18+ Kumpulan Contoh Surat Resmi Pengertian, Jenis, Ciri-ciri dan Fungsinya

18+ Kumpulan Contoh Surat Resmi Pengertian, Jenis, Ciri-ciri dan Fungsinya

Contoh Surat Resmi – Seringkali kita disibukan dengan kegiatan yang bersifat resmi, seperti di sekolah atau pun organisasi lainnya. Dengan adanya acara atau kegiatan tersebut mendadak harus membuat surat resmi untuk memberi informasi kepada pihak lain yang dapat dipertanggungjawabkan kebahasannya secara hukum.

Dengan contoh seperti, surat resmi kedinasan, surat permohonan bantuan, surat pemberitahuan dan lain sebagainya.

Meskipun pada dasarnya saat ini penggunaan surat sudah jarang digunakan dalam hal pribadi, karena sudah ada pesan singkat melalui ponsel. Akan tetapi dalam kegiatan yang bersifat formal masih digunakan dan diharuskan dengan cara tulis tangan.

Karena selain dinilai kebahasannya, surat resmi adalah jenis surat yang mengutamakan kesopanan dalam berbahasa. Ketika kita mengirim informasi surat resmi dengan cara tulis tangan dan bahasa yang sopan, maka kita akan terlihat lebih profesional dalam suatu hubungan antara instansi atau perorangan.

Seperti yang sudah kita ketahui, surat resmi dibuat dalam kegiatan atau sesuatu permintaan kepada seseorang yang dituju. Macam-macam tujuan dari surat resmi tersebut ada yang dipergunakan untuk kepentingan masing-masing.

Dan surat ini akan sangat bermanfaat bagi penulis surat tersebut, karena umumnya digunakan sebagai permohonan atau persetujuan kepada pihak yang terkait. Dan melakukan pertimbangan apakah menyetujui permohonan tersebut. Dan berikut ini adalah kumpulan contoh dari surat yang bersifat resmi saya informasikan untuk Anda.

Adapun beberapa ciri dari surat resmi ialah sebagai berikut:

  1. Surat menggunakan bahasa yang baku
  2. Terdapat Kop Surat
  3. Tanggal Surat alamat tujuan
  4. Memiliki Nomor Pengarsipan
  5. Hal, yaitu pemberitahuan mengenai isi surat
  6. Harus ditandatangani dan dibubuhi stempel instansi/badan.perusahaan
  7. Terdapat tembusan surat (bila perlu)

Unsur-Unsur Surat Resmi

unsur-unsur surat resmi

Dalam membuat surat resmi harus dengan susunan dan berupa unsur-unsur penting yang harus dicantumkan. Dengan begitu surat yang telah dibuat bisa diterima oleh semua kalangan. Secara garis besar dalam sebuah surat biasanya memiliki format seperti bagian pembuka, isi surat dan terakhir adalah penutup. Berikut adalah bagian dari surat resmi.

BACA JUGA : 

Kepala atau Kop Surat Resmi

kop surat
/www.suherlin.com

Ketika akan menulis surat resmi, sangatlah penting keberadaan kop surat. Karena salah satu ciri dari surat resmi ialah memiliki kepala surat, agar pembaca bisa mengetahui dari instansi mana surat itu berasal. Adanya kop surat merupakan salah satu syarat sahnya surat resmi itu dikeluarkan.

Karena kop surat merupakan tanda pengenal bagi instansi atau organisasi yang mengirimkan surat tersebut. Dengan begitu pembaca dapat mengetahui dengan mudah darimana surat itu berasal. Setidaknya  kop surat sudah menjelaskan identitas diri. Tentunya memiliki bagian-bagian tersendiri, yang diantaranya ialah:

  1. Nama lembaga, instansi atau perusahaan.
  2. Alamat Lengkap perusahaan, lembaga atau instansi.
  3. Nomor telpon atau email.
  4. Kode Pos
  5. Logo dari lembaga, perusahaan, atau instansi.

Namun ada kalanya kop surat tidak disertakan dalam membuat surat resmi. Akan tetapi kita diharuskan menulis alamat lembaga, intani atau organisasi tersebut ditulis dengan huruf kapital serta dipertebal. Tekhnik penulisan kop surat biasanya memakai rata kanan kiri untuk menyeimbangkan kepala surat tersebut.

Penutup surat Resmi

bagian penutup
karyapemuda.com

Dalam penulisan penutup surat harus memakai bahasa yang sopen serta memberi ucapan terma kasih kepada orang yang menerima surat tersebut. Berikut macam-macam bahasa dari kaliamat penutup surat ialah sebagai berikut:

  1. Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian serta kerja samanya kami haturkan terima
    kasih.
  2. Demikian surat dari kami, atas waktu dan perhatiannya serta kami ucapkan banyak terima kasih.
  3. Sekian surat ini saya ajukan sebagaimana mestinya dan atas perhatiannya saya serta ucapkan terima kasih.
  4. Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.

Pengertian Surat Resmi

pengertian surat resmi
balubu.com

Surat dinas juga salah satu tergolong sifat yang resmi, karena menjadi hal yang penting ketika informasi itu ditulis dan kirimkan kepada seseorang ataupun instansi lainnya. Tentunya dibuat dengan aturan-aturan yang sesuai. Surat resmi umumnya digunakan untuk kepentingan perusahaan, organisasi, ataupun instansi lainnya.

Penggunaannya tidak digunakan semata-mata untuk kepentingan pribadi (individu), tetapi untuk kepentingan dari sebuah organisasi maupun instansi.

Tapi adakalanya juga digunakan untuk perorangan. Meskipun dipergunakan untuk kepentingan perorangan, surat resmi tidak bisa sembarang dibuat secara asal-asalan, tetap harus mengikuti aturan-aturan tertentu. Contohnya adalah keperntingan perorangan ialah seperti undangan pernikahan.

Fungsi Surat Resmi

fungsi
http://www.materi-sekolah.com
  1. Merupakan alat informasi yang bisa disampaikan dan bisa digunakan untuk hal-hal tertentu seperti pemikiran dan gagasan.
  2. Sebagai informasi tertulis yang bertujuan sebagai pengajuan atau permintaan suatu hal tertentu.
  3. Sebagai pedoman penting, maksudnya ialah sebagai tahap-tahap awal dalam menyampaikan maksud dan keinginan tertentu.
  4. Sebagai arsip, dari kronologis (perjalanan) yang dilakukan oleh seseorang.

Memang ada sedikit perbedaan dari surat resmi atau tidak resmi (pribadi). Berikut saya jelaskan dengan detail :

  1. Menggunakan bahasa efektif, singkat, padat, namun jelas bagaimana maksudnya. Harus relevan agar lebih mudah dipahami dan tentunya harus dengan bahasa yang sopan.
  2. Menggunakan bahasa eksplisit bukan implicit
  3. Tercantum sebuah tanggal, nomor, lampiran, perihal, alamat lengkap.
  4. Tertera sebuah stempel atau tanda tangan pemohon agar tanda yang sah dan resmi
  5. Dibuat dalam bentuk sistematis dan sesuai dengan aturan baku Sumber

Jenis Jenis Surat Resmi

jenis jenis surat
http://slideplayer.info

Fungsi surat resmi seperti surat permohonan, bantuan dana dll, digunakan sebagai kepentingan golongan atau individu. Karena surat resmi sendiri merupakan jenis surat yang formal, yang tentunya harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Pada hakekatnya surat resmi dalam jenis permohonan ialah meminta sesuatu hal yang diinginkan pengirim surat.

Surat Keputusan

surat keputusan
http://rocketmanajemen.com

Berisi sebuah penentuan diterima atau ditolaknya pengajuan dari pemohon, yang seperti contoh lamaran kerja atau keputusan kontrak kerja karyawan.

Surat Panggilan/undangan

surat panggilan
http://rocketmanajemen.com

Digunakan untuk penentuan sebuah panggilan kerja, rapat atau keperluan individu seperti undangan pernikahan, pesta ulang tahun, khitanan dll. ataupun panggilan polisi, kerja, interview, pegawai, dan lainnya.

Surat Perintah

surat perintah
www.slideshare.net

Seperti namanya, berfungsi sebagai perantara pesan untuk memerintah atau menginstruksikan bawahan/pegawai. Misalnya : Kegiatan sekolah atau instansi lainnya.

Surat Kuasa

surat tugas
http://semuacontohsurat.blogspot.co.id

Pemberian kuasa atau wewenang dari pemilik diberikan kepada seseorang. Untuk pengertian dari surat kuasa tersebut ialah seperti membela dari pihak terpidana, atau pengiriman surat kepada bank.

Surat Edaran

surat edaran
id.scribd.com

Surat edaran merupakan informasi yang ditujukan kepada organisasi atau kalangan tertentu dengan kepentingan atau sesuatu kegiatan tertentu.

Cara membuat surat resmi

cara membuat surat resmi
http://www.padahakan.com

Dari  penjelasan diatas sudah sangat lengkap mengenai susunan atau materi surat resmi. Dengan begitu, bagi yang belum begitu jelas atau yang belum mempelajari lebih jauh mengenai materi ini bisa mulai dengan mempelajari pengertian dan bagian-bagian surat resmi.

Pembahasan mengenai berbagai materi atau teori tentang surat ini telah kita bahas sebelumnya. Bagi yang ingin mempelajarinya terlebih dahulu bisa langsung membacanya pada tautan di atas yaitu mengenai cara membuat surat resmi. Di sana telah dijelaskan panjang lebar mengenai materi ini dengan jelas dan bahasa yang mudah.

Jadi, tidak perlu bingung lagi untuk mencari berbagai referensi yang dibutuhkan. Silahkan terlebih dahulu mempelajari pembahasan di atas jika dibutuhkan. Setelah itu jika sudah selesai bisa langsung cek berbagai koleksi contoh yang sudah disiapkan dibagian pembahasan ini secara khusus.

Koleksi contoh surat resmi

koleksi surat
www.potretnews.com

Surat resmi adalah surat yang yang dikeluarkan oleh instansi atau lembaga tertentu. Surat ini memiliki bentuk yang baku dan menggunakan bahasa yang baku pula. Ada banyak contoh surat resmi mulai dari undangan, pemberitahuan, dan berbagai surat lainnya.

Untuk contohnya sudah banyak diberikan, bisa dilihat langsung pada kategori surat resmi di bagian kanan situs. Beberapa contoh tersebut diantaranya terdiri dari beberapa surat berikut.

  1. Contoh surat pribadi
  2. Contoh surat resmi sekolah
  3. Contoh surat resmi perusahaan
  4. Contoh surat resmi dinas
  5. Contoh surat resmi yang benar
  6. Contoh surat tidak resmi
  7. Contoh surat resmi osis
  8. Contoh surat resmi dalam bahasa inggris

Supaya tidak terlalu repot mencari contoh yang dibutuhkan di bawah ini juga sudah disiapkan sebuah contoh yang bisa langsung kita amati. Contoh berikut adalah sebuah contoh surat pemberitahuan resmi dari sekolah atas sebuah acara yang akan dilaksanakan. Jelasnya mari kita pelajari langsung surat tersebut di bawah ini.

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

PEMERINTAH KABUPATEN ASALAN

DINAS PENDIDIKAN

SMA NEGERI 1 KEBABLASAN

Jl. Raya Pucuk Hijau Kecamatan Kebablasan Asalan Telp. 213443164

 

No                   : 070/SKB/12/2015

Lampiran         : –

Perihal             : Pemberitahuan

 

Yth. Orang tua / Wali Murid

Kelas XII SMA Negeri 1 Kebayoran

Di

Tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa siswi SMAN 1 Kebayoran khususnya kelas XIII.  Dengan surat ini saya selaku perwakilan dari tiap-tiap sekolah, ingin mengadakan studi lapangan untuk siswa siswi baik kelas IPA di luar sekolah.

