25+Hewan Peliharaan Unik dan Anti-Mainstream

25+Hewan Peliharaan Unik dan Anti-Mainstream

Hewan Peliharaan – Memelihara hewan peliharaan adalah suatu kenikmatan tersendiri. Pada umumnya orang memiliki hewan peliharaan yang biasa-biasa saja seperti anjing, kucing, kelinci, dan kuda.

Dengan alasan hewan-hewan tersebut memiliki bentuk yang lucu, tingkahnya yang membuat pemiliknya gemas, bahkan mungkin hewan jinak dan pintar.

Tapi tidak semua jenis yang di peliharaan itu imut, lucu dan menggemaskan, karena tiap orang tidak sama. Masing-masing memiliki hobi dan minat yang berbeda.

Banyak sekali komunitas-komunitas hobi pemelihara hewan-hewan reptil dan hewan ekstrim lainya.

Orang-orang para pecinta hewan ekstrim banyak yang memelihara di pekarangan rumahnya, seperti memelihara reptil, serangga, dan hewan peliharaan ekstrim lainnya.

Jika kamu bosan dengan hewan peliharaan yang itu-itu aja, cobalah memelihara hewan peliharaan ekstrim dan mainstream di bawah ini :

Tarantula Peliharaan yang Esktrim

hewan peliharaan reptil
pixabay.com

Tarantula merupakan jenis laba-laba raksasa yang bentuknya lebih besar dan berbulu tersebut termasuk dalam kelompok Theraphosidae. Bangsa Theraphosidae kurang lebih memiliki 900 macam spesies tarantula.

Laba-laba berkaki besar serta tubuhnya yang berbulu biasanya orang-orang menyebut sebagai Tarantula Amerika.

Banyak sekali para peternak yang membudidayakan Tarantula Amerika, karenak harganya sangat tinggi dan paling banyak dicari di pasar hewan peliharaan jenis reptil.

Tarantula memiliki bisa melalaui gigitanya yang bisa menyebabkan tarantism yang berujung pada kematian. Namun tidak semua kadar bisa yang dimiliki tarantula sama, tergantung pada jenisnya masing-masing.

Misalkan bisa pada Tarantula Amerika dapat menyebabkan tarantism, namun tidak sampai menyebabkan kematian jika satu gigitan saja.

Beda lagi dengan tarantula wolf spider atau lycosa tarantula bisanya dapat menyebabkan kematian cukup dengan sekali gigitan saja.

Namun jika kamu tidak mempermasalahkan dengan ukuran tubuhnya yang menyeramkan, maka dari itu memelihara tarantula sebenarnya aman-aman saja, dan kamu memang betul-betul tahu jenis tarantula mana yang aman untuk dipelihara.

Maka dari itu kamu harus benar-benar tahu jenis tarantula mana yang akan dipelihara.

Baca juga :

Landak Mini Peliharaan Imut

hewan peliharaan imut
pixabay.com

Landak mini merupakan mamalia yang berasal dari keluarga Erinaceinae. Landak mini dalam 5 genus memiliki 16 spesies yang dapat ditemukan di Selandia Baru, Asia, Afrika dan Eropa.

Landak mini ini memiliki duri dibadannya yang sangat mudah untuk dikenali, yang mana duri tersebut adalah rambut berongga yang keras.

Duri landak mini sangatlah aman tidak seperti duri landak hutan, karena duri landak mini tidak mengandung racun dan berkait.

Jika kita sudah terbiasa memegangnya, lama kelamaan duri tersebut tidak terasa sakit, namun hanya terasa seperti memegang sikat rambut.

Sifatnya yang nocturnal, landak mini akan aktif pada malam hari saja, sedangkan siang hari mereka lebih suka menyembunyikan dirinya mencari tempat-tempat gelap.

Dengansifatnya yang suka bersembunyi disiang hari, kamu bisa membuat tempat pemeliharaanya dengan menggunakan pipa paralon berukuran 4 inci atau dengan menggunakan talang air yang di potong hingga 20 cm, lalu taruhlah kotak sepatu atau strofoam yang berfungsi untuk tempat bersembunyi.

Meskipun landak mini pemakan serangga (insectivora) tapi landak juga dapat diberi makan dengan pakan buatan seperti pakan kering kucing dan anjing.

Tidak cukup dengan makanan kering saja tapi perlu dengan kombinasi pakan ulat, hongkong dan jerman, serta jenis serangga kecil lainnya.

Sebagai catatan penting, jangan pernah memberikan susu kepada landak mini ini, karena ususnya yang sangat sensitif terhadap susu.

Kecoa Madagaskar Peliharaan Menyeramkan

hewan peliharaan aneh

Kecoa Madagaskar atau pemilik nama latin dari Gromphadorhina portentosa merupakan serangga yang berasal dari amerika serikat.

Kecoa madagaskar cenderung memiliki gerakan yang lebih lambat dengan kecoa yang ada di indonesia, sehingga mudah untuk di pelihara.

Kebanyakan orang pasti akan merasa jijik dan geli, atau bahkan malah merasa padahal kecoa madagaskar tidak sama sekali mengandung racun.

Namun hewan ini sudah mulai banyak peminatnya yang memelihara sebagai hewan peliharaan.

Kecoak madagaskar tidak memiliki bau seperti kecoa yang ada di rumah-rumah, oleh karena itu sangat mudah untuk untuk dipelihara.

Cukup diberikan makan sayuran dan buah-buahan. Bahkan juga kecoak madagaskar malah dijadikan pakan untuk reptil lainya, seperti tarantula dan kalajengking beserta jenis hewan pemangsanya.

Cara pengembangbiakanya sangat mudah, hanya dengan membuat kandang dari terrarium atau akuarium khusus reptil. Bahkan bisa juga menggunakan kontainer plastik yang digunakan untuk 2 ekor jantan dan 8 ekor betinah, cukup berukuran 45 cm.

Burung Macaw 

hewan peliharaan burung
pixabay.com

Burung macaw adalah hewan sosial yang hidup berkumpul dalam kelompok koloninya berjumlah 10 hingga 30 ekor.

Burung yang memiliki habitat asli di Amerika Selatan ini adalah tipe hewan setia terhadap pasangannya, burung macaw akan sehidup semati dengan pasanganya hingga umur 60 tahun.

Karena burung macaw habitat aslinya hidup berkelompok atau berkoloni dan sosialnya yang tinggi, alangkah baiknya jika ingin memelihara paling sedikit dua ekor. Hal tersebut untuk menghindari setres terhadap burung macaw.

Ukuran kandang burung macaw baiknya berukuran 1,5 m X 2 m. Ukuran tersebut adalah ukuran minimal untuk kandang burung macaw yang besar.

Bahannya bisa terbuat dari kawat halus atau juga besi. Kandang juga perlu diberi aksesoris seperti tangkringan yang terbuat dari kayu yang tidak bergetah.

Makanan burung macaw sangatlah mudah, karena makanan pokoknya cukup dengan buah-buahan dan biji-bijian saja.

Namun ada 2 jenis buah yang menjadi larangan untuk di makan, yakni buah alpukat dan coklat, yang mana buah tersebut akan menjadi racun di tubuhnya dan menyebabkan diare.

Serangga Batang / Tongkat

serangga tongkat
antaranews.com

Serangga tongkat memiliki tubuh seperti ranting yang mana sebagai pertahanan hidupnya untuk berkamuflase bersama ranting disekitarn agar terhindar dari serangan predator pemangsa.

Serangga tongkat kurang lebih hanya dua tahun saja. Memiliki panjang tubuh yang bervariasi tergantung dengan spesiesnya, dari 10 cm hingga yang pernah ditemuka dengan panjang 30 cm.

Jika kamu tertarik ingin memelihara hewan peliharaan ini, baiknya menyiapkan Faunarium yang tersedia di petshop atau toko hias terdekat.

Bahkan untuk berhemat kamu bisa gunakan toples plastik yang besar tertutup dengan pinggiran atasnya sudah diberi lubang-lubang kecil sebanyak mungkin.

Tidak perlu memberikan wadah minum pada kandangnya, serangga batang ini cukup disemprotkan dan bahasi saja daun-daunanya itu sudah lebih dari cukup untuk minumanya.

Namun juga untuk tetap menjaga kelembaban sertah kesetabilan suhu kandang yang tidak terlalu panas atau dingin.

Sugar Glider

hewan peliharaan sugar glider
youtube.com

Karena dengan ukurannya yang kecil, hewan peliharaan ini sangat mudah untuk dibawa kemana-kemana. Kamu bisa menaruhnya di pundak, atau di kantong bajumu.

Sugar Glider yang memiliki nama latinnya Petaurus breviceps ini merupakan hewan peliharaan kecil yang tergolong arboreal, marsupial, dan omnivora.

Sugar Glider berbentuk seperti tupai terbang. Mengapa memiliki nama sugar glider ? karena hewan peliharaan ini menyukai makanan yang manis-manis seperti Nectar bungan di hutan, serta dapat melayang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Hewan yang memiliki habitat asli Papua dan Australia ini sering ditemui di hutan yang terdapat banyak pohon eucalyptus. Sugar glider juga sama seperti landak mini yang mana sama-sama hewan nocturnal.

Makanan utama sugar glider adalah serangga, hewan kecil dan getah manis yang terdapat padah pohon eucalyptus, acacia, dan gumtress.

Jika kamu dapat memeliharanya dengan baik, sugar glider akan dapat bertahan hidup hingga umur 14 tahun.

Baca juga :

Kura-kura Air

hewan peliharaan unik
pixabay.com

Kura-kura air dalam bahasa lain disebut Trrapine Carolina kini telah menjadi binatang pemeliharaan yang sedang populer di kalangan remaja para pecinta hewan reptil.

Hewan yang bentuknya lucu dan unik ini sebagian besar hampir ada semua perairan di dunia daerah tropis dan subtropis, baik air tawar maupun air laut.

Keunikan hewan peliharaan ini adalah memiliki proses tidur dalam jangka panjang atau biasa disebut hibernasi.

Proses tersebut adalah bentuk pertahanan diri terhadap cuaca ekstrim. Kura-kura air dalam proses hibernasinya ialah dengan merendamkan diri di dalam lumpur sepanjang cuaca ekstrim tersebut berjalan.

Beda halnya dengan kura-kura air hewan peliharaan yang hidup di dalam kandang, mereka tidak melakukan proses hibernasi, karena semua kebutuhan makanan serta keamananya terjaga, lagipula di dalam kandang tidak tempat untuk berhibernasi.

Hewan bercangkang indah dan keras ini dapat hidup di dua alam, yakni air dan darat. Kura-kura air memiliki banyak sekali jenis, namun yang sekarang menjadi populer untuk dijadikan hewan peliharaan ialah kura-kura berjenis galapagos, kotak-kotak, alligator, dan kepala babi.

Jika kamu berminat ingin memelihara hewan ini, kamu harus memliki kolam agar menyesuaikan dengan habitat aslinya.

Karena hewan ini hidup di air, maka dari itu makanan utamanya adalah hampir semua hewan yang hidup di air, seperti ikan, cacing, serta daging-dagingan

Leopard Gecko Reptil Peliharaan 

hewan peliharaan kadal
pixabay.com

Leopard gecko adalah hewan berjenis tokek ini di negara asalnya, yakni Pakistan, Iran, dan India biasa disebut dengan tokek macan tutul. Kenapa disebut tokek macan tutul? Karena bentuk memiliki corak tubuh yang menyerepai macan tutul.

Hewan nocturnal (hidup di malam hari) ini telah menjadi hewan peliharaan populer bagi para pecinta pemelihara hewan reptil.

Apa sebabnya bisa menjadi populer? Karena cara memeliharanya yang sangat mudah. Salah satu contohnya ialah, cara membuat kandang leopard gecko yang mudah dan tidak ribet, cukup hanya menyediakan vivarium atau kotak sejenis plastik berukuran 90x45x45cm itu sudah cukup

Sebagai catatan penting, jangan pernah mencampur sesama pejantan dalam satu kandanng, karena akan leopard sangat sensitif terhadap dan merasa terganggu maka dari itu lebih mudah cenderung untuk berkelahi.

Serta juga hindari untuk mencampur dua jenis kelamin berbeda karena si betina akan mudah setres dengan adanya perkawinan dini.

Untuk makananya tokek macan tutul termasuk mudah dan tidak rewel, cukup dengan serangga seperti jangkrik, belalang dan ulat sutra saja.

Ular Boa Constrictor

hewan peliharaan ular
pixabay.com

Reptil berjenis ular ini berasal dari hampir semua wilayah amerika bagian selatan. Reptil ini memiliki ukuran panjang 8 hingga 12 kaki dengan terberat 80 pon. Namun pada jenis betinanya memiliki ukuran dan berat yang lebih dari pejantan.

Ketika masih kecil reptil ini memiliki warna yang lebih terang, dibandingkan setelah dewasa dengan warna abu-abu dan berdominan coklat.

Makanan Boa Constrictor adalah seperti ular pada umumnya, ialah hampir semua jenis tikus. Boa Constrictor dewasa bisa diberi makan dengan 3 tikus dewasa sekaligus bahkan seekor kelinci juga bisa menjadi santapannya dalam 2 hingga 3 minggu sekali.

Namun untuk ukuran yang masih kecil cukup diberi makan tikus saja, jika ingin mempercepat pertumbuhannya kamu bisa memberi makannya satu tikus untuk setiap pekan. Ular Boa Constrictor tergolong memiliki umur yang panjang, yakni bisa mencapai hingga 30 tahun.

Bearded Dragon

hewan peliharaan kadal
pinterest.com

Reptil yang berasal dari Australia ini memiliki kemiripan dengan iguana. Mengapa memiliki nama Bearded Dragon? Karena memiliki bentuk seperti naga yang berjenggot. Hewan peliharaan ini hanya dapat bertahan hidup hingga 8 tahun saja.

Bearded Dragon yang berasal dari Australia tersebut, sudah dipastikan hidup di daerah kering dan berbatu seperti kawasan hutan terbuka yang semi gurun. Dengan habitat kawasan tersebut hewan ini menyukai sekali memanjat hinggap di ranting dan semak-semak.

Tidak hanya disemak-semak Bearded Dragon juga memilik kebiasan berjemur diatas batu besar maupun kecil ketika pagi dan sore hari. Jenis makanan pokok reptil ini ialah buah, bunga, sayuran dan serangga seperti, belalang dan jangkrik.

Kucing Binatang Peliharaan yang Lucu

Kucing Binatang Peliharaan
metro.co.uk

Binatang yang satu ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Hewan ini dipelihara selain lucu dan bulunya yang halus, mudah juga untuk beradaptasi dengan orang sekitar, kucing sendiri merupakan hewan yang mempunyai beberapa jenis speises.

