10+ Contoh Makalah yang Benar SMA / Mahasiswa / Sederhana / Singkat / Lengkap

10+ Contoh Makalah yang Benar SMA / Mahasiswa / Sederhana / Singkat / Lengkap

Contoh Makalah yang Benar – Seringnya mendapatkan tugas dari guru ataupun dosen, makalah  ini sudah seperti makanan setiap hari bagi pelajar maupun  mahasiswa. Bagi yang baru masuk SMA atau di perkuliahan pasti bingung dengan cara membuat makalah yang baik dan benar.

Membuat  makalah  memang terkadang  memusingkan bagi yang belum paham dengan cara penyusunannya. Kita di tuntut membuat makalah yang lengkap dan sesuai pada urutanya. Sehingga bisa tepat pada pokokpembahasannya.

Sebelum pembahasan yang lebih lanjut, Saya akan menjelaskan arti dari makalah sendiri ialah karya ilmiah yang membahas tema tertentu  dan mencakup dari semua permasalahan, atau makalah dapat di artikan  juga sebagai karya tulis yang dimana kita harus mengangkat suatu pokok permasalahan yang di dapat dari kajian di lapangan.

Menurut para ahli bahasa makalah adalah suatu penelitian yang memuat pemikiran suatu topik permasalah tertentu yang  ditulis dengan rasional dan objektif. Baik itu hasil karangan maupun dari pembahasan suatu buku.

Satu hal yang sangat penting dan sering lupa ketika akan menulis di saat permasalahan ditemukan. Kalau permasalahan tersebut tidak segera ditulis akibatnya akan semakin kabur dan lama-lama hilang. Akhirya kegiatan menulis karya ilmiah menjadi terkatung-katung lagi.

Alangkah baiknya menginventarisir banyak permasalahan. Guna untuk memilihnya setelah sumber-sumber datanya yang di kumpulkan. Pilihlah satu atau dua yang memiliki daya tarik paling kuat, dan paling berpengaruh terhadap makalah yang akan kembangkan dua atau tiga buah topik yang bisa dibahas menjadi sebuah karya tulis yang lengkap

Agar lebih mudah di pahami, disini akan saya kupas lagi tentang arti dari makalah dan beberapa jenis makalah dengan sifatnya  masing-masing.

Jenis Jenis Makalah

INFORMASI CV
pixabay.com

Jenis jenis makalah dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

1. Makalah Induktif

Makalah induktif adalah jenis makalah kajian yang mengacu pada data empiris dan diperoleh dari lapangan ataupun dari suatu penelitian.

2. Makalah Campuran

Makalah campuran merupakan makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoretis digabung dengan data empiris yang relevan untuk tema yang dibahas.

3. Makalah Deduktif

Makalah dedukatif adalah suatu makalah yang pada penulisannya didasari dari hasil kajian teoritis.

Makalah Campuran terdiri dari 6 jenis, diantaranya:

1. Makalah Ilmiah

Makalah ini biasanya membahas permasalahan atau tema yang ditulis dari hasil studi ilmiah dan jenis makalah ini tidak berdasarkan pendapat atau opini dari penulis yang bersifat subyektif melainkan didapatkan dari sebuah proses penelitian.

2. Makalah Kerja

Makalah ini dihasilkan dari data administrasi perkantoran/perusahaan yang di susun menjadi makalah subyektif yang akan di tuangkan saat rapat di mulai. Dan akan di bahas melalui opini dari berbagai pihak yang tentunya saling berargumentasi saat rapat tersebut.

3. Makalah Kajian

Isi makalah ini biasanya untuk sarana pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial yang di hasilkan dari sebuah proses penelitian dan memungkina adanya argumentai dari pihak-pihak tertentu.

4. Makalah Posisi

Istilah ini digunakan untuk karya tulis yang disusun atas permintaan seseorang yang berfungsi sebagai alternatif pemecahan masalah yang kontroversial dengan prosedur pembahasan dan penulisannya dilakukan secara ilmiah. Atau suatu sikap yang lebih dapat diyakini keabsahannya dan juga dapat melibatkan perkiraan serta asumsi dari semua pihak.

5. Makalah Analisis

Sifat dari makalah ini adalah obyektif-empiris yang di lakukan dengan sebuah penelitian terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) guna untuk mengetahui sebab-musabab serta duduk perkaranya, sebagaimana tema yang akan di angkatnya.

6. Makalah Tanggapan

Biasanya sering digunakan untuk para pelajar atau mahasiswa yang isinya merupakan reaksi terhadap suatu bacaan seperti mengharuskan penulis untuk menganalisis teks, dan kemudian mengembangkan komentar yang berhubungan dengan teks tersebut. Makalah ini menjadi tugas akademik yang populer karena di haruskan membaca, penelitian, dan penulisan yang yang sangat mendalam.

Pengertian Makalah

Pengertian Makalah
http://www.kabarjayaloka.id

Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang membahas pokok masalah atau tema yang tercakup dalam ruang lingkup tertentu.

Makalah juga bisa diartikan sebagai karya akademis yang biasanya dipublikasikan pada jurnal yang sifatnya ilmiah seperti objektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis. Makalah biasanya dibuat oleh pelajar SMA dan Mahasiswa ialah

  • Makalah biasa (common paper)
  • Makalah posisi (position paper).

Pengertian makalah biasa adalah makalah yang bersifat menjelaskan secara detil dari isi dan tujuan tersebut. Penekanan tersebut semata-mata agar pemahamannya dalam mengangkat sebuah makalah tersebut bisa lebih mudah di pahami.

Penulis biasanya mengisi masukan yang baik mengenai permasalahan yang akan di bahas. Dalam sebuah makalah biasa tidak perlu berargumentasi untuk mempertahankan pendapatnya.

Sedangkan pengertian makalah posisi (position paper) adalah makalah yang di susun untuk menjelaskan isi dan posisi teoritiknya pada sebuah penelitan tersebut. Jika ingin menyusun

Sistematika Penulisan Makalah

KEAHLIAN
pixabay.com

Sistematika makalah, baik makalah biasa ataupun makalah posisi, yang masing-masing memiliki sistematika penulisannya sendiri, diantaranya ialah.:

  • Pendahuluan: Pada bagian pendahuluan makalah dikemukakan permasalahan yang akan dibahas seperti pemecahan masalah, dan sistematikanya.
  • Isi: Pada bagian isi makalah didemonstrasikan kemampuan dalam menjawab masalah yang diajukan.
  • Simpulan: Pada bagian makalah, umumya terdapat penutup yang di maksud sebagai simpulan. Dan berisi tentang makna yang diberikan penulis makalah terhadap hasil uraian yang telah dibuatnya. Apabila mengambil simpulan tersebut, penulis di haruskan fokus pada pokok permasalahan yang berupa pengajuan dari bagian pendahuluan sesuai tema yang akan di angkat.

Tahapan-Tahapan dari Susunan Makalah

Tahapan-Tahapan dari Susunan Makalah
http://contohmakalahdocx.blogspot.com

a. Persiapan

Mengumpulkan atau mencari sumber dari artikel untuk memilih dan menentukan tema atau judul. Dengan banyak mengumpulkan sumber-sumber yang mendukung, maka akan lebih memudahkan anda untuk menyusun tema yang sudah dipilih sehingga susunan makalah akan dikembangkan berdasarkan sumber-sumber yang telah di kumpulkan..

b. Penulisan

Mengembangkan susunan makalah yang sudah dibuat menjadi sebuah makalah yang sempurna.

c. Revisi atau Pemeriksaan

Melakukan pemeriksaan terhadap isi makalah dan penggunaan kata, kalimat, tanda baca dan lain-lain. Adapun minta koreksi dari dosen pembimbing, agar lebih jelas jika masih ada kekurangan dalam makalah tersebut.

Manfaat dari Menyusun Suatu Makalah

manfaat dari membuat makalah
www.rezzaid.com

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari menyusun suatu makalah, yang diantaranya sebagai berikut:

  • Kita dapat belajar untuk memahami masalah yang ada dan mencari solusi setelah di bahasnya hingga mendapatkan mufakat.
  • Dapat membuka pikiran untuk memahami permasalahan yang akan dicarikan solusinya.
  • Dapat pelajaran atau ilmu pengetahuan yang di dapatkan setelah menyelesaikan permasalahan dilapangan

Sistematika Penulisan / Susunan Makalah

Sistematika
http://www.unduh.web.id

Tujuan pembuat materi ini adalah memberikan contoh pembuatan makalah yang benar dan lengkap agar lebih di pahami oleh penulis. Berikut akan saya ulas lebis jelas sesuai dengan urutannya.

Baca Juga:

1. Judul Makalah

( Bisa di samakan seperti pada bentuk cover )

Judul makalah menjadi hal penting  yang harus diperhatikan dengan seksama. Judul berada di bagian atas tengah pada halaman. Karena judul merupakan informasi pertama yang menggambarkan isi atau tema makalah, pemilihan judul harus di persiapkan sebelumnya melalui pembahasan atau diskusi secara mendalam.

Dan perlu diingat juga ketika memilih judul harus lebih kompleks. Meskipun sudah mengusahakan judul yang tepat, menarik, imbangi juga apa yang ingin di sampaikan ke dalam ruang rapat atau sidang, agar lebih di pahami oleh semua orang yang berdasarkan pada judul.

Dan juga dalam menggunakan huruf harus memakai jenis kapital dengan font Times New Roman, Arial atau Calibri. Tidak di perbolehkan jika memakai jeni font selain itu.

2. Tujuan Makalah

Tujuan makalah bisa ditulis tepat di bawah judul atau di bagian sub judul. Dengan ukuran huruf yang lebih kecil dibandingkan ukuran huruf untuk judul. Sebagai contoh, apabila ukuran huruf untuk judul adalah 14, Maka isi daripada tujuan makalah menggunakan ukuran 12.

Selain menyesuaikan jenis dan ukuran huruf, anda bisa memperhatikan contoh dari penulisan tujuan makalah. Seperti misalnya, dengan penulisan “Makalah ini Dibuat Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah BSI Informatika dan Manajemen”.

3. Logo atau Gambar Makalah

Gambar atau logo untuk makalah ditempatkan pada bagian tengah halaman cover. Jika ingin memasukkan logo, usahakan ukuran setiap sisinya sama. Sehingga bisa di pastikan gambar logo berada tepat pada tengah halaman agar gambar atau logo tersebut tidak terlihat merenggang atau terulur.

Karena gambar atau logo merupakan bagian yang paling mencolok di bagian depan, maka pemilihan  warna maupun ukuran logo harus di sesuaikan dengan baik. Bisa kalian lihat pada contoh cover makalah di sini pada umumnya logo atau gambar yang digunakan berasal dari logo sekolah atau universitas lainnya.

4. Data Penulis atau Penyusun Makalah

Informasi dari penulis makalah juga harus disampaikan ke dalam suatu makalah. Seperti misalnya, jika dalam  menulis atau menyusun makalah yang melibatkan lebih dari satu orang, Tepat pada bagian cover atau sampul anda di haruskan menulis beberapa nama orang-orang yang ikut andil seperti teman kelompok.

Dalam mencatat data penulis atau pengarang ini adalah syarat penulisan dari sebuah makalah. Selain memberikan informasi kepada publik, hal ini  bisa berguna bagi penyusun itu sendiri agar tidak diklaim oleh orang lain.

5. Nama Institusi Asal

Nama institusi juga penting untuk dicantumkan. Agar lebih jelas dari mana hasil sumber yang di dapatkan dan untuk memenuhi tugas sekolah dari mana anda berasal. Karena sangatlah penting bagi pembaca mengetahui nama institusi ia berasal.

Sebagai contoh, apabila penyusun seorang mahasiswa, informasi yang perlu dimasukkan memakai nama fakultas dan jurusannya. Masih sama seperti anak mahasiswa, pelajarpun perlu mencantumkan nama jurusan. Penulisan nama institusi ini menggunakan huruf kapital.

6. Tahun Penulisan

Perlu di perhatikan juga informasi terakhir yang harus dicantumkan pada cover atau sampul makalah dengan tahun penulisan yang di buat. Tahun penulisan sendiri perlu dicantumkan di bagian cover agar bisa lebih di pahami oleh pembaca dalam mengetahui waktu penyusunan makalah tersebut.

