Gambar dan Jenis Bunga Kembang Sepatu

Bunga Sepatu – Bunga yang indah ini mempunyai beraneka warna, ada yang merah, kuning, putih jingga dan merah muda serta masih banyak lagi warna-warna lainnya. Bunga tersebut dikenal dengan bunga kembang sepatu atau wora-wori menurut dalam bahasa latinnya ialah Hibiscus rosa sinensis.

Bunga kembang sepatu didominasi dengan warna-warna mencolok yang indah dan biasa ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman tanaman hias.

 

Manfaat Bunga Sepatu

kembang sepatu
pixabay.com

Ternyata dibalik warnanya yang indah dan mempesona, bunga kembang sepatu hampir dari semua bagiannya sangat bermanfaat untuk pengobatan. Mulai dari yang paling bawah, akar, batang, daun, bunga dan kelopak bunganya bermanfaat sekali untuk kesehatan.

Pada bagian bunga kembang sepatu mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang berefek diuretic dan choleretic untuk memperlancar peredaran darah, mencegahtekanan darah tinggi dan juga berfungsi sebagai tonik obat kuat.

Asam animo yang terdapat pada bunga sepatu berperan penting untuk proses peremajaan tubuh, sedangkan untuk akar dan daunnya mengandung Calcium oksalat, peroxidase,  lemak dan protein. Kurang lebih sekitar 15-30 persen tanaman bungan sepatu terdiri dari beberapa asam tanaman. Ialah diantaranya asam sitrat, asam malat, asam tartarat, dan allo hidroksisitrat latkon asam.

Bunga kembang sepatu kini telah dikenal oleh masyarakat luas, sehingga telah tersedia banyak dipasaran dengan kemasan instan, salah satunya ialah rajangan teh yang terbuat dari bungan kembang sepatu. Cukup dengan menyeduhnya saja, teh tersebut sudah bisa diminum.

Beberapa manfaat dari teh tersebut ialah dapat menyembuhkan demam, membuat suasan hati menjadi lebih tenang, menurunkan berat badan dan mengeluarkan racun didalam tubuh.

Dalam dunia kecantikan, ekstrak teh bungan sepatu tersebut sangat dipercaya menjaga kesehatan kulit. Beberapa penyakit lainnya juga dapat disembuhkan seperti batuk, sariawan, gondok, bronkhitis, sakit kepala dan gonorhoe.

 

Jenis-jenis Bunga Kembang Sepatu

#1. Hibiscus Rosa – Sinensis Albus

Bunga sepatu Hibiscus Rosa – Sinensis Albus
forum.giardinaggio.it

Tanaman ini merupakan salah satu kultivar kembang sepatu yang rajin berbunga. Bunganya memiliki warna putih bersih memiliki ukuran sedang dan bermahkota tunggal. Hibiscus Rosa – Sinensis Albus merupakan tanaman daerah tropis yang cocok untuk ditanam didataran rendah dan dataran tinggi. Kebanyakan tanaman ini ditanam dengan proses cangkok dan stek batang.

 

#2. Hibiscus Rosa-Sinensis Cv.Natal

Hibiscus Rosa-Sinensis Cv.Natal
jhohan-ardiyansyah.blogspot.com

Kembang sepatu ini merupakan jenis kultivar yang banyak ditanam di Natal, Afrika Selatan. Bunganya berwarna putih dengan kombinasi merah tua dibagian tengahnya.

Bunga  ini memiliki ukuran sedang dan bermahkota tunggal. Kebanyakan Hibiscus Rosa-Sinensis hidup dengan cara dicangkok dan stek batang.

 

#3. Hibiscus Rosa-Sinensis Plenus (Double Rose of China)

Hibiscus Rosa-Sinensis Plenus
www.pinterest.com

Kultivar tersebut mempunyai ciri dengan mahkota ganda dan berbentuk seperti bunga mawar, oleh karena itu memiliki sebutan dengan China. Warnanya pada bunganya didominasi dengan merah muda berdiameter 10 hingga 15 meter cm.

Untuk dapat tumbuh dengan baik baiknya dengan menghendaki secara penuh sinar matahari serta dengan proses cangkok dan stek batang.

 

#4. Hibiscus Schizopelatus

hibiscus schizopelatus
www.biodiversidadeteresopolis.com.br

Jenis bunga sepatu ini adalah terkenal dengan bentuknya yang menggantung pada tangkai bunga yang panjang dan berbentuk mirip seperti lentera, oleh karena itu terkenal juga dengan lentera Jepang.

Kembang sepatu tersebut kini telah mulai langka untuk ditemukan, biasanya bunga ini tumbuh di pagar rumah-rumah pedesaan namun kini sulit sekali ditemukan dan sangat toleran terhadap lingkungan sekitar. Untuk dapat tumbuh tanaman ini biasanya dengan proses cangkok dan stek batang.

Coba salah satu cara menanam tanaman yang lebih seperti misalnya tanaman hidroponik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *