40+ Gambar Sapi yang Lucu dan Keuntungan Membudidayakannya

40+ Gambar Sapi yang Lucu dan Keuntungan Membudidayakannya

Gambar Sapi – Hewan ini biasa di budidayakan oleh penduduk pedesaan pada umumnya. Hewan ini biasa di gunakan untuk kurban di hari raya idul adha. Sapi sendiri mempunyai tubuh yang besar dengan daging yang banyak’

Banyak sekali keuntungan dari memelihara atau menernak sapi ini, selain harganya yang terbilang cukup mahal. Bagian dari tubuh yang bisa di manfaatkan yaitu daging, kulit sampai tulang, bisa kita konsumsi atau di jual ke pasar.

Beberapa jenis sapi tersebar di seluruh dunia, Namun yang bisa di pelihara dan di ternak hanya beberapa jenis saja.

Hewan ini bisa kalian temui di daerah pedesaan yang masih alami dan bisa di jadikan bahan makanan seperti sate, sup, sumsum, tulang sapi dan masih banyak lagi jenis makanan yang di hasilkan dari daging sapi menjadi masakan yang memiliki cita rasa lezat.

sapi sendiri memiliki beberapa jenis yang ada di tiap-tiap daerah. Contohnya sapi lokan atau jawa di ternak untuk di ambil daging dan susunya.

Kebiasaan-kebiasan Sapi

Kebiasaan-Kebiasan Sapi
kebiasaan sapi

Banyak peternak menyadari dari keunikan yang biasa dilakukan oleh sapi selain memakan rerumputan akan tetapi ada hal yang sangat unik dari sapi tersebut, baik saat dilapangan bebas atau dikandang. Ia bisa merasakan sesuatu hal yang akan terjadi seperti diantaranya sebagai berikut:

Merasakan Adanya Gempa

sapi merasakan seperti gempa
http://padangkita.com

Pada umumnya setiap hewan tidak bisa merasakan hal seperti hanya beberapa hewan tertentu saja yang bisa merasakan datangnya gempa. Sapi ini bisa merasakan dan mengetahui gempa sebelum orang-orang mengetahuinya lebih dulu.

Dengan suara atau jarak yang masih sangat jauh dan belum bisa didengar atau dirasakan oleh manusia, akan tetapi hewan inilah yang tahu lebih dulu dibandingkan manusia. Ketika gempa, tsunami dan badai tiba sapi akan seketika lari didataran yang lebih tinggi dari tempat sebelumnya.

Berkumpul Dengan Sapi Lainnya

KUMPUL DENGAN HEWAN LAIN
http://disnak.sumbarprov.go.id

Hewan ternak yang satu ini tidak bisa jauh dari teman-temannya, layaknya bebek dan kambing yang selalu bersama-sama setiap saat. Ketika makanpun selalu bersama-sama dengan teman lainnya.

Selalu ingin berkumpul agar meringankan ancaman dari hewan buas lainnya agar jika terjadi apa-apa akan lebih mudah dilakukan dalam kebersamaan.

Baca Juga: Kumpulan Gambar Panda yang Lucu dan Menggemaskan

Mencium Saat Makan dan Minum

mencium saat makan
http://citizen6.liputan6.com

Hewan ini termasuk salah satu jenis ternak yang ingin selalu bersih dan menjaga kesehatannya. Pasalnya jika ia akan memakan atau meminum pasti menciumnya terlebih dulu sebelum dikonsumsinya. Jika makanan atau minuman itu bau, maka ia tidak akan memakan atau meminumnya.

Karena dia sangat menginginkan kebersihan dan terbebas dari makanan dan minuman yang menurutnya kurang baik atau  tidak sehat.

Cara Memanggil yang Unik

memanggil hewan
id.pinterest.com

Cara unik lainnya yang sering dilakukan oleh sapi adalah menggumam seperti memanggil dengan ucapan ‘’mok’’. Menjadi suatu tanda kalau sapi itu sedang lapar atau haus dan dengan cara tersebut berharap majikan bisa memberi sesuatu yang ia inginkan. Namun ada juga ciri tersebut yang menandakan bahwa sapi tersebut sedang dalam keadaan birahi.

