Kumpulan Pengertian dan Contoh Pantun

Kumpulan Pengertian dan Contoh Pantun

Contoh Pantun dan Pengertiannya – Pantun merupakan sastra tulisan yang di hasilkan dari sebuah rasa dan pikiran seseorang melalui penjiwaannya dan menjadi sebuah pantun dan memiliki arti yang mendalam. Kemiripan dalam susunannya dengan puisi.

Pantun berasal dari kata patuntun dalam bahasa Minangkabau yang memiliki arti “petuntun”. Dalam bahasa Jawa, misalnya, dikenal sebagai parikan, Namun dalam kamus bahasa Sunda menyebutnya sebagai paparikan, akan tetapi sebagian besar orang Batak mengenal sebagai umpasa.

Pantun pada awalnya merupakan sastra lisan namun sekarang lebih sering di tuangkan dalam bentuk tulisan. Ciri lain dari sebuah pantun adalah  tidak memakai nama penulis. Ini dikarenakan penyebaran pantun dilakukan secara lisan.

Semua bentuk pantun terdiri atas dua bagian yang di namakan sebagai sampiran dan isi. Biasanya tidak ada hubungannya dengan bagian kedua yang mempunyai maksud untuk mengantarkan sajak. Isi sendiri berada pada dua baris terakhir yang mempunyai maksud tujuan dari pantun itu sendiri.

Pantun mempunyai dua susunan yang penting seperti sampiran dan isi. Sampiran tersebut ada dua barisan yang lazimnya bermakna puisi pada umumnya.  Dua baris terakhir itu merupakan ciri atau arti dari isi pantun tersebut.

Agar lebih memahami karya ilmiah ini, anda harus mencermati bagian-bagian terakhit pada pantun tersebut. Karena pada umunya orang baru bisa memahami setelah membaca di bagian terakhir.  Berikut contoh dan ciri-ciri pantun yang bisa anda pahami.

Ciri-ciri Pantun

ciri-ciri pantun
petikanhidup.com

Puisi adalah karya tulis bagi pemikir yang ahli bahasa. Dari semua pantun ini anda bisa mengetahu ciri-ciri pantun. Dengan jenis-jenisnya. Semoga bisa menjadi hiburan dan arti yang sekaligus melatih bahasa bagi pembaca.  Ciri-ciri tersebut bisa kalian lihat setelah ini.

1. Memiliki Empat Baris di Tiap Bait

Jika pantun mempunyai empat paragraf untuk tiap baitnya yang berada dalam satu susunan utama, jenis puisi lebih akrab menyebutnya sebagai bait. Tiap bait biasanya memiliki arti mendalam dari empat baris tersebut memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan jenis puisinya.

Pantun sendiri mempunyai beberapa ciri-ciri  pada baitnya selalu terdiri atas empat baris. Barisan kata-kata pada pantun dikenal juga dengan sebutan larik.

2. Memiliki 8-12 kata

Awal muasal pantun merupakan karya sastra yang tidak dituliskan, namun diungkapkan secara langsung dengan lisan. Maka dari itu, pantun memiliki rangkaian kalimat yang sangat singkat. Namun, tetap memiliki isi yang padat. Hal ini yang menjadi alasan setiap baris pantun terdiri dari 8-12 suku kata.

3. Memiliki sampiran/Isi

Di dalam ciri yang ketiga ini, akan diketahui keunikan dari pantun. Karena di dalam satu bait pantun pada baris pertama dan kedua merupakan sebuah sampiran yang berisikan hal-hal jenaka. Hal-hal jenaka ini tidak ada sangkut pautnya dengan isi yang berada di baris ketiga dan keempat. Akan tetapi akan selalu nyambung.