Kata Pengantar / Prakata

kata pengantar
www.kosngosan.com

Dalam penyusunan sebuah karya tulis ilmiah ini, baik itu seorang mahasiswa atau pelajar, tetap harus memperhatikan pembuatan isi kata pengantar. Isi pengantar makalah biasanya terdiri dari ucapan syukur kepada Sang Pencipta, ucapan terimakasih kepada guru atau dosen pembimbing, atau pun instansi terkait.

Dalam menyusun sebuah makalah ini harus dibuat dengan rinci dan sesuai pada urutannya yang teratur dengan dilengkapi tata bahasa yang baik dan benar sehingga memudahkan untuk dibaca dan dimengerti akan makna yang tertuang di dalamnya.

Mukadimmah atau pembuka , misalnya ucapan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Tentunya tak lupa lagi dengan  membubuhi kata ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah tersebut, misalnya atas dukungan atau materi yang diberikan, maka penulis harus mencantumkan beberapa nama yang di anggap telah membantunya.

Baca Juga: 

Penutup Mukadimmah

KESIMPULAN
pixabay.com

Umumnya penulis selalu membubuhi kata-kata yang merendah seperti sadar makalah ini yang masih dari kata sempurna, dengan adanya saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan pembaca sangat dibutuhkan untuk membantu penyempurnaan makalah ini.

Tanggal dan  nama penulis

Misalnya Bandung, 13 Februari 2014

Contoh Kata Pengantar Makalah  :

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

PRAKATA

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul ” Cara Membuat Makalah yang Lengkap”. Atas perhatiannya yang bersedia untuk membantu dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada beberapa orang yang di anggap telah membantunya, misalnya.

  1. Bapak Nanang Suhendar, S.Pd, selaku kepala sekolah SMA Negeri 3 Bandung yang memberikan bimbingan, saran, ide dan memeberikan fasilitas yang di butuhkan.
  2. Bapak Khusnial Uhmun, S.Pd, selaku guru atau dosen Pembimbing kami, yang memberikan semangat, pendapat kepada penulis.
  3. Ibu Wuria Dimiyati, S.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan masukan dan ide kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini belumlah lengkap. Oleh sebab itu, jika ada saran dan kritik dari rekan-rekan, akan sangat membantu untuk penyempurnaan dalam penyusunan makalah ini.

Jakarta, 29 Juli 2013

Farhan Ubaidillah

[/su_note]

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

DAFTAR ISI

Tujuan dari daftar isi ini ialah untuk melihat daftar judul dari semua bab yang di susun, Agar lebih tepat dalam pencarian materi yang ingin dicari oleh pembaca, seperti contoh dibawah ini.

Halaman judul …………………………………………………………………………………………………… i

Prakata …………………………………………………………………………………………………………………ii

Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………………..iii

Bab I……………………………………………………………………………………………………………………..1

Pendahuluan……………………………………………………………………………………………………….1

[/su_note]

Pada bagian ini harus berisi tentang konsep dari sebuah perencanaan dalam permasalahan dan tujuan yang dimuat dalam Latar Belakang.

Menentukan sebuah Ruang Lingkup dari hasil kajian yang mengacu pada pokok permasalahan dari makalah tersebut.

Tambahkan juga Tujuan dan Manfaat dari permasalahan yang sedang dibahas

Contoh Pendahuluan Makalah :

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Bab 1

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Dalam era yang serba teknologi saat ini, kemajuan dibidang pendidikan sekarang ini bertambah dari waktu ke waktu. Kemajuan ini di rasakan oleh semua orang, baik itu bidang  informasi, bidang sosial, maupun bidang pendidikan. Dengan begitu, makalah menjadi salah satu sistem informasi yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan karya ilmiah.

2. Ruang Lingkup Penelitian

Isi dari ruang lingkup biasanya berupa tata cara membuat makalah itu sendiri dengan memperhatikan tanda-tanda baca, cara penulisan, tata bahasa yang baik dan benar menurut EYD.

Contoh Ruang Lingkup Masalah

Secara Umum Ruang lingkup Masalah adalah merupakan hal yang sangat penting untuk ditentukan terlebih dahulu sebelum sampai pada tahap pembahasan selanjutnya. Agar pembahasan suatu masalah dalam penelitian dapat terarah atau fokus terhadap suatu tujuan si peneliti.