Akan tetapi beberapa peneliti yang menyatakan bahwa pengucapan ‘’mok’’ tersebut adalah tanda permintaan pertolongan terhadap majikannya yang menurutnya sebuah ancaman bagi sapi tersebut.  .

Gambar Sapi Lucu

sapi lucu
http://majalahcsr.id

Gambar ini diambil dari sosmed atau sosial media yang menceritakan tentang kisah nyata tentang sapi dan majikan atau pemiliknya. Konon katanya sapi ini menangis hingga memeluk sang pemilik, karena tidak ingin ditinggalnya untuk sebagai hewan Qurban di hari raya Idul Adha.

Kisah ini sangat mengharukan tetapi sedikit lucunya. Dengan tingkahnya yang seperti layaknya manusia ini menjadi tontonan bagi para warga sekitar.

Hal yang paling lucu dan sedih ialah disaat sang pemilik meninggalkannya untuk dijadikan sebagai hewan Qurban, sapi ini mendadak sedih dan dengan muka yang termenung seolah berpisah atau kehilangan kekasihnya.

Setelah ditinggal dari sang pemilik sapi itu, satu jam kemudian yang diketahui nenek-nenek lansia sebagai pemilik sapi tersebut datang kembali hanya ingin melihat acara penyembeliha hewan-hewan dijadikan Qurban di daerah tersebut.

Dengan spontan sapi tersebut bangun dan iseolah ingin menghampiri majikannya. Dengan m uka yang sangat bahagia, sapi ini langsung memeluknya kembali, seolah melepas kangen ataupun melarang nenek tersebut untuk pergi lagi.

Suasana haru serta lucu turut dirasakan oleh semua orang-orang disekitar. Pasalnya melihat betapa eratnya hubungan mereka sampai-sampai si sapi selalu ingin didekatnya dan tidak mau kehilangan untuk kedua kalinya.

Tetapi pada akhirnya sapi tersebut tetap menjadi hewan Qurban. Dengan dibantu oleh beberapa warga agar bisa terpisahkan antara sapi dengan majikannya, maka si pemilik disuruh pergi lalu sapi dipaksa untuk tertidur miring agar  bisa secepatnya disembelih.

Gambar Sapi Kartun

 

kartun sapi
http://gambarsapi.blogspot.co.id

Gambar sapi kartun umunya disukai oleh anak-anak dibawah umur seperti balita. Dengan gambarnya yang lucu serta unik ini membuat anak-anak semakin banyak mengoleksi gambari ini mulai dari baju, kartu mainan dan buku gambar.

Kenapa anak-anak balita lebih suka dengan gambar hewan yang satu ini, karena identik dengan susu, susu merupakan makan dan minuman pokok bagi balita. Seperti pada kemasan susu kotak atau kaleng selalu berisikan gambar sapi.

Saking sukanya dengan gambar sapi ini, anak-anak balita sering jajan makan atau perman yang bergambar sapi. Karena pada dasarnya anak kecil membeli sesuatu dengan apa yang ia kenal dan sukai, tanpa melihat isinya seperti apa dan rasanya bagaimana.

Gambar Sapi Limosin

sapi limosin
www.agrinak.com

 Sapi limousin ini banyak dicari di Indonesia, pasalnya penjualan sapi ini bisa menghasilkan untung yang sangat menggiurkan, yang tentunya hargan pembeliannya juga mahal. Namun bagi seorang pebisnis banyak yang berani membe dangan maksud untuk menjualnya kembali.

Jenis hewan yang satu ini dibudidayakan di Negara Prancis, namun semakin tahun sapi ini sudah berada dibeberapa penjuru dunia. Jenis sapi ini tergolong sapi unggul, karena memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan sapi lainnya.

Di Indonesia sapi ini memang sangatlah diunggulkan terutama jantan. Jantan sangat diminati oleh beberapa pebisnis di Indonesia. Karena peminatnya lebih banyak mencari yang jantan dengan berbagai macam alasan seperti dagingnya lebih banyak, tidak mudah sakit dan perkembangbiakannya sangat bagus untuk dijadikan hewan ternak.

Jenis Sapi Di Indonesia

1.Sapi Hereford

sapi hereford
alihamdan.id

Jenis sapi ini mempunyai ciri khas warna coklat pada bagian tubuhnya dan memiliki tubuh yang lumayan cukup besar dan pada bagian kepala memiliki ciri warna corak putih. Hewan ternak ini memiliki berat badan  kurang lebih 232 Kg.

Sapi ini mudah bergaul dengan sapi-sapi lainnya, karena sapi ini tergolong salah satu jenis sapi yang pintar beradaptasi. Biasa menjadi ide bisinis bagi pengusaha-pengusaha lainnya untuk membeli dan menjualnya kembali. Dan Kualitas dagingnyapun sudah tidak bisa diragukan lagi keunggulannya.

Cara adaptasi sapi ini sangat cepat dibandingkan dengan sapi pada umumnya. Karena sapi ini dinilai sansgat produktif, maka banyak orang yang ingin dikawin silangkan dengan sapi miliknya. Selain cepat dalam produktifitasnya, sapi ini juga sangat cepat pertumbuhannya.

Maka menjadi aset bagi seorang pengusaha untuk membeli sebagai hewan jual dan ternak guna menghasilkan banyak keuntungan dimasa mendatang.

2.  Sapi Aberdeen Angus

sapi aberdeen anguss
http://mercusuar.uzone.id/

Banyak jeni-jenis sapi yang dihasilkan oleh Indonesia, salah satunya ialah hewan yang tau ini merupahan jenis sapi yang pertama kali diimpor oleh Indonesia.  Sapi jenis ini memiliki ciri dengan warna bulu hitam, itulah mengapa dinamakan angusm karena warna hitam pada bulu tersebut seperti gosong atau angus.

Semakin tahun populasi sapi Aberdeen Angus sangat meningkat karena banyak yang membudidayakannya sebagai hewan yang memiliki keuntungan berlipat. Keuntungan dari sapi tersebut bisa diambil dari banyaknya daging dan keuntungan saat menjualnya.

Berat badan dari sapi ini bisa mencapai hingga 1 Ton. Sapi ini dikenal sebagai hewan yang cepat dalam pertumbuhannya. Pasalnya di usia y18 Bulan saja mencapai berat badan hingga 650 Kg. Dari ciri lainnya ialah tidak memiliki punuk dan tanduk pada jenis sapi ini.

Ciri-ciri fisik lain yang dimiliki oleh jenis sapi unggulan ini adalah tidak memiliki punuk serta tanduk, Punggung dari sapi inipun memiliki ciri lurus tidak seperti umumnya sapi-sapi yang lainnya.

3.  Sapi Simmental/Metal

Sapi Simmental/Metal
http://mercusuar.uzone.id/

Sapi ini banya dibudidayakan sampai kepenjuru dunia, pasalnya hampir semua orang meminati untuk sebagai hewan ternak agar bisa merauk keuntungan yang sangat menggiurkan.

Sapi ini ditemukan di Simme Swiss. Namaun setelah beberapa tahun kedepan proses populasinya menjadi sangat meningkat karena banyak dikembangbiakkan di berbagai belahan dunia.

Ciri dari hewan yang satu ini ialah memiliki warna bulu kuning kecoklatan pada tubuhnya serta memiliki berat badan sampai 1,4 Ton. Akan tetapi berbeda dengan sapi betina dewasa hanya bisa mencapai kurang lebih 800 kg.

Dinegara  Australia, Amerika Serikat dan Indonesia.  Jenis sapi ini dikembangbiakkan  sebagai sapi perah, dan pedaging. Karena sangat menguntungkan bagi pemilik usaha susu murni dan pengusaha pedaging.

4.  Sapi Holstein

sapi holstein
http://www.ternakpertama.com

Di Negara Belanda, jenis sapi  ini sangat banyak dibudidayakan sebagai hewan ternak yang memiliki keuntungan berlipat bagi pemiliknya. Pasalnya bisa dijual dengan harga yang fantastis entah menjual secara hidup, susu ataupun dagingnya.

Dari tiap-tiap jenis sapi ini bisa menghasilkan 20 liter susu dalam perharinya. Sudah banyak dikembangbiakkan jenis sapi ini sampa mancanegara, karena bisa menghasilkan susu lebih cepat dan banya dalah perharinya dibandingkan dengan sapi-sapi lainnya.

Sapi ini identik dengan totol-totol hitam pada tubuhnya yang berwarna putih. Memiliki tubuh yang cukup besar karena berat badannya bisa mencapai hingga 1 ton, sementara jenis betina sendiri hanya mencapai 600 kg.

5.  Sapi Brahman

Sapi Brahman
bijibersemi.com

Sapi Brahman adalah hasil perkembangbiakkan di Amerika Serikat pada tahun 1949. Sapi ini keturunan dari sapi Zebu. Zebu sendiri berasal dari Negara India yang akhirnya dikembangbiakkan lagi di Amerika Serikat. Itulah Mengapa terjadinya sebuah keturunan di Negara Amerika Serikat.

Punuk pada bagian punggungnya menjadi suatu ciri dari sapi ini. Ciri lainnya ialah memiliki kulit yang longgar daripada dapi lainnya. Ada bagian yang paling unik dari sapi ini terdapat pada telinganya yang menggantung dan runcing.

6.  Sapi Brangus

sapi brangus
seputarpertanianoke.blogspot.co.id

Sapi ini memiliki tubuh yang lebih mungil dibandingkan sapi-sapi lainnya. Padalnya hanya memiliki berat badan kurang lebih dari 500 kg. Jenis sapi brangu adalah hewan hasil persilangan antara jantan Aberdeen Angus dengan jenis betina Brahman dan menghasilkan sapi brangus.

Ciri dari jenis sapi ini memiliki telinga yang pendek serta leher yang tidak terlalu panjang. Ciri fisik lainnya ialah ialah warna hitam pekat pada tubuhnya. Daya tahan tubuh dari jenis hewan ini sangatlah kuat, seperti misalnya menghadapi suhu panas serta gigitan dari macam-macam serangga.

7. Sapi Limosin

sapi limonsi
http://juragansapiqurban.com

Sapi Limosin diternak sebagai sapi potong, yang dikarenakan memiliki tubuh sangat besar dan berat badan mencapai hingga 1 ton lebih. Umumnya sapi ini diternak hanya bertujuan mengambil dagingnya yang banyak dibandingkan daging dari jenis sapi lainnya.

Jenis sapi ini dikembangbiakkan di Negara Perancis dengan populasi yang semakin banyak, sapi ini menjadi incaran bagi pengusaha daging yang dijual dipasar-pasar. Harga dari sapi ini memang cukup menguras kantong, namun keuntungan dari membeli jenis sapi ini bisa dua kali lipat, apalagi jika kita membudidayakannya.

Dengan usianya yang masih muda, sapi ini sudah terlihat seperti sudah dewasa. Karena dengan usianya yang masih 6 bulan saja suda terlihat besar. Itulah mengapa sapi ini dijuluki sebagai sapi potong.

Ciri-ciri dari sapi limosin ini ialah memiliki warna bulu cokelat tua diseluruh bagian tubuhnya. Karena memiliki tubuh yang sangat besar, hewan satu ini menjadi jenis sapi yang paling unggulan diantara sapi-sapi lainnya.

 Sedangkan jenis betinanya masih jauh beda dengan sapi limosin jantan, karena sapi betina hanya memiliki berat badan  500 KG saja. Akan tetapi jenis sapi limosin ini baik betina maupun janta, harga masih  diatas ra2 dari harga sapi lainnya.

8.  Sapi Bali

sapi bali
http://angon.id

Sapi Bali memiliki badan yang tidak terlalu besar dengan warna cokelat muda pada  bagian tubuhnya. Konon katanya sapi ini hasil dari varietas banteng yang berdasarkan penelitian secara mendalam. Tenaga sapi ini cukup besar meskipun tubuhnya kecil daripada yang lainnya, akan tetapi jenis sapi ini memang sangatlah kuat dibandingkan dengan jenis sapi lainnya.

9. Jenis-jenis Sapi Di Indonesia ( SAPI MADURA )

madura sapi
http://www.rudygemma.com

Sapi Madura hewan yang dikawin silangkan antara sapi Bali dengan Zebu, maka tidak aneh jika sapi ini memiliki punuk yang kecil serta memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat meski di cuaca tropis. Memang tidak terlalu besar tubuh dari sapi ini, sekitar atau kurang lebih beratnya badannya hanya mencapai 500 kg.

Ingatkah anda tentang sapi karapan atau karapan sapi? Jika anda ingat akan hal itu pasti tahu mengenai sapi dijadikan perlombaan lari cepat. Sapi ini dijadikan perlombaan karena memiliki tenaga yang cukup kencang untuk berlari.

Acara perlombaan sapi ini biasa atau sering dilakukan oleh orang-orang madura. Konon katanya perlombaan sapi ini dilakukan sejak nenek moyang, dan alhasil menjadi warisan tradisi atau adat yang menjadi suatu hiburan orang-orang sekitar.

10. Sapi Sumbawa Ongole (SO)

sapi sumbawwa
http://bibit.ditjenpkh.pertanian.go.id

Sapi Sumbawa Ongole mempunyai ciri warna abu-abu dengan kuning yang sedikit kecoklatan. Pada tubuhnya tersapat gelambir dibagian leher hingga perutnya.

Suatu sejarah yang mengatakan bahwa Sumba Ongole (SO) pada suatu hari dibawa ke Jawa yang akan dikawinkan dengan sapi lokal, yang kemudian menghasilkan pernakan ongole. Sapi ini sangat jinak,  tidak bermental tempramen meski terlihat besar dan kuat, tapi jenis sapi ini mampu beradaptasi terhadap lingkungan sekitar.

Dari sekian sejarah mencatat, bahwa sapi ongole yang berasal dari India ini diekspor oleh pemerintah Hindia Belana pada tahun 1906-1907. Ada beberapa jenis sapi lainnya juga yang diantaranya ialah sapi Madura, Jawa, Sumba dan Ongole. Namun diantara sapi-sapi tersebut, hanya sapi ongole lah yang mampu beradaptasi dengan baik.

11. Jenis-jenis Sapi  ( SAPI ACEH )

sapi aceh
ternakcattle.wordpress.com

Sapi Aceh adalah sapi dari hasil kawin silang dengan sapi zebu yang berasal dari India. Sapi ini juga mudah beraptasi terhadap lingkungan sekitar. Sapi ini memiliki punuk yang sangat kecil.

Sapi ini tergolong jenis sapi  yang kuat dan tidak susah dalam menernaknya, karena bisa makan makanan kurang bersih sekalipun dia masih bisa dan mau untuk memakannya.

Meski banyak ancaman serangga, sapi ini terlihat biasa saja, tidak merasa terganggua apalagi sakit.

Menurut hasil studi di Indonesia dengan hasil penelitiannya yang menyatakan sapi ini mempunyai kekebalan tubuh, maka sangatlah kuat jika terserang seranggga dan memakan-makanan yang basi sekalipun.

Jenis sapi ini sangat kuat dengan suhu yang panas sekalipun, itulah mengapa sebuah penelitian yang mengatakan bahwa sapi ini adalah jenis sapi terkuat diantara sapi-sapi lainnya, yang dikarenakan memiliki daya tahn tubuh yang cukup baik.

Gambar Sapi Perah

sapiperah
http://www.agrowindo.com 

Jenis sapi ini bisa dibilang sangat rentan dengan cuaca, pasalnya sapi ini akan mudar sakit ketika cuaca berubah. Keunggulan dari sapi ini bisa menghasilkan susu yang lebih banyak dibandingkan sapi yang hidup di daerah tropis.

