar yaitu sebagai berikut:

  • Jika dalam penulisan terdapat nama marga, maka ditulis pada bagian awan dari nama tersebut. Namun jika memang tidak ada nama marga, maka di tulis pada bagian akhir/belakang. Kecuali jika nama-nama tersebut ialah nama asing.
  • Gelar kesarjanaan penulis tidak perlu dicantumkan pada daftar pustaka.
  • Judul buku dicetak miring atau digaris bawahi pada setiap kata, jadi tidak dibuat garis bawah yang bersambung sepanjang judul.
  • Pada bagian awal harus diketik dengan ketukan pertama. Berbeda dengan baris kedua yang diketik harus dari ketukan ke-7.
  • Jarak baris itu harus menggunakan satu spasi. Setelah itu diikuti dengan
  • Jarak antara sumber pertama  dan terakhir harus di beri dua spasi.

Aturan Penulisan Daftar Pustaka

daftar pustaka
www.merdeka.com

Penulisan sebuah daftar pustaka tak boleh dilakukan sembarangan, harus teliti dalam mengerjakannya agar pembaca bisa lebih mudah memahami dan harus mengikuti kaidah yang telah dilazimkan.

Berdasarkan susunan daftar pustaka tersebut akan di jelaskan dengan contoh sebagai berikut:

  1. Nama pengarang yang terdiri dari dua unsur atau lebih, penulisannya dibalik dan antara unsur pertama dan unsur kedua diberi tanda koma.
    Contohnya nama pengarang bukunya ialah Sukarman Bahri maka di daftar pustaka ditulis: Bahri, Sukarman.
  2. Jika pengarangnya ada dua orang, maka yang dibalik hanya nama pengarang yang pertama, lalu antara nama pengarang pertama dan kedua diberi kata ‘dan’.
  3. Apabila penulis ada tiga orang, maka yang harus dicantumkan ialah nama penulis atau pengarang pertama (namun tetap dibalik jika namanya dua unsur atau lebih).
  4. diikuti kata ‘dkk’ (dan kawan-kawan).
    Seperti halnya mencantumkan nama pengarang yang berjumlah empat orang yakni Dewi Santika, Hari Andriawan, Ahmad Akbar, dan Dian Hariyadi. Maka dalam penulisan daftar pustaka ditulis: Santika, Dewi dkk.
  5. Gelar akademis, gelar kebangsawanan, dan gelar keagamaan tak dicantumkan. Contohnya Dian Hariyadi, M. Pd cukup ditulis: Hariyadi, Dian.
  6. Mencantumkan nama pengarang dari akhir atau ujung yaitu: nama pengarang (dibalik, diakhiri tanda titik), tahun terbit (jika tak ada, cukup tulis ‘Tanpa Tahun’, diakhiri dengan titik), nama kota tempat terbitnya buku (diakhiri titik dua), dan terakhir nama penerbit (diakhiri tanda titik).
    Contohnya sebuah buku yang berjudul Kenangan Terindah yang dikarang oleh Farhan Basri, M. Pd diterbitkan oleh Gema Ilmu, Banjarmasin, pada tahun 2012 maka di daftar pustaka ditulis:
    Basri, Farhan. 2016. Kenangan Terindah. Banjarmasin: Gema Ilmu.
  7. Urutan penulisan ke samping kanan adalah nama pengarang (dibalik, diakhiri tanda titik), tahun terbit (jika tidak ada, ditulis Tanpa Tahun, diakhiri titik), nama kota tempat terbit (diakhiri titik dua), dan terkahir nama penerbit (diakhiri tanda titik).
  8. Urutan ke bawah berdasarkan abjad nama pengarang (yang sudah dibalik) dan tidak memakai nomor.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Buku

Nama Pengarang (penulisan nama dibalik, misalnya Aldi Supardi, maka menjadi Supardi, Aldi). Tahun terbit. Judul buku. Tempat Terbit: Nama Penerbit.

Contoh Penulisannya Sebagai Berikut:

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Ahmad, A. Kasim. 1990. Pendidikan Seni Teater, Buku SMA. Jakarta: Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Alwi, Hasan, dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Arsyad, Maidar G. dan Mukti U.S. 1991. Pembinaan kompetensi Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

[/su_note]

Baca Juga: 

Contoh Penulisan Dengan Dua, Tiga Orang atau lebih:

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Barry, A.H., dan Putra Ahmad. 1998. Metode Pembelajaran Untuk Guru. Jakarta: Bentang Pustaka.

Susilo, Raharja, Rudi Sucipto dan Fandi Abdullah. 2002. Tata Bahasa Indonesia. Malang: Bagian Penerbitan Sastra Bahasa Indonesia UB.

[/su_note]

Contoh Penulisan Tanpa Pengarang:

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Depag. 2009. Petunjuk Pelaksanaan dan Tata Cara Haji dan Umrah. Jakarta: Depag.

Divisi SDM. 2007. Company Profile. Jakarta: Citra Van Titipan Kilat.

[/su_note]

Contoh Penulisan Buku terjermahan, Saduran, atau Sutingan

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Prakosoi, Hilman (Penterjermah). 1997. Analisa Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Manajemen.

[/su_note]

Contoh Penulisan Buku Terjermahan, Penulis sama, tetapi Buku Berbeda

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Fitriani. 2007. Akuntasi Level Menengah. Semarang: Alfa Media 2008. Akuntasi Level Menengah Jilid II. Semarang: Alfa Media.

[/su_note]

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Majalah

Susunan penulisan daftar pustaka yang bersumber dari majalah antara lain:

  • Nama penulis artikel
  • Judul artikel

Dari jenis penulisan judul di haruskan dengan huruf cetak normal dan huruf kapital.

  • Nama majalah

Penulisan nama koran atau majalah untuk daftar pustaka menggunakan huruf kapital di awal kata.

  • No Halaman

Daftar pustaka dengan sumber koran atau majalah tidak menggunakan lokasi penerbit dan nama penerbit. Itu menjadi pembedanya dengan daftar pustaka yang bersumber dari buku.

Contoh Penulisannya Sebagai Berikut:

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Patiwara, Wijaya. 2001. Menuju Fashion Asia. Jakarta: Majalah Bisnis Fashion, No. 4 Thn. 05. (12 Januari-20 Februari 2005)

[/su_note]

Contoh Daftar Pustaka Dari Koran

Contoh Daftar Pustaka Dari Media Massa 1

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Purbo, Onno. 2005. Wireless RT RW Net dengan Wajan Bolik, VOIP. Bandung: Media Indonesia. (20 Maret 2007)

[/su_note]

Contoh Daftar Pustaka Dari Media Massa 2

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Yuliani, Hasibuan.2013. “Perbaiki Das, Atasi Bencana”, Kompas, Senin, 11 Februari 2013. Jakarta.

[/su_note]

Contoh Daftar Pustaka Dari Media Massa 3

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Purbo, Onno. 2002. Wireless RT/RW Net dengan menggunakan Wajan Bolik, VOIP. Jakarta:Media Indonesia. (15 Maret 2002)

[/su_note]

Sumber lain menulis menjadi berikut:

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Dimas 16 Desember, 2014. Hal-Hal Terpenting Dalam Menulis Daftar Pustaka. Suara Merdaka, hlm 15 & 17.

[/su_note]

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Jurnal

Skripsi, Tesis, atau Disertasi

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Zainnudin, Bukhori  Amaria. 2011. Sudut Pandang Umum dalam Kanji (Analisis Semiotika terhadap Buku Kanji Pictographix). Jakarta: Universitas Indonesia.

[/su_note]

Makalah

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Wulandari, E. 1999. Molar Patternsw On Javanese People. Makalah dipresentasikan pada The International Conference On Paleoanthropology, October 14-16, Beijing.

[/su_note]

Contoh Daftar Pustaka dari Artikel Internet 

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Sulistianingsih, Yusuf. 2000.Pentingnya Menanamkan Karakter Positif Sejak Dini : Siapkah Indonesia?. Diambil dari: http://infoguruterbaru.blogspot.com/2016/12/6-contoh-artikel-pendidikan-pendek.html. (6 Desember 2016)

[/su_note]

atau 

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Hamidah, Anjasmara. 2016. Contoh rumusan masalah Makalah. www.sahabatnesia.com. Diakses pada 12 Desember 2016.

serta Pemerintahan: Siapkah Indonesia?. Di ambil dari: www.budi.insan.co.id/articles/riau-it.doc. (30 September 2005)
ataupun Raharjo, Budi. 2000. Implikasi Technology serta Media online Terhadap Pendidikan, Busines,

Umar, Udin. 2016. Menulis Daftar Pustaka Yang Benar. www.contoh001.com. Diakses pada 11 Maret 2012.

[/su_note]

Contoh Daftar Pustaka Untuk Tugas Akhir atau Skripsi

Nama penulis, di ikuti dengan tahun pada sampul Tugas Akhir atau Skripsi, judul tugas/tesis, pernyataan tugas akhir/skripsi, pernyataan tidak diterbitkan, fakultas, nama perguruan tinggi, kota tempat perguruan tinggi.

Contoh 1

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Junaedy S. 2004. Pengaruh Kuman Salmonella terhadap Kesehatan Tubuh. Tugas Akhir. Tidak di terbitkan. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia : Jakarta.

Maryanti S. 2011. Ciri-Ciri Kanker Serviks. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya : Malang.

[/su_note]

Contoh 2

Daftar Pustaka dari sumber skripsi / tesis / disertasi

Kutipan berasal dari sumber skripsi / tesis / disertasi saat seminar, maka daftar pustakanya dapat dituliskan sebagai berikut:

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Sugiyanto. 2011. “Realisasi Kesantunan Berbahasa antara Kepala Sekolah dengan Guru dan Staf SMA Muhammadiyah”. Tesis. Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Abdullah. 2016. “Kajian Sosiolinguistik Penggantian Nama pada Masyarakat Tangerang”.

Skripsi. FKIP, Pend. Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Universitas Muhammadiyah-Jakarta.

[/su_note]

Contoh Daftar Pustaka dari Ensiklopedia atau Kamus

Penulisan daftar pustaka yang bersumber dari ensiklopedia atau kamus sama halnya dengan daftar pustaka pada umumnya.

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Clark-Kent, D. 2001. Superman. The New Encyclopedia America. Encyclopedia America. 21: 517-538.

Sandler, J.M. dan Adam, H. (Eds). 1991. Kamus Bahasa Inggris – Indonesia. Lawang: PT Pustaka Rizki Putra.

[/su_note]

Contoh Daftar Pustaka dari FILM/VIDEO

Contoh:

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Putra (Producer). 2019. Benefits Technology.Infokyai Production: Jakarta 50 Mins.

[/su_note]

Contoh Daftar Pustaka Bersumber Wawancara

Contoh:

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Nama Narasumber. Tahun. Judul/Topik Pembicaraan.

[/su_note]

Contoh Daftar Pustaka Dari Email

Nama Belakang, Nama Depan. “Judul” alamat_email_lengkap (diakses tanggal masukan_tanggal_lengkap)

Contoh, Berbagai.

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

“Contoh Daftar Pustaka” [email protected](diakses tanggal 3 Juni 2013).

[/su_note]

Daftar Pustaka Dalam Bahasa Inggris

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Alan, Evision. 1983. Oxford Learner’s Pocket Dictionary New York : Oxford University Press.

Ali, Muhammad. 1982. Penelitian Procedure dan Strategy. Bandung : Angkasa

Bram, Barly. 1995. Write Well, Improving Writing Skill. Yogyakarta : KanisiusKoran

Rahimawati, B. 10 Mei, 2013. Unsur penting dalam penulisan daftar pustaka. Majpahit Pos , hlm. 2 & 6

[/su_note]

Contoh Daftar Pustaka dari Presentasi Makalah Seminar

Berikut akan saya perjelas tentang Daftar Pustaka dari Presentasi Makalah Seminar di sertai dengan contoh-contoh penulisannya. Sehingga penulisan dalam makalah tersebut akan di ketik sebagai conto di bawah ini:

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Burhanudin. 2013. Konsep Matematika dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup. Makalah dipresentasikan pada Pekan Ilmuwan Nasional Indonesia, Februari 16-18, Jakarta.

[/su_note]

(Makalah oleh Burhanudin berjudul Konsep Matematika dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup, dipresentasikan di Jakarta, Indonesia, pada Pekan Ilmuwan Nasional Indonesia.)

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Bonny. 2015. Konsep Fisika untuk Lingkungan Hidup. Makalah di terangkan pada acara perkumbulan ahli bahasa, Februari 20-07, Yogyakarta.

[/su_note]

(Makalah oleh Bonny berjudul Konsep Fisika untuk Lingkungan Hidup,dipresentasikan di Jakarta, Indonesia, pada Pekan Ilmuwan Nasional Indonesia.)

Contoh Daftar Pustaka Yang Bersumber Dari UU, dan Kepres :

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Republik Indonesia, 2003 Undang-undang sistem pendidikan nasional, Jakarta: Sekretariat Negara.

[/su_note]

Apabila sudah tahu bagaimana menulis sebuah daftar pustaka tentu kita tidak akan mengalami kesulitan yang berarti dalam membuatnya.

Cara dalam menulis sebuah daftar pustaka dalam sebuah literatur dengan literatur yang lain tidaklah sama karena semua itu tergantung pada tujuan penelitian atau kajian ilmiah literatur tersebut yang akan dibuat.

Jika dalam penelitian tersebut mendapatkan sumber dari yang berbeda, maka untuk penulisannya harus di jelaskan asal dari sumber tersebut, misalnya dari buku, internet dan juga jurnal.

Karena sudah adanya peraturan pemerintah di dalam undang-undang menulis daftar pustaka yang baik dan benar.

Mungkin tulisan di atas saya rasa masih kurang lengkap, untuk melengkapinya anda bisa mencari informasi lainnya di situs-situs lain yang membahas daftar pustaka dengan contoh dan cara penulisannya.

Apabila terdapat kesalahan di dalam penulisan dan pembahasan di atas mohon saran dan kritiknya untuk memperbaiki dari kekurangannya agar bisa lebih lengkap lagi.

Semoga Contoh Daftar Pustaka Dan Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik ini  bisa memberi manfaat bagi kalian semua yang sedang membutuhkan dan mudah di pahami oleh pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.