Diantaranya spesies paling mahal ialah jenis kucing persia dan anggora  fungsi kucing ini di rumah ialah pembasmi tikus  ataupun serangga lainnya. Binatang ini merupakan jenis binatang mau memakan apa saja selain ikan dan daging.

Jenis kucing memiliki ciri khas masing-masing pada tubuh dan bulunya. Contoh saja kucing  persia dan anggora mempunyai perbedaan pada bulu hingga warna bulunya.

Ayam Kampung Jenis Hewan Peliharaan Untuk Ternak

ayam kampung Jantan
ugm.ac.id

Binatang ini jenis kategori unggas. Hewan ini biasa dipelihara di masyarakat pedesaan pada umumnya. Hewan ini di budidaya untuk di ambil telurnya jika betina. Sedangkan jantan di pelihara untuk di jual di pasaran.

Hewan ini juga sering di gunakan sebagai bahan makanan di acara pesta – pesta seperti pada umumnya bisa di jadikan sate ayam, ayam bakar, ayam opor, ayam rica – rica dan masih banyak lagi jenisnya yang bisa kita konsumsi dari ayam kampung.

Di beberapa daerah terntentu sering digunakan untuk lomba ayam berkokok atau ayam tertawa yang hadiahnya lumayan besar.

Perlombaan ini tidak semua daerah ada. Hanya beberapa daerah tentu, Misalnya di pedesaan – pedesaan yang terpencil biasanya masih menggunakan ayam sebagai binatang perlombaan.

Ayam Kate Jenis Unggas Peliharaan yang Unik

ayam kate
jpnn.com

Binatang ini jenis unggas yang berbeda dari ayam lainnya. Ayam ini memiliki ukuran lebih kecil dari ukuran pada umumnya. Banyak orang yang memelihara karena melihat ukurannya yang kecil dan mungil menjadi menggemaskan.

Ayam kate ini bukan jenis binatang ternak yg di budidayakan sehingga bisa menjadi bahan pangan yang kita konsumsi seperti ayam kampung atau ayam lainnya. Jenis ayam ini lebih sering di gunakan untuk kontes di perlombaan ayam hias saja.

Anjing Hewan Peliharaan yang Cerdas

Anjing Hewan peliharaan
usatoday.com

Hewan satu ini sudah dikenal masyarakat karena kepandaiannya. Anjing adalah jenis binatang peliharaan yang bisa menjaga lingkungan di sekitar rumah kita. Anjing sendiri sama seperti manusia bisa di ajak bercanda dan bermain.

Kecerdasan hewan ini adalah bisa lebih mudah melihat sesuatu yg mencurigakan di dalam rumah atau di sekitarnya.

Jika ada sesuatu yg mencurigakan maka hewani ini akan menggonggong sekeras – kerasnya sampai sesuatu yang mencurigakan itu sudah tidak ada lagi di sekitarnya.

Marmut Binatang Peliharan Paling Mungil

Marmut Binatang Peliharan Paling Mungil
Ilmuhewan.com

Binatang satu ini mempunyai tubuh yang kecil mungil dan sangat menggemaskan. Ada beberapa jenis diantaranya ialah warna putih, coklat, hitam dan ada juga yang campuran dua warna pada tubuhnya. Cara memelihara hewan ini terbilang cukup mudah.

Cukup menaruhnya di kardus sebagai kandang, lalu di beri lubang untuk bernafas. Setelah itu masukan makanannya.

Tidak susah untuk mencari makanan marmut hanya berupa sayur-sayuran. Ada juga yang memeliharanya dengan cara melepasnya di kebun dan di biarkan mencari makan sendiri.

Hamster Hewan Peliharaan yang Lucu

Hamster Hewan Peliharaan yang Lucu
youtube.com

Hamster adalah jenis hewan peliharaan yang memiliki tubuh kecil. Hampir sama dengan marmut

atau sejenisnya. Namun hamster berbeda dengan marmut yang sukanya mencari makan, Hamster sendiri lebih suka bermain karna jenis hewan yang satu ini termasuk kategori hewan yang agresif dan gesit. Beda dengan marmut yg lebih suka diam dan makan.

Sangat di perlukan adanya sedikit permainan di tempat ia tinggal. Karna binatang yang satu ini sangat mudah setres jika tidak ada permainan di dalam kandang atau di tempat ia tinggal.

Kelinci Hewan Peliharaan yang Menggemaskan

Kelinci Hewan Peliharaan yang Menggemaskan
cuded.com

Kelinci adalah hewan peliharaan yang sangat lucu. Identik dengan wortel karena binatang ini merupakan binatang yang makanan utamanya wortel. Binatang ini sangat menyenangkan apabila di ajak bermain di lapangan atau di kebun yang luas.

Kelinci salah satu binatang yang di sukai kalangan anak kecil. Karena kelinci termasuk dalam kategori hewan peliharaan keluarga.