Berikut adalh daftar sapi yang menghasilkan banyak susu diantaranya ialah:

1. Holstein – Friesien

sapi holsitn
www.youtube.com

Sapi ini sangat terkenal sekali di berbagai belahan dunia. Jenis hewan ternak ini berasal dari Belanda. Namu di Negara Amerika, sapi ini terbilang cukup banyak untuk dijadikan sebagai sapi perah. Karena hampir 90% sapi ini dibudidayakan disana. Dengan tujuan agar bisa dijadikan peluang bisnis dengan keuntungan yang sangat menguntungkan.

Salah satu bukti keuntungan dari ternak sapi ini ialah dengan menjual susu ke beberapa pasar atau perusahaan-perusahaan yang bekerja sama.

Hingga ke beberapa Negara tetangga bisa merasakan hasil dari susu sapi yang  diternak oleh Negara Amerika, pasalnya pengiriman produk susu yang sudah dikemas oleh beberapa perusahaan tersebut mengirimnya ke beberapa tangan-tangan perusahaan yang bekerjasama dengannya, sehingga bisa sampai ke penduduk-penduduk terpencil.

Penjualan disana memang terbilang cukup bagus dalam berbisnis mengolah susu sapi perah sampai terjual dan terkirim ke bebeapa wilayah. Hampir dari semua penjualan dalam perhari bisa mendapatkan keuntungan setengahnya.

Maka dari itu banyaknya sapi perah di Negara Amerika untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat dari modal yang ia keluarakan.Paling tidak, mendapatkan keuntungan seperempatnya itupun jika stock dipasar atau  perusahaan-perusahaan belum habis terjual.

Gambar Sapi Bali

sapi bali
www.youtube.com

Budidaya sapi jenis ini sangatlah gampang dan tidak terlalu lama untuk menikmati hasil. Pasalnya diusia 2 tahun, sapi betina ini sudah bisa dikawinkan dengan jantan dalam seatu kandang. Disaat dalam satu kandang usahakan tidak dicampur dengan sapi-sapi lainnya. Dengan maksud agar si jantan dan si betina bisa fokus berdua dalam satu kandang.

Memang bisa juga kalau kita ingin mencampurnya dengan sapi-sapi betina lainnya.

Disini hanya menyarankan agar yang dikawin oleh spi jantan sudah dipastikan hanya si betina yang satu ini. Bukan yang ini atau bukan yang onoh hehehe. Sapi bali dikenal sangat baik dalam reproduksi. Karena selain bisa dikawinkan saat usia muda, akan tetapi sapi ini mudah dalam melahirkan dan menghasilkan keturunan yang banyak biasansya.

Ciri dari sapi bali ini ialah mempunyai warna putih pada belakang paha sampai kebawah kaki.  Memang dengan tubuh yang tidak terlalu besar, sapi ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat terhadap panas.

Seringkali kita lihat bukan, ada orang yang membiarkan sapi ini ditengah lapangan di terik nya panas dengan maksud untuk mencari makan sendiri. Itulah kekuatan dari sapi bali yang berbeda dengan sapi-sapi lainnya.

Berat dari sapi bali jantan berdeba tipis dengan betina. Jantan yang berat dengan 450 kg sedangkan betina hanya 400 kg. Ciri lain dari sapi bali ialah memiliki warna putih pada dahinya ketika mulai dewasa akan terlihat lebih jelas warna putih tersebut.

Sapi Bali Super

sapibali super
http://www.agrobisnisinfo.com

Bali super julukan dari sapi yang berasal dari bali ini menjadi pembeda dai jenis sapi bali biasa. Selain warna dan berat badannya. Sapi ini pula menjadi incaran banyak orang dengan harapan bisa mencari keuntungan lebih  pada sapi ini jika ingin menjualnya kembali.

Dahulu kala sapi ini memang tidak terlalu banyak populasinya. Namun sekarang menjadi lebih banyak karena perkembangbiakannya yang sangat cepat dan dikarenakan banyak yang menernaknya secara rutin hingga bertahun-tahun lamanya.

Masyarakat Bali yang mayoritasnya Hindu tidak memakan daging sapi dengan alasan agar tidak mengurangi populasi dari sapi tersebut.  Sapi ini sering dibawa ke acara adat Hindu sebagai bentuk warisan suatu kepercayaan dalam menjaga sesama mahluk, agar tetap hidup dan berkembang biak sebagimana mestinya.