Karena di dalam suatu penelitian terdapat banyak masalah masalah yang timbul, sehingga dibatasi dengan menggunakan Ruang Lingkup masalah tersebut.

Masalah pokok dalam penelitian ini berkaitan dengan belum terwujudnya implementasi penganggaran berbasis kinerja pada organisasi sektor publik sesuai dengan yang diharapkan.

Demikian juga pada satuan kerja di Universitas Padjajaran, dari informasi pendahuluan yang diperoleh, permasalahan yang sering dihadapi yaitu seringnya revisi atau kesalahan anggaran pada keuangan yang rendah, serta laporan kinerja yang belum tepat  mengharuskan kita pada Penelitian di lapangan atau sumber yang di anggap bisa membuatnya.

3. Tujuan dan manfaat

Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :

  1. Membantu pelajar lebih kreatif
  2. Memahami pola pikir ilmiah

Manfaat :

  1. Memberikan siswa pengetahuan dan pelajaran baru
  2. Memperbaiki nilai pelajaran Bahasa Indonesia. Karena di tuntut memakai EYD.

[/su_note]

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Bab II

Isi

Urutan isi atau materi makalah di sini, dengan contoh diantarnya ialah sebagai berikut:

  1. Definisi / Landasan teori,
  2. Ulasan materi
  3. Penyelesaikan masalah,
  4. Solusi , Hasil Peneltian
  5. Kontribusi terhadap permasalahan yang ada pada materi makalah

[/su_note]

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Bab III

Penutup

Pada penutup ini, harus anda uraikan kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian di lapangan ataupun dari sumber-sumber yang di anggap bisa membantunya. Dan tentunya kita harus memperhitungkan kelebihan dan kekuranan hasil penelitian tersebut secara matematis nya.

Berikan saran dan kritik untuk keperluan penelitian yang akan datang, ataupun meminta saran dan pendapat dari kepala sekolah atau dosen pembimbing.

[/su_note]

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Daftar Pustaka

Isi dari daftar pustak sendiri merupakan dari bagian akhir pada penyusunan makalah yang berisi nama-nama literature. Dan kita jadikan referensi dalam pembuatan makalah tersebut. Tata cara penulisan nama harus tetap di perhatikan seperti gelar, jabatan agar tidak mengaburkan pengertian pustaka.

Contoh Daftar Pustaka :

Departemen Pendidikan Nasional, 2008,  Sistem Penilaian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Panduan Pembelajaran Remidial, Jakarta : Depdiknas.

  1. Saleh Muntasir, 1986, Pengajaran Terprogram, Jogjakarta : Karya Anda.

Jawa Pos, 2008, 24 Mei. Mengapa Laki-laki Menyukai Olah Raga yang Sangat Melelahkan, Halaman 21.

[/su_note]

Daftar pustaka harus mengikuti jurnal ilmiah, seperti buku, majalah, surat kabar dan interview.  Akan tetapi, website internet juga bisa dijadikan referensi karya ilmiah, namun masih menjadi pertentangan di kalangan akademisi, karena keabsahannya masih di ragukan.

Dalam hal ini saya tidak menyarankan untuk mengambil data atau sumber dari website agar dapat menjadi sebuah karya yang benar-benar ilmiah. Karena karya yang lebih tepat ialah sumber yang di hasilkan dari penelitian di lapangan.

Demikian cara membuat makalah yang baik dan lengkap, semoga bisa membantu untuk anda sekalian.

Berikut Pengertian Makalah Menurut Para Ahli

TINGKAH LAKU
pixabay.com

Pengertian makalah menurut para ahli berbeda tata bahasanya antara yang satu dengan yang lainnya, akan tetapi memiliki makna atau maksud yang sama. berikut ini akan saya jelaskan dari semua beberapa pengertian makalah menurut para ahli.

Dalam hal ini makalah dibagi menjadi dua pengertian yaitu:

Makalah ialah tulisan resmi tentang suatu pokok suatu pokok yang dimaksud akan untuk dibacakan dimuka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Makalah ialah karya tulis pelajaran atau mahasiswa sebagai laporan hasil yang di dapat dari sebuah penelitian di lapangan.

