Manfaat Mengikuti Organisasi Saat Kuliah

Beberapa mahasiswa beranggapan bila mengikuti organisasi yang ada pada kampus merupakan hal yang merepotkan. Padahal, sebenarnya mengikuti organisasi kampus akan memberikan banyak manfaat. Kira-kira, apa sajakah manfaat mengikuti orgaisasi saat kuliah? Mari kita simak ulasan berikut.

1.    Pengalaman Berharga

Mengikuti organisasi di kampus tentu akan menambah pengalaman berharga. Ada banyak pengalaman baru saat mengikuti kegiatan organisasi seperti halnya membuat sebuah acara, berdiskusi, kerja sama tim, bakti sosial, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti organisasi, kita tentu akan belajar cara berkomunikasi saat bertemu dengan orang baru, mengatur waktu, cara bekerja sama dengan orang lain, menemukan solusi, menjalankan suatu event, kedisiplinan, dan lain sebagainya. Pengalaman inilah yang dianggap penting oleh banyak perusahaan karena inilah pengalaman berorganisasi menjadi nilai penting saat melamar pekerjaan.

2.    Memupuk rasa percaya diri dan melatih komunikasi

Tentu berorganisasi membuat kita harus bertemu dengan banyak orang yang mungkin belum pernah dijumpai sebelumnya. Kita diharuskan berinteraksi, menjalin kerjasama, hingga meeting dengan orang lain. Saat itulah kita secara tidak langsung melatih komunikasi dan kepercayaan diri. Semakin banyak interaksi, semakin banyak pula ilmu komunikasi yang kita dapatkan dan tentunya rasa kepercayaan diri semakin membaik.

3.    Mengasah jiwa Leadership

Setiap organisasi tentu memiliki sebuah program kerja yang tentu saja membutuhkan seorang pemimpin. Menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah karena kita harus dapat memimpin, menyatukan berbagai ide dari berbagai pihak, mengambil keputusan yang tepat, mampu menyelesaikan masalah yang ada, berbicara di depan umum, memimpin diskusi, dan lain sebagainya. Hal ini dapat kita gunakan sebagai simulasi sebelum terjun di dunia kerja yang tentunya dapat mengasah jiwa kepemimpinan.

4.    Memperbanyak relasi

Mengikuti organisasi membuat kita bertemu dengan berbagai orang. Mulai dari teman seorganisasi, anggota organisasi kemahasiswaan dari kampus lain, hingga perusahaan. Ini tentu dapat dijadikan sebagai ajang menambah relasi yang mungkin dapat membantu di masa mendatang.

5.    Menghabiskan waktu dengan hal bermanfaat

Menjadi anggota dalam sebuah organisasi di kampus tentu akan memberikan kesibukan di luar kelas yang tentunya akan menghapus kegiatan tidak bermanfaat dalam list kegiatan di waktu senggang.

6.    Dapat menambah nilai CV

Memang benar IPK  penting untuk dipertahankan karena akan menunjukkan keseriusan dalam studi, namun kita harus tetap mengembangkan diri di luar perkuliahan. Mengikuti organisasi akan membuat pihak perusahaan melirik nilai jualmu. Perusahaan akan mempertimbangkan dengan sebaik baiknya seseorang yang memiliki pengalaman berorganisasi. Hal ini dikarenakan mengikuti organisasi dianggap sudah memiliki softskill. Softskill yang dimaksud di sini adalah pengalaman dalam bekerja di suatu kelompok.

Nah, demikianlah ulasan kami mengenai beberapa manfaat yang bisa didapatkan bila mengikuti organisasi saat kuliah. Semoga informasi ini berguna untuk para mahasiswa agar dapat menggunakan waktu senggangnya untuk kegiatan positif dengan mengikuti organisasi di kampus yang dapat menambah softskill.

Bagi para pengurus organisasi maupun perusahaan, keterampilan memanajemen organisasi merupakan salah satu bagian penting yang wajib dimiliki. Untuk meningkatkan kinerja tim dalam mengelola organisasi atau perusahaan, manfaatkan  Software manajemen organisasi Online  dari LinovHR.

Tim HR dapat meningkatkan kinerja organisasi / perusahaan secara otomatis dan lebih fokus memberikan layanan HR yang lebih efektif untuk kemajuan perusahaan.

LinovHR adalah perusahaan pengembang Software HRD terbaik saat ini, Software HRD LinovHR memiliki banyak modul yang memudahkan kinerja HRD Seperti Modulorganization management, personal administration, time management,payroll, benefit, loan, employe self services, workflow, recruitment, goal management, perfomance appraisal, competency management .

Dapatkan akun trial gratis LinovHR dengan menghubung tim LinovHR sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.