10+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, Kuliah, Kerja, Kegiatan

10+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, Kuliah, Kerja, Kegiatan

Contoh dan Cara Pembuatan Surat Izin – Surat izin adalah jenis surat yang dipergunakan untuk keperluan atau kepentingan mendadak seperti sakit dan cuti yang tidak bisa di tunda.  Akan tetapi surat izin tersebut harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Dengan begitu kita bisa melanjutkan keperluan kita masing-masing.  Akan tetapi pada hakikatnya surat ini memiliki sturktur dan penyusunan bahasa yang sama dengan surat resmi lainnya.

Dalam pembuatan surat ini pun harus dilakukan harus menggunakan etika dan tata cara tertentu.

Biasanya, surat izin tidak masuk ini kita gunakan sebagai alat pemberitahuan bahwa yang bersangkutan tidak bisa hadir pada saat itu. Maka, fungsi dari surat ini ialah untuk orang-orang yang berhalangan hadir karena sakit atau acara keluarga.

Untuk membuat surat izin, disarankan memakai kertas HVS yang berukuran A4. Mengapa demikian? Hal ini ditujukan agar surat izin menjadi terlihat lebih rapi dan sopan serta rasa hormat terhadap guru, dosen atau pimpinan perusahaan.

Karena dalam menulis surat resmi ini sangat di perlukan kesopanan pada surat izin, agar bisa dapat mempertimbangkan maksud dan tujuan dari surat yang anda kirimkan.

pada dasarnya hal itu akan memberikan kesan yang baik nantinya. Dan di haruskan juga untuk memakai amplop, karena surat ini tergolong dalam surat yang resmi.

Nah berikut pembahasan lengkap bagaimana membuat surat izin sekolah lengkap dengan beberapa contoh surat izin untuk tidak masuk sekolah.

Bagi pelajar harus mempunyai alasan yang jelas jika berhalangan hadir, dan dengan alasan yang tepat bisa mempengaruhi penilaian dalam mengizinkan atau tidaknya.

Disini kita akan membahas tahap-tahap pembuatan surat izin menurut EYD yaitu sebagai berikut:

Tips Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

cara menulis
pixabay.com

Ketika membuat surat izin, tentunya kita juga harus memperhatikan beberapa kaidah-kaidah penulisan yang baik dan benar.

Surat izin juga termasuk dalam jenis surat resmi, maka tata bahasa yang dipakai pun sudah sepatutnya berbeda dengan surat cinta atau surat non-formal lainnya.

Dalam penggunaan kata sekali lagi ane jelaskan kepada agan-agan semua, harus dengan bahasa yang sopan.

Sangatlah penting mempengaruhi surat ini. Karena disetujui atau tidaknya bisa di nilai dari kesopanan dalam surat menyurat tersebut, apalagi mengenai permintaan persetujuan dalam hal izin tersebut.

  1. Tahap-tahap dari pembuatan surat izin ialah:
  2. Kertas yang digunakan sebaiknya adalah kertas HVS. Dengan demikian, surat izin yang dibuat akan terlihat lebih rapi dan sopan.
  3. Jangan sampai ada coretan pada kertas HVS yang dipakai. Jika ada kesalahan dalam penulisan/pengetikan, usahakan untuk mengganti kertas HVS tersebut dengan yang baru. Jangan sampai anda meralat tulisan tersebut dengan tipe-x atau coretan.
  4. Meski serapih apapun tulisan ketikan tersebut, tetap tidak akan mempengaruhi penilaian dari surat tersebut. Walau lebih terlihat rapi, penulisan menggunakan ketikan tidak dianjurkan dalam penilaian dari penulisan surat izin tersebut. Tulislah surat izin dengan cara tulis tangan, dan usahakan bolpoint yang dipakai berwarna hitam.
  5. Selanjutnya di haruskan memakai amplop agar memberi kean hormat kepada orang yang di tujukan.

Baca Juga: 

Cara Membuat Surat Izin Sekolah

surat izin
http://www.ronal.online

Membuat surat izin sekolah tidaklah gampang, karena kalau menurut standar dari aturan tersebut harus melakukan tahap-tahap tertenu pada surat izin tersebut.

Setidaknya ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan, seperti pengirim surat, alasan membuat surat izin, serta tujuan dari surat izin tersebut. Berikut pembahasan lengkapnya.