Menurut Panuti Sudjiman

Makalah ialah karya tulis ilmiah dari sebuah penelitian yang disusun rapih menjadi sebuah buku antologi.

Menurut W.J.S Poerwadarminta

Makalah ialah uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu yang di tuangkan dalam pembahasan lebih lanjut.

Menurut Tanjung Dan Ardial

Makalah merupakan dasar pemikiran dari seorang penulis yang di angkat secara sistematis dan runtutan analisis yang logis serta objektif.

Menurut Surakmad

Makalah merupakan  tugas kuliah yang harus di kerjakan dengan cara menuulisnya, baik yang di hasilkan dari sebuah penelitian atau hasil dari sumber-sumber yang akurat, sehingga bisa menghasilkan sebuah karya tulis ilmiah.

Menurut A.E. Fachrudin

Makalah adalah salah satu kegiatan resmi yang melakukan sebuah penelitian secara mendalam, dan di kerjakan secara tertulis, baik berasal dari pembahasan buku maupun sebagai hasil dari karangan tentang suatu permasalahan.

Menurut Drs. S. Imam Asy’ari

Makalah ialah naskah semester, yang menggunakan paper ukuran folio dan dituntut oleh guru atau dosen pembimbing atas mata kuliahnya di waktu semester akan berlangsung atau kuliah akan berakhir. Karangan ini tidak begitu banyak hanya sekitar 10-15 halaman.

Menurut Burhan “1979:226”

Makalah ialah suatu bentuk tugas kuliah atau prasyarat diskusi seminar yang akan di kupas saat sidang berlangsung.

Menurut Prof. Komarudin, M. Pd “200:111”

Makalah ialah suatu karya tulis yang dipergunakan untuk kepentingan publikasi jurnal atau periodikal yang secara lisan.

Menurut Drs. Madyo Ekosusilo Dan Drs. Bambang Triyanto “1991:16”

Makalah ialah tulisan yang berisikan prasaran, yang akan di kumpulkan sebagai bahan yang akan di bahas dalam suatu rapat kerja, seminar dan sejenisnya.

Menurut Muhamad Ali “1984:61

Makalah merupakan hasil penelitian yang mendalam, yang tentunya di dapatkan dari sebuah penelitian dan akan di bahas dalam suatu rapat atau sidah di sebuat kantor, lembaga, organisasi atau instansi lainnya.

Menurut Siswoyo Harjodipuro

Makalah merupakan bahan pembahasan dari sekian penelitian atau karangan yang dibuat oleh penulis, Umumnya di gunakan sebagai penentu dari para calon sarjana untuk memenuhi tugasnya.

Menurut M. Widyamartaya Dan Veonika Sudiarti

Makalah ialah suatu kegiatan penelitian dalam mencapai sebuah tujuan yang akan memecahkan pokok permasalahan. Dari pengertian beberapa ahli di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa makalah memang harus di susun secara sistematis.

Makalah sendiri memiliki sistematika yang terstruktur. Sistematika tersebut di antaranya ialah pendahuluan, isi dan penutup. Pendahuluan tersebut terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan, prosedur, ide/solusi dari masalah dan sistematika dari uraian tersebut.

Isi merupakan pembahasan yang di buat dengan rumusan masalah serta tujuan di buatnya makalah. Penutup di sini biasanya berisi kesimpulan, saran dan pendapat dari beberapa orang yang di anggap bisa membantunya agar menjadi suatu karya ilmiah yang benar dan lengkap menurut contoh-contoh di atas.

Penulis bisa juga memberikan kesimpulannya sesuai dengan apa yang di hasilkan dari pembahasan di gabungkan dengan teori-teori yang di gunakan.

Demikian penjelasan tentang pengertian sebuah makalah dari beberapa ahli. Jika ada kesalahan dalam mengenai pengertian, nama atau gelar dari para ahli, mohon untuk di maklum dan di maafkan. Karean artikel ini hanya bertujuan untuk berbagi wawasan dan pengetahuan kepada para pembaca dan semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian.

Terima kasih telah berkunjung di artikel ini semoga anda bisa menyelesaikan tugas makalah dengan baik dan  menjadi orang yang sukses di masa yang depan. Amin.heheheh

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.