Tupai Hewan yang Suka Melompat

Tupai
Aryanto.id

Tupai merupakan hewan peliharaan yg memiliki tubuh sangat mungil.  Hewan ini lebih suka tinggal di atas pohon.

Mereka tidak tinggal di satu tempat melainkan lebih sering pindah – pindah ke tempat lain yang lebih banyak makanannya.

Makanan utamanya ialah sejenis kacang-kacangan. Hewan ini termasuk hewan yang sangat lucu.

Disaat bermain dan mencari makanpun ia selalu melompat-lompat. Namun semakin bertambahnya tahun bukannya bertambah akan tetapi populasinya semakin berkurang.

Karena tupai memiliki tubuh yang sangat mungil itu lah yang menjadi gemaskan banyak orang hingga ingin memeliharanya.  Hewan ini warnanya identic dengan kacang yaitu coklat terang.

Sapi Jenis Hewan Ternak dan Peliharaan

Sapi Jenis Hewan Ternak dan Peliharaan
jacekproniewicz.com

Hewan ini biasa di budidayakan oleh penduduk pedesaan pada umumnya. Hewan ini biasa di gunakan untuk kurban di hari raya idul adha. Sapi sendiri mempunyai tubuh yang besar dengan daging yang banyak’

Banyak sekali keuntungan dari memelihara atau menernak sapi ini, selain harganya yang terbilang cukup mahal. Bagian dari tubuh yang bisa di manfaatkan yaitu daging, kulit sampai tulang, bisa kita konsumsi atau di jual ke pasar.

Beberapa jenis sapi tersebar di seluruh dunia, Namun yang bisa di pelihara dan di ternak hanya beberapa jenis saja.

Kambing Juga Tergolong Hewan Ternak  

Kambing Juga Tergolong Hewan Ternak
wehoville.com

Hewan ini bisa kalian temui di daerah pedesaan yang masih alami. Kambing sendiri tidak beda jauh, dengan sapi yang suka makan rumpurumputan dan bisa untuk qurban di hari raya idul adha.

Meskipun tubuhnya tidak terlalu besar seperti sapi, tapi hewan ini terbilang cukup untuk di qurbankan.

Kambing ini bisa di jadikan bahan makanan seperti sate kambing, sumsum tulang kambing, gulai kambing dan masih banyak lagi jenis makanan yang di hasilkan dari daging kambing menjadi masakan yang memiliki cita rasa lezat.

Kambing sendiri memiliki beberapa jenis yang ada di tiap-tiap daerah. Contohnya kambing jawa di ternak untuk di ambil daging dan susunya.  Sedangkan kambing garut di gunakan sebagai  kambing tarung di perlombaan tiap-tiap daerah.

Bebek Jenis Hewan Ternak

Bebek Jenis Hewan Ternak
timeout.com

Binatang satu ini seringkali kita jumpai di peternakan  orang-orang pedesaan.  Binatang ini bisa kita manfaatkan daging dan telurnya sebagai bahan makanan. Binatang ini bisa kita olah menjadi bebek goreng dan bebek panggang.

Cara memelihara hewan ini cukup mudah bisa kalian lepas di sungai ataupun di area pesawahan. Bisa juga dibuatkan kandang di dekat rumah kita layaknya unggas lainnya.

Hanya saja sedikit berbeda dengan ayam.  Bebek lebih suka mencari makanan di perairan, karena itu merupakan habitat yang sebenarnya.

Lobster Jenis Binatang Budidaya

Lobster Jenis Binatang yang Budidayakan
Infoikan.com

Lobster masih sejenis dengan udang yang hidup di perairan laut lepas. Jenis udang ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada yang hidup di tambak. Binatang ini sering di jadikan makanan kuliner yang di jual oleh restoran-restoran besar.

Lobster sendiri memiliki ciri khas rasa yang manis dan renyah. Sehingga banyak orang yang menikmatinya. Sedikit berbeda dengan lobster yang hidup di air tawar, dan memiliki ukuran yang lebih kecil di bandungkan dengan lobster yang hidup di air laut.

Karena rasanya yang gurih dan renyah ini, harganyapun lumayan cukup mahal. Inilah salah satu makanan seafood yang diminati banyak orang. Berbeda dengan lobster yang hidup di air tawar.

Selain ukurannya yang kecil tetapi rasanyapun berbeda dengan lobster air laut. Itulah kena harganya lebih murah dari lobster yang hidup di air laut.

Banyak penikmat lobster di berbagai daerah bahkan di Negara-negara lain. Para nelayan mengekspor ke luar negeri karena penikmat lobster bukan saja di dalam negeri, melainkan di luar negeripun banyak yang menikmati kuliner lobster yang di jajakan oleh restoran ternama.

Jenis Ikan Cupang Hias

Jenis Ikan Cupang Hias
maudisini.com

Cupang adalah jenis ikan hias yang identic dengan ekornya dan memiliki macam – macam warna pada tubuhnya. Ikan ini biasa di pelihara oleh kalangan anak kecil. Dengan ekornya yang menarik menjadikannya ciri khas tersendiri.

Selain menjadi ikan hias, cupang ini juga sering di jadikan perlombaan di tiap-tiap daerah tertentu. Karena memiliki sifat yang sensitif, cupang ini sering di sebut sebagai ikan petarung. Seketika agresif ketika melihat ikan dengan bentuk tubuh yang sama.

Arwana Jenis Ikan Peliharaan Termahal

Arwana
http://www.pertanian99.com

Dari semua jenis ikan peliharaan hanya ini yang memiliki harga paling mahal dari ikan lainnya. Selain memiliki bentuk tubuh yang panjang dan warna yang cantik, ikan inipun mempunyai ciri khas sendiri apabila terkena pantulan cahaya akan terlihat menyala pada sisiknya..

Karena harganya yang lumayan fantastis, tidak semua orang bisa memilikinya. Tingkat kemahalannya bisa di lihat dari seberapa panjangnya sungut, sisik, sirip punggung, sirip ekor, sirip anal, sirip dada, penutup insang dan masih banyak lagi ciri-ciri mahalnya ikan arwana ini.

Jenis arwana asia ini adalah spesies asli dari sungai-sungai Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Namun semakin tahun populasinya berkurang dan di tetapkan sebagai spesies langka, di karenakan banyaknya pedagang yang menjualnya ke beberapa daerah bahkan di negara-negara lainnya.

Binatang air tawar  ini berasal dari Asia Tenggara. Jenis ikan ini terdiri dari 4 jenis warna yaitu, warna merah, hijau, silver dan emas.

Cara memelihara ikan satu ini cukup mudah, memberinya makan sehari dua kali dengan cicak, kadal kecoa, jangkri, katak atau serangga lainnya.

Burung Hantu Hewan Berwajah Menyeramkan

burung hantu
www.hobinatang.com

Binatang ini sering di sangkut pautkan dengan hal-hal mistis. Sebagian besar dari masyarakat pada umumnya mempercayai mitos jika keberadaan burung ini menandakan sesuatu hal yang akan terjadi di sekitarnya.

Binatang satu ini sering keluar disaat malam hari, dengan wajah yang menyeramkan dan suara yang aneh membuat keyakinan masyarakat tentang mitos burung ini sangat di percaya. Padahal semua itu salah besar.

Ciri-ciri dari burung ini ialah memiliki bentuk tubuh kecil dan mata yang besar, selain itu binatang malam ini juga bisa memutar kepalanya hingga 360 derajat. Burung ini termasuk golongan burung buas, karena binatang ini adalah jenis Karnivora (pemakan daging).

Burung ini juga sering di gunakan untuk membasmi hama tikus di area pesawan, kelapa sawit. Karena burung hantu ini merupakan musuh dari tikus.

Sejumlah pemerintah di berbagai daerah menggunakan burung hantu untuk menjaga produktivitas tanaman padi. Cukup dengan sepasang burung hantu saja bisa menjaga  25 hektar sawah. Burung ini bisa membantu meningkatkan penghasila para petani di pedesaan.

Burung Murai Jenis Hewan Kucica

Burung Murai Jenis Hewan Kucica
/www.bintang.com

Jenis burung ini sudah tidak tidak asing lagi di Indonesia bahkan di negara-negara tetangga. Burung ini banyak di cari oleh para pecinta burung kicau. Namun di karenakan banyaknya perburuan liar, burung ini semakin berkurang dari tahun ke tahun.

Banyak jenis burung murai yang terkenal di Indonesia, mulai dari Aceh, Medan dan Lampung. Banyak perbedaan warna dan ekor dari burung tersebut. Cukup mudah memelihara burung ini dengan memberinya pur atau makanan buatan sendiri dari extra fooding atau EF.

Ada beberapa makanan alami yang biasa di gunakan untuk pakan burung murai, diantaranya ialah ulat kandang. Banyak terdapat pada kotoran yang di keringkan seperti kotoran ayam atau burung. Fungsi dari ulat kandang ini untuk menghangatkan tubuh.

Ada juga yang memberinya makanan alami seperti kroto atau di kenal sebagai telur semut yang biasa di pepohonan. Protein yang sangat tinggi menjadikan suara burung murai lebih merdu. Karena protein sendiri merangsang hormon burung untuk berkicau.

Jangkrik juga merupakan salah satu makanan utama yang sangat di butuhkan, karena jangkrik juga berfungsi meningkatkan birahi pada burung murai. Jangkrik ini bisa di dapatkan dimana – mana, di sawah, kebun atau cukup memebelinya di toko – toko pakan burung yang terdekat.

Burung Beo Binatang Cerdas

Burung Beo
http://memelihara.com

Binatang ini salah satu burung yang paling cerdas dan unik untuk di jadikan peliharaan rumah. Karena hewan ini bisa menirukan suara orang –  orang terdekat persis suara manusia. Burung ini bisa di latih dengan suara apa saja.

Tidak sulit untuk memberi makan hewan satu ini, karena burung beo sendiri adalah jenis hewan pemakan apa saja, contohnya buah – buahan, sayuran dan banyak lagi jenis makanan lainnya layaknya manusia. Karena hewan satu ini termasuk jenis hewan omnivora.

Banyak di gemari oleh pecinta burung karena ke unikannya dan ecerdasannya menirukan suara manusia dan suara-suara binatang lainnya, membuat orang ingin memilikinya. Beo sendiri mampu terbang di ketinggian hingga 2000 meter.

Dia hidup di alam bebas seperti di pegunungan, di perbukitan atau hutan – hutan tinggi. Burung ini tidak manja seperti burung pada umumnya yang mudah sakit ketika salah memberi makan atau karna suhu udara yang tidak stabil.

Burung Merpati Melambangkan Cinta Kasih

Burung Merpati
www.plukme.com

Jenis burung ini hidup di alam bebas seperti burung lainnya. Sering di jadikan perlombaan di berbagai daerah. Merpati sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya ialah sebagai burung merpati balap, hias dan burung merpati tinggian. Perlombaan burung merpati sendiri biasa di selenggarakan pada hari libur.

Pecinta burung merpati biasanya banyak dari kalangan anak kecil di bawah umur 15 tahun. Namun ada juga orang-orang dewasa yang memeliharanya untuk di ternak.

Dengan perkembang biakannya itu menjadi peluang usaha yang lumayan menguntungkan seperti di jual ke beberapa banyak resto yang menyediakan menu daging merpati.

Cara memelihara burung merpati cukup mudah dengan memberinya kandang di atas genteng dan memberinya jagung sehari 3 kali. Jika sudah dewasa kita bisa menjodohkannya dengan betina di dalam satu kandang yang terpisah dari burung merpati lainnya.

Merpati sendiri termasuk burung yang memiliki fisik kuat di saat cuaca apapun atau suhu tidak stabil sekalipun. Merpati ini sering berjemur di siang hari untuk menahan rasa dingin di malam hari atau di saat perubahan cuaca dari kemarau sampai tiba musim hujan.

Ikan Koi Tergolong Binatang Hias

Ikan Koi
http://javanehslp.com

Banyak yang suka dengan ikan koi karena warnanya yang indah di pandang. Hewan air ini biasa di pelihara di kolam-kolam atau akuarium dalam rumah.  Dari tampilan warnanya sangat menarik perhatian orang-orang di sekitar.

Tidak susah memelihara binatang air ini, cukup membuatnya kolam dengan air yang bersih dan memberinya makan sehari dua kali atau secukupnya. Makanan ikan koi sendiri terdiri dari makanan alami seperti roti, sayur-sayuran, ulat, cacing dan buah-buahan.

Tips memberikan makan pada ikan koi ini tidak boleh terlalu banyak atau lebih, usahakan kita menuang dengan secukupnya. Karena jika dalam 5 menit pakan tidak habis, maka tiak baik untuk ikan koi sendiri bisa membuat kekenyangan dan bahkan meyebakan ikan mati.

Jika ingin merubah makanan sehari-harinya, usahakan secara bertahap karena binatang air ini tidak mudah beradaptasi, Perbanyak makanan protein, karbohidrat dan vitamin, karena bisa berfungi untuk kesehatan koi sendiri.

Musang Pandan Jenis Mamalia Menggemaskan

Musang Pandan
kuyahejo.com

Binatang malam ini keberadaanya lebih sering di pepohonan atau daerah pedesaan yang masih alami. Musang pandan ini lebih banyak di kenal ketimbang jenis musang lainnya.

Karena selain menggemaskan, binatang malam ini gampang di ketahui keberadaanya saat dia keluar pasti meninggalkan bau daun pandan. Itulah mengapa mamalia satu ini di namakan musang pandan.

Binatang malam ini merupakan predator yang mengintai keberadaan ayam-ayam warga di sekitar.

Dulu di anggap hama karena meresahkan masyarakan, tapi setelah perkembangan jaman, binatang ini menjadi peliharaan yang di sukai banyak orang karena terlihat lucu dan menggemaskan. Musang ini bisa tumbuh lebih besar dan memiliki berat sekitar 2 Kg sampai 5 Kg. Sama seperti halnya mamalia yang lain.

Musang pandan adalah jenis hewan yang banyak menghabiskan waktunya di pepohohan, karena, itu salah satu upayanya untuk lebih mudah mengintai mangsanya dari atas. Binatang alam ini termasuk jenis hewan nokturnal yang artinya lebih aktif di malam hari ketimbang siang hari.

Tak jarang orang memeliharanya untuk hobi dan usaha karena dari kotorannya pun bisa di hargai sangat mahal. Tanpa kita sadari kotorannyapun bisa kita jual di pasar Internasional untuk di olah menjadi kopi yang lezat. Maka terciptalah kopi yang kita kenal sebagai kopi luwak.

Namun ada di beberapa daerah lain tidak suka apalagi memeliharanya untuk usaha. Karena sebagian masyarakat mempercayai mitos tentang musang yang konon katanya mempunyai keterkaitan pada hal – hal mistis. Misalnya untuk praktek perdukunan atau kepentingan yang berbau mistis lainnya.