Pengirim Surat Izin

letters
pixabay.com

Mencantumkan identitas dari pengirim sangat di butuhkan, agar bisa di ketahui oleh orang yang di tujukan.

Pada surat izin ini harus jelas nama, alamat pengirim dan di dalam surat izin tersebut memuat keterangan permohonan izin sampai waktu yang di tentukan seperti satu atau sampai dua hari tidak masuk atau mengikuti pelajaran dikarenakan ada halangan atau keperluan yang mendadak.

Alasan Dalam Surat Izin

surat tumpuk
pixabay.com

Biasanya alasan tersebut terdapat pada isi dari surat tersebut yang bermasksud untuk meminta izin sampai waktu yang di tentukan oleh pemohon.

Datangnya surat izin bisa dikarenakan sakit, cuti atau urusan keluarga yang memang tidak bisa di tinggalkan untuk waktu yang lama.

Tujuan Untuk Siapa Surat Izin Dibuat

surat izin kerja
http://seecara.blogspot.com

Dalam menulis surat izin tersebut harus mencantumkan data lengkap sesuai dengan alamat yang tujukan.

Seperti ditujukan kepada guru, wali kelas, dosen atau pimpinan perusahaan. Sangantlah penting bagi pembaca atau penerima surat tersebut melihat identitas tersebut.

Perlu kamu ketahui, Surat izin sekolah termasuk dalam kategori surat resmi. Jadi dalam tekhnik penulisanpun harus mempunyai format standar seperti poin-poin penting yang harus kamu perhatikan dalam membuat surat izin ialah :

  • Tanggal Surat
  • Alamat Surat
  • Salam Pembuka
  • Kalimat Pembuka Surat
  • Isi Surat
  • Salam Penutup
  • Nama Pengirim

Beberapa hal di atas merupakan bagian yang harus ada dalam sebuah surat izin, Selain hal tersebut masih ada yang harus kamu perhatikan dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah yaitu :

Surat izin sekolah digunakan sebagai permohonan yang sebenar-benarnya

Surat izin sebaiknya dibuat dengan menggunakan tulisan tangan

Jika surat izin tidak masuk sekolah karena ada keperluan keluarga, maka dikirim dihari itu. Berbeda dengan surat izin yang dibuat karena sedang sakit, kita harus mengirimnya setelah hari kedua.

Cara Menulis Surat Izin Sekolah

surat izin sekolah
2tohcon.blogspot.com

Tekhnik penulisannya harus kalian perhatikan seperti yang disesuaikan dalam surat izin ialah diwajibkan menggunakan identitas lengkap, nama, alamat dan orang atau tempat yang di tujukan.

Dalam menulis surat izin sama halnya dengan surat-surat pribadi yang lainnya. Di dalam isi surat tersebut berisi maksud dan tujuan memberitahukan bahwa anak tersebut sedang berhalangan hadir dikarenakan sedang sakit.

Format Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

surat izin
sijai.com

Menurut aturan

yang sebenarnya, yang berhak membuat surat izin resmi ialah dokter, apabila siswa atau siswi tersebut berhalangan hadir yang dikarenakan sakit.

Berbeda dengan urusan keluarga, biasanya di tulis oleh keluarga atau pihak-pihak penanggung jawab dari pembuatan surat tersebut.

Berikut contoh format dari surat izin berhalangan karena sakit ialah:

  • Tempat, tanggal, bulan dan tahun
  • Alamat surat (surat ditujukan kepada siapa)
  • Salam pembuka
  • kalimat pembuka
  • Isi
  • Salam penutup
  • Nama dan tanda tangan orang tua/wali siswa.

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Palembang, 14 Novenber 2017

Yth. Bapak/Ibu

Guru SDN Kubangsari

di Cipancuh

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya memberitahukan bahwa,

Nama          : Risma Handayani

Siswa Kelas : IV SDN Kubangsari

Untuk kali ini sedang berhalangan hadir yang dikarenakan sakit demam, oleh karena itu izin untuk tidak masuk sekolah.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Yeni Andriawan

tanda-tangan dari orang tua atau wali.

[/su_note]

Contoh Surat Izin Sekolah Buatan Sendiri.

