13+ Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign Formal, Sopan dan Halus

13+ Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign Formal, Sopan dan Halus

Contoh Surat Pengunduran Diri – Surat pengunduran diri merupakan jenis surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan perusahaan, yang bersifat informasi dari karyawan atau bawahan, dengan tujuan pengunduran diri sebagai karyawan dikantor atau perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Adakalanya anda mengalami titik jenuh pada instansi tersebut dan anda memilih untuk resign dari kantor anda untuk mendapatkan pengalaman baru dan pendapatan baru yang lebih tinggi di luar.

Atau mungkin anda kurang puas dengan gaji yang anda dapatkan sekarang dan ingin mencari tempat baru yang mampu menggaji anda lebih tinggi.

Meskipun anda mendapatkan tawarn yang menggiurkan atau bahkan sudah di terima oleh perusahaan yang mampu menggaji anda lebih tinggi dari tempat kerja anda yang dulu. Akan tetapi etika harus dijaga, maka dari itu kamu tidak bisa meninggalkan kantor begitu saja.

Apabila anda meninggalkan tanpa pesan atau kabar,  akan jelek di mata perusahaan atau pimpinan di tempat anda bekerja.

Surat pengunduran diri yang kamu buat, berfungsi sebagai rasa hormat anda terhadap pimpinan dan rekan kerja yang lainnya. Agar tetap menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan tersebut.

Surat pengunduran diri tersebut harus dibuat dengan sopan dan dengan bahasa yang relevan, agar lebih mudah dibaca oleh pimpinan setempat.

Pengertian Pengunduran Diri

Pengertian Pengunduran Diri
blog.talenta.co

Surat pengunduran diri merupakan sebuah tulisan resmi yang dibuat oleh karyawan yang hendak berhenti atau resign. Dengan begitu, karyawan yang menulis surat tersebut akan meninggalkan tempat pekerjaan dengan baik dan tanpa sangkutan apapun.

Surat pengunduran diri harus mencantumkan isi tentang alasan anda untuk mengundurkan diri. Alasan tersebut harus ditulis secara jelas, dan ringkas tanpa menjelekan kekurangan dari perusahaan tersebut.

Baca Juga: 

Penyebab Mengundurkan Diri

Penyebab Mengundurkan Diri
sharingkali.com

Umumnya surat pengunduran diri dibuat karena ada hal-hal yang kurang berkenan pada karyawan yang ingin berhenti dari tempat kerja tersebut, berikut adalah beberapa alasan umum yang digunakan pegawai ketika menyatakan resign dari sebuah perusahaan.

1. Rendahnya Gaji

Seperti yang dicantumkan di awal, alasan seseorang bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, gaji merupakan aspek paling penting bagi seorang pekerja. Paling tidak, gaji yang diberikan kepada karyawan harus seimbang dengan tenaga yang ia keluarkan.

Dengan begitu para pekerja bisa mengukur tingkat penghasilan sesuai dengan tenaganya. Adapula karyawan yang mencari penghasilan lebih besar, agar bisa menutup biaya kebutuhannya, apabila tidak bisa menutupi semua kebutuhannya, biasanya karyawan mencari pekerjaan lain alias mengundurkan diri karena tidak sebanding dengan kebutuhannya.

2. Tidak Ada Kenaikan Jabatan

Semua orang menginginkan jenjang karir untuk masa depan, agar lebih jelas kedepannya dan yang tentunya mempunyai tunjangan atau penghasilan yang bertambah ketika ada kenaikan jabatan.

Jika karyawan tersebut sudah bekerja dengan maksimal tetapi masih tidak dianggap ataupun masih di sepelekan alias tidak di naikan jabatannya yang berdasarkan pengabdiannya bertahun-tahun dengan prestasi yang cemerlang. Pekerja akan merasa sangat kecewa.

Bukan saja dia akan keluar akan tetapi karena rasa kecewanya, karyawan tersebut bisa bermalas-malasan yang akhirnya akan mempengaruhi semuanya, seperti pekerjaannya biasa selesai dengan cepat, kali ini tidak tepat dn bahkan ditinggalnya. Dan yang akhirnya laporan atau data yang akan diserahkan terhambat karena belum selesai.

Itulah mengapa jenjang karir sangat berpengaruh terhadap pegawai atau karyawan yang bekerja dimanapun. Namun pada umumnya banyak orang yang berhenti atau resign apabila sudah di kecewakan.