BACA JUGA : 100+ Kumpulan Kata-kata Lucu Humor dan Bijak Bikin Ngakak

Pantun Jenaka

pantun jenaka
http://ezem-qzn.blogspot.co.id

Sesuai namanya, jenis pantun yang satu ini memang memiliki kandungan isi yang lucu dan menarik. Pantun ini lebih sering di gunakan oleh banyak orang, karena isi dari pantun ini sangat menghibur bagi para pembaca atau penontonnya.  Pada umumnya pantun jenaka dipakai sebagai sindiran akan kondisi masyarakat yang dikemas dalam bentuk pantun jenaka.

Besar Pasak

Daripada tiang

Aku sudah sesak

Ingin dipanggil sayang

 

Burung Nuri Burung Perkutut

Makannya buah pepaya

Niat hati ingin kentut

Apalah daya keluar isinya

 

Pohon rambutan Pohon kaktus

Tumbuhnya di dekat rumah Joglo

Tertawa riang liat teman putus

Ternyata dia sendiri masih jomblo

 

Pergi ke pasar beli papan

Pulangnya membawa nampan

Percuma punya wajah tampan

Kalau pacarnya juga tampan

 

Memasang jemuran memakai tang

Digunakan untuk menjemur pakaian

Niat hati menagih utang

Pulangnya hanya mendapat cacian (galakan yang ngutang)

Contoh Pantun Agama

lucu
Alasantri.com

Pantun agama berisi hal-hal yang berupa nasihat. Menyampaikan pesan moral kepada pendengarnya. Pantun agama ini juga mempunyai pesan tersendiri, akan tetapi lebih spesifik kepada pembahasan agama yang menghubungkan manusia dengan penciptanya.

Saya pergi beli tembaga

Saya pakai untuk merekatkan parang

Apabila ingin masuk surga

Sering-sering mengaji dan sembahyang

 

Sebatang pohon daunnya rimbun

Lebat daunnya tiada buahnya

Walaupun hidup seribu tahun

Kalau tak sembahyang apa gunanya

 

Asam kandis asam gelugur

Kedua ayam si riang-riang

Menangis mayat di pintu kubur

 

Terkenang badan tidak sembahyang

Dari kecil nak cincilak padi

Sudah besar cincilak padang

Dari kecil nak duduk mengaji

 

Sudah besar tegak sembahyang

Malam ini malam Jumaat

Esok malam Sabtu

Kita ini umat Muhammad

Jangan sampai meninggalkan waktu

BACA JUGA : 14+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

Contoh Pantun Teka-Teki

Contoh Pantun Teka-Teki
http://thebloodpoets.com

Ciri khas dari pantun teka-teki ini adalah dalam larik terakhir pasti diakhiri dengan kalimat pertanyaan. Hal ini bertujuan untuk menghibur dan mengakrabkan.

Tumbuh di sela-sela batu

Lebar kepala daripada badan

Cobalah tebak apakah itu?

Jawaban

Indah nian bunga melati

Mekar selalu sepanjang hari

Jawabannya sudah di hati

Itu pasti ikan pari

 

Putih-putih warna awan

Indah dilihat dari jendela

Coba tebak wahai kawan

Hewan apa ekor di kepala?

Jawaban

Dari Mekah lalu ke Jedah

Bawa gelas lalu pecah

Itu teka-teki mudah

Jawabannya adalah gajah

Contoh Pantun Anak

Contoh Pantun Anak
http://www.pantun123.com

Pantun anak-anak bersifat ringan. Karena pantun anak-anak ini bertujuan untuk menghibur anak-anak dan juga memberikan didikan oral kepada anak melalui syair-syair yang dilantunkan untuk mereka. Sekaligus untuk mengenalkan anak kepada pantun.

Burung merpati burung dara

Terbang tinggi jauh melanglang

Hati ini amat gembira

Sebentar lagi ayah pulang

 

Burung dara terbang melanglang

Hinggapnya di pucuk dedahanan

Setiap kali ayah pulang

Selalu saja ada makanan

 

Kolang kaling es kelapa

Campur sedikit air nira

Ayah pulang bawa apa

Ayah pulang bawa gembira

 

Rajut kain dengan benang

Rajutnya dengan putri dayang

Ayah pulang hati senang

Wajah ibu juga riang

 

Sapi putih tarik pedati

Pedatinya bergoyang-goyang

Ayah selalu baik hati

Aku ditimang aku disayang

Contoh Pantun Nasehat

pantun nasehat anak
http://interioritats.blogspot.co.id

Pantun nasehat adalah bentuk suatu pesan yang digunakan untuk memberi saran kepada semua orang atau masyarakat. Pantun ini bersifat membangun dan menasihati dengan isi-isi berupa nasihat yang akan disampaikan

Contoh Pantun Cinta

download
http://fas-rya.blogspot.co.id

Jenis dari pantun cinta yang romantis ini bukanlah sekedar tulisan biasa. Akan tetapi bisa kamu gunakan untuk menggoda istri atau pacarmu yang sekarang.

Di pinggir kolam makan bubur.
Jangan lupa pakai keripik.
Dari semalem aye ga bisa tidur.
Selalu teringat wajah mu yg cantik.

jln-jln kepasar baru.
jangan lupa beli kain biru.
kalau kamu cinta padaku.
katakanlah I love u.

kalau kau punya keris.
bunuh lah ikan hiu.
kalau kau pandai bahsa inggris.
apah artinya I LOVE u.

jalan-jalan ke kota paris
banyak rumah berbaris-baris
biar mati diujung keris
asal dapat dinda yang manis…

ke cimanggis membeli kopiah
kopiah indah kan kau dapati
begitu banyak gadis yang singgah
hanya dinda yang memikat hati

jika aku seorang pemburu
anak rusa kan kudapati
jika dinda merasa cemburu
tanda cinta masih sejati

darimana datangnya lintah
dari sawah turun ke kali
darimana datangnya cinta
dari mata turun ke hati

Kue cucur dari sang Dewa
Kue lumpia dari bang Tohir
Jujur aku kecewa
Bila semua harus berakhir

Naik Onta lihat Pemandangan
Makan Bubur ditambah Cuka
Biarlah Cinta dan Kenangan
Kan Terkubur bersama Luka

Pantun Lucu

meme pantun lucu 1
Lucu.ME

Pantun lucu adalah pantun yang berisi humor. Pantun ini sama dengan pantun jenaka yang bersifat komedi. Pantun ini sangat cocok dibaca saat merasa bosan atau saat bersantai pada sore hari setelah seharian berkutat dengan dunia kerja:

  1. Ikan kembung ikan sapu
    Burung irian burung cendrawasih
    Itulah pantun lucu dariku
    Cukup sekian terima kasih
  2. Beli kentang dibuat rujak
    Biar mantap ditambah sambal
    Tidur terlentang tiada nyenyak
    Tidur tengkurap ada yang mengganjal
  3. Pohon ara dibuat gubuk
    Pasang pasak biar tegak
    Resiko asmara dunia facebook
    Cinta ditolak blokir bertindak
  4. Malam hari main kolintang
    Bersama pacar tersayang
    Bagaimana hati tidak bimbang
    Kepala botak minta di kepang