Burung Merak Jenis Hewan Peliharaan Istimewa

Burung Merak
http://www.greeners.co

Keindahan burung ini terletak pada ekornya yang bisa mengembang seperti kipas. Dengan warna yang unik menjadi suatu ke istimewahan tersendiri. Dari ekor yang mengembang terdapat hiasan menyerupai mata yang berkilau dan berwarna.

Harga burung merak memang terbilang cukup mahal karena susah untuk di dapatkan. Tidak mudah  memberi sangkar atau kandang untuk burung ini. Kita harus membuatnya lebih besar dari ukuran burung itu sendiri, supaya ekornya tidak rusak dan merasa nyaman ketika mendapatkan tempat tinggal yang lebih dengan rerumputan dan sumber air agar lebih mudah mencari makanan dan minuman seperti biji-bijian atau rerumputan

Di alam bebas dia lebih nyaman ketimbang di dalam sangkar atau kandang, karena sewaktu – waktu bisa tidur dan bertengger di pepohonan. Biasanya bulu ekor merak akan rontok setelah musim kawin. Dan bisa kita gunakan sebagai penghias singo barong atau kesenian reog ponorogo.

Sigung Peliharaan Unik Yang Bau

Sigung
http://www.tahupedia.com

Binatang satu ini sepintas mirip sekali dengan musang. Meski baunya yang busuk tetapi banyak yang ingin memeliharanya karena menggemaskan. Sewaktu-waktu dia akan mengeluarkan bau busunya apabila ada predator yang akan memangsanya.

Dan bau tersebut bisa mencapai 3-4 meter di depan arah musuh yang ingin menyerangnya. Bau tersebut merupakan suatu senjata pertahanan untuk melemahkan lawan. Disaat sigung mengeluarkan bau busuknya itu bisa mengakibatkan iritasi dan kebutaan pada predator yang akan memangsanya.

Jenis mamalia ini sangat tidak tahan lapar. Mudah setres ketika dia ke laparan. Tidak sulit memberi makan hewan satu ini, sama halnya seperti musang.  Makanan utamanya adalah kacang tanah, daging ayam, katak, cacing tanah, burung, tikus, ular, buah-buahan dan serangga lainnya.

Habitat sigung yaitu di pepohonan atau hutan-hutan sekunder di ketinggian 2000 mdpl. Dia akan lebih nyaman di ketinggian karena selain nyaman dan aman untuk beristirahat, dia juga bisa lebih mudah untuk mencari makanan atau mengintai mangsanya dari atas.

Sigung termasuk mamalia yang suka bersembunyi di siang hari dan mencari mangsa pada malam hari. Maka hewan satu ini sering di kenal sebagai hewan penyendiri. Sigung bisa tumbuh lebih besar dari 1 Kg sampai 3 Kg dan memiliki panjang badan bisa mencapai 50 sentimeter.

Burung Perkutut Hewan Peliharaan Populer

Burung perkutut
www.jalaksuren.net

Dulu burung ini banyak di pelihara di kota dan di berbagai daerah lainnya. Namanya sudah cukup populer dan hampir semua orang mempunyai burung ini karena keunikan suaranya. Namun seiring berjalannnya waktu burung ini sering di sangkut pautkan dengan hal-hal yang berbau mistis.

Mitos masyarakat mengatakan burung ini bisa mendatangkan rezeki dan ketentraman rumah tangga. Ada juga yang berkeyakinan bisa menaikkan wibawa pada pangkat atau kedudukan bagi yang memeliharanya.

Meski itu hanya mitos belaka, tapi para pecinta burung perkutut ini meyakini bahwa ada kemampuan ghaib pada hewan satu ini.

Para pecinta burung perkutut pastinya tau istilah katuranggan yang sering di artikan sebagai ciri bentuk  pada badan yang bisa berpengaruh (baik dan buruk) pada sang pemilik.

Maka pecinta burung perkutut sebelum memiliki atau memeliharanya ia pasti melihat tanda-tanda tersebut.

Burung ini ramai di perbincangkan oleh masyarakat karna konon kemampuannya bisa merubah nasib si pemiliknya dengan seketika. Namun itu hanya sekedar mitos masyarakat.

Burung tetaplah mahluk hidup dan mahluk hidup tidak akan pernah bisa merubah nasib seseorang. Semua nasib dan hidup kita sudah di gariskan oleh sang pencipta Allah SWT.

Demikianlah penjelasan dari artikel hewan peliharaan serta jenis-jenis peliharaan yang unik.

Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengenal dunia hewan lebih jauh, atau yang ingin mencoba memelihara hewan-hewan peliharaan yang belum anda ketahui jenih bahan pangannya.

Anda berada tepat pada artikel ini di jelaskan dengan rinci jenis-jenis hewan dan makanannya.

Terima kasih.

2 Comments

  1. Pingback: 12 Hewan Peliharaan Lucu yang Cocok Dipelihara Di Rumah - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.