Jenis sapi lokal

Sapi PO (Peranakan Ongole)

anake ongol
http://www.sapiqurban.info

Sapi peranakan ongole merupakan jenis lokal yang ada di Indonesia dengan ciri-ciri mata besar, kepala pendek dan telinga panjang yang menggantung. Dan kaki dari sapi ini juga selain panjang akan tetapi sangat kuat untuk berjalan jauh atau membawa beban.

Itu yang membuatnya ia kuat sehingga sering dijadikan sebagai kendaraan atau untuk dipergunakan dalam membajak sawah. Ciri lain dari jenis sapi ini ialah punuk diatas lehernya serta memiliki perut yang cukup besar.

Sapi jenis lokal ini memiliki berat badan  hingga 600 kg, sedangkan betina hanya mencapai kurang lebih 400 kg.

Sapi ini dikenal sebagai sapi pedaging atau bisa juga disebut sebagai sapi pekerja. Pada umumnya digunakan oleh masyarakat pedesaan yang masih menggunakan tenaga sapi sebagai kendaraan atau untuk membajak sawah.

Untuk soal reproduksinya sangat cepat, maka perkembangbiakkannya sangat meningkat lebih cepat dibanding jenis sapi lainnya. Seringkali kita temukan sapi ini dibudidayakan oleh didaerah teerpencil atau perkampungan karena sangat berguna dari tenaganya sebagai kendaraan dan membajak, tapi bisa menghasilkan juga apabila diternaknya.

Gambar Sapi Brahman

sapi brahman
http://biftah.com

Nah kali ini ane mau bahas soal jenis sapi yang banyak di minati oleh banyak orang. Hampir semua orang pebisnis berminat untuk membeli dengan alasan akan menguntungkan dengan hasil yang menggiurkan.

Selain itu sapi ini dipercaya oleh semua warga India sebagai sapi yang disucikan oleh masyarakat sekitarnya. Dahulu kala sapi ini hanya sedikit populasinya. Namun semakin tahun sapi ini berkembangbiak dengan cepat, hingga di export sampai keluar negeri yang salah satunya di negara kita sendiri yaitu Indonesia.

Keuntungan yang sangat menggiurkan bagi peternak yang menjualnya dengan harga sangat fantastis. Pasalanya sapi ini selain menjadi hewan ternak, akan tetapi bisa menjadi sapi pedaging karena dengan tubuh yang sangat besar menjadi kualitas harga tersendiri. 

Saat berusia 8 minggu, sapi ini sudah memiliki ukuran yang lebih besar dibanding dengan sapi lainnya, karena penasaran akhirnya Patty Hanson mengadopsinya sapi tersebut. Hingga akhirnya tanpa diduga sapi ini sekarang memiliki tinggi mencapai 1,95 meter.

Gambar Sapi Madura

sapi madura
http://www.sakadoci.com

Sapi madura ini merupakan hasil kawin silang antara sapi bali dengan India, yang menghasilkan anak dengan jenis sapi madura.  Berdasarkan penemuan yang meneliti hasil persilangan jenis sapi ini mengatakan bahwa  jenis sapi madura ialah dihasilkan dari kawin silang antara sapi India dengan sapi bali.

Penemuan tersebut berdasarkan hasil penelitian melalui tanda-tanda dari kedua jenis silangan sapi tersebut. Berbagai versi mengatakan lain dari sebuah penelitiannya masing-masing.

Namun jenis sapi ini diyakini banyak orang sebagai sapi madura yang dihasilkan dari kedua persilangan antara sapi bali dengan India.

Sekian artikel ini saya buat semata-mata untuk pengetahuan dan tambahnan wawasan serta pengalaman bagi yang membutuhkan informasi sejarah sapi yang berdasarkan asal-muasal serta hasil persilangannya.

Jika ada kesalahan dalam mengetik nama tempat tahun atau memberi informasi yang kurang tepat, harap maklum. Kritik dan sarannya sangat membantu untuk penyempurnaan artikel ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Salam damai dari Hamba Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.