Contoh Pantun Pendidikan

pantun pendidik
.rayuancinta.com
  1. Dua Mei hari pendidikan
    Hari lahir Ki Hajar Dewantoro
    Jika orang tidak berpendidikan
    Seumur hidup bakal sengsara
  2. Ramai orang membeli jamu
    Dibawah pokok cuaca redup
    Bersungguh-sungguh mencari ilmu
    Ilmu dicari penyuluh hidup
  3. Di sana gunung di sini gunung
    Ditengahntya ada gunung Rajabasa
    Ke sana ke sini bingung
    Lebih baik ke sekolah saja
  4. Kain tenun dari Sumbawa
    Kain batik dari Pekalongan
    Jika ingin jadi mahasiswa
    Sekolah dasar jangan diabaikan
  5. Hujan pun turun di Januari
    Membuat banjir di sekitaran
    Kita belajar sepanjang hari
    Dari buaian sampai kuburan
  6. Air tak hanya ada di gelas
    Di teko ada air selalu
    Guru tak hanya ada di kelas
    Pengalaman pun juga gurumu
  7. Sesama burung saling sahuti
    Janganlah sampai ada kelahi
    Sesama teman saling hormati
    Janganlah malah saling memaki
  8. Pohon yang tinggi menjulang teguh
    Janganlah sampai ia ditebang
    Guru mengajarlah dengan sungguh
    Jangan sekadar mencari uang
  9. Sesudah sungai kian meriak
    Air pun ngalir hingga lautan
    Sesudah dapat ilmu yang banyak
    Lalu ajarkan juga amalkan
  10. Jangan remehkan si burung hantu
    Sebab dia pun pandai memekik
    Janganlah sombong bila berilmu
    Sebab hal itu tidaklah baik
  11. Percuma punya liontin emas
    Kalau emasnya emas yang palsu
    Percuma punya otak yang cerdas
    Jika akhlaknya buruk selalu

Contoh Pantun Perpisahan

pantun-perpisahan-13-728
www.slideshare.net
  1. Batang selasih permainan budak
    Berdaun sehelai dimakan kuda
    Bercerai kasih tertalak tidak
    Seribu tahun kembali juga
  2. Mudik ke hilir berperahu layang
    Berkunjung sebentar di indera giri
    Pergilah kasih pergilah sayang
    Pkamui-pkamui melindungi diri
  3. Batang selasih permainan budak
    Tumbuhnya jarang tepi telaga
    Bercerai kasihbuakn kehendak
    Paksaan orang dituruti juga
  4. Ikan sepat dimasak balada
    Kuah bakso jadi bumbunya
    Kalau tak dapat dimasa muda
    Akan kutunggu sampai menjkamu

Contoh Pantun Adat

pantun adat
http://www.pantun123.com
  1. Pohon nangka berbuah lebat
    Bilalah masak harum juga
    Berumpun pusaka berupa adat
    Daerah berluhak alam beraja
  2. Penghapus putih berbahan karet
    Jikalau hitam penghapus jua
    Kain yang indah ialah songket
    Pusaka adat patut dijaga
  3.  Ditengah Sumatera ialah Jambi
    Disebelahnya Sumatera Barat
    Suluh bendang dalam nagari
    Tugas penghulu menjaga adat

BACA JUGA : 20+ Contoh dan Cara Penulisan Daftar Pustaka

Contoh Pantun Perkenalan Diri

download (1)
http://katakatamutiarayangbijak.blogspot.co.id

Beli baju di butik

Ukuran bajunya kegedean

Halo kawan baik

Boleh dong kita kenalan

 

Kalau ke Kota Bandung jadi tujuan

Marilah kita seiring-sejalan

Begitu yang saya maksudkan

Bolehlah kita saling kenalan

 

Siang-siang enaknya makan buah Semangka

Panas dari matahari yang tidak enaknya

Memang kamu banyak akalnya

Katakan saja pingin kenalan

 

Ke Surabaya naiklah kapal

Kapal besar itu bukan perahu

Inginnya sih kepingin kenal

Apalah daya hati ini yang malu

 

Kalau ingin cepat menghafal

Tidak usah membaca buku

Kalau memang kepingin kenal

Katakan saja tidak usah malu

 

Anak sekolah harus membaca buku

Biar lancar pelajaran di sekolahnya

Kalau belum tau namaku

Kenapa kamu tidak bertanya

 

Udara dingin karena tidak pakai baju

Bakarlah api dengan papan

Kalau ingin kenal baik denganku

Bicaralah dengan sopan

 

Kedai kopi ada di pinggir jalan

Menjual banyak bubuk kopi yang lain

Mengapa marah hanya untuk sebuah perkenalan

Asal tidak menuju sesuatu yang lain

Contoh Pantun Nasib

pantun
http://www.maribelajar.web.id

Mati lampu hidup lilinnya
Hidup lilinnya di atas meja
Kini Terpaksa putus cinta
Karna diriku miskin tak berpunya.

Pantau melangkah pelatuk loncat
Segera melompat didahan lentur
Kalau sudah mengantuk berat
Dimana tempat pastinya tertidur.

Hari minggu ga kemana
mau maen nunggu yg jemput
apakabar adik disana
ini abang bersihin rumput.

Seiring nada irama berpadu
Lagu tentang kisah seorang
Sungguh dinda sangat rindu
Rindu abang jauh diseberang.

Jalan jalan ke toko butik
di tengah jalan ada maling
emang kamu mukanya cantik
tapi hatimu seperti anjing.

Emang sulit pelajaran fisika
Apa lagi pelajaran mtk
Emang sulit melupakan cinta
Apalagi cinta km yg pertama.

berlomba lomba melempar manggis
manggis dilmpar mangga terjerat
mencoba coba melamar gadis
gadis dilamar janda didapat.

Aming Kerja
Malam Hari Lembur
pusing kepala
gmna bisa tidur?

Cantik cantik anak pak kadir
Tak seindah putih permata
Mungkin ini sudah takdir
Menjalani hidup penuh airmata.

Hari minggu beli obat kadas
Jangan lupa juga beli kue bolu pelangi
Punya istri bermulut pedas
Setiap hari makan hati.

Jika duduk sendiri di bawah pohon jambu air
Suruh manjat  sama surti
Entah kapan derita ini berakhir
Mungkin hingga aku mati.

Wajah azizah teramat hitam
Bagai adang di pantat wajan
Capek kerja tengah malam
Waktu pulang diguyur hujan.

 

Contoh Pantun Sahabat

pantun
www.flickr.com/

Ke pasar beli pita
Beli juga sekotak dupa
Selain aku cantik jelita
Aku juga bisa jadi sahabat setia….

 

Kalau mandi gak usah nangis
Jangan lupa bawa handuk
Hai kamu yang manis
Kita temenan yukk,,,???

 

Kembang gula nyangkut di gigi
Untuk aku minum jamu
Kemanapun kamu mau pergi
Kamu tetap jadi sahabatku

 

Hujan turun laut memburu
Dingin malam mengusik kalbu
Biar batu menjadi debu
Aku tetap sahabatmu

 

Mata perih mengupas bawang
Sampai menangis tersedu-sedu
Wahai temanku tersayang
Aku sangat merindukanmu

 

Pergi berlayar dengan perahu
Ketemu hiu beranak satu
Hanya kamu teman baikku
Semoga kita tetap bersatu

 

Contoh Pantun  Ibu

pantun-hari-ibu
http://neupak-tarang.blogspot.com

Ke bandara naik pesawat terbang

Terbang menuju kota kamu

Waktu kecil aku engkau timang

Waktu besar saatnya bahagiakanmu

 

Setiap siang membaca buku

Buku tentang trik cara sulap

Setiap malam kau cium pipiku

Hingga tidurku begitu terlelap

 

Jangan pernah katakan rahasia

Jika kau tak sanggup untuk bilang

Engkaulah yang melahirkanku ke dunia

Dan kau belai dengan kasih sayang

 

Ke gunung untuk mendaki

Mendaki adalah hobiku

Ibu izinkan kucium telapak kaki

Karena disitulah tempat surgaku

 

Siang siang minum jamu

Jamunya enak dan kusuka

Maafkanlah aku selaku anakmu

Yang mungkin pernah durhaka

 

Tepung terigu tepung kanji

Harganya puluhan ribu

Suatu saat nanti aku berjanji

Akan membahagiakanmu ibu

 

Di depan rumah ada tamu

Ternyata dia Si Melisa

Terimakasih atas kasih sayangmu

Yang tak terhingga sepanjang masa

Contoh Pantun Jomblo

gambar sedih prihatin saat malam minggu buat dp bbm
http://www.pantunplayboy.tk

membaca majalah di depan toko

dengar terompet di kota mekah

salam manis buat para jomblo

moga pantun ini menjadi berkah

 

suka banget makan soto

biar enak campur acar

emang nasib para jomblo

slalu di ejek sama yang punya pacar
hari jum’at makan bakso

lihat orang jualan ayam penyet

ini nasib seorang jomblo

malam minggu pergi kewarnet

 

mancing ikan lele jumbo

di ajak pergi sama temen

biarin kata gua jomblo

yang penting banyak yang demen

 

ikan mas di dalam kali

di tangkap oleh petani

biar kata gua sendiri

tapi hidup gua slalu berbagi
sungguh enak makan mie ayam

apalagi di traktir teman

lagi-lagi di sabtu malam

ga ada kerja’an y mikirin mantan
buah rambutan

daun kedondong

hay mantan

balikan lagi dong

 

pulang-pulang dari kota kediri

sampai di rumah mandi di kali

malang banget hidup sendiri

susah senang orang ga peduli

 

anak orang lagi melonggo

anak ayam di ambil orang

kenapa aku masih menjomblo

karena jodoh ku di pinjam orang

 

pergi ketoko bersama ibu

ada rencana membeli buku

buakan aku ga laku-laku

karena ganteng ku aja orang ga tau

Contoh Pantun Maaf

Contoh Pantun Maaf
http://www.contohsuratku.net

Masuk ke hutan mencari kayu

Kayu dibakar supaya anget

Kamu mau minta maaf sama akyu ..

Maaf aja apa maaf banget

 

Adik cantik pakai kebaya

Dengan kerudung semakin manis

Adik jangan marah lagi ya…

Jangan buat abang menangis …

 

Kehulu sungai gunakan rakit

Dari bambu diikat kuat

Bila ucapku buatmu sakit

Maaf darimu sangat kuharap

 

Ke sungai memancing bawal

Digoreng kering untuk sarapan

Mumpung masih di bulan syawal

Salah dan khilaf mohon maafkan

 

Kapas dipintal menjadi benang

Untuk dibuat si kain kafan

Bila jamuan kurang berkenan

Mohon maaf kami ucapkan

 

Kain batik dari ciamis

Dengan selendang pergi kondangan

Adik cantik jangan menangis

Kalo abang salah tolong maafkan

Pantun Jasa Guru

log 1
elompok4tiksmanda.blogspot.co.id

 

Orang haji dari Jeddah

Buah kurma berlambak-lambak

Pekerjaan guru bukanlah mudah

Bagai kerja menolak ombak

 

Australia negeri kangguru

Indonesia alamnya permai

Sungguh mulia jasamu guru

Mendidik kami menjadi pandai

 

Kotabaru penuh pesona

Martapura si kota intan

Guru-guru yang bijaksana

Patut ditiru jadikan teladan

 

Dari Bekasi ke pasar baru

Kita bertemu di rumah makan

Terimakasih untukmu guru

Budi jasamu tak terlupakan.

 

Bunga cengkeh, bunga matahari,
Harum wangi di ruang tamu;
Usahamu gigih setiap hari,
Mendidik kami tanpa jemu.

Laungan azan jauh kedengaran,
Hati tenang mengucap syukur;
Penuh sabar memberikan ajaran,
Kesalahan kami sentiasa ditegur.

Jarum emas di dalam peti,
Dibawa pergi sambil berlari;
Nasihat diberikan tidak berhenti,
Supaya kami membaki diri.

Wajahmu manis tersemat di hati,
Setiap masa bersuara tenang;
Wahai guru yang kami hormati.
Jasamu mulia tetap dikenang.
Sejambak bunga dari taman,
Untuk guru kuhadiahkan;
Pesananmu tetap jadi pedoman,
Mendorong aku mencapai kejayaan.

Sejarah Pantun

sejarah pantun
http://www.ilmusiana.com

Pantun karya istimewa yang dibuat dari sebuah penjiwaan yang mendalam. Pantun sendiri keluar berasal dari penjiwaan, rasa, emosi dan pikiran seseorang senandung yang di tuangkan ke dalam karya tulis yang kita kenal sebagai pantun.

Menurut sejarah pada jaman dulu, pantun merupakan salah satu persamaan dari kata parik yang berarti pari, menurut bahasa jawa artinya paribasa atau peribahasa dalam bahasa Melayu. Arti ini juga berdekatan dengan umpama dan seloka yang berasal dari India.

Pantun juga salah satu karya tulis yang asal muasalnya dibuat untuk kalangan Raja Ali Haji. Sampai sekarang ini pantun di jadikan suatu bahan yang di angkat di suatu acara-acara menjadi hiburan sebagai pembuka sebelum acara di mulai.

pantun yang pertama itu berjudul Perhimpunan Pantun-Pantun Melayu. Genre pantun merupakan genre yang paling bertahan lama. Pantun memang hampir sama dengan puisi. Namun masih bisa di bedakan antara pantun dan puisi.

Karena dari masing-masing pantun dan puisi memiliki ciri khas tersendiri. Pantun berasal dari kata patun dalam bahasa Minang Kabau yang berarti “petuntun”.

Sampai saat ini pantun masih jadi budaya orang-orang Melayu hingga mancanegara. Pantun  juga menjadi sebuah tugas mata pelajaran bahasa indonesia. Mulai dari sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pengertian Pantun Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian pantun menurut para ahli yang antara lain yaitu:

Menurut Herman J Waluyo “2005:32”

Pantun merupakan puisi melayu asli yang sudah mengakar lama di budaya masyarakat.

Menurut Kaswan Dan Rita “2008:77”

Pantun merupakan sastra tulis yang berasal dari melayu. Dengan ciri pada satu baitnya terdiri atas empat baris dan memiliki sajak a-b-a-b, larik pertama dan kedua berupa sampiran, sedangkan larik ketiga dan keempat berupa isi sampiran tidak berisi maksud hanya diambil rima persajaknya, jadi hendak membuat pantun, sebaiknya membuat dulu isinya kemudian menyusul sampirannya.

Menurut Edi Dan Farika “2008:89”

Pantun merupakan bentuk puisi lama yang dikenal luas dalam berbagai bahasa di nusantara, dalam bahasa Jawa pantun dikenal sebagai parikan, sedangkan dalam bahasa sunda pantun dikenal sebagai paparikan.

Menurut Alisyahbana “2004:1”

Pantun merupakan puisi lama yang sangat dikenal oleh orang dulu atau sangat dikenal pada masyarakat lama. Pantun memiliki ciri-ciri seperti tiap bait terdiri dari empat baris dan setiap baris terdiri atas 4-6 kata atau 8-12 suku kata. Dimana baris pertama dan kedua disebut dengan sampiran dan baris ketiga dan keempat disebut dengan isi.

Menurut Hidayat “2010:1”

Pantun ialah sebuah susunan kata-kata yang indah, yang di kemas menjadi suatu sasta lisan yang memiliki tujuan untuk menghibur semua orang melalui rasa dan pikirannya.

Menurut Sunarti “2005:11”

Pantun sebagai salah satu bentuk puisi lama, memiliki keindahan tersendiri dari segi bahasa, yang salah satu keindahan bahasa dalam pantun ditandai oleh rima a-b-a-b.

Menurut R.O. Winsted

Pantun bukanlah sebuah kalimat biasa. Pantun memiliki arti yang mendalam. Karena di buat dari sebuah penjiwaan, maka dengan kalimat yang sedikitpun, ia memiliki arti yang luas. Itulah yang menjadikan pantun sebuah karya tulis yang istmewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.