Subhanallah! Pahala Mengajak Istri Belanja dan Jalan-jalan Lebih Baik Daripada I’Tikaf di Masjid Nabawi Sebulan

Subhanallah! Pahala Mengajak Istri Belanja dan Jalan-jalan Lebih Baik Daripada I’Tikaf di Masjid Nabawi Sebulan

“Ayah, yuk kita belanja, kebutuhan rumah sepertinya udah mulai habis nih”

“Pah kayanya seru ke daerah pegunungan, pengen deh refreshing menghirup udara segar, yuk jalan-jalan”

“Abi, bentar lagi masa liburan loh, yuk ajak anak-anak liburan ke kebun binatang,”

Diantara kita pasti pernah diajak untuk menemani teman untuk sebuah urusan, baik itu pergi belanja sesuatu ke luar kota, ke seminar atau menemani hobinya.

Apabila kegiatan tersebut diatas kita lakukan dengan ikhlas, maka ketahuilah bahwa pahalanya lebih besar dari itikaf sebulan di Masjid Nabawi.

Nah, apalagi jika kita pergi menemani istri dan anak-anak kita, mereka lebih berhak diantara teman dan kaum muslimin lainnya.

Berikut sabda Nabi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

لأن أمشي مع أخ في حاجة أحب إلي من أن أعتكف في هذا المسجد

Sungguh aku berjalan bersama seorang saudara (sesama muslim) di dalam sebuah keperluan itu lebih aku cintai daripada aku beriktikaf di dalam masjid ku (Masjid An-Nabawi) ini selama sebulan.”

(Hadits Riwayat Ath-Thabrani dan dishahihkan Al-Albani dalam Silsilah Al-hadits Ash-Shahihah, no. 906.)

Berkata Syaikh Muhammad bin shalih Al-Ustaimin rahimahullah,

قضاء حوائج المسلمين أهم من الاعتكاف، لأن نفعها متعدٍ، والنفع المتعدي أفضل من النفع القاصر، إلا إذا كان النفع القاصر من مهمات الإسلام وواجباته

“Menunaikan kebutuhan kaum muslimin itu lebih utama dibanding beriktikaf, karena manfaatnya lebih menyebar, manfaat ini lebih utama dibanding manfaat yang terbatas (bagi dirinya sendiri). Terkecuali manfaat yang terbatas tersebut adalah perkara penting dan wajib dalam Islam (misalnya shalat wajib atau lainnya).”

Pahala Menemani Istri Jalan-jalan dan Belanja

pasutri mall

Sudah jelas bukan penjelasan dalil-dalil diatas? Apalagi hal tersebut diterapkan kepada istri dan anak-anak kita, karena merekalah yang paling berhak didahulukan diantara kaum muslim yang lainnya.

Hadits diatas memang tidak secara khusus pahala tentang istri, namun istri dan keluarga kita juga adalah saudara sesama muslim juga.

Jika kita dengan ikhlas menemani istri dan anak-anak jalan-jalan dan berbelanja sama juga halnya membahagiakan mereka dan pastinya akan mendapatkan pahala yang sama seperti beritikaf di masjid nabawai selama satu bulan.

Oleh karena itu para suami jika istri mengajak berbelanja atau jalan-jalan harus siap siaga melayani dan menuruti keinginannya. Bahkan lebih baik jika sang suami terlebih dahulu pengertian yang mengajak maka akan lebih banyak pahala yg di dapatkan.

Jangan malah jadi terbalik, kebanyakan pada umumnya yang terjadi dimasyarakat umum apabila suami diajak keluar dengan temanya lebih bersemangat ketimbang diajak istri dan anaknya.

Bahkan istri dan anaknya jarang diperhatikan kebahagiaanya, padahal istri dan anaklah yang lebih berhak mendapatkan kebahagiaan tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ خُلُقًا

“Orang yang imannya paling sempurna diantara kaum mukminin ialah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian ialah yang terbaik akhlaknya terhadap para istrinya”

(Hadits Riwayat At-Thirmidzi dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam As-Shahihah no 284)

Catatan Penting:

Untuk para suami, baiknya selalu berusaha meluangkan waktu (Quality Time) untuk mengajak istri dan anak untuk jalan-jalan dan berbelanja, paling minimalnya menyempatkan waktu untuk bercanda dan mendengarkan keluh kesah mereka.

Untuk para Istri, semoga dapat memahami suami yang terkadang sibuk dengan pekerjaanya. Karena suami bekerja juga untuk memenuhi kebutuhan kehidupan keluarga.

Jika tulisan ini bermanfaat, bantu share dan tandai kepada suami. Semoga menjadi berkah dan menambah keharmonisan berumah tangga. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.