3. Tidak Cocok Dengan Tempat Kerja

Terkadang seseorang membutuhkan tempat yang  menurutnya lebih nyaman dan bersahabat dengan semua rekan kerja. Dengan begitu bisa mempengaruhi etos kerja seseorang dan bisa membuat bosan yang akhirnya malas bekerja.

Lain halnya dengan karyawan yang sudah bekerjabertahun-tahun, dia sudah merasakan nyaman dan betah. Itu lah mengapa terkadang tempat yang menurutnya tidak nyaman menjadi salah satu faktor berhentinya seseorang sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

Etika dalam Bekerja

etika kerja
http://lpknahami.blogspot.co.id

Apapun alasan anda resign dari pekerjaan yang lama, anda harus membuat yang namanya surat pengunduran diri dari kerja. Karena menandakan rasa hormat anda terhadap rekan-rekan dan terutama pimpinan perusahaan. Sebagaimana seperti saat ada ingin melamarnya.

Etika yang benar memang seperti itu. Hal ini adalah wujud dari penghormatan terhadap perusahaan yang telah memberikan pekerajaan anda selama ini. Dan bukan hanya itu, apabila anda bekerja disebuah perusahaan besar, dengan seketika anda pergi tanpa pamit, tentunya anda akan diblacklist dari rekanan perusahaan tersebut dan nama andapun jekek dimata pimpinan.

Manfaat Membuat Surat Pengunduran Diri

manfaat surat pengunduran diri
http://sdasby.blogspot.co.id

Bisa menyampaikan niat anda untuk berhenti dari pekerjaan yang anda jalani sekarang. Dan dari pengajuan tersebut ada kemungkinan bisa dapat pertimbangan dari pimpinan perusahaan, dan biasanya menjadi suatu negosiasi antara kedua belah pihak.

Terjadinya negosiasi tersebut apabila pimpinan dari perusahaan tersebut masih menginginkan atau membutuhkan tenaga ahli daripada pemohon. Dalam menulis surat pengunduran diri

harus membuat alasan yang masuk akal dan logis. Jangan membuat alasan yang bisa mengundang amarah atau menyinggung pimpinan seperti halnya anda menulis alasan anda berhenti dikarenakan gaji yang kecil dan fasilistas kuran memadai. Meskipun memang benar adanya, setidaknya kita harus tetap menghargai.

Gunakanlah alasan yang membuat pimpinan atau rekan-rekan kerja anda tidak berfikir macam-macam tentang keputusan resign anda secara tiba-tiba misalnya, karena mau berpindah rumah keluar kota yang tidak memungkinkan bisssa melanjutkan pekerjaannya.

Atau bisa juga anda memakai alasan ingin menikah dan tinggal dirumah istri/suami, dengan begitu pastinya bisa di maklumi dengan keputusan anda untuk mengundurkan diri.

1. Anda Lebih Terhormat dan Profesional

Setiap keputusan yang anda ambil harus memakai adab dan sopan santun, jangan pergi menghilang begitu saja. Apalagi pergi dengan meninggalkan segudang pekerjaan yang belum di selesaikan. Ada baiknya kita menyelesaikna pekerjaan kita dulu dan setelah itu mengajukan surat pengunduran diri kepada pihak perusahaan.

Apabila anda mengundurkan diri secara baik-baik, maka perusahaan akan memaklumi maksud dan tujuan anda. Dan perusahaanpun akan menghargai sikap anda yang bertanggung jawab, rasa hormat serta mempunyai etika dan tata krama. Beda halnya jika anda minggat dari perusahaan tempat anda bekerja tanpa surat pengunduran diri atau langsung kabur.

Memberikan Perusahaan kesempatan untuk mencari pengganti untuk mengisi posisi yang Anda tinggalkan

Surat resign atau surat pengunduran diri kerja diajukan biasanya sebelum waktu Anda mengundurkan diri. Misalnya, Anda ingin mengundurkan diri pada tanggal 30 Desember 2017, anda harus membuat surat resign sebelum tanggal tersebut, Anda harus sudah mengajukan surat pengunduran diri.

Dengan demikian perusahaan dapat mempersiapkan diri untuk mencari pengganti anda agar pekerjaan yang anda tinggalkan sudah ada yang mengganti sehingga perusahaan akan tetap berjalan selepas anda mengundurkan diri.

Hal ini akan memberikan kesan baik pada anda, berbeda jika anda tiba-tiba kabur, perusahaan akan memandang anda orang yang tidak bertanggung jawab, dan akan berakibat negatif bagi nama anda di dunia pekerjaan.

