5 Pesepakbola Ini Tercatat Sejarah FIFA Sebagai Pencetak Gol Terbanyak Melebihi Dari 700 Gol, Ternyata Yang Terbaik Bukan Dari Brazil

5 Pesepakbola Ini Tercatat Sejarah FIFA Sebagai Pencetak Gol Terbanyak Melebihi Dari 700 Gol, Ternyata Yang Terbaik Bukan Dari Brazil

Siapa yang tidak tahu olahraga sepak bola? Olahraga ini sebuah permainan yang sangat terkenal hampir disemua lapisan masyarakat. Sepak bola dimainkan oleh dua tim yang mana, masing-masing beranggotakan sebelas orang.

Inti dari permainan ini adalah sebuah tim yang berjuang untuk memasukan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin.

Karena inti dari permainan sepakbola adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya, kali ini akan membahas pemain pencetak gol terbanyak sepanjang masa yang di ambil menurut data beberapa sumber media sepak bola.

Sebenarnya akan banyak sekali jika disebutkan satu persatu pemain sepak bola  yang mencetak gol ratusan, bahkan hingga 500 gol di sepanjang pertandingan resmi. Namun disini akan mengambil 5 pencetak gol terbanyak yakni diatas 700 gol. Siapakah ke-5 pencetak gol terbanyak tersebut ? yuk, simak dibawah ini :

GERD MULLER (Jerman)

Mencetak Gol : 735

GERD MULLER
sportbox.az

Gerd “Der Bomber” Muller begitulah nama julukannya. Gerd Muller pernah meraih rekor nasional sebanyak 68 gol dalam 62 penampilan internasional dan 398 gol  dalam 453 pertandingan liga bersama Bayern Munich.

Goal Machine merupakan sebuah juluka yang pantas diraihnya, ia berhasil mencetak 14 gol pada piala dunia, memenangkan Ballon d’or dan mendapat 2 kali sepatu emas eropa pada tahun 1972 / 1972.

Tidak hanya itu prestasi yang di raih oleh si mesin gol, dia juga pernah topskor Bundesliga sebanyak 7 kali dan pernah mencetak gol dalam setahun sebanyak 85 gol. Namun kini, rekor tersebut telah dikalahkan oleh messi.

FERENC PUSKAS (Hungaria)

Mencetak Gol : 746

FERENC PUSKAS
theguardian.com

Ada sebuah award di FIFA yang bernama PUSKAS AWARD. Penghargaan tersebut terinspirasi dari salah satu pemain sepakbola asal Hungaria, ialah yang bernama Ferenc Puskas. PUSKAS AWARD merupakan sebuah penghargaan yang diberika kepada pemain sepak bola yang mencetak gol-gol cantik.

Ferenc Puskas banyak yang mengatakan bahwa dialah pemimpin Hungaria hingga bisa sampai membawa Final Piala Dunia. Puskas berhasil mencetak sebanyak 83 gol dalam 84 laga internasional. Dia juga merupakan satu-satunya pemain yang tercatat dalam sejarah dunia sepak bola mampu mencetak gol 4 gol pada final liga champions.

Ferenc Puskas karirnya sangat bersinar bersama Honverd klub tanah airnya, yang akhirnya pindah ke Real Madrid sebuah klub raksasa spanyol dan memberikan prestasi baik dengan memboyong Piala Eropa dan lima gelar spanyol berturut-berturut.

 

PELE (Brasil)

Mencetak Gol : 767

pele
panamericanworld.com

Pele? Siapa yang tidak kenal dengan salah satu Legenda Sepak Bola, di menyandang sebagai pemain sepak bola terhebat sepanjang masa.

Pemilik nama asli Edson Arantes do Nascimento, memulai karirnya ketika berusia 17 Tahun. Sebelum pensiun di dunia sepak bola, dia memberikan penghargaaan terbaiknya secara kolektif yakni, 3 Piala Dunia, 2 Copa Libertadores dan 2 Piala Intercontinental.

Terpilih sebagai FIFA Player of the Century pada tahun 2000, ia mewarnai sejarah dunia sepak bola dengan banyak momen dan aksi-aksi dilapangan yang fantastis.

Romario (Brasil)

Mencetak Gol : 772

Romario
sports.ru

Romario memiliki karier Sepak Bola sejak tahun 1987 hingga akhirnya pensiun pada tahun 2007. Romario telah mencetak gol sebanyak 772 gol, dan merupakan salah satu pemain terbaik brasil kala itu hingga memboyong Piala Dunia 1994.

Romario Mencetak 55 Gol dalam 70 pertandingan dipersembahkan untuk Selecao dan beberapa klub lainnya baik eropa dan di tanah kelahirannya seperti PSV Eindhoven, Barcelona, Flamengeo, dan Vasco da Gama.

 

Josef Bican (Austria, Ceko)

Mencetak Gol : 805

josef bican

Josef Bican yang lahir pada tahun 1913 merupakan seorang striker sepakbola berdarah Ceko-Austria ini telah mencetak gol sebanyak 805 disemua pertadingan kompetitifnya, tidak termasuk denga pertandingan persahabatan. Hal tersebut mencatatnya sebagai pemain sepak bola pencetak gol paling produktif dan berasio tinggi dalam sejarah.

Wunderteam Austria, Klub yang dia abdikanya pada tahun 1930an mendapat gol terbanyak di seluruh Eropa pada lima kesempatan. Kedua kaki bican yang yang aktif memiliki kecepatan yang sangat hebat, hingga dapat berjalan 100 meter dalam 10,8 detik setara dengan para pelari pada saat itu.

Federasi Internasional Sejarah Sepakbola & Statistik (IFFHS) memberikannya Penghargaan “Golden Ball” yang mana tercatat sebagai pencetak gol terbanyak pada abad itu.

Demikian 5 pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah yang tercatat FIFA, semoga bisa terus menginspirasi kita semua untuk terus bersemangat memajukan persepakbolaan tanah air.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.