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Subang, 15 Oktober 2017

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru

SMP Negeri 1 Subang

Di Tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Doni Cahyono

Kelas : VIII B SMP Negeri 1 Subang

Dengan datangnya surat ini ingin mengajukan permohonan izin kepada Bapak/Ibu, yang dikarenakan sedang sakit atau berhalangan hadir, sampai dengan waktu yang ditentukan .

Demikian dengan datangnya surat ini kami beritahukan, dengan segala hormat kepada Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Hendro

[/su_note]

Contoh Surat Izin Sakit yang Dibuat Oleh Wali

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Blora, 11 Juli 2016

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru

SMP Negeri 1 Anjatan

Di

Tempat

Dengan hormat, melalui surat ini, saya selaku orang tua/wali siswa dari

Nama   : Farhan Ubaidillah

Siswa    : Kelas VII C SMP Negeri 1 Anjatan

Alamat  : Jln. Damai Sentosa 205, Anjatan

Ingin menyampaikan bahwa anak  kami sedang berhalangan hadir yang dikarenakan sakit. Agar diberi izin tidak mengikuti pelajaran seperti biasanya karena sedang menderita demam. Maka dari itu kami memohon kepada Bapak/Ibu sekiranya memberi izin sampai waktu yang di tentukan.

Demikian surat ini kami buat, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, kami haturkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Dalim Mahmud

[/su_note]

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

surat izin kuliah
http://wawasanpengajaran.blogspot.co.id

Mungkin sebagian dosen ada juga yang gampang alias tidak bawel dalam mengenai absen. Karena masih ada juga sampai sekarang ini mahasiswa meminta izin tidak menggunakan surat resmi, melainkan melalui SMS.

Absen keseharian kita selanjutnya akan memperngaruhi nilai akhir/UAS kita. Maka dari itu, anda harus lebih memperhatikan lagi tingkat kehadiran di kelas. Maka dari itu dibuatlah surat izin untuk memberitahukan alasan kita yang sedang berhalangan sakit.

Dengan datangnya surat tersebut, bermaksud agar mendapatkan izin dari dosen yang bersangkutan. Akan tetapi membuat surat izin tidaklah mudah, butuh proses dan tata cara tertentu.

Lalu apa sajakah langkah-langkah yang harus kita ambil dalam membuat surat izin tidak masuk kuliah? Berikut ulasannya.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

attantion
pixabay.com

Terkadang, ada beberapa mahasiswa yang tidak mencantumkan identitas nama ketika membuat surat izin. Hal ini sering terjadi karena pada umumya menyepelekan, yang akhirnya lupa di cantumkan dalam surat izin kuliah.

Identitas yang Tidak Jelas

Ketika anda mulai mencoba untuk membuat surat izin, maka aspek utama yang harus diperhatikan adalah nama dari penulis surat tersebut.

Jika anda lupa dalam mencantumkan atau bahkan salah dalam penulisan, makan tidak bisa menjamin untuk mendapatkan izin tersebut.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menjalani proses penulisan adalah nama, nomor induk mahasiswa, fakultas dan program studi.

Seperti contoh anda adalah Rahma, seorang mahasiswa Universitas Padjajaran. Diharuskan memakai atau mencantumkan nomor induk siswa, agar lebih mudah untuk dosen mengenal identitas kita.

Bahasa yang Kurang Meyakinkan

Selanjutnya, hal yang harus anda perhatikan adalah bahasa penyampaian dalam penulisan surat izin tersebut. Gunakanlah bahasa yang meyakinkan, tunjukan bahwa anda memang benar-benar dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk hadir.

Kelengkapan Surat Izin

Tidak sedikit mahasiswa yang membuat surat izin hanya bermodallkan kertas buku dan tinta, nampak seperti surat biasa.

Akan tetapi harus sesuai juga dengan aturan yang berlaku. Seperti menggunakan font, kertas, tinta hitam dan disertai dengan identitas lengkap.

Maka dari itu, lengkap pilah surat izin anda dengan amplop agar lebih terlihat sopan dan rapi.

Dan bisa juga melampirkan surat dari dokter (jika sakit) atau mungkin anda juga bisa melampirkan beberapa jenis kegiatan yang sedang diikuti.

Apabila anda mempunyai surat dinas, bisa juga dilampirkan dalam surat izin tersebut jika memang dibutuhkan. Semua itu tergantung waktu yang anda butuhkan  anda. Maka sangatlah penting untuk mengirim surat izin tersebut.

Jangan sampai sang dosen malah merasa tidak dihargai dengan datangnya surat izin tidak masuk dari anda.

Alasan Tidak Hadir

Perlu dengan bahasa yang sopan dan sangatlah penting bagi pemohon untuk menggunakan alasan yang tepat dan jelas.

Karena jika surat yang anda tujukan tersebut tidak sesuai dengan fakta atau yang dinyatakan berbohong. Jangan berharap mendapatkan izin, akan tetapi bisa terkena sanksi.

Berikut contoh yang bisa anda perhatikan sebagai berikut:

  1. Alasan sakit. Semua orang pasti mengalami sakit, karena sudah menjadi hal yang wajar. Dosen bisa memberikan izin dengan mudah apabila surat yang kita kirimkan sudah memakai standar pada umumnya.
  2. Surat keterangan sakit pada umumnya bisa digunakan dalam 3 hari (dengan batas wajar). Apabila lebih dari waktu yang ditentukan, maka dosen sangatlah penting untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti keterangan dari dokter yang disertai resepnya.
  3. Alasan keluarga. Biasanya menjadi hal yang sangat mendadak. Maka di perlukan juga bagi mahasiswa untuk mengirim surat dengan alasan yang jelas dan dengan batas waktu yang ditentukan.
  4. Mengikuti perlombaan. dari semua siswa terkadang ada salah satu yang berprestasi dan mengikuti perlombaan yang mewakili Universitas tersebut. Tentunya dosen akan memberi izin kepada siswanya tersebut. Seringkali kita melihat teman yang mewakili universitas dalam perlombaan yang dilaksanakan di luar kota.
  5. Kegiatan Organisasi. Banyak mahasiswa yang mengikuti organisasi yang kebetulan terbentur oleh jadwal lain, sehingga tidak bisa mengikuti jam pelajaran dikarenakan sakit atau keperluan yang mendadak.
  6. Kerja atau bepergian. Alasan ini yang membuat guru atau dosen muak, karena lebih mengutamakan kerja atau bepergian yang sifatnya tidak penting. Jangan terlalu sering mementingkan bepergian, karena anda bisa terkena Drop Out.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Magetan, 26 April 2016

Kepada,

Yth, Bpk. Ramzi Abdullah, M.Ag.

di – Universitas Pasundan Bandung

Dengan Hormat,

Melalui datangnya surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                    : Mardani Hutasoit

NIM                       : 20.345.0028

Kelas                     : 5P42

Program Studi   : Psikologi S-1

Fakultas               : Psikologi

Meminta izin untuk beberapa hari, karena ada keperluan atau urusan keluarga yang menurut saya sangat penting sekali untuk menghadiri pernikahan adik kandung saya yang in shaa allah akan dilaksanakan pada hari kamis, 12 April 2018.

Maka dari itu saya harus menghadiri resepsi pernikahan adik saya yang bertempat di Karawang-Jawa Barat. kandung saya di Bandung-Jawa Barat. Dengan rasa hormat saya mengajukan surat ini agar Bapak/Ibu bisa meberi izin kepada saya.

Mengenai tugas dan mata kuliah yang saya tinggalkan itu, saya siap mengikuti atau mengejar materinya melalui rekan-rekan yang mengikuti mata kuliah tersebut.

Demikian surat ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Mardani Hutasoit

[/su_note]

Surat Izin Cuti Menikah

surat cuti
http://www.contohsuratmu.com

Apabila saat ini anda masih dalam status pegawai atau karyawan di sebuah perusahaan pastinya mempunyai aturan-aturan berhalangan hadir. Dengan begitu diperlukan surat izin untuk menikah pada hari dan tanggal yang sudah ditentukan.

Mengingat pentingnya acara pernikahan tersebut, dengan ini saya mengajukan surat permohonan cuti kerja dalam beberapa waktu.

Sebagai saran, sebaiknya di bicarakan dulu apabila anda ingin melangsungkan pernikahan tersebut dengan pimpinan perusahaan. Karena pada umumnya

cuti nikah biasanya lebih dari empat hari atau bahkan sampai seminggu. Karena jika belum dibicarakan, yang ditakutkan anda hanya diberi waktu beberapa hari saja.