Jika Anda memiliki niat untuk mengundurkan diri dari pekerjaan (resign), berikut ini kami siapkan contoh surat resign dengan beberapa posisi; ada contoh surat resign kerja, resign hotel, pengunduran diri organisasi, resign bank, perusahaan, dengan berbagai alasan yang baik dan sopan serta resmi.

1. Mengungkapkan Alasan Pengunduran Diri
Dalam membuat surat resign, diperlukan penjelasan dari alasan kenapa ingin berhenti atau resign. Karena itu merupakan isi dan turuan dari surat pengunduran diri tersebut. Tetapi jika anda mempunyai alasan yang sekiranya menyinggung pimpinan perusahaan, maka sebaiknya menggantikannya dengan alasan yang bisa dimaklumi agar tetap terjalin hubungan baik antara kedua belah pihak agar menjaga kebaikan kedua belah pihak.

2. Permohonan Maaf
Merendahkan diri untuk meminta maaf apabila selama bekerja, kinerja anda masih jauh dari kata sempurna dan membuat kesalahan terhadap pimpinan serta rekan-rekan sekalian.

3. Ucapan Terima Kasih
Selanjutnya setelah di setujui pengajuan dari surat pengunduran diri tersebut, jangan lupa mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan untuk bergabung disebuah perusahaan yang membesarkan anda dengan berbagai pelajaran yang telah dipetik selama bekerja ditempat tersebut.

4. Harapan
Memberikan harapan kepada perusahaan atau tempat anda bekerja, misalnya seperti mendoakan semoga lebih maju dari sekarang.

Format atau Susunan Surat Pengunduran Diri

format surat resign
http://www.tribunnews.com

Membuat surat resign atau pengunduran diri tidak bisa asal-asalan saja. Tetap harus mengikuti aturan dan susunannya, agar surat tersebut diakui sah dan resmi. Sebenarnya ada banyak macam format surat pengunduran diri, akan tetapi masih banyak yang bingung untuk membuatnya.

Sebenarnya, format dari surat pengunduran diri itu sangat sederhana. Hanya saja yang perlu diperhatikan ialah kata dan bahasa yang sopan serta relevan, agar mudah dipahami.

Karena jika dari bahasa anda ada yang kurang berkenan dihati pimpinan tersebut, akan membuatnya malas untuk membaca. Maka dari itu diperlukan etika dalam menyusun ssebuah surat pengunduran diri tersebut.

  1. Pada tahap awal anda harus mencatat tanggal surat tersebut sebelum diberikan atau mengajukan kepada pimpinan setempat. Dan pada umumnya waktu dengan tanggal harus ditulis dibagian atas kanan.
  2. Setelah itu mencantumkan nama lengkap anda beserta alamat dan jabatan yang anda jalankan sekarang. Tujuan dari identitas dan jabatan atau bagian/bidang tersebut agar bisa lebih dikenal siapa sebenarnya anda. Karena biasanya seorang bos besar jarang ada waktu untuk mengenal karyawan atau anak buahnya.
  3. Tahap selanjutnya anda harus menjelaskan isi dari surat pengunduran diri yang secara resmi ingin memohon pengunduran diri anda dari pekerjaan yang anda jalani sekarang. Beserta alasan yang jelas serta masuk akal.
  4. Ditambahkan tanda tangan dan juga nama terang.
  5. Dan jangan lupa menyertakan materai.

Apabila beberapa contoh diatas sudah anda pahami, maka hal yang perlu diperhatikan selanjutnya ialahjika beberapa komponen di atas sudah Anda pahami dengan baik, hal

menyimak contoh surat pengunduran diri secara langsung. Dan sangat diperlukan dalam membuat surat pengunduran tersebut harus disesuaikan dengan EYD.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

cara membuat surat
http://contohsiumi.com

Dalam pembuatan surat pengunduran diri meliki ciri struktur yang hampir sama dengan surat lamaran kerja, yaitu mempunyai sifat pertimbangan dan etika yang benar-benar matang. Apalagi jika anda memang menjadi karyawan yang diandalkan oleh perusahaan.

Format penulisan surat pengunduran diri, layaknya surat resmi biasanya harus memuat bagian-bagian surat seperti:

  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Nama dan alamat yang dituju
  • Isi surat dengan bahasa yang baik
  • Tanda tangan
  • (bila perlu) materai

Selain itu surat pengunduran diri juga memiliki etika dalam penulisan, serta dengan nama lengkap. Berikut beberapa tips penulisan surat resign yang akan dipertimbangkan dihadapan atasan.

  • Isi surat ringan dan padat.
  • Menulis ucapan terima kasih, untuk pimpinan perusahaan serta rekan-rekan kerja.
  • Tidak menampilkan kesan buruk dan negatif tentang perusahaan
  • Tuliskan alasan pengunduran diri dengan sebaik dan sejelas mungkin
  • Sertakan beberapa landasan hukum yang mendasari pengajuan surat pengunduran diri tersebut.
  • Jika perlu bubuhi juga kata-kata atau bahas terakhir sebelum pergi meninggalkan rekan-rekan kerja anda, agar terciptanya suatu momentum yang tetap di kenang untuk selamanya.

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Kepada Yth,

HRD PT. Lingga Buana

Di

Tempat

Melalui surat ini, saya Suryana mengundurkan diri dari PT. Lingga Buana, sebagai (Jabatan terakhir Kepala Gudang) terhitung sejak tanggal 11 Februari 2016.

Dengan ini saya ucapkan banyak terimakasih atas segala waktu dan kesempatan yang diberikan untuk saya, sehingga bisa bergabung atau bekerja di PT. Lingga Buana ini. Dan beribu-ribu maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Lingga Buana apabila  saya membuat kesalahan baik itu disengaja taupun kelalaian yang telah saya lakukan selama bekerja.

Harapan saya semoga PT. Lingga Buana dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Jakarta, 12 Desember 2017

Hormat Saya

 

 

( Suryana )                                                                                           ( Budiman Atmaja)

[/su_note]

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Kepada Yth :

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa

Bapak Dr.H.Jaka Abraham Sitompul

Di Jakarta

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dengan rasa hormat, saya sampaikan semoga Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat dalam keadaan sehat walafiat.

Bersama dengan surat ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa (PDB) yang memberi kepercayaan kepada saya untuk dapat menjadi bagian Pengurus Partai yang Bapak pimpin.

Saya berharap PDB harus tetap semangat dalam memperjuangkan budaya dan kemanusiaan yang tengah mengalami perubahan secara drastis di Negeri yang tercinta ini. Saya pribadi akan selalu mendukung semangat perjuangan dalam hal ini.

Demikian surat ini, dengan hormat saya memohon kepada Bapak Ketua Umum PD, agar sekiranya ada pengertian dari Bapak bahwa mulai hari ini saya menyatakan pengunduran diri saya sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Magelang.

Keputusan ini memang sangatlah berat karena harus meninggalkan rekan-rekan seperjuangan dari beberapa kalangan. Tapi tidak menutup semangat juang ini berkat Bapak yang terhormat. Dan saya lebih fokus dalam memperjuangkan aspirasi politik yang saya yakini. Semoga Bapak bisa memaklumi dan memahami keputusan ini, dan saya mohon keputusan ini tidak menjadikan putusnya tali silaturahmi diantara kita.

Terima kasih atas waktu dan  perhatian Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat selama ini.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam Hormat,

 

 

Abdul Khairi

[/su_note]

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Hamil

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Yogyakarta, 18 Oktober  2018

Kepada Yth,
HRD Manager PT. Kirana Abadi
Jl. Imam Bonjol 201
Jakarta

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Antarisa Manduri bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Kinenta Indonesia sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 18 Oktober 2018.Dikarenakan usia kehamilan anak kedua kami dan keinginan untuk fokus dalam mengurus buah hati kami..

Saya ucapkan banyak terimakasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada saya, sehingga bisa bergabung di PT. Kirana Abadi Indonesia selama 3 tahun ini. Dan beribu-ribu maaf kepada seluruh staf, karyawan dan manajemen, apabila terdapat kesalahan yang disengaja tau kelalaian selama bekerja. Harpan saya, PT. Kinenta Indonesiatetap maju dan mendapat prestasi yang lebih baik dari sebelumnya.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sesungguhnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

 

 

Antarisa Manduri

[/su_note]

Surat Pengunduran Diri Sederhana

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Contoh pertama yang akan Anda dapatkan adalah surat pengunduran diri sederhana. Ini untuk Anda yang tipe orangnya tidak suka ribet dan suka yang to the point. Berikut contoh suratnya.

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Aldi Korin

TTL                              : Surakarta, 10 Agustus 1993

Jabatan                        : Kepala Gudang

Dengan surat ini saya bermaksud ingin mengajukan permohonan resign sebagai Kepala Gudang, terhitung sejak 21 November 2017. Pengunduran diri ini saya ajukan, karena melihat kondisi badan saya yang semakin hari semakin kurang sehat, dan sepertinya tidak memungkinkan untuk melanjutkan tanggung jawab di posisi tersebut.

Demikian surat permohonan saya, harap menjadi maklum.

Surakarta, 21 November 2017

Yang Menyatakan

 

Aldi Korin

[/su_note]

Surat Pengunduran Diri Guru

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Jakarta, 25 November 2015

Perihal : Pengunduran diri

Kepada Yth.
Adam Akbar S.Pd.
di Tempat

Assalaamu‘alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,
Bersama surat ini, saya:

Nama : Abdulloh Al hadad, S.Pd
Jabatan : Guru Matematika

 

Dengan ini mengajukan permohonan resign sebagai guru Ilmu Pendidikan Nasional IPS di SMAN Kandanghaur terhitung mulai tanggal 22 Desember 2017. Keputusan ini memang sangatlah berat, mengingat perjuangan kita semua yang sudah mencapai mencapai 10 tahun namun karena adanya berbagai alasan keluarga yang sangat mendesak, dan tidak bisa ditunda dengan jangka waktu yang lama, maka dari itu saya memutuskan untuk mengundurkan diri.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas waktu dan kesempatan yang sudah diberikan kepada saya sehingga bisa menjadi tenaga pengajar yang berguna untuk murid-muridku tercinta.

Dengan surat ini, saya ucapkan beribu-ribu maaf kepada seluruh guru dan staff pengajar di sekolah SMKN Kandanghaur apabila selama saya bekerja tidak disiplin atau ada kelalaian dalam waktu dan hal-hal lainnya yang kurang berkenan di hati.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya untuk menginformasikan kepada semua staff dan jajaran pengurus.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat saya,

 

 

Abdulloh Al hadad, S.Pd

[/su_note]

Surat Pengunduran Diri Alfamart & Indomart

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama      :

NIK          :

Jabatan   :

Toko       :

Menjelaskan bahwa mulai tanggal 22 Februari 2016 saya mengundurkan diri dari PT. Indomarco Prismatama.

Saya ucapkan banyak terimakasih kepada pimpinan PT.Indomarco Prismatama yang telah memberikan saya kesempatan untuk bekerja dan bergabung menjadi bagian dari keluarga besar PT.Indomarco Prismatama

Saya ucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan PT.Indomarco Prismatama apabila selama bekerja, saya melakukan kesalahan dan kelalaian dalam bertugas.

Harapan saya PT.Indomarco Prismatama tetap semangat dan terus berkembang dengan baik.

…………………, 25 Juni 2015

Hormat saya,

 

 

(……………………….)

(isi NIK)

Disetujui:

Kepala Toko                                                                                             Supervisor

 

 

(……………………….)                                                                            (……………………….)

Manager Area

 

 

(……………………….)

[/su_note]

Contoh Surat Pengunduran Diri Dengan Alasan Kesehatan

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Sukabumi, 16 Juli 2018

Kepada Yth.
Direktur Utama
PT SINAR JAYA INDONESIA

Jl. Ir Koasasih No 144
Sukabumi

Mengenai : Surat Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Melewati surat pengunduran ini, saya yang menandatangani di bawah ini.

Nama                           : Hardi Sutedjo
NIK                               : 19830000095
Unit                             : Pemasaran
Kedudukan                  : Leader Marketing

Memiliki maksud untuk mengajukan pengunduran diri kerja yang dimulai dari tanggal 16 juli 2018. Disebabkan keadaan kesehatan tubuh yang saat ini kurang baik sehingga dengan keadaan tubuh seperti sekarang ini saya membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat intensif. Saya ucapkan banyak terimakasih dan rasa syukur karena telah diberikan kesempatan untuk bisa bergabung dan menjadi bagian dari  perusahaan yang membesarkan saya sampai 4 tahun lamanya.

Saya memiliki keyakinan yang begitu besar bahwa perusahaan ini bisa lebih maju berkembang untuk dimasa yang akan datang. Tak lupa juga didalam kesempatan ini, saya memohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan-kesalahan atau kekeliruan saya ketika bekerja di perusahaan ini

Demikian surat ini saya buat dengan alasan tanpa ada unsur paksaan darimanapun. Saya ucapkan banyak terimakasih atas waktu dan perhatiannya.

Hormat Saya,

 

 

Hardi Sutedjo

[/su_note]

Contoh surat pengunduran diri kepala sekolah

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Kepada Yth :

Bapak Ketua Dinas Pendidikan Bandung

di-

Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya bermaksud ingin  mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Kepala Sekolah SD Parahyangan Bandung Desa Cimahi, terhitung sejak tanggal 15 September 2017, Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                           : Ofaria Suhendar

Tempat Tanggal Lahir : 17 April 1974

Jabatan                        : Kepala Sekolah

Masa Kerja                  : 2 tahun

Saya ucapkan banyak terima kasih atas segala waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya sehingga bisa ikut mengajar murid-murid di SD Parahyangan Bandung. Menjadi sebuah pengalaman dan pelajaran berharga bagi saya bisa membimbing anak-anak untuk meningkatkan kualitas belajar  supaya menjadi generasi penerus bangsa Indonesia yang cerdas dan berakhlak.

Beribu-ribu mohon maaf kepada semua jajaran dan pengurus SD Parahyangan Bandung,  apabila selama saya bertugas atau menjabat sebagi kepala sekolah, ada hal-hal yang kurang berkenan dihati kalian.

Harapan saya SD Parahyangan Bandung ini menjadi sekolah yang berprestasi dan terakreditasi A yang tidak kalah bersaing dengan sekolah lainnya. Amin.

Hormat saya,

 

 

Ofaria Suhendar

[/su_note]

Contoh surat pengunduran diri supervisor

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Jakarta, 20 Desember 2015

Kepada Yth,

HRD Manager

Wijaya Steel

Jl. Cigadung Timur No. 14

Jakarta Selatan

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya Dony Sinatria memutuskan dengan berat hati, ingin mengundurkan diri dari PT. Waginamas sebagai Spv, yang terhitung mulai dari tanggal 01 Januari 2014.

Saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya bergabung dan belajar di PT. Waginamas. Beribu-ribu maaf untuk seluruh karyawan dan staff PT. Waginamas, yang apabila saya selama bekerja pernah melakukan hal-hal yang kurang berkenan dihati kalian.

Harapan saya PT. Waginamas bisa terus berkembang dan selalu unggul diantara perusahaan-perusahaan lainnya.

Hormat Saya,

 

 

Dony Sinatria

[/su_note]

Contoh Surat Resign Kepala Bagian Produksi

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Kepada Yth,

Dir. HRD PT. Bumi Sedaya

Di

Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Sutarja Wicaksana

Departemen    : Produksi

Jabatan            : Kepala Bagian Produksi

NIK                   : PT66789

Berdasarkan keputusan rapat dari  PT. Bumi Sedaya, maka saya dengan berat hati bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri

Dikarenakan ada urusan keluarga yang diharuskan pindah keluar kota. Semoga Bapak/Ibu pimpinan bisa memahami maksud dan tujuan dalam surat ini.

Harapan saya perusahaan bisa memahami dan memaklumi posisi saya yang memang diharuskan sebagaimana mestinya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun.  Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

 

Sutarja Wicaksana

[/su_note]

Contoh Surat Pengunduran diri Sebagai Mahasiswa

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Jakarta, 10 Mei 2015

Hal:  Permohonan Pengunduran Diri

Kepada :  Yth. Rektor

Melalui Dekan Fakultas Ekonomi

Universitas Trisakti

Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama                           : David Nassar

N I M                           : 2010897652

Program Studi              : Ekonomi

Jurusan                        : Manajemen

Fakultas                       : Ekonomi

Alamat                         : Jl. Tomang No 2 Rt 05/04  Jakarta Barat

Mulai bulan                 : September Tahun 2016

Dengan rasa hormat saya ingin  mengajukan pengunduran diri sebagai mahasiswa :

Program Studi              : Ekonomi

Jurusan                        : Manajemen

Fakultas                       : Ekonomi

Alasan             : Tidak cocok dengan jurusan yang sekarang saya jalani dan akan pindah ke jurusan yang sesuai dengan keahlian saya.

Bersama ini saya lampirkan :

Foto copy transkrip nilai

Surat Keterangan bebas pinjaman buku dari Perpustakaan Fakultas dan Universitas

Surat Keterangan bebas Administrasi Fakultas

Surat Keterangan bebas kewajiban KOPMA Universitas Trisakti

Atas perhatian dan perkenan Bapak Rektor dan Bapak Dekan, saya ucapkan terima kasih

 

Mengetahui :                                                                           Pemohon,

 

 

TDD + Materai

 

Sulistia Ningsih                                                                      David Nassar

 

Pembimbing Akademik                                                           NIM. : 2010675438

19687654399

[/su_note]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.