Cara Melakukan Renang Gaya Dada dan Katak Beserta Manfaatnya

Cara Melakukan Renang Gaya Dada dan Katak Beserta Manfaatnya

Renang gaya dada atau katak merupakan salah satu teknik olahraga renang mudah dan populer dilakukan untuk mempelajari teknik dan cara berenang yang benar bagi pemula.

Namun, jika dibandingkan dengan renang gaya bebas, dalam kecepatannya, renang gaya katak tergolong lebih lambat karen bertumpu pada bagian dada serta gerakannya yang agak rumit.

Pada tahun 1844 diadakan perlombaan renang gaya dada yang dipopulerkan oleh Methew Webb yang mana beliau seorang perenang ahli berdarah inggris.

Perlombaan renang yang diadakan di London tersebut pada umumnya para peserta rata-rata menggunakan renang gaya katak. Setelah adanya perlombaan tersebut, akhirnya renang gaya katak di resmikan olimpiade pada tahun 1904 di St. Louis.

Beberapa Teknik Renang Gaya Dada dan Renang Gaya Katak

cara renang gaya dada
dinarwidyaningrum.blogspot.com

Posisi Badan

Baiknya posisi badan dianjurkan untuk sejajar dengan permukaan air, sedangkan untuk posisi kepala menghadap ke bawah.

Gerakan Kaki

Gerakan kaki hampir sama seperti posisi katak ketika berenang, awal posisi kaki harus lurus, lalu kemudian menekuk dan di bengkokkan pada bagian lutut posisi tersebut kedua kaki melebar.

Kaki kanan saling berjauhan dengan kaki kiri, kemudian rapatkan kedua kaki hingga kedua kaki tersebut bersentuhan secara bersamaan di gerakkan maju ke depan.

Gerakan Tangan

Berenang menggunakan gaya katak harus memperhatikan posisi tangan. Ketika mulai teknik tersebut baiknya posisi kedua tangan berada lurus diatas kepala dengan tangan kanan dan kiri saling menyentuh.

Lalu kemudian tarik kedua tangan melebar ke samping selebar bahu hingga ke arah bawah. Setelah itu sampai bawah kembalikan pada posisi kedua tangan pada posisi awal.

Pengambilan Pernafasan

Kunci utama dalam gerakan renang ada pada pernafasan, seberapa lama dapat mempertahankan nafas di dalam air.

Teknik berenang dengan gaya dada atau katak, melakukan pernafasan ketika kedua tangan berada satu jajar dengan bahu serta memposisikan kepala mendengak keatas hingga posisi mulut berada di atas permukaan, maka ketika itulah pengambilan nafas dilakukan.

Pada saat melakukan pernafasan jangan menggunakan hidung tapi menggunakan hidung, hal tersebut akan sangat efektif mengambil pernafasanan.

Tata Cara Melakukan Teknik Renang Gaya Dada dan Katak

gaya dada
http://www.freedomsiana.com
  • Jika ingin memulai belajar berenang, jangan mempraktekan teknik tersebut sendirian, baiknya bersama teman, atau pembimbing.
  • Baiknya, pada awal melakukan gerakan renang gaya dada atau katak di lakukan di tepi kolam saja.
  • Gunakan kedua tangan ketika berenang di tepi kolam, lalu kemudian dimulai pada gerakan kaki seperti yang telah dijabarkan diatas.
  • Ketika kaki tidak bisa mengapung di permukaan air, itu karena posisi kepala tidak dapat masuk kedalam air.
  • Jika sudah agak sedikit lancar, kemudian cobalah untuk berenang sedikit menengah kolam. Hempaskan badan seolah sedang meluncur dengan menerapkan renang gaya dada atau katak. Lakukan secara terus menerus hingga benar-benar lancar.
  • Jika teknik gaya renang atau dada sudah mulai dikuasai, lakukan gerakan satu lagi yang penting juga, yaitu teknik dalam pengambilan nafas. Mintalah tolong kepada pembimbing yang profesilan tentang bagaimana cara mengambil nafas yang baik.

Manfaat Renang untuk Kesehatan

olahraga sehat
http://seaweek.org.nz

Jantung Menjadi Lebih Sehat

Menurut penelitian yang dilakukan American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa, cukup melakukan latihan olahraga renang 30 menit per hari secara rutin dapat mengurangi penyakit jantung koroner dari 30 hingga 40 persen. Tidak cukup itu, hal tersebut juga dapat mengontrol tekanan darah/tensi dengan baik.

Memperkecil Resiko Diabetes

Jika kamu memiliki penyakit diabetes, dengan melakukan olahraga renang cukup 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat membakar 900 kalori dan mengurangi resiko diabetes tipe 2 lebih dari 10%

Memperbaiki Kadar Kolesterol

Olahraga renang bisa menjaga keseimbangan rasio yang tepat dari kolesterol yang berada dalam tubuh, yaitu radio baik (HDL) dan radio buruk (LDL).

Memperbaiki Gejala atau Serangan Asma

Berolahraga ini memiliki banyak keuntungan dari renang, ialah dapat meningkatkan volume paru-paru dan berlatih bagaimana teknik pernafasan yang baik.

Mengontrol Berat Badan

Melakukan olahraga renang merupakan sebagai salah satu hal yang berpengaruh dalam membakar kalori terbesar serta jika dilakaukan secara rutin akan sangat bagus untuk mengontrol berat badan.

Pembakaran kalori tergantung pada tubuh seberapa sering melakukan hal tersebut. Pada umumnya setiap melakukan 10 menit berenang akan membakar 60 kalori, gaya bebas 100 kalori, gaya punggung 80 kalori dan yang terbesar dalam membakar kalori adalah berenang dengan gaya kupu-kupu.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.