Tips Membuat Surat Izin Cuti Menikah Karyawan yang Baik

EMAIL
pixabay.com

Sebelum menulis surat izin, ada baiknya memutuskan waktu terlebih dahulu untuk mengambil cuti sampai beberapa hari kedepan misalnya, agar bisa anda tulis dengan tepat sesuai waktu yang dibutuhkan. Selain itu harus jelas dalam menulis nama atau identitas kita, agar lebih mudah diketahui oleh pimpinan perusahaan.

Contoh Surat Izin Cuti Menikah Resmi untuk Perusahaan

Contoh dari surat izin menikah resmi ialah sebagai berikut:

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

JAKARTA, 19 Januari 2014

Kepada Yth,

Pimpinan HRD

PT.Adibyakarya Tbk

Jln. Maribaya No.8

di

Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Alifah Sundari

Alamat : Jln Cirebon Baru No.Jawa Barat

Jabatan : Staff Keuangan

Bermaksud untuk meminta waktu dalam beberapa hari yang ditentukan. Besar harapan saya apabila diberikan izin cuti menikah yang akan diselenggarakan pada tanggal 17,18,19 & 20 Januari 2013.

Demikian surat izin cuti ini saya ajukan. Atas perhatian dan diberikannya permohonan izin saya ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Pemohon,

 

Alifah Sundari

Sekian informasi mengenai surat izin dan disertai cara penulisannya yang baik dan benar. Bisa kalian lihat pada contoh diatas, dan semoga bisa membantu bagi kalian yang sedang membutuhkan contoh-contoh surat izin menikah yang lengkap.

[/su_note]

Contoh SIUP dan Cara Pembuatannya

siup
http://fifiekawatifaizah.blogspot.co.id

Contoh Surat izin usaha perdagangan ialah sebagai bukti dimana anda telah melakukan legalitas dalam usaha. Karena sangat penting bagi yang sedang membuka usaha, memang sangat dibutuhkan.

Bagi Anda yang sedang membangun usaha tetapi masih bingung dengan cara pembuatan surat izin usaha perdagangan (SIUP) ini, akan di uraikan dengan conoh-contoh dan langkah-langkah persyaratannya.

Ada tahap-tahap yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat izin usaha perdagangan tersebut ialah dengan mempersiapkan syarat-syarat yang ditentukan. Dan bisa kita bedakan dari surat izin usaha perdagangan tersebut menjadi 3 macam yaitu kecil, menengah dan besar.

Salah satu syarat untuk pembuatan surat izin usaha perdagangan kecil ialah, diharuskan memiliki modal bersih sepenuhnya sampai Rp. 200,000,000.00 (ini modal di luar bangunan dan tanah dalam menjalankan usaha perdagangan).

Dalam pembuatan surat izin usaha menengah, biasanya dipakai untuk yang mempunyai modal dari kekayaan tersebut mencapai Rp 200,000,000.00 sampai Rp. 500,000,000.00 (jumlah tersebut sudah  di luar dari biaya bangunan dalam menjalankan usaha perdagangan)

Surat izin usaha perdagangan besar, khusus disediakan untuk bisnis dengan modal nominal kekayaan bersih lebih dari Rp. 500,000,000.00 (nominal di luar bangunan dan tanah tempat menjalankan usaha perdagangan)

Cara Pengurusan SIUP

siup
http://yopieafs.blogspot.co.id

Dalam tahap pembuatan surat izin perdagangan, harus memperhatikan deskripsi dan ilustrasi dari cara mengurus SIUP tersebut, dan diharuskan mengikuti prosedur yang disesuaikan. Sebelum mengurusnya, perlu anda terapkan persiapannya terlebih dahulu yaitu:

Berikut adalah langkah-langkah dan persyaratan untuk mengurus sesuai dengan prosedur

  1. Mengisi data pribadi yang sesuai pada formulir tersebut. Setelah mengisi formulis tersebut, selanjutnya difotocopy sebanyak yagn dibutuhkan dalam persyaratan tersebut, dan berikut persyaratan yang dibutuhkan ialah:
  • Fotokopi sertifikat pendiri usaha sebanyak 3 buah;
  • Fotokopi (NPWP) terlampir dengan 3  lembar
  • Neraca perusahaan sebanyak 3 buah; dan
  • Peta denah dari lokasi kegiatan tersebut.
  1. Mengenai biaya surat perizinan tersebut bisa berbeda-beda, karena dari setiap provinsi mempunyai tarifnya masing-masing.
  • Mengisi formulir disediakan;
  • Melampirkan fotokopi akte dari koperasi yang disahkan oleh pejabat setempat
  • Melapirkan fotokopi KTP untuk jaminan atau sebagai penanggung jawab dalam pengurusan surat izin tersebut.

Pengertian SIUP Menurut Undang-Undang

SIUP
http://showroomserayamotor.blogspot.co.id

Pengertian SIUP menurut Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007 Tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (Permendag 36/2007).

Surat Ijin Usaha Perdagangan yang lebih dikenal dengan sebutan SIUP adalah Surat Izin untuk kegiatan usaha perdagangan.

SIUP sebagai surat izin perdagangan dan usaha diberikan oleh pejabat pemerintah kepada pelaku usaha sebagai bukti pengesahan bahwa suatu usaha yang sedang dijalankan adalah sah dan legal serta sudah diakui oleh pemerintah.

Jenis-Jenis SIUP

IZIN
pixabay.com

Surat izin usaha atau SIUP dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

1. SIUP Mikro

SIUP mikro merupakan jenis surat izin yang dibuatkan untuk pemilik badan usaha yang mempunyai modal atau kekayaan dengan netto lebih dari Rp50 juta dan maksimal Rp 500juta.

2. SIUP Kecil

SIUP kecil merupakan badan usaha dengan modal Rp50 juta hingga maksimal Rp500 juta.

3. SIUP Menengah

SIUP menengah adalah jenis SIUP yang diberikan kepada pemilik usaha dengan kekayaan modal antara Rp500 juta hingga maksimal Rp10 milyar.

4. SIUP Besar

SIUP yang satu ini merupakan jenis surat yang dibuatkan untuk pemilik usaha dengan modal besar dan bisa diperkirakan sampai 10 milyar lebih.

Dari semua jenis SIUP tersebut memiliki maksud yang sama, hanya saja di bedakan menjadi tiga macam yaitu siup kecil, menengah dan besar. Sesuai peraturan Permendag, surat izin usaha juga memiliki pengecualian terhadap kepemilikan SIUP tersebut.

untuk usaha perdagangan mikro dengan kriteria berikut ini:

  1. Usaha Persekutuan
  2. Usaha yang dikelola oleh anggota keluarga te
  3. Memiliki paling banyak 50 juta kekayaan bersih dan tidak termasuk tanah dan bangunan

Fungsi SIUP Bagi Pengusaha

SIUP
kargoku.id

fungsi SIUP pada umumnya bisa anda lihat sebagai berikut:

  1. Sebagai alat pengesahan sebuah usaha oleh pemerintah, dengan begitu segala kegiatan usaha dapat dilakukan sesuai dengan SIUP
  2. Sebagai syarat untuk dapat mengikuti proses lelang yang diselenggarakan pemerintah
  3. Sebagai usaha atau bisnis dalam pengiriman ekspor dan import apabila pengusaha sudah mempunyai SIUP

Manfaat SIUP Bagi Pengusaha

siup
http://rspj.co.id

Menurut pengertian dari SIUP tersebut ialah sebagai alat bukti yang sah dalam menjalani usaha dan bisnis. Berikut manfaat SIUP bagi pemilik ialah:

  1. Sebuah usaha akan diakui pemerintah sehingga secara penuh usaha yang dijalankan akan mendapatkan perlindungan dari hukum. Adanya perlindungan tersebut bertujuan agar usaha Anda terbebas dari penertiban liar.

Jika dikemudian hari terjadi sengketa, maka SIUP dapat dijadikan sebagai pegangan legalitasnya.

  1. Dengan memiliki SIUP, maka seorang pengusaha akan dimudahkan ketika melakukan peminjaman modal ke bank atau koperasi. Termasuk juga dibutuhkan saat mengikuti lelang atau tender.
  2. Bagi bisnis ekspor-impor wajib memiliki SIUP
  3. Bisa kita lihat dari pengertian SIUP sendiri yang menjelaskan tentang artian dari sebuah legalitas usah yang akan anda jalani. Maka dengan artian tersebut, surat izin usaha perdangan sendiri ialah berfungsi untuk memiliki kredibilitas yang terpercaya karena diakui oleh pemerintah. Dengan kredibilitas ini maka dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

Contoh SIUP Yang Sudah Jadi

 

siup
http://dodirullyandapgsd.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.