Adapun acara yang kami selenggarakan pada :

Hari/Tanggal               : Senin, 20 September 2014

Pukul                           : 08.00 s.d. 13.00 WIB

Tempat                        : Kebablasan

Acara                           : Penelitian Flora Langka

Sekian surat ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah

SMAN 1 Kebablasan

 

 

Bambang Worowiri, S.Pd.

[/su_note]

Contoh Surat Undangan Rapat Perusahaan

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

MAJU BERKARYA

Jl. Jend. Sudirman no. 16 Jakarta Pusat

Telp/Fax: 021-567890

Email: [email protected]om

——————————————————————————————————————–

Nomor        : 010/URP/MB/IV/2016

Lampiran   : –

Hal              : Undangan Rapat Perusahaan

 

Yth.

Bpk. Salimun Haris, S.kom

HRD CV. MAJU BERKARYA Cabang Pedurungan

Di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan akan diselenggarakannya evaluasi kerja tahunan pada perusahaan CV. MAJU MUNDUR, kami mengajak Bapak untuk ikut berpartisipasi dan sekaligus menghadiri dalam rapat yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Rabu, 17 Mei 2017

Waktu                : 13.00-15.00

Tempat              : Kantor Pusat CV. MAJU BERKARYA

Dengan surat undangan ini kami beritahukan kepada rekan-rekan sekalian agar kiranya bisa menghadiri rapat perusahaan. Mengingat dengan sangat pentingnya tujuan pembahasan ini maka kehadiran Bapak sangat diharapkan.

Atas waktu dan segenap rasa hormat kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 10 Mei 2017

Hormat kami,

 

Aji Putro

(Direktur)

[/su_note]

Contoh Surat Resmi Di Sekolah

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA

DINAS PENDIDIKAN JAKARTA 345 JAKARTA

Jl. Jaya 345 Jakarta, Telp. (021) 556 – xxxxx

Jakarta, 10 September 2014

Nomor     : 199/smp345/2014
Lampiran : –
Perihal     : Undangan Wali Murid

Yth. Orang Tua / Wali Murid
SMP Negeri 345
Jakarta

Assalamu’alaikum Wr. Wb., salam sejahtera bagi kita sekalian
Dalam rangka merayakan hari jadi SMP Negeri 345 Jakarta, Kami selaku pengurus OSIS akan mengadakan bakti sosial terhadap masyarakat sekitar. Dan bagi para Orang Tua Murid agar bisa hadir tepat waktu karena mengingat pentingnya rapat ini. Mohon kehadirannya pada:

Hari / Tanggal : Senin, 15 September 2014
Tempat : Lapangan olahraga SMP Negeri 345
Acara : Partisipasi dari Orang Tua / Wali Murid

Untuk para orang tua dimohon kehadirannya dan diusahakan jangan sampai tidak hadir, yang dikarenakan adalanya pembahasan tentang pendidikan siswa/siswi kita. Atas partisipasi dan waktunya kami ucapkan terimakasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Mengetahui,

Kepala Sekolah SMP Negeri 345 Jakarta                                                    Ketua OSIS

 

Wakdoyok, M.Pd.                                                                                     Boneng Maknyos

NIP. 1223847838374949

[/su_note]

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

BANGUN MAKMUR 

Jalan Lintas Timur Unit 2 Tulang Bawang No. 145 Lampung 

Kode Pos 34595

===========================================================

SURAT PANGGILAN KERJA DARI PERUSAHAAN 

Lampung, 05 Desember 2019

No. 345/GC-LPG/X/2015

 

Yth. Sdr. Kusumo Aji

Banjar Margo No. 134

Tulang bawang, Lampung

Perihal : Panggilan Kerja

Dengan Hormat,

Dengan surat ini bermaksud ingin menyampaikan hasil dari tes saudara yang dilakukan pada tanggal 05 Maret 2016 dan sudah memenuhi kriteria persyaratan perusahaan, bersama surat ini kami mengundang saudara untuk panggilan kerja di perusahaan kami pada :

Hari                 : Senin

Tanggal           : 10 Maret 2016

Waktu              : Pukul 08.00 WIB

Tempat            : Jalan Makam Pahlawan No. Kabupaten Bandung

Demikian pemberitahuan dari kami. Atas kehadiran Saudara, kami ucapkan terima kasih. Selamat Bergabung di perusahaan kami.

Hormat Kami,

 

Sugito Purwanto, S.Kom

Direktur

[/su_note]

Contoh Surat Undangan Resmi

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

PEMERINTAH KAMPUNG TANGGULANGIN

DUSUN I TIRTO KENCONO

=======================================================

Nomor  : 018/DST/17/2011

Perihal  : UNDANGAN

Lampiran : –

Kepada

Yth. Bapak/Sdr Warga Masyarakat Dusun I

Di

Tempat

Salam silaturahmi kami sampaikan, semoga kita tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Dengan kesepakatan bersama Bapak RT serta tokoh masyarakat, yang menghasilkan keputusan akan diselenggarakannya acara pelaksanaan do’a bersama/suroan maka dengan datangnya surat  ini kami bermaksud ingin mengundang Bapak/Ibu untuk mengikuti rapat yang akan dilaksanakan pada :

Hari dan tanggal         : Sabtu malam Minggu, 12 ke 23 November 2011

Waktu                          : Pukul 19.30 WIB s/d selesai

Tempat                        : Kediaman Bpk. Shodikin (Kadus I)

Acara                           : Pelaksanaan Do’a Bersama

Kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu agar dapat mengikuti acara ini, karena mengingat pentingnya acara tersebut, diusahakan datang dengan tepat waktu. Sekian atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Tirto Kencono, 25 November 2012

Pengundang

 

 

Kepala Dusun I Tirto Kencono

[/su_note]

Contoh Surat Dinas Pemerintahan

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

DINAS PENDIDIKAN PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN

KABUPATEN BANJARNEGARA

Jl. Nusantara No 12 ABanjarnegara 54431

==========================================================================

Banjarnegara, 10 Agustus 2015

Nomor             : 123/DPPK/2015

Lampiran         : –

Perihal             : Undangan

 

Yth. Sdr. Abdullah Manaf

Jl. Ahmad YaniNo 45

Banjarnegara

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akandilaksanakannyarapat internal, dengan surat ini kami bermaksud untuk mengundang Bapak agar bisa hadir pada:

Hari                 : Rabu

Tanggal           : 20 Juni 2015

Tempat            : Gedung Aula Kabupaten Banjarnegara

Acara               : Pembahasan kegiatan bersama AnggotaDPRDBanjarnegara

Demikian surat undangan ini kami sampaikan agar menjadi maklum dan sangat diharapkan kehadiran dari Bapak/Ibu untu dapat berpartisipasi. Atas perhatian dengan segenap rasa hormat kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Kepala Dinas Pendidikan Pariwisata dan kebudayaan

 

 

Rajiman

[/su_note]

Contoh Surat Resmi Osis

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

OSIS SMA NEGERI 1 BANDUNG

Jl. Cihaurgeulis, Bandung

==========================================================

11 Januari 2017

NO SURAT  : XII/TI/215
PERIHAL     : PENGUMUMAN
LAMPIRAN  : –

Kepada

Yth. Bapak/Ibu Orang tua/Wali murid

Assalamualaikum wr.wb

Dengan diadakannya suatu kegiatan OSIS ini akan menambah ilmu pelatihan bagi siswa/siswi untuk menjadi anggota OSIS pada periode 2015-2016. Kami selaku panitia OSIS, akan mengadakan pelatihan kepemimpinan pada siswa/siswi tersebut yang akan dilaksanakan pada :

Hari, Tanggal  : Kamis, 15 Januari 2017

Tempat          : Taman Pelatihan Cibubur

Waktu           : 4 Hari

Sekian surat ini kami informasikan kepada Bapak/Ibu agar memberi izin untuk mengikuti kegiatan pelatihan dasar kepemimpinan dari OSIS di SMA NEGERI 1 Bandung.

Sekian surat ini agar menjadi maklum dan atas perhatian dengan segenap rasa hormat kami ucapkan terima kasih.

Penanggung jawab

(Ketua Osis)

 

Risma Damayanti

[/su_note]

Contoh Surat Pengumuman Resmi

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Kementerian Pendidikan Nasional

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Dr. Hamka Air Tawar SEMARANG 25131 Telp. (0751) 7051260

____________________________________________________________________________

PENGUMUMAN REKTOR

No : 866/H35/AK/2010

Pengumuman untu para calon mahasiswa baru dengan jurusan fakultas teknik tahun akademik 2011/2012 yang telah masuk kriteria dalam bidangnya, maka dengan ini dinyatakan lulus dan diterima, diwajibkan untuk calon mahasiswa untuk melapor di bagian pendaftaran ulang pada:

Hari/Tanggal : Rabu /16 Juni 2019

Jam    : 08.00 – 12.00 wib

Tempat : Kantor Registrasi dan Statistik BAAK UNP Air Tawar SEMARANG

Dengan membawa persyaratan sebagai berikut:

  • Asterik peserta seleksi Jalur Prestasi Fakultas Teknik
  • Membayar SPP di seluruh cabang Bank Jawa Tengah
  • Cek kesehatan di Poliklinik kampus UMS
  • Menyerahkan semua paket registrasi ke petugas loket pendaftaran
  • Demikian pengumuman ini untuk Bisa dimaklumi, terima Afeksi.

———————-DIATAS LOLOS——————-

SEMARANG, 28 April 2015

Rektor,

 

Prof. Dr. Z. Abdul Zulfikar, M.Pd

[/su_note]

Contoh Surat Undangan Resmi Dinas Pendidikan

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

KABUPATEN TASIKMALAYA

Sindangraja, 20 Agustus  2016

Nomor : 010 / DPO / V / 2016

Lampiran : –

Perihal : Undangan

Yth. Sdr. Soni Sundarto

Jl. Jamanis No. 007

Tasikmalaya

 

Dengan hormat,

Kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat yang akan diadakan pada:

Hari : Senin , 29 Agustus 2016

Tempat : Aula Serba Guna , Kab. Tasikmalaya

Waktu : 10.00 – 12.00 WIB

Acara : Dengar pendapat dengan Dewan DPRD Kab. Brebes

Atas perhatian Saudara, kami mengucapkan terima kasih

Hormat kami,

 

Kepala Dinas DikPoRa Kab. Brebes

[/su_note]

Contoh Surat Pernyataan Resmi

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

N a m a :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :

Bersama surat ini yang menyatakan sebenar-benarnya, bahwa saya :

  • Tidak melanggar hukum ataupun berurusan dengan pihak kepolisian yang melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan
  • Tidak sedang menjabat sebagai Calon PNS
    bersedia ditempatkan sebagaimana tempat yang sedang membutuhkan tenaga atau sesuai yang ditentukan oleh pemerintah
    tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut dimuka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh Pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataan saya ini tidak benar.
Punggur, …… ……………………. 2015
Yang membuat pernyataan,

………………………………………

Catatan :
Harus ditulis tangan sendiri, menggunakan huruf kapital dan tinta hitam

[/su_note]

Contoh Surat Pernyataan Berkelakuan Baik

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini ,
Nama :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :

dengan ini menyatakan:

  1. Tidak pernah berurusan dengan pihak kepolisian apalagi menjalani hukuman penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
    2. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
    3. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
    4. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta) rupiah, apabila :
  2. Dinyatakan lulus dari ujian akhir dan telah mengikuti registrasi ulang tetapi akan tetapi resign dalam pertengahan jalan.
  3. Berhenti bekerja di BPS, dengan masa pengabdian yang kerja kurang lebih dari 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.

……………………, ………………………………
Yang membuat pernyataan,

MATERAI
Rp. 6.000,-
………………………………….

[/su_note]

Contoh Surat Pernyataan Resmi Kepada Bank

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

SURAT PERNYATAAN

Perihal : Pernyataan Kesalahan Transfer

Kepada:

Bank Permata Indah Suka Sari

Up. Customer Service

Jalan Raya Arta No. 12

Kuala Istana

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                   : Dewa Nugroho

Jenis kelamin      : Laki – Laki

Kewarganegaraan : Indonesia

Alamat                : Jalan Bukit Hijau Permai No. 21 Kuala Istana

Nomor Rekening  : xxxxxxxxxxxxxxx

Dengan ini menyatakan salah transfer uang sejumlah Rp. 7.000.000 (Tujuh Juta Rupiah) dari rekening saya sendiri ke rekening xxxxxxxxxxxxxxx, yang seharusnya adalah transfer ke rekening xxxxxxxxxxxxxxx.

Demikianlah surat pernyataan ini saya buat agar dapat dilakukan proses koreksi. Atas perhatiannya tak lupa saya untuk mengucapkan rasa syukur dan banyak terima kasih.

Kepala Istana, 15 Agustus 2017

Yang membuat pernyataan,

 

(Dewa Nugroho)

[/su_note]

Contoh Surat Lamaran Kerja Pegawai Bank

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Bumiayu, 10 Oktober  2015

Kepada Yth,
HRD (Tuliskan nama bank )
Cabang Jakarta Pusat
(Tuliskan alamat lengkap bank yang dituju)

Dengan hormat,
Dengan adanya informasi lowongan kerja pada Bank Rakyat Indonesia yang sedang membutuhkan bagian Customer Service, dengan ini saya:

Nama                          :
Tempat/Tgl. Lahir       :
Alamat                         :
No. Hp                         :
Status                          :
Pendidikan Terakhir    :

Bermaksud untuk mengajukan permohonan penempatan pada posisi tersebut. Dan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Curriculum Vitae
  2. Foto copy ijazah S-1 (legalisir)
  3. Foto copy Transkrip Nilai (legalisir)
  4. Foto copy KTP
  5. Pass photo terbaru

Demikian surat ini saya sampaikan agar menjadi maklum dan bisa menjadi pertimbangan Bpk/Ibu pimpinan. Menjadi harapan besar bagi saya apabila diberikan kesempatan untuk mengikuti panggilan wawancara. Atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan banyak terimaksih

Hormat saya,

 

Pemohon

[/su_note]

Surat Lamaran Kerja Guru Yang Benar

[su_note note_color=”#e5e7dc”]

Perihal: Permohonan Sebagai Tenaga Pengajar Honorer

Kepada Yth:
Bapak/Ibu Kepala Sekolah Internet Grobakz Seo Team
di –
Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                      :
Tempat dan tanggal Lahir      :
Agama                                     :
Pendidikan Terakhir                :
Alamat                                     :
No Telp                                    :

Dengan ini mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi Guru Honor di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Satu lembar copy Ijazah Terakhir
  2. Satu lembar copy Transkip
  3. Fiti copy Daftar Riwayat Hidup
  4. Satu lembar photo copy KTP
  5. Pas Poto ukuran 3 x 4 3 Lembar dan 4×6 1 Lembar

Demikian Surat lamaran ini saya buat. Dengan harapan besar kiranya Bapak/Ibu Pimpinan bisa memberikan kesempatan untuk mengajar disekolahan tersebut. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Kota Mendoan, 16 Desember 2015
Hormat saya

 

Al- Ghazazi

